Macromedia Fireworks 8: Menemukan Rahasia Di Macromedia Fireworks 8

Macromedia Inc, perusahaan piranti lunak Multimedia baru saja meluncurkan versi terbaru dari produk-produk mereka yang sudah ternama seperti Dreamweaver, Flash, dan Fireworks. Semuanya sudah sampai pada versi 8 dan berada dalam satu paket bernama Macromedia Studio 8.

 Seperti biasa para pengguna PC yang berkutat dibidang Multimedia tentu tertarik untuk mengetahui kelebihan dan fitur yang dimiliki oleh Macromedia Studio 8. Bukan cuma kemampuannya yang hebat, salah satu piranti lunak yang dikemas ternyata membawa rahasia layaknya aplikasi lain pada PC. Pada kesempatan kali ini kita akan memunculkan rahasia yang ada pada Macromedia Fireworks 8.

Lakukan langkah-langkah mudah berikut ini :

1. Eksekusi Macromedia Fireworks 8.
2. Klik menu [Help] > [About Fireworks…].
3. Tekan tombol [Ctrl] pada keyboard kemudian klik angka 8 yang ada pada keterangan versi dari Macromedia Fireworks 8.

Tunggu beberapa saat, sampai gambar logo Macromedia Fireworks 8 perlahan menghilang diganti dengan gambar-gambar lucu hewan yang memiliki wajah manusia. Jangan mengklik apapun agar gambar-gambar lucu terus dimunculkan. Gambar ‘aneh’ yang dimunculkan bermacam-macam dan bervariasi, pokoknya segala jenis hewan yang ada dikebun binatang ditampilkan. Selamat tertawa!!!

SWiSHmax: Akses Cepat Mengexport File

Setelah selesai membuat animasi tentu Anda akan mengexport file tersebut untuk melihat hasilnya. SWiSHmax menyediakan berbagai format file yang dapat Anda buat untuk mengexport file tersebut seperti AVI, EXE, HTML dan SWF. Untuk mengexport file Anda harus mengklik menu [File]>[Export] atau dapat juga menggunakan shortcut keyboard yang disediakan secara default oleh SWiSHmax.

Sebenarnya ada cara cepat lain yang dapat Anda gunakan untuk mengexport file, yaitu dengan menampilkan icon pada workspace(area kerja) yang mewakili fungsi export file tersebut. Untuk menampilkan icon tersebut langkah-langkahnya adalah :

1. Klik menu [Tools]>[Customize…].
2. Pada jendela Customize pilih tab Commands.
3. Pada kotak Categories: pilih File.
4. Pada kotak Commands: pilih perintah export yang akan ditampilkan pada workspace misalnya AVI.
5. Klik icon tersebut kemudian drag keatas kesamping deretan menu bar, jika sudah akan muncul icon AVI yang mewakili perintah untuk mengexport file kedalam format AVI.
6. Lakukan juga untuk menampilkan perintah export yang lain.
7. Tekan tombol [Close] untuk keluar.

Selamat mencoba.

Menemukan Rahasia Di Adobe ImageReady CS2

Sudah banyak perangkat lunak yang memiliki rahasia tersembunyi didalamnya. Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba membongkar hal tersembunyi yang ada pada aplikasi Adobe ImageReady CS2. Piranti lunak ini ada dalam satu bundel dengan paket aplikasi Adobe Photoshop CS2.

 Tanpa banyak ‘ngomong’ dan basa-basi langsung saja kita coba menemukannya, yukkk!!!

1. Langkah pertama ya tentu saja eksekusi Adobe ImageReady CS2.
2. Klik menu [Help] > [About ImageReady…].
3. Sebuah kotak berisi keterangan versi dari Adobe ImageReady CS2, nama pengguna, serial number dan keterangan lainnya akan ditampilkan.
4. Tekan tombol [Ctrl] pada keyboard kemudian kursor akan berubah bentuk menjadi Clone Stamp Tool. Coba klik pada area kosong yang ada dibawah 2 buah bulu berwarna orange kemerah-merahan, gambar seekor bebek mainan akan muncul. Gambarnya mirip dengan sampel gambar dari Photoshop. Gambar bebek ini bisa dimunculkan sampai 10 ekor.
5. Sekarang kita coba untuk menghapusnya. Tekan tombol [Ctr] + [Alt] secara bersamaan, arahkan kursor kegambar bebek sampai kursor berubah menjadi tanda Plus ( + ). Klik bebek satu persatu untuk menghilangkannya.
6. Agar bebek-bebek dapat dihapus sekaligus secara bersamaan tekan tombol [Alt] + [Shift] kemudian klik salah satu gambar bebek. Saat menghapus korsor akan berubah bentuk menjadi Magic Eraser Tool seperti yang ada dalam salah satu perangkat ImageReady.

Nah, kita sudah mencoba salah satu rahasia yang ada di Adobe ImageReady CS2.

ProtoPort Firewall 1.05: Menjaga Keamanan Komputer Dalam Jaringan

Sekedar memasang kata sandi yang rumit pada komputer tidak cukup untuk memastikannya benar-benar aman. Apalagi jika komputer tersebut berada dalam jaringan LAN, WAN dan terhubung dengan Internet, tentu akan semakin rentan untuk ditembus oleh orang-orang ‘kreatif’ yang penasaran. Lebih dimungkinkan lagi karena aplikasi semacam itu banyak bertebaran di Internet dan bisa diambil dengan bebas.

 Keamanan komputer 100% mungkin tidak akan pernah terjadi, tapi bukan berarti kita menyerah begitu saja. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah ProtoPort Firewall 1.05. Perangkat lunak ini mempunyai tugas semacam firewall dan anti-hacker pada PC. Setelah installasi komputer Anda akan dimulai ulang dan secara otomatis ProtoPort Firewall dieksekusi saat memasuki Windows.

 Salah satu fitur yang ada adalah Black List, fungsinya untuk memblok suatu IP agar tidak bisa mengirimkan paket kepada Anda, dengan kata lain permintaan yang dikirimkan akan ditolak. Anda bisa memasukkan IP komputer yang ada dalam jaringan dengan menekan tombol [Add…]. Masukkan IP komputer yang akan dipantau beserta keterangan dan masa habis berlakunya waktu pemblokiran.

 Masih banyak lagi fasilitas keamanan yang diberikan. Anda bisa melihatnya pada situs resmi pembuatnya karena fasilitas pertolongan tidak disediakan pada paket installasi.

Situs   : http://www.protoport.com/
Ukuran File  : 189 KB
Kategori   : Utility
Lisensi   : Shareware (30 hari waktu pemakaian)
Harga   :
Kebutuhan system  : Windows 9x/ME/2000/XP/2003
Fitur utama  : Memantau Keamanan Jaringan Komputer

Google Toolbar: Hasil Pencarian Google Dalam Jendela Baru

Si mesin pencari yang serba tahu yaitu Google membuat sebuah aplikasi bernama Google Toolbar. Aplikasi ini berfungsi sebagai plug-in tambahan untuk Internet Explorer, tujuannya agar para netter dapat langsung melakukan proses pencarian di dunia maya tanpa harus berkunjung terlebih dahulu kesitus Google.com.

 Saat berselancar dengan banyak jendela Internet Explorer, terkadang kita lupa untuk membuka jendela baru ketika melakukan pencarian informasi menggunakan Google Toolbar. Hasilnya, halaman Web yang telah susah payah dan lama diunduh tanpa ‘permisi’ terlebih dahulu langsung diganti dengan halaman hasil pencarian Google. Sangat tidak efektif, memakan banyak waktu, biaya, dan ‘sedikit’ tenaga mungkin.

 Sebenarnya Google Toolbar sudah menyediakan solusinya. Anda dapat menekan logo Google yang ada pada jendela IE. Pada menu yang muncul pilih menu [Options…]. Aktifkan tab menu [Search]. Beri tanda centang pada kotak [Open a new windows to display results each time you search]. Tanpa perlu memulai ulang IE dan Windows, coba Anda test dengan melakukan pencarian menggunakan Google Toolbar.

Google Toolbar: Mengisi Formulir Web Secara Otomatis

Para peselancar dunia maya memang bisa sesuka hati mengunjungi situs Internet yang ia sukai. Tapi untuk menggunakan layanan yang ada seperti email gratisan, bergabung diforum Internet dan berbelanja online, seseorang perlu terlebih dahulu mendaftarkan dirinya atau mengisi data pribadinya pada formulir yang disediakan. Halaman Web formulir yang disediakan wajib diisi. Meskipun kebanyakan orang tidak mengungkapkan secara jujur identitas pribadinya.

Kebanyakan para ‘petualang’ yang suka meloncat-loncat dari forum yang satu keforum yang lainnya, akan merasa cukup bosan ketika mengisi formulir Web yang isinya lumayan mirip formulir yang ada banyak situs. Identitas pribadi yang biasa diminta yaitu Nama, alamat email, nomor telepon, alamat dan lain-lain.

 Jika Anda berselancar menggunakan IE dan Google Toolbar sudah terpasang, Anda bisa memanfaatkan salah satu fiturnya yaitu AutoFill. Fasilitas ini dapat membantu Anda dalam menghemat waktu saat berselancar.

 Pengaturannya dapat dilakukan melalui cara berikut :

1. Klik logo Google yang ada pada jendela IE.
2. Pilih menu [Options…].
3. Aktifkan tab menu [Browsing]. Klik tombol [AutoFill Settings…].
4. Isi identitas pribadi Anda pada kotak yang disediakan.
5. Tidak semua kotak harus diisi. Jika sudah klik [OK] untuk menyimpannya.

Sekarang coba buka halaman Web yang berisi formulir. Bagian formulir yang bisa diisi secara otomatis ditandai dengan background berwarna kuning. Tekan tombol [AutoFill] untuk memulai proses pengisian. Tombol AutoFill bisa Anda temukan pada Google Toolbar.