Vitrite v1.1.1: Bikin Windows Serba Transparan

Pertama-tama perkenalkan dulu, Vitrite adalah perangkat lunak untuk sistem operasi Windows 2000 keatas yang dapat kita gunakan untuk membuat jendela menjadi transparan. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini dari situsnya dalam dua versi. Yang pertama file instalasi bisa didapat dalam bentuk Self-Extracting Install dan yang kedua dalam paket terkompresi Zip.

Untuk paket zip Anda perlu mengekstraknya terlebih dahulu kedalam harddisk, sedangkan untuk paket EXE Anda hanya perlu melakukan penginstalan seperti biasa, yaitu dengan klik ganda dan mengikuti petunjuknya. Cara penggunaannya tidak terlalu sulit. Pertama-tama jalankan aplikasi ini melalui Start menu. Aplikasi ini tidak memiliki antar muka, tetapi tanda bahwa aplikasi ini sudah aktif adalah ditandai dengan ikon putih berbentuk jendela yang ada disistem tray.

 Jika aplikasi ini sudah diaktifkan, pilih salah satu jendela yang sedang aktif diwindows, kemudian tekan kombinasi tombol [Ctrl]+[Shift]+[angka 1-9]. Semakin kecil angka yang Anda tekan maka Windows akan menjadi semakin tidak terlihat. Untuk menormalkan kembali efek transparansi tekan [Ctrl]+[Shift]+[0] pada keyboard.

Situs   : http://batemail.sourceforge.net
Ukuran File  : 85.1 KB
Kategori   : Utility
Lisensi   : Freeware / General Public License
Harga   : –
Kebutuhan system  : Windows 2000/XP/2003
Fitur utama  : Bikin Jendela Windows Menjadi Transparan

Tif Viewer 1.0: Pembaca Tif Yang Simpel

Format gambar Tif sering kali digunakan dalam membuat karya visual dalam video editing. Alasannya adalah format tif dapat meyimpan informasi alpha channels yang sering dibutuhkan. Untuk melihat gambar yang memiliki format Tif sering kali kita menggunakan perangkat lunak berukuran ‘besar’ seperti Adobe Photoshop atau juga image viewer seperti ACDSee yang tidak gratis.

Jika Anda hanya ingin ‘mengintip’ isi file tersebut tanpa harus menghabiskan resource komputer Anda, perangkat lunak Tif Viewer bisa dicoba. Setelah melakukan instalasi coba jalankan aplikasi ini. Klik menu [File] > [Open] kemudian cari lokasi tempat gambar berformat Tif tersebut disimpan lalu klik [Open].

 Apabila dalam folder tempat Anda meyimpan memiliki lebih dari satu file Tif, maka semua gambar tersebut akan ikut ditampilkan. Untuk melihat gambar yang lain klik tombol [<<] atau [>>] yang ada pada jendela utama aplikasi ini. Tif Viewer juga memiliki fitur untuk mencetak gambar. Silahkan masuk kemenu [File] > [Print] kemudian lakukan pengaturan mencetak sesuai dengan keinginan Anda.

Situs   : http://www.compact.uk.com
Ukuran File  : 588 KB
Kategori   : Image Viewer
Lisensi   : Freeware
Harga   : –
Kebutuhan system  : Windows 9x/Me/NT/2000/XP/2003, Microsoft .NET Framework 1.1
Fitur utama  : Cara simple lihat file Tif

CorelDRAW : Melihat Data Statistik Teks

Didalam membuat suatu karya grafis biasanya tidak hanya terdapat gambar dan ‘sentuhan’ warna  yang menjadi unsur visual didalamnya. Sering kali beberapa kata dan kalimat ditampilkan untuk memeperindah sekaligus menegaskan arti dari desain yang kita buat.

 Untuk melihat data statistik dari semua teks yang ada pada dokumen CorelDRAW kita dapat menggunakan salah satu fasilitas yang ada yaitu Text Statistics. Fungsi ini dapat kita akses melalui menu [Text] > [Text Statistics]. Sebelum mengakses fasilitas ini pastikan tidak ada objek teks yang dipilih.

 Lewat fasilitas ini Anda dapat mengetahui berapa jumlah objek teks yang ada, jumlah baris, jumlah kata, jenis font yang digunakan dan lain-lain. Beri tanda centang pada check box [Show style statistic] maka keterangan dari jenis style yang dipakai akan ditampilkan. Selamat mencoba!!!

CorelDRAW : Menampilkan lebih Banyak Font Yang Telah Digunakan

CorelDRAW mendukung banyak jenis huruf yang dapat kita gunakan tergantung banyaknya font yang terinstal pada komputer kita. Seperti halnya perangkat lunak pengolah kata seperti Microsoft Word, CorelDRAW juga akan menampilkan jenis huruf yang pernah dipakai dalam dokumen tersebut pada font list.

 Fasilitas ini sebenarnya cukup berguna karena kita dapat mengganti jenis huruf dengan mudah, cukup dengan memilih salah satu recent yang ditampilkan. Secara standar CorelDRAW membatasi jumlah recent font dengan nilai 5. Jadi jenis huruf yang telah terpakai tidak akan ditampilkan lebih dari 5.

 Untuk merubah nilai standar dari jenis font yang ditampilkan lakukan langkah-langkah dibawah ini :

1. Klik menu [Tools] > [Options]. Bisa juga dengan menekan Ctrl + J
2. Pada jendela Options, masuklah kemenu [Workspace] > [Text] > [Fonts]
3. Pada bagian most recently used fonts ganti nilai 5 dengan angka lain sesuai dengan pilihan Anda.
4. Klik [OK] untuk menerapkannya.

Tanpa perlu memulai ulang CorelDRAW sekarang coba Anda lihat font list yang ada pada workspace. Jumlah font yang ada kini telah berubah sesuai pengaturan yang Anda buat.

HTML : Perubahan Title Halaman Web Dengan Java Script

Para peselancar dunia maya yang sudah ‘mahir’ mungkin pernah berkunjung kesalah satu situs yang mempunyai title dokumen HTML yang berubah otomatis setiap beberapa detik sekali. Perubahan title dokumen menjadi judul lain ini memungkinkan dengan adanya barisan perintah baru Java Script yang ditambahkan pada dokumen tersebut.

Untuk beberapa situs ketika Anda melihat source code nya dengan Notepad, yang ada hanyalah halaman kosong yang tidak ada isinya. Itu berarti Webmaster yang membuat dokumen tersebut menutup kode HTML yang ada pada situs tersebut.

OK, jika Anda masih penasaran bagaimana cara membuatnya coba Anda gunakan script berikut ini :

  1. <script language="\\\'JavaScript\\\'">        <!--  var default1 = "Selamat Datang Di Situs Tabloid DHINATA.COM"; // Hanya ditampilkan saat halaman Web diload  var text1 = "DHINATA.COM";  var text2 = "Layanan Desain Web murah tapi bukan murahan";  var text3 = "Dhinata.Com - Paling plus bicara TI";  var changeRate = 3000; // 1000 = Satu detik  var messageNumber = 0;
  2.  
  3. function changeStatus() {    if (messageNumber == 0) {     window.status=default1;       document.title=default1;      }    else if (messageNumber == 1) {     window.status=text1;       document.title=text1;      }    else if (messageNumber == 2) {     window.status=text2;       document.title=text2;      }    else if (messageNumber == 3) {     window.status=text3;       document.title=text3;       messageNumber = 0;       }
  4.  
  5.   messageNumber++;    setTimeout("changeStatus();",changeRate);
  6.  
  7. }  changeStatus();  // --></script>

 Dalam script tersebut pergantian teks dilakukan sampai 3 kali. Jika mau Anda dapat menambahkan jumlahnya sesuai keperluan. Waktu pergantian title juga dapat diatur melalui tag var changeRate, satuan yang dipakai adalah millisecond. Script tersebut bisa Anda tambahkan diantara tag

Pergantian title juga akan merubah status bar yang ada dibagian bawah jendela browser misalnya Internet Explore. Akhir kata selamat mencoba dan semoga bermanfaat!!!

Berburu Lirik Lagu Di Dunia Maya

Berburu perangkat lunak gratis didunia maya? itu sih biasa. Kalau berburu mp3 gratis? jelas merupakan ‘impian’ semua pemakai Internet. Bagaimana kalau berburu lirik lagu di dunia maya? Boleh-boleh saja. Yuk, kita cari sendiri lirik lagu tanpa bantuan Google.

Apa lagi sih yang tidak bisa dicari didunia ini? Dunia yang dimaksud adalah dunia maya yang terus berkembang pesat dengan miliaran informasi yang terkandung didalamnya. Kalau bicara soal urusan ‘berburu’ sesuatu didunia maya kebanyakan dari kita akan memulainya berkunjung dulu kesitus Google, Altavista, ataupun Yahoo.
Tapi ketika selesai melakukan pencarian kita juga dapat disibukkan dengan hasil yang didapat, yaitu ratusan link yang akan menuju kesitus tempat kita membutuhkan informasi tersebut. Begitu juga kalau kita ingin mencari lirik sebuah lagu, jika hanya dengan kata kunci ‘lirik lagu’ maka akan banyak situs yang akan ditampilkan dan belum tentu sesuai dengan keinginan kita.

Ada satu situs buatan anak negeri yang menjadi tempat favorit bagi saya untuk mencari lirik lagu. Alamat situsnya adalah www.iloveblue.com/lirik. Disitus ini pengunjung tidak perlu mendaftar untuk mencari lirik lagi yang ingin dilihatnya. Jenis aliran musik yang ada juga lumayan lengkap mulai dari pop, rock, punk, alternatif, jazz sampai lirik lagu dangdut juga desediakan disini.

Pencarian lirik lagu dapat dilakukan melalui link alphabet yang ada dibagian bawah halaman berdasarkan nama artis/penyanyi. Cara yang paling mudah adalah melalui kotak Search Lirik Lagu yang ada dibagian tengah halaman. Tidak cuma melalui nama artis, metode pencarian juga dapat dilakukan melalui judul lagu dan sepenggal lirik yang mau dicari jadi pengunjung dapat lebih mudah melakukan pencarian. Apalagi jika lagu tersebut sedang ‘meledak’ dipasaran, pencarian cukup dengan mengetikan judul lagu yang dimaksud ataupun liti yang terkandung didalamnya.

Jika lirik ataupun judul lagu yang dimaksud sudah dimasukkan silahkan Anda tekan tombol cari untuk memulai proses. Tidak lama jika lirik lagu yang dimaksud ditemukan, situs akan memberitahukan bahwa pencarian berhasil dilakukan dengan memberikan link yang membawa Anda kehalaman lirik lagu tersebut.

Jika pencarian yang dilakukan melalui nama artis, maka situs akan menampilkan seluruh judul lagu yang dinyanyikan oleh grupband atau penyanyi tersebut. Setelah seluruh judul lagu muncul dihalaman Web, Anda tinggal memilih salah satunya dengan mengklik link tersebut.

Kadang-kadang lirik lagu yang disediakan akan dilengkapi dengan kord atau kunci gitar sehingga lebih mengasyikan lagi selagi menyanyikan lirik tersebut sambil bermain gitar.
Bukan cuma lirik lagu Indonesia yang disediakan disini. Lirik lagu barat juga banyak disediakan, tinggal Anda harus pintar-pintar memasukkan kata kunci untuk mencarinya. Sampai saat artikel ini ditulis jumlah lirik lagu yang tersedia dalam iloveblue.com berjumlah 5406 lirik lagu.

Jadi mulai sekarang Anda yang senang bermain musik dan mencari lirik lagu terbaru bisa berhemat ‘sedikit’ uang untuk membeli majalah musik. Karena tidak lama setelah lagu terbaru muncul maka situs ini akan berusaha menyediakannya untuk Anda secara gratis. Apalagi jika Anda mempunyai koneksi Internet yang Stand By dan fasilitas mencetak gratis dikantor…ahh nikmatnya!

Applet Newsflash Composer 2005: Bikin Java Applet interaksi dalam hitungan menit

Baru-baru ini USINGIT.COM mengeluarkan lagi salah satu Web Authoringtool yaitu  Applet Newsflash Composer 2005 yang ditujukan untuk membuat Applet Java yang dapat membuat teks interaktif dalam Web atau yang kita kenal sebagai News Ticker.
 Silahkan Anda unduh dahulu perangkat lunak ini. Ukuran file installasinya tidak terlalu besar jadi Anda dapat mengambilnya dengan cepat. Lakukan instalasi seperti biasa kemudian jalankan program ini melalui ikonnya didesktop. Untuk mencoba-cobanya terlebih dahulu tekan [Evaluate] pada jendela yang muncul. Pilih salah satu dari 8 templet yang disediakan kemudian klik [OK].

 Tab menu yang ada pada jendela utama berfungsi untuk mengatur desain dari Applet message yang akan ditampilkan. Tab menu [Applet Setting] menyediakan pilihan untuk mengatur ukuran applet, warna background, kecepatan, delay, dan arah gerakan. Tab [Scroll Button] digunakan untuk mengatur warna, ukuran, dan kordinat dari tanda panah yang ada pada templet yang Anda gunakan. Masuk juga kedalam tab [Border and Cursor] disini Anda dapat mengatur lebar, warna, dan style dari border yang ditampilkan. Anda juga dapat mengatur tampilan kursor saat berada diatas link yang ditampilkan applet. Pada tab [Loading Message] tuliskan teks yang ingin ditampilkan saat browser sedang me-load applet karena biasanya applet java pada situs Web membuat komputer sedikit bekerja “lebih keras”.

 Untuk menampilkan teks menjadi kalimat terpisah Anda dapat membuat item baru pada projek yang Anda buat. Caranya klik menu [Item]>[Insert] maka item baru akan dimasukkan dan Anda dapat mengatur kalimatnya sesuai selera. Masuklah ke tab [Text Settings] disini Anda dapat mengatur jenis huruf, format, dan warna serta link yang ditampilkan akan menggunakan garis atau tidak Pada tab [Link] Anda masukkan situs yang akan dibuka ketika link tersebut diklik juga target yang akan dilakukan apkah akan ditampilkan dalam jendela baru atau dalam jendela itu sendiri. Untuk melihat hasil kreasi apllet buatan Anda klik [Applet]>[Preview] atau tekan Ctrl+P. Untuk menyimpannya sebagai templet klik [File]>[Save As].

Situs   : http://www.usingit.com
Ukuran File  : 732 KB
Kategori   : Alat Desain
Lisensi   : Shareware (pembatasan fitur)
Harga   : $24.95
Kebutuhan system  : Windows 98/Me/NT/2000/XP, Browser mendukung Java
Fitur utama  : Membuat applet interaktif dengan mudah

Menjaga Kesehatan Registry Windows Dengan AMUST Registry Cleaner

Produk Sistem Operasi buatan Microsoft yaitu Microsoft Windows memang sering menjadi target para cracker yang ingin “berkarya”. Hal yang biasa dilakukan dan memang paling mudah dilakukan adalah dengan mengutak-atik Registry yang bisa digambarkan sebagai bagian vital dari Windows.

Dengan menambah satu atau dua entry baru saja diregistry, Windows akan berjalan sesuai dengan perintah yang telah dibuat. Apakah itu untuk membuat Windows lebih optimal atau malah justru untuk membuatnya rusak dan sering mogok. Yang lebih parah lagi adalah jika masalah itu menyebabkan Windows harus dinstall ulang kembali bersama aplikasi didalamnya. Tentu ada baiknya pekerjaan tersebut menjadi pilihan yang terakhir.
Jika Anda begitu sering menghadapi masalah Windows khususnya registry mungkin software yang baru diluncurkan buatan AMUST Software yaitu AMUST Registry Cleaner akan dapat sangat membantu. Jika Anda hendak berminat menggunakannya bisa diunduh dulu dari situs resminya, alamatnya di http://www.amustsoft.com/products/registrycleaner/. Versi yang digunakan pada kiat kali ini adalah versi 1.0 dengan ukuran file installer 912 KB. Setelah diunduh lakukan penginstallan seperti biasa dengan mengikuti petunjuk yang diberikan.

AMUST Registry Cleaner adalah software komersil, namun versi coba-cobanya bisa digunakan selama 30 hari. Lumayan untuk membantu Anda selama sebulan dan jika ingin lebih dari itu Anda harus melakukan registrasi. OK , langsung saja kita lihat kemampuan yang dimilikinya siapa tahu Anda berminat membelinya.

Fitur Yang Dimiliki

Pertama-tama jalankan AMUST Registry Cleaner yang telah terinstall di OS Anda. Menu utama dibagi dalam 3 kategori yaitu Task (Scan & Fix, Undo Fix), Utilities (Backup, Compact) dan Options (Settings). Penjelasan tentang cara pemakaian fitur akan dijelaskan dibawah ini :

· Scan & Fix – Basic Mode

Scan & Fix Basic Mode  adalah fitur untuk memeriksa dan memperbaiki entry yang ada diregistry dalam mode standard. Tidak ada pilihan untuk memilih bagian mana saja yang ingin diperiksa dan diperbaiki. Oleh karena itu penggunaannya adalah cukup dengan menekan tombol [Express Scan] maka AMUST Registry Cleaner akan langsung melakukan tugasnya. Beri tanda cek list pada cek box [Automatically fix all issues] agar bagian yang rusak diperbaiki secara otomatis.

· Scan & Fix – Advanced Mode

Scan & Fix – Advanced Mode adalah pilihan yang disediakan untuk Advanced user walaupun sebenarnya tidaklah terlalu sulit dan membingungkan. Untuk mengubahnya menjadi Advanced mode, klik teks berwarna biru bertuliskan Advanced mode yang terletak dipojok kanan bawah. Pilihan menu yang disediakan meliputi Component subsystem, Internet Explore, Shared Components, Control Panel, Microsoft Office, System and User MRU Lists, dan Associations. Tandai cek box yang tersedia jika ingin memasukkannya kedalam daftar pemeriksaan. Untuk mengetahui penjelasan secara detil mengenai fungsinya, klik saja tanda [?] yang ada disampingnya. Jika cek box telah ditandai klik [Start] maka pemeriksaan akan segera dilakukan.

· Undo Fix

Sesuai dengan namanya fitur ini dapat digunakan untuk mengembalikan setting dari registry kesemula sebelum dilakukan pemeriksaan dan perbaikan. Pertama-tama pilih tanggal dimana Anda melakukan perbaikan. Jika sudah klik tombol [Undo] yang terletak dibagian bawah maka dalam sekejap Registry Anda akan kembali seperti semula.

· Backup

Ini adalah fitur yang menarik yang ada jika dibandingkan dengan program sejenis. Backup dapat digunakan untuk membackup seluruh registry Windows dalam satu file berformat .bkp. Pada bagian Create new backup klik tombol [Browse] untuk menentukan lokasi penyimpanan dan nama file. Kemudian klik [Create backup] untuk memulai pembuatan file.

Pada bagian Backup History Anda dapat mengembalikan file tersebut ke tempat asalnya. Klik tombol [Restore] kemudian klik tombol [OK] pada jendela baru yang keluar. Sistem akan dimulai ulang dengan registry awal yang sebelumnya yang Anda backup. Jika ingin menghapus file backup tersebut tekan tombol [Delete] karena ukurannya bisa jadi agak besar sekitar 20 MB.

· Compact

Compact dapat memberikan performa yang lebih baik untuk Windows dengan menghapus ruang kosong dan menata ulang struktur registry yang sudah berantakan. Registry compact akan dijalankan saat Anda memulai ulang Windows. Hasilnya Windows akan berjalan dengan lebih optimal saat akan digunakan. Tekan tombol [Schedule Compact] untuk mengaktifkannya. Untuk membatalkannya tekan tombol [Cancel Compact] yang secara otomatis berubah.
 
· Settings

Disini Anda diberikan kesempatan untuk mengatur fitur-fitur yang ada pada AMUST Registry Cleaner. Misalnya untuk Scan & fix, beri tanda cek list pada cek box [Network shares and drives] dan [Removeable drives] agar media lain yang tidak permanent seperti Jaringan dan USB drive ikut diperiksa.

Pada bagian Backup Anda dapat menentukan tempat menyimpanan file backup tersebut dengan menekan tombol [Browse]. Pada bagian Undo juga Anda dapat menentukan tempat file penyimpanannya dengan menekan tombol [Browse]. Untuk menerapkan perubahan tekan tombol [Apply]. Jika ingin mengembalikan ke pengaturan semula tekan tombol [Reset to default].

AMUST Registry Cleaner memang bukan freeware dan open source. Tapi dengan kemampuan dan fitur yang dimilikinya dapat menjadi pertimbangan untuk membeli versi fullnya. Apa lagi jika kemampuan yang dimilikinya bisa dikatakan lebih lengkap dari program sejenis yang ada.

Fast Video Converter 1.0: Mudahnya mengonversi file video

Format video yang ada sering kali harus diganti menjadi format lain sesuai dengan kebutuhan dan pekerjaan yang akan kita lakukan. Nah untuk keperluan itu kita bisa menggunakan perangkat lunak bernama Fast Video Converter yang saat tulisan ini dibuat beru memiliki versi 1.0. Fast Video Converter mendukung video berformat AVI, DivX, MPEG1, MPEG2, DVD, VCD, and SVCD.

 Semua format video tersebut didukung dan dapat dikonversi dengan baik menjadi format MPEG4 and AVI. Pengguna juga dapat memilih hasil konversi berupa system PAL atau NTSC. Untuk diwilayah kita tentu saja PAL yang dipilih. Ada juga pilihan tambahan untuk mengonversi video tersebut keformat WMV/ASF, format video yang dipopulerkan oleh Microsoft.

Melakukan konversi video dengan perangkat ini hanya perlu sedikit langkah. Pertama-tama klik tombol [Add] kemudian cari dan pilih video yang akan dikonversi, untuk mengonversi lebih dari satu file tekan tombol [Ctrl], pilih file lalu klik [Open]. Setelah itu klik menu [Conversion] kemudian pilih jenis file hasil konversi yang Anda inginkan. Untuk melakukan beberapa perubahan penting Anda tinggal menekan tombol [Setting]. Pada tab general Anda dapat menentukan tempat peyimpanan file hasil konversi. Tab menu lainnya mewakili pengaturan file tipe hasil konversi. Pada tab tersebut Anda dapat mengatur jenis codec dan frame size yang akan dibuat.

 Jika belum diregister file hasil konversi akan diberikan sebuah watermark bertuliskan “Evaluation Copy”. Untuk urusan konversi video perangkat lunak ini dapat menjadi pilihan. Berbeda dengan program sejenis yang harganya sangat mahal, Fast Video Converter dapat berjalan dan melakukan proses konversi dengan cepat sesuai dengan namanya. Selamat mencoba !!

Situs   : http://www.pjsun.com/
Ukuran File  : 5.84 MB
Kategori   : Video
Lisensi   : Shareware (memberi watermark pada file hasil konversi)
Harga   : $20
Kebutuhan system  : Windows 98SE/ME/2000/XP/2003, DirectX 8.0
Fitur utama  : Mengonversi Video menjadi format lain dengan cepat