CorelDRAW: Membuat Objek Bintang Dengan Cepat

Sebagai program pengolah gambar berbasis vektor CorelDRAW banyak digunakan oleh para desainer grafis dalam menghasilkan karyanya. Dengan tool yang dimilikinya kita dapat membuat berbagai macam bentuk dengan mudah, misalnya membuat objek bintang. Langkah-langkahnya adalah :

1. Jalankan CorelDraw klik [Start]>[All Programs]>[Corel Graphics Suite 11]>[CorelDRAW11].(penulis menggunakan CorelDRAW 11)
2. Klik Polygon Tool atau icon segi lima pada tool yang terdapat disebelah kiri.
3. Pada area kerja buat objek segi lima sambil menekan Ctrl agar bentuk objek sama rata.
4. Jika sudah arahkan pointer pada kotak yang berada ditengah garis bawah segi lima sampai pointer berubah menjadi Shape Tool.
5. Klik tahan kemudian geser keatas sampai bentuk segi lima berubah menjadi bentuk bintang.

Membuat efek fade dengan cepat menggunakan SWiSHmax

Internet merupakan salah satu sarana yang banyak digunakan oleh perusahaan untuk menawarkan produk atau jasa yang mereka tawarkan. Dalam dunia internet hal ini biasa disebut dengan banner. Banner yang ditampilkan tentu akan lebih terlihat menarik jika disajikan tidak hanya berupa gambar atau tulisan tapi berbentuk animasi. Tentunya banner tersebut harus memiliki file bertipe GIF atau SWF yang dapat ditampilkan dengan baik oleh banyak browser. Dengan adanya fasilitas meyisipkan efek pada SWiSHmax, membuat animasi sederhana pada halaman web sekarang menjadi lebih mudah.

SWiSHmax menyediakan berbagai macam efek yang dapat kita gunakan untuk membuat animasi. Salah satu efek yang disediakan oleh SWiSHmax adalah efek fade. Yang dimaksud dengan efek fade adalah suatu objek atau teks muncul kemudian menghilang secara perlahan-lahan. Efek fade sendiri sering kita lihat pada tampilan menu beberapa versi Windows. Langkah-langkah untuk membuatnya adalah:

1. Jalankan SWiSHmax, klik [Start]>[All Programs]>[SWiSHmax]

2. Jika muncul kotak dialog What do you want to do? pilih Start a new empty movie.

3. Pada panel sebelah kanan terdapat pilih tab Movie pengaturannya adalah :
· Background Color:  Putih(FFFFFF)
· Width: 400 pixels
· Height: 300 pixels

4. Klik tombol Text pada Tools kemudian klik pada tempat kosong diarea kerja Scene_1.

5. Akan muncul tab Text pada panel disebelah kanan. Sebagai contoh kita akan membuat efek pada teks ‘DHINATA’. Pengaturannya adalah :
· Font = Arial Black
· Size = 72
· Color = Red (FF0000)
· Bold
· Italic
· Pada kotak teks ketik DHINATA.

6. Langkah terakhir adalah memberi efek pada teks, klik text DHINATA

7. Kemudian klik [Insert]>[Effect]>[Fade]>[Fade In]

8. Pada frame 10 terdapat titik hitam geser titik hitam tersebut sampai menempati frame 20.

9. Klik frame 30 kemudian klik [Insert]>[Effect]>[Fade]>[Fade Out]

10. Pada frame 40 terdapat titik hitam geser titik hitam tersebut sampai menempati frame 50.

11. Tes movie yang Anda buat klik [Control]>[Play Movie].

12. Untuk mengexport klik [File]>[Export]>[SWF…]

Jika Anda ingjn mengexport movie tersebut menjadi format GIF Anda harus menggunakan program converter yang lain karena SWiSHmax belum menyediakan fasilitas untuk mengexport file kedalam format GIF(penulis menggunakan SWiSHmax[U] ENU Build Date: 2003.09.03). Kemudian jika Anda rasa pergerakkan text terlalu cepat Anda dapat menurunkan Frame Rate yang terdapat pada tab Movie menjadi 8 atau 10 frames per second (fps). Anda juga dapat mengganti teks menggunakan objek lain dengan image atau gambar.