Copy paste under dos mode: Salin Dari DOS Tempel ke Windows

 DOS pada system operasi Windows tidak dapat kita tinggalkan begitu saja meski kita memakai versi terbaru dari Windows sekalipun. Banyak pengguna Windows yang telah akrab dan lebih suka bekerja dalam DOS. Ada alasan lain kenapa DOS begitu disukai, perintah DOS seperti ftp, nslookup, dan ipconfig tidak dapat kita temui dalam lingkungan Windows manapun.

 Yang jadi masalahnya adalah sulitnya melakukan salin tempel teks dalam lingkungan DOS maupun ke aplikasi lain di Windows. Bagi pengguna Windows 95/98 fungsi ini secara standar sudah diaktifkan. Namun untuk pengguna Windows NT/2000/XP/2003 kegiatan salin tempel dari DOS ke Windows tidak didukung dengan clipboard. Teks yang ditampilkan dalam jendela Command Promt juga tidak dapat disalin dengan cara biasa.
 Untuk itu kita dapat meminta bantuan lewat perangkat lunak Copy paste under dos mode. Setelah mengunduh dari situsnya jalankan program tersebut dengan klik ganda pada file copypaste.exe maka  program tersebut dapat langsung digunakan.
 Cara memakainya begini, pertama-tama jalankan Command Promt. Klik dan drag teks yang akan disalin. Kemudian tekan Enter atau klik kanan untuk menampungnya ke clipboard. Nah, sekarang klik kanan pada jendela kosong maka teks tersebut akan segera ditampilkan.

 Semua teks dalam DOS dapat disalin dengan catatan Anda tidak menggunakannya dalam tampilan fullscreen. Data dari hasil kegiatan copy paste dapat dijaga setelah jendela DOS ditutup asalkan Anda melakukan registrasi.

Situs   : http://copypaste.paqtool.com/copy-paste-between-dos-windows-download.htm
Ukuran File  : 92 KB
Kategori   : Utiliti
Lisensi   : Shareware (pembatasan fitur)
Harga   : $14.95
Kebutuhan system  : Windows NT/2000/XP/2003
Fitur utama  : Membuat Salin tempel dalam DOS menjadi mudah
 

XP Tools: The Swiss army knife untuk Sistem Operasi Windows

Bayangkan cukup dengan satu perangkat lunak maka system operasi Windows yang Anda gunakan akan menjadi lebih cepat, lebih aman dan lebih stabil ketika digunakan. Perangkat apa yang dapat digunakan untuk melakukan semua hal tersebut? XP Tools adalah jawabannya.

 Saking percaya dirinya, sipembuat program bahkan membuat slogan untuk XP Tools “The Swiss army knife for your Windows”. Apa yang dapat dilakukan dan fitur-fitur yang dimiliki oleh perangkat ini memang bisa dikatakan gabungan dari semua tool yang biasa kita gunakan untuk men-tweak dan memaintenance system operasi Windows.
 Meski perangkat lunak “serbaguna” ini bernama XP Tools, system operasi yang didukung tidak hanya Windows XP. Jadi bagi Anda yang masih menggunakan system operasi buatan Microsoft versi lawas dapat berlega hati karena XP Tools hampir mendukung semua versi Windows. Pada versi 4.54 versi yang didukung adalah mulai dari Windows 95/98/NT/ME/2000/XP/2003, untuk XP 64-bit program ini belum mendukung sepenuhnya. Silahkan unduh dulu file installasinya sebesar 3.72 MB di situs http://www.xptools.net. XP Tools tidak gratis tapi versi coba-coba bisa dinikmati selama 14 hari.

 Kira-kira ada 20 utiliti untuk memperbaiki, membuat gesit, memelihara dan melindungi PC Windows milik kita. Oleh karena fitur yang dimiliki oleh perangkat lunak ini sangat “komplit” penulis hanya akan memberikan beberapa gambaran setiap fungsi dan cara menggunakannya secara garis besar. Selebihnya Anda dapat mencoba-coba sendiri dengan mengikuti petunjuk yang ada pada menu [Help].

Clean up & Optimize

· Clean Disk
Penjelasan : Dapat Anda gunakan untuk membuang file dan data-data sampah dari harddisk, data yang sudah tidak dibutuhkan, dan memperluas ruang kosong dalam harddisk. Hasilnya system akan berjalan lebih cepat saat digunakan.
Cara penggunaan : Pilih menu Clean Disk, kemudian beri tanda cek list pada cek box yang disediakan yaitu Empty Recycle Bin, Internet History Files, Internet Cache Files, Temporary File. Tekan tombol [Clean Now] untuk memulai pembersihan.

· Clean Registry
Penjelasan : Tahukah Anda apabila sebuah program baru dinstall maka registry akan mencatat segala sesuatunya akan program tersebut berjalan dengan baik. Nah, saat program tersebut diuninstall kemungkinan proses penghapusan tidak sampai kedalam registry. Registry adalah jantung dari system operasi Windows, oleh sebab itu pembersihan registry wajib dilakukan untuk tetap membuatnya bersih dan tertata rapi sehingga system dapat bekerja dengan cepat dan stabil.
Cara penggunaan : Pilih menu Clean Registry, beri tanda pada area registry yang ingin diperiksa lalu tekan tombol [Check]. Pilih entry invalid yang ingin dihapus lalu tekan [Del]. Untuk menghapus semua entry registry yang bermasalah tekan [Ctrl]+[Del].

· Organizer StartUp
Penjelasan : banyaknya program yang di-load saat memulai Windows dapat ikut menambah lama waktu dan memakan banyak tenaga Windows. Oleh karena itu perlu adanya pengaturan startup bagi Windows yaitu dengan menghilangkan daftar program pada startup awal. Fitur ini mirim dengan msconfig yang sering kita gunakan pada Windows.
Cara penggunaan : Pilih menu Organize StartUp, klik kanan pada aplikasi yang ditampilkan dalam daftar, pilih [Remove]. Untuk menghentikannya pilih [Disable]. Aplikasi yang sedang berjalan ditandai dengan tanda segitiga berwarna biru.

· Optimize Memory
Penjelasan : fitur ini dapat Anda gunakan untuk membebaskan memory yang tidak terpakai, mirip dengan FreeRam XP tapi tingkat pilihan yang dimilikinya terbatas.
Cara penggunaan : Pilih menu Optimize Memory, lalu tekan [Free Memory]. Sebaiknya jangan mebuka aplikasi apapun saat sedang menggunakan fitur ini.

· Repair Shortcuts
Penjelasan : Saat menghapus file dan aplikasi sering kali kita sering lupa menghapus shortcut yang dimiliki oleh file atau program tersebut. Oleh sebab itu gunakan fasilitas ini karena dapat lebih efektif dan hemat waktu.
Cara penggunaan : Pilih menu Repair Shortcuts, beri tanda pada cek box [Start menu and desktop] atau [All Drive(s) specified with the ‘Driver List’ lalu tekan tombol [Scan].

Privacy & Security

· Clean IE Track
 Penjelasan : Yang ini tentu Anda sudah dapat mengetahuinya. URL, history, dan informasi pribadi lainnya dapat dihapus dengan tuntas. Juga informasi tersembunyi yang berada pada file index.dat.
Cara penggunaan : Pilih menu Clean IE Track, pilih URL yang akan dihapus lalu tekan [Del]. Untuk menghapus semua jejak tekan tombol [Clear All url(s)]. (Gambar B)

· Exe Password
Penjelasan : Administrator dapat menggunakan fitur ini untuk memblok program berektension Exe milik Windows yang memang dapat digunakan oleh para cracker utnuk menghancurkan system. Dapat juga sekadar untuk memberi pembatasan pada program apa saja yang boleh dibuka oleh pengguna.
Cara penggunaan : Pilih menu Exe Password, cari program berekstensi EXE, kemudian tekan tombol [Protect]. Masukkan password sebanyak 2 kali pada jendela yang muncul. Untuk menghilangkan proteksi tekan tombol [Unprotect]. (Gambar C)
Maintain & Control

· Manage Process

Penjelasan : Semua service dalam Windows dapat diatur melalui jendela ini. Service yang tidak dikenal dan dianggap berbahaya dapat di cap sebagai Forbidden Programs.
Cara penggunaan : Pilih menu Manage Process, pilih service yang Anda anggap sebagai benda “asing” yang berbahaya lalu tekan tombol [Kill] kemudian jawab [Yes].

· Protect IE
Penjelasan : Sekarang banyak program IM dan Download manager memasukkan plug-in tambahan pada IE agar pengguna dapat dengan mudah menggunakan layanan mereka. Namun jika toolbar tambahan sudah bejibun banyaknya mungkin saatnya mengatur ulang IE.
Cara penggunaan : Pilih menu Protect IE, masuklah ketab menu Add-Ons, pilih menu item yang akan dihapus lalu tekan tombol [Unregister].

· XP Uninstaller
Penjelasan : Fungsi fasilitas ini mirip dengan Add/Remove programs di Control Panel. Bedanya adalah kemampuannya yang lebih smart dalam menangani proses uninstall.
Cara penggunaan : Pilih menu XP Unsinstaller, masuklah kedalam tab men Installed Software, pilih software yang akan diremove kemudian tekan tombol [Unsinstall]. Jika ada program bandel yang meninggalkan bekas namanya tekan tombol [Delete Entry].

Special Utilities

· Backup Driver
Penjelasan : Driver yang terpasang bisa jadi mengalami masalah ketika melakukan upgrade keversi yang lebih baru ataupun bentrok dengan aplikasi atau komponen lainnya.
Cara panggunaan :  Pilih menu Backup Driver, tandai hardware mana saja yang akan dibackup drivernya, kemudian tekan [Backup Driver] untuk memulai proses. Untuk menjadikannya paket EXE pilih tombol [Make EXE package]. (Gambar D)

XP Tools memang sangat powerful untuk para pengguna OS Microsoft Windows. Satu hal yang patut disayangkan adalah perangkat lunak ini tidak bersifat gratis. Namun bila ingin melakukan registrasi harga yang perlu Anda bayarkan cukup sepadan.

Mengoleksi & Merapikan Buku Digital Berformat PDF

Di Internet banyak tutorial ataupun walktrought game dalam bentuk “buku elektronik” berformat PDF yang dapat didownload secara gratis untuk kemudian dibaca dan menambah koleksi buku yang kita miliki.

Format PDF memang menjadi format standard dalam pertukaran eBook di Internet. Pertimbangannya adalah kemampuan untuk menampilkan dokumen yang berisi gambar tanpa mengurangi kualitas yang dimilikinya. PDF juga dapat dibaca dengan baik diberbagai Sistem operasi baik Unix, GNU/Linux, Windows maupun yang lainnya.

Yang menjadi masalah adalah jika eBook yang kita miliki sudah begitu banyak “bertumpuk” diharddisk dengan isi yang berbeda-beda. Suatu saat mungkin Anda mendapat kesulitan untuk mencari buku yang sesuai dengan informasi yang Anda inginkan. Jika Anda mengalaminya mungkin sudah tiba waktunya untuk merapikan dan menata sedemikian rupa sesuai katagori yang dimilikinya, sehingga dapat memudahkan kita untuk membaca dan menpercepat pencarian buku yang akan dibaca.

Untuk pekerjaan ini kita dapat memanfaatkan perangkat lunak gratis buatan Adobe System Incorporated yang mempopulerkan penggunaan format PDF yaitu Adobe Reader. Selain dapat digunakan untuk membaca dokumen PDF, Adobe Reader juga dapat kita manfaatkan untuk mengoleksi dan merapikan buku elektronik sesuai katagorinya.

Dalam kiat kali ini penulis menggunakan Adobe Reader versi 7.0.0 dalam Sistem Operasi Windows. Jika Anda belum memiliki Adobe Reader silahkan ambil secara gratis di http://www.adobe.com. Kalau koneksi internet yang Anda miliki kurang mendukung alias lambat,  Adobe Reader juga bisa didapat melalui CD bonus yang ada pada majalah komputer ataupun dalam CD Game PC (untuk game tertentu yang READMEnya dalam format PDF).

Untuk mulai merapikan “buku elektronik” tersebut lakukan langkah-langkah berikut :

· Siapkan dokumen PDF Anda yang akan dikoleksi. Sebaiknya ditempatkan dalam satu kandar atau folder agar lebih mudah diakses.
· Buka Adobe Reader, lalu klik [File]>[Digital Editions]>[My Digital Editions…] maka jendela My Digital Editions akan ditampilkan. Pilihan katagori buku yang disediakan adalah Fiction, History, Mystery, Reference, Romance dan Travel. Silahkan pilih salah satu katagori yang sesuai.
· Jika katagori yang Anda inginkan tidak tersedia maka Anda perlu membuat katagori tambahan dengan memilih [Edit Categories…]. Ketik nama katagori baru pada kotak yang disediakan kalau sudah klik [Add] sebagai tanda setuju untuk memasukkannya kedalam daftar.
· Pastikan pilihan katagori sesuai dengan buku yang akan dimasukkan, kalau sudah klik tombol [Add File] yang terletak dipojok kiri atas. Lakukan penjelajahan pada harddisk kemudian pilih file PDF yang dimaksud lalu klik [Add]. Untuk memasukkan semua file PDF yang ada tekan Ctrl+A lalu klik [Add].
· Nah, selesai sudah koleksi buku yang Anda buat. Untuk membaca file PDF tersebut klik kanan pada thumbnail yang ditampilkan lalu pilih [Read]. Untuk menghapus buku yang sudah tidak diperlukan lagi atau salah tempat pilih [Remove]. Untuk mengoleksi buku lain dengan kategori yang berbeda tinggal ulangi saja langkah-langkah yang sudah dijelaskan. Untuk melihat dan mengakses semua koleksi buku Anda masuk saja ke jendela My Digital Editions.

Mensetting Jenis dan Ukuran Huruf (distro Fedora Core – KDE 3.4)

Desktop KDE merupakan pilihan yang banyak digunakan oleh pengguna Linux. Banyak Theme yang disediakan untuk dipakai jika pengguna merasa bosan dengan tampilan themes default yang terpasang. Tidak cuma theme, jenis dan ukuran huruf juga menentukan indahnya suatu tampilan Desktop. Apa artinya jika suatu Windows yang ditampilkan memiliki bentuk yang unik atau warna yang wahh.. mengagumkan tetapi hurufnya terlihat besar-besar membuat layar penuh.

 Apa lagi jika Anda menggunakan monitor berukuran 17 inch bakal terasa sumpek rasanya padahal sudah menggunakan resolusi 1024×768 tetapi tetap saja KDE menampilkan ukuran yang terlihat besar seperti pada resolusi 800×600 pixel. Cara yang paling ampuh yaitu dengan mengecilkan huruf atau malah mengganti jenis huruf defaultnya.

Untuk menggantinya begini caranya :

1. Klik [K Menu]>[Control Center].
2. Pada jendela Control Center  pilih tab [Index]>[Apperance & Themes]>[Fonts].
3. Masih dijendela yang sama tekan tombol [Choose…] untuk mengatur huruf. Misalnya untuk mengatur jenis dan ukuran huruf pada Desktop tekan tombol [Choose…] yang ada pada barisan Desktop.
4. Pada jendela Select Font pilih jenis huruf dan ukurannya juga format lainnya seperti Bold atau Italic.
5. Jika semua telah diatur tekan [Apply] untuk menerapkan perubahan.

Kompres File Dengan Cepat (distro Fedora Core 4 – GNOME 2.10.0)

Urusan kompres dan mengekstrak file ternyata lebih mudah dilakukan dilingkungan GNU/Linux. Setidaknya Anda memiliki sebuah software kompresi yang gratis, powerfull, dan legal untuk digunakan :). Misalnya untuk mengompres file kedalam format ZIP ataupun RAR yang biasanya dibuat dengan program berbayar pada lingkungan Windows.

Cara cepatnya seperti ini :

1. Tentukan folder atau file yang ingin dikompres.
2. Klik kanan file tersebut kemudian pilih menu [Create Archive…].
3. Pada bagian Archive tentukan tipe file kompresi yang ingin dibuat. Misalnya ketik linuxwallpaper.zip jika ingin menyimpannya dalam format ZIP. Jika ingin menyimpan dalam format RAR akhiri nama file dengan .RAR. Perhatikan saja gambar format archive yang terdapat pada jendela Create Archive, gambar tersebut akan mewakili dan dapat berubah sesuai dengan tipe format archive yang dibuat.
4. Pada bagian Location tentukan tempat dimana file terkompresi tersebut dibuat.
5. Klik [Create] untuk membuatnya. Cukup cepat dan mudah bukan!!

MIKSOFT Mobile 3GP converter: Konversi Video 3GP ke AVI

Setelah merekam-rekam video momen penting yang menyenangkan atau lucu dengan HP kesayangan tentu Anda ingin menunjukan dengan bangga hasil rekaman Anda kepada orang lain yang juga ingin melihatnya. Jika masih dalam keadaan “mentah” alias belum diedit dan diberi efek-efek khusus yang melihat cuplikan tersebut bisa jadi tidak menikmati karena mungkin ada bagian-bagian tertentu yang harus ditandai ataupun dibuang.

 Oleh karena format 3GP tidak bisa digunakan untuk langsung di edit dengan program pengolah video, kita perlu mengonversinya menjadi format lain yaitu avi misalnya. Jika Anda belum memilki program konversi yang dapat melakukan hal ini, MIKSOFT Mobile 3GP converter boleh lah dicoba.

 Silahkan ambil file installasi pada situs http://www.miksoft.net kemudian urai paket zip yang diunduh lalu lakukan installasi seperti biasa. Jendela utama program ini dibagi dalam 2 pilihan frame yaitu Multiple File Conversion untuk mengonversi banyak file secara bersamaan dan Single File Conversion jika hanya mengonversi 1 file saja.
 Pilih salah satu yang Anda inginkan maka frame yang dipilih akan berubah warna menjadi putih sebagai pertanda telah dipilih. Tentukan lokasi file 3GP yang akan dikonversi dengan menekan tombol [Browse] kemudian cari. Tentukan juga lokasi peyimpanan file hasil dengan menekan tombol [Browse] yang ada dibawahnya.

 Jika menginginkan Anda juga dapat hanya mengambil suaranya dengan memberi tanda cek list pada cek box [Convert Only Video] atau juga suaranya pada cek box [Convert Only Audio], silahkan dipilih jika perlu. Jika semua pengaturan telah dibuat tekan tombol [Convert Now!] untuk memulai proses konversi. Perangkat lunak ini tersedia dengan gratis jadi Anda dapat  menggunakan seluruh fasilitas yang dimilikinya secara penuh.

Situs   : http://www.miksoft.net
Ukuran File  : 845 KB
Kategori   : Video
Lisensi   : Freeware
Harga   : –
Kebutuhan system  : Windows 98/ME/NT/2000/XP/2003
Fitur utama  : Konversi video 3GP menjadi AVI

Applet Glide Navigation Pro 2006: Cara Instant Membuat Efek Menu Navigasi Profesional

Di dunia maya informasi memang prioritas utama yang dicari, tapi supaya informasi yang disajikan tidak membosankan tentu harus diracik dengan penampilan menarik. Tampilan situs yang menarik bisa dilihat dari layout desain, gambar, dan tentu animasi yang ada.
 Bagi Anda yang ingin membuat situs lebih segar mungkin bisa mencoba Applet Glide Navigation Pro 2006. Software ini dapat Anda manfaatkan untuk membuat menu navigasi yang dinamis pada halaman situs Web. Jadi bagi Anda yang memiliki pengatahuan minim dalam hal pemrograman Web khususnya Java Script akan sangat terbantu dengan perangkat lunak ini.

 Saat pertama kali menjalankannya Anda akan dihadapkan pada jendela [Templet]. Jendela ini berisi beberapa templet yang dapat Anda gunakan juga beberapa contoh Applet yang dapat dilihat. Pilih salah satunya kemudian klik [OK] untuk menggunakannya.

 Setelah pemilihan template dilewati Anda akan mendapat sebuah jendela bernama [Preview Form] yang menampilkan bentuk visual dari template yang Anda pilih. Untuk mengaturnya Anda dapat memilih deretan tab menu yang tersedia pada jendela utama. Tab menu tersebut adalah [Applet Settings] tempat untuk mengatur ukuran Applet dan yang lain-lain. Pada tab menu [Applet Background] atur warna yang akan ditampilkan jika memang diperlukan untuk menyesuaikannya dengan desain situs. Masuk juga pada tab menu [Scroll Bar] untuk mengatur lebar, posisi, dan warna scroll bar. Untuk penjelasan yang lebih komplek dapat dilihat pada Help yang diberikan.

Situs   : http://www.usingit.com
Ukuran File  : 824 KB
Kategori   : Alat Desain
Lisensi   : Shareware
Harga   : Single Site License ($49.95)
Kebutuhan system  : Windows 98/Me/NT/2000/XP
Fitur utama  : Membuat menu navigasi Web profesional