FastPaste Versi 2.50: Aplikasi Pengelola Salin Tempel Yang Cerdas

Sewaktu menggunakan perangkat lunak pengolah kata misalnya Microsoft Word, sudah tentu Anda sering melakukan perintah seperti copy dan paste. Tujuannya tentu saja untuk menyisipkan teks atau gambar yang digunakan berulang-ulang dalam tulisan tersebut.

 FastPaste Versi 2.50 dapat digunakan untuk membantu rutinitas Anda dalam menggunakan aplikasi pengolah kata. Kemampuannya adalah dalam mengelola perintah copy dan paste dengan baik dan ‘cerdas’. Pertama-tama silahkan Anda unduh dulu paket instalasinya kemudian lakukan instalasi seperti biasa.

 Setelah berhasil diinstal jalankan FastPaste 2.50 melalui menu [Start] atau melalui ikonnya di Desktop. Kali pertama aplikasi ini dijalankan, Anda bisa mengisi kotak kosong yang bertuliskan Empty yang berjumlah 30. Setiap project yang kosong dapat Anda isi dengan teks atau gambar. Untuk mengisinya cukup dengan mengklik tulisan Empty pada kotak tersebut, kemudian tekan ombol [F3]. Sebuah jendela bernama [Configure Clip to Paste] akan muncul, klik tombol [Plain Text] untuk mengisinya dengan teks murni, [RTF] jika teks mengandung format, dan [Image] jika clipboard berupa gambar.

 Jika project pada aplikasi ini sudah diisi, sekarang Anda dapat menyalin isinya kedalam aplikasi pengolah kata yang sedang Anda gunakan. Untuk menyalin isi dari project 1 cukup dengan menekan kombinasi tombol [Ctrl] + [1] pada keyboard. Angka 1 pada kombinasi tombol tersebut memaksudkan isi dari project 1 pada aplikasi FastPaste.
 Untuk melihat isi dari semua project Anda dan menyalin salah satunya Anda dapat menekan tombol [Ctrl] + [Alt] + [C] pada keyboard. Sebuah contex menu baru akan muncul beserta isi dari project yang Anda buat. Klik salah satu isinya untuk menyalinnya kedalam naskah Anda. Perangkat lunak ini bersifat shareware jadi waktu Anda dalam menggunakan aplikasi ini dibatasi selama 14 hari. Fitur-fitur lainnya dan penjelasan yang lebih dalam dapat Anda lihat pada menu help.

Situs   : http://www.dextronet.com
Ukuran File  : 1.99 MB
Kategori   : Utiliti
Lisensi   : Shareware (Pemakaian selama 14 hari)
Harga   : –
Kebutuhan sistem  : Windows 9x/ME/2000/XP/2003
Fitur utama  : Mengelola kegiatan copy paste

AIMFix 1.0: Pembasmi Virus AOL Instant Mesengger

Metode penyebaran virus tidak hanya bisa dilakukan melalui lampiran email, situs Web, dan media peyimpanan seperti disket atau UFD. Banyak juga virus yang menyebarkan dirinya melalui Instant Mesengger, aplikasi yang banyak digunakan pengguna internet untuk berkomunikasi melalui teks.

 Banyak sudah perangkat lunak IM yang digunakan sebagai sarana penyabaran virus misanya Yahoo Messenger, mIRC, dan tak terkecuali AOL Instant Mesengger. Untuk itu bagi Anda pelanggan AOL, AIMFix dapat menjadi tameng untuk melindungi IM kesayangan Anda.

 Untuk mendapatkan aplikasi ini Anda perlu terlebih dahulu mengunduh dari situsnya. AIMFix digunakan dalam lingkungan DOS. Cara penggunaannya relative mudah. Pertama-tama jalankan Command Promt melalui [Start] > [Run] ketik cmd lalu [Enter]. Arahkan direktori yang aktif ketempat dimana AIMFix Anda tempatkan. Sebelumnya matikan dulu proses bernama aim.exe dengan Task Manager atau dengan perintah taskkill.

 Pada jendela Command Promt ketik aimfix -l c: -d c: lalu [Enter]. Opsi –d digunakan untuk melakukan pencarian varian virus yang menginfeksi IM tersebut. Opsi –l digunakan untuk membuat Log file pada drive c: dengan nama file AIMFix.txt. Dalam File tersebut akan ditampilkan daftar nama dari virus yang menginfeksi IM Anda. Selamat bersih-bersih!!!

Situs   : http://jayloden.com/VirusClean.htm
Ukuran File  : 155 KB
Kategori   : Utiliti
Lisensi   : Freeware
Harga   : –
Kebutuhan sistem  : Windows 9x/NT/ME/2000/XP/2003
Fitur utama  : Membersihkan Virus AOL Instant Messengger

Tips Seputar Windows Portable Buatan PE Builder

Meski tidak secanggih distro Linux Live CD seperti Knoppix misalnya, Windows PE Builder dapat sangat membantu para Administrator Jaringan yang sering berurusan dengan PC yang mogok, sistem operasi rusak, serangan dahsyat dari virus dan teman-temannya. Paling tidak data penting yang ada pada komputer itu dapat diselamatkan dan dipindahkan. Hal ini dapat dimungkinkan lagi dengan adanya dukungan dari plug in tambahan dari perangkat lunak pihak ketiga.

Perangkat lunak yang dapat ‘diikutkan’ kedalam Windows ini masih dalam keadaan terbatas. Namun seiring versi yang lebih baru dirilis, PE Builder akan menambah daftar ‘rekan sekerjanya’ yang dapat membantunya. Tapi tentu saja perangkat lunak yang didukung kebanyakan gratis agar tidak terbentur dengan masalah lisensi.

OK, silahkan Anda simak judul demi judul dari artikel ini.

Manajemen File dalam Harddisk

Didalam dunia Windows salah program yang paling sering digunakan adalah Windows Explorer. Lewat aplikasi ini pengguna dapat menjelajah isi harddisk, mengatur file, serta menjalankan fungsi vital lainnya dari Windows. Nah, didalam Windows buatan PE Builder juga ada aplikasi semacam ini yaitu A43 File Management Utility.

A43 dapat Anda akses melalui menu [GO] > [Programs] > [A43 File Management Utility]. A43 File Management Utility sebenarnya dapat dikatakan lebih canggih dari seri Windows yang biasa kita pakai. Kenapa bisa dikatakan demikian? Karena aplikasi ini mampu mengurai file terkompresi dalam format ZIP bahkan RAR. Fitur ini dapat Anda gunakan melalui menu [File] > [Unzip] atau [Unrar]. Sebelumnya tentu saja Anda harus memilih file tersebut dengan mouse.

Fungsi standar seperti copy, cut, paste dan delete tetap disediakan. Melalui program ini pengguna juga dapat membuat Folder, File, ataupun shortcut seperti pada Windows dengan cara biasa, dengan cara klik kanan pada area kosong atau folder, pilih [New], kemudian pilih menu yang disediakan.

Bagaimana jika ada file yang hilang? Tenang fasilitas pencarian file tetap disediakan. Silahkan Anda mengklik menu [Tool] > [Find File]. Pada jendela baru yang muncul tekan tombol [>>] untuk menentukan lokasi pencarian. Jangan lupa isi nama file pada kotak Name of File.

Membersihkan Virus dan Spyware

Fasilitas ini sebenarnya bergantung apakah Anda mengikut sertakan plug innya atau tidak. Karena secara standar, PE Builder tidak menyertakan aplikasinya. Untuk mengetahui bagaimana cara penginstalannya silahkan Anda melihat Help yang disediakan pada masing-masing plug in.

Disini penulis menggunakan Antivirus gratis yang didukung oleh PE Builder yaitu McAfeeStinger. Cara penggunaannya tidak terlalu sulit. Silahkan mulai dulu program ini melalui menu [GO] > [Programs] > [McAfeeStinger]. Anda tinggal menekan tombol [Browse] untuk memilih drive atau direktori, kemudian tekan tombol [Scan Now] untuk memulai proses pembersihan.

Untuk Spyware ada aplikasi gratis yang sudah menjadi andalan banyak pengguna Windows yaitu Ad-Aware SE. Klik [Scan now] untuk memulai proses pembersihan. Pilih jenis metode pencarian yang akan dilakukan, kemudian klik [Select] lalu pilih drive yang akan diperiksa, jika sudah klik [Next].

Melihat File Gambar

Sama dengan Stinger dan Ad-Aware SE, aplikasi image viewer yang didukung yaitu IrfanView juga tergantung dari pengaturan yang Anda buat saat menggunakan PE Builder. IrfanView dapat diakses melalui  [GO] > [Programs] > [IrfanView]. Tekan tombol [T] pada keyboard untuk memunculkan jendela baru yang akan menampilkan Thumbnail. Tujuannya ya tentu saja gar Anda dapat lebih mudah menjelajah isi harddisk.

Cari lokasi penyimpanan file milik Anda kemudian klik ganda pada file gambar tersebut untuk melihatnya dalam ukuran sebenarnya. IrfanView mendukung banyak format image, jadi Anda tidak perlu khawatir jika nanti suatu saat Anda tidak bisa melihat gambar kesayangan dengan perangkat lunak ini. File audio MP3 dan WMA juga sebenarnya didukung oleh aplikasi ini. Namun untuk itu Anda perlu memasukkan plug in tambahan yang dapat dodownload dari situs http://www.irfanview.com.

Manajemen Partisi Windows

PE Builder menyediakan fasilitas untuk mengelola partisi pada harddisk Anda. Entah itu untuk membuat ataupun menghapus partisi Windows. Masuklah kemenu [GO] > [System] > [BartPE Installer v2]. Tekan tombol 4 pada lalu tekan [Enter]. ikuti petunjuk yang diberikan sampai selesai.

Untuk memformat drive yang ada masuklah kemenu awal kemudian tekan tombol 3 lalu [Enter]. Tekan tombol [1] kemudian [Enter]. Langkah ini akan menampilkan daftar drive yang ada pada harddisk Anda beserta file system yang digunakan. Tekan tombol [2] untuk menampilkan menu pilihan dalam proses format. Ketik nama drive yang akan diformat. Misalnya drive tersebut adalah E, ketik e kemudian tekan [Enter]. Langkah selanjutnya adalah memilih file system yang akan digunakan. Bisa NFTS atau FAT. ikuti langkah selanjutnya sesuai petunjuk.

Mengatur Resolusi Monitor

Meski dipakai dalam keadaan darurat bukan berarti kita harus menggunakan Windows yang tampil dengan apa adanya. PE Builder menyediakan pilihan resolusi yang dapat digunakan. Secara standar Windows portable ini akan menggunakan resolusi 800×600 px. Untuk merubahnya Anda dapat memasuki menu [GO] > [System] > [Display] > [Screen Resolution], pilih salah satu resolusi yang ditampilkan. Resolusi yang disediakan telah disesuaikan dengan kemampuan monitor Anda jadi jangan takut untuk menggunakannya. Yang patut disayangkan adalah tidak adanya pengaturan untuk memilih refresh rate, jadi tetap saja keyamanan yang dimiliki akan berkurang.

Masih banyak hal yang dapat kita lakukan dengan Windows portable ini. Untuk itu silahkan Anda melihat-lihat sendiri menu dan palikasi yang disediakan. Selamat mencoba!!! ayuk