Yahoo! Messenger with Voice: Menyamarkan Online Status

Suatu saat ketika sedang melakukan pembicaraan serius yang sifatnya penting dengan YM, mungkin ada beberapa teman chat Anda yang juga ikutan nimbrung disaat yang sama. Bisa jadi kita merasa terganggu apa lagi jika yang dibicarakan adalah topik yang ‘basa-basi’.

 Cara ini bisa dicoba untuk menyamarkan status online Anda. Maksudnya begini. Teman chat Anda akan melihat status palsu Anda menjadi offline padahal sebenarnya sedang online. Langkah-langkah triknya sebagai berikut. Klik kanan id Yahoo teman Anda yang ditampilkan pada tab menu Messenger. Pilih menu [Stealth Settings].

 Sebuah jendela baru bernama Stealth Settings akan muncul. Pilih salah satu opsi status online lalu klik [OK]. Dengan begini Anda bisa ‘membungkam’ teman chat yang ‘bawel’ dan id Yahoo menggangu yang tidak sengaja dimasukkan dalam daftar.

Windows XP: Membuat Angka Binary

Rangkaian angka binary dapat membentuk sebuah huruf kemudian disatukan menjadi sebuah kata yang berarti. Sewaktu-waktu kita mungkin membutuhkan suatu angka binary dari sebuah kata. Untuk membuatnya kita gunakan saja Registy Editor, perangkat lunak standar yang sudah ada Windows.

Caranya tidak terlalu rumit yaitu dengan memanfaatkan salah satu Binary Value yang ada. Anda hanya mengetikkan kata seperti biasa dan binarynya langsung bisa kita lihat. Namanya juga trik memang caranya agak aneh tapi dari pada gak ada. Langsung aja kita coba, yukkkkk.

1. Eksekusi Registry Editor.
2. Masuk kedalam HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\MessengerService
3. Klik ganda binary value MSNState.
4. Anda bisa melihat deretan angka 0 dan 1. Disampingnya terdapat titik-titik. Tempatkan kursor didepan titik pertama. Nah, sekarang Anda bisa mengetikkan kata-kata seperti biasa, angka binarynya langsung ditampilkan disampingnya.

Angka binary memang tidak bisa disalin tempel seperti biasa. Tapi kalau untuk sepatah dua patah kata ya lumayan.

Macromedia Flash Professional 8: Proteksi SWF dengan Password

Macromedia Flash menghasilkan file bertipe SWF yang bisa digunakan untuk situs Web, Multimedia Interaktif, atau aplikasi lainnya. Sudah bukan rahasia lagi, SWF sebenarnya bisa dibongkar kembali menjadi FLA yaitu format file project Flash yang berisi elemen seperti movie clip, action script serta elemen lainnya.

 Tentu bukan hal yang menyenangkan kalau ada orang lain yang dengan seenaknya menyontek hasil karya kita dengan meniru konsep desain dan mengambil action script dengan cara membongkar projectnya. Untuk inilah Macromedia menambahkan fitur baru pada Macomedia Flash Professional 8 untuk mengunci file SWF dengan kata sandi. Tanpa banyak omong langsung saja kita coba.

1. Klik menu [File] > [Publish Settings…].
2. Beri tanda pada kotak Flash.
3. Aktifkan tab menu [Flash].
4. Pada grup Option beri tanda kotak Protect from import dan Debugging permitted.
5. Masukkan kata sandi pada kotak Password.
6. Klik [Publish] untuk mengkompilenya menjadi SWF yang terproteksi. 

Nah, dengan cara diatas Macomedia Flash akan meminta kata sandi jika file tersebut akan diimport. Juga ketika akan dikonversi kembali menjadi FLA.

Tips Seputar Data Kerja

Penggunaan komputer dalam kehidupan sehari-hari baik untuk kerja ataupun hobi adalah hal yang umum. Berikut ada beberapa tips bagi Anda.

Semua individu kini tidak asing lagi dengan yang namanya komputer. Seorang pebisnis mobile, mahasiswa, pelajar, anak-anak bahkan ibu rumah tangga sama-sama memanfaatkan komputer untuk membantu mereka, meski aplikasi dan cara penggunaannya masing-masing berbeda.
 Khusus bagi para pekerja, komputer sangat penting untuk mengelola dan meyimpan data kerja. Dalam artikel ini penulis mempunyai beberapa tips bermanfaat seputar data kerja yang bisa Anda coba.

Membawa Data Dengan Sukses

Di suatu pertandingan sepak bola, pemain yang ikut berpartisipasi tidak murni berjumlah 22 orang. Masing-masing tim mempunyai pemain cadangan. Takut kalau-kalau ada suatu kejadian yang tidak terduga seperti pemain yang cedera, kelelahan, dan sebab lainnya. Loh, apa hubungannya dengan data di komputer?

 Situasinya mirip dan bisa saja terjadi ketika Anda ingin menyalin data kerja yang ada pada PC dirumah untuk dibawa kekantor atau sebaliknya. Bisa jadi penyalinan file gagal karena satu hal dan lainnya. Kejadian ini sering terjadi jika media penyimpanan yang dipakai berupa disket dan CDRW. File rupanya disalin pada bagian sektor yang rusak pada disket atau CDRW. Cara mengakalinya adalah dengan membawa banyak file cadangan yang merupakan kopian dari file asli.

 Kalau data Anda ‘terperangkap’ dalam media disket atau CDRW, utility penyelamat gratisan yang tersedia di Internet bisa dicoba, asalkan kerusakan tidak terlalu parah. Banyak situs review software di internet pernah beberapa kali memuat artikel mengenai utility penyelamat data dari media peyimpanan seperti disket, CD/DVD dan kartu memori.

 Media penyimpanan seperti kartu memori dan Flash disk merupakan pilihan yang aman. Konon kedua benda tersebut jarang mengalami masalah, meski tidak menjamin 100%.

Beri Nama Spesifik

Ini merupakan hal penting yang sering dianggap sepele. Penulis punyai cerita singkat yang ‘menyedihkan’ dan mungkin Anda sendiri pernah mengalaminya. Ceritanya begini. Teman penulis dengan susah payahnya telah menyelesaikan tugas presentasi bahasa Inggris menggunakan Macromedia Director dalam jangka waktu kira-kira 2-3 bulan.
 Ketika akan dipresentasikan, tanpa sengaja file projectnya ditimpa dengan file sejenis yang namanya sama. Pekerjaan 2 bulan lenyap dalam waktu 2 detik. Usut punya usut ternyata nama file projectnya sama dengan nama file contoh project yang diberikan oleh pembimbing.

 Bagaimana mungkin tidak akan terhapus atau tertimpa jika nama file hanya berupa Doc1, Untitled, New folder, Document1 dan beberapa nama standar lainnya. Pemberian nama file dengan spesifik sangat penting apalagi jika komputer digunakan ‘keroyokan’. Maksudnya digunakan oleh banyak orang. Misalnya dalam suatu keluarga, semua anggotanya menggunakan komputer. Kalau perlu masing-masing pengguna mempunyai partisi harddisk sendiri. Jika hanya semuanya menyimpan dalam satu partisi, buat folder pribadi masing-masing.

Keamanan Super Ketat

Data kerja yang penting, rahasia  dan sangat pribadi bisa disembunyikan dengan cara yang sederhana. Meski terlihat sederhana, cara ini sebenarnya dapat ‘cukup’ mempersulit penyusup yang berupaya membobol. Cukup dengan piranti lunak kompresor yang terkenal dalam OS Windows, Winzip.

 Caranya begini. Pertama-tama kompres data penting Anda dengan cara klik kanan, pada konteks menu yang muncul pilih [WinZip] > [Add to Zip file…]. Sebuah jendela baru akan muncul, beri tanda pada kotak Encrypt added files. Jangan lupa tentukan juga lokasi dan nama file pada kotak yang telah disediakan. Kalau sudah klik tombol [Add], masukkan kata sandi sebanyak 2 kali, lalu klik [OK]. Sekarang Anda telah mempunyai satu paket data yang telah terkompres serta dilengkapi kata sandi. 

 Kalau ada banyak jenis format data, buat paket tersendiri agar lebih mudah mengelompokkannya. Buat paket zip yang dilengkapi dengan kata sandi seperti cara diatas. Nah, ini bagian yang penting. Jika hanya dengan cara demikian, data masing bisa diakali oleh pembobol meski kata sandi sudah panjangnya minta ampun.

 Banyak piranti lunak yang berfungsi untuk membuka kunci file zip terproteksi dengan mudah. Oleh sebab itu kita coba berikan gembok yang berlapis-lapis, kalau perlu dirantai besi sekalian. Caranya begini, pilih file zip yang akan dilapis keamanannya. Gunakan tombol [Ctrl] pada keyboard untuk memilih file satu persatu. Klik kanan kemudian pilih menu [WinZip] > [Add to Zip file…]. Beri nama file juga tentukan lokasinya lalu beri tanda pada kotak Encrypt added files. Klik [Add], masukkan kata sandi sebanyak 2 kali, lalu klik [OK]. Caranya sama dengan langkah pertama.

 Yang membedakan adalah isi paket zip yang terkandung didalamnya harus dibongkar sebanyak dua kali sebelum bisa dilihat isinya. Nama dan jumlah file bahkan tidak bisa dilihat jika kata sandi pada lapisan pertama belum dimasukkan. Kalau memang data penting sekali dan Anda punya banyak waktu, buat saja banyak lapisan. Jadi istilahnya paket didalam paket. Tapi ingat jangan sampai lupa ‘kuncinya’.

Gunakan Format Yang Kompatibel & Aman 

Ada banyak jenis format file dalam sistem operasi. Misalnya dalam tipe file teks saja ada banyak format yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Tetapi tidak semua tipe file teks bisa dibuka disemua komputer. Contoh seseorang meyimpan dokumennya dalam format Doc milik Microsoft Word. Jika file tersebut dibuka di sebuah PC Windows yang tidak diinstal aplikasi Microsoft Word sudah tentu isi file tidak bisa dilihat seperti aslinya. Beberapa bagian bisa saja terlihat tapi susunannya berantakan.

 Itu baru dalam sistem operasi yang sama. Bagaimana jika berbeda sistem operasi ? GNU/Linux misalnya. Memang format Doc tidak lagi menjadi masalah jika Linux digunakan dalam lingkungan X Windows seperti KDE. OpenOffice.org atau KOffice bisa digunakan. Jika hanya memiliki sebuah terminal perlu aplikasi tambahan dan cara-cara khusus untuk mengonversinya keformat lain.

 Tipe file teks yang bisa cukup bagus dan bisa digunakan adalah RTF (Rich Text Format). Format ini mendukung format teks seperti tebal, miring, dan garis bawah. Gambar dan tabel bisa disisipkan untuk mempercantik dokumen. Dan yang juga penting, tipe file ini jarang menjadi incaran virus yang suka usil seperti kepada file Doc. Kelemahan RTF adalah format ini tidak bisa diamankan dengan kata sandi.

Windows: Menggunakan Fasilitas Dengan Keyboard

Kalkulator yang tersedia pada Windows dapat sangat berguna untuk melakukan penghitungan . Setidaknya Anda tidak perlu menginstall perangkat lunak tambahan pada Windows untuk melakukan penghitungan sederhana. Calkulator dapat digunakan dengan mudah dan cepat dengan menggunakan mouse. Anda tinggal menekan angka dan jenis operasi yang ingin dilakukan.

Bagaimana jika menggunakan keyboard ? Tentu akan lebih cepat lagi pekerjaan yang kita lakukan. Untuk itu Windows mendukung penggunaan keyboard saat melakukan operasi penghitungan menggunakan Calculator. Untuk lebih lengkapnya Anda dapat melihat daftar dibawah ini yang berisi tombol keyboard yang dapat kita gunakan. Daftar tombol pada Calculator dapat Anda lihat pada kolom Tombol, sedangkan kolom keyboard adalah daftar tombol pada keyboard yang mewakili fungsi pada tombol kalkulator

Tombol

Keyboard

Tombol

Keyboard

%

% Hyp

h
(

( Int

;
)

) Inv

i
*

* ln

n
+

+ log

l
+/-

F9 Lsh

<

M+

CTRL+P
.

. atau , MC

CTRL+L
/

/ Mod

%
0-9

0-9 MR

CTRL+R
1/x

r MS

CTRL+M
=

ENTER n!

!
A-F

A-F Not

~
And

& Oct

F7
Ave

CTRL+A Or

| (Shift+\)
Backspace

BACKSPACE pi

p
Bin

F8 Qword

F12
Byte

F4 Radians

F3
C

ESC s

CTRL+D
CE

DEL sin

s
cos

o sqrt

@
Dat

INS Sta

CTRL+S
Dec

F6 Sum

CTRL+T
Degrees

F2 tan

t
dms

m Word

F3
Dword

F2 Xor

^
Exp

x x^2

@
F-E

v x^3

#
Grads

F4 x^y

Y
Hex

F5    

Penggunaan Aplikasi Open-Source Di Kalangan Pendidikan

Di dalam dunia software setidaknya dikenal dua kelompok yang membedakan keduanya, yaitu closed-source (kode tertutup) dan open-source (kode terbuka). Aplikasi closed-source identik dengan software yang tidak gratis alias berbayar sedangkan open-source ada berkat dukungan semua pihak dan boleh digunakan oleh siapa saja dengan bebas  tanpa harus membayar lisensi, biasanya dikaitkan dengan Operating System yang juga ada berkat sifatnya yang open-source yaitu Linux.

 Bagi mereka yang mempunyai dana terbatas dan merasa ‘alergi’ kalau harus berurusan dengan software bajakan keberadaan software open-source dapat sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan akan aplikasi dalam memanfaatkan sumber daya komputer sepenuhnya. Kalangan korporasi juga mendapatkan manfaat dengan adanya software open-source, dana yang dimiliki perusahaan tidak perlu keluar untuk membeli lisensi yang bisa dikatakan ‘cukup’ mahal meski mereka sanggup membayarnya.

Pertimbangan lainnya adalah karena software open-source lebih dikenal stabil, bug yang ada lebih cepat diperbaiki karena lebih banyak mata yang melihat dan memantau, kemampuannya juga semakin hari semakin bertambah dengan adanya sumbangan dari hasil pemikiran pengembangnya diseluruh dunia dan yang lebih mengagumkan lagi adalah sifatnya yang terbuka. Benar-benar terbuka dan bebas digunakan dan dikembangkan oleh siapa saja.

 Di kalangan pendidikan penggunaan aplikasi open-source tampaknya belum setenar aplikasi closed-source yang biasa dipakai untuk proses belajar dan mengajar. Bisa ditebak software tersebut memang tidak gratis alias berbayar, mereka harus ‘membeli’ software tersebut agar bisa mendapatkannya namun yang mendapat keuntungan bukan sang pembuat tetapi pihak lain yang mendapat keuntungan secara ilegal dengan kata lain software yang digunakan untuk proses belajar adalah software bajakan yang memiliki harga jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga aslinya.

 Penggunaan software asli di kalangan pendidikan terutama sekolah-sekolah tingkat SMP dan SMA yang sudah memasukan kurikulum komputer sebagai kurikulum wajib tampaknya memang tidak mudah. Meskipun kurikulum yang diajarkan masih sebatas aplikasi Office (perkantoran) biasanya menggunakan Microsoft Office tetap saja masih terlalu berat. Apa lagi jika kurikulum yang ada menuntut banyak software professional yang harganya ‘sangat’ mahal untuk ukuran kantung kita.

 Sebagai contoh kita akan coba masuk kedalam Lab Komputer Multimedia dan ‘melihat-lihat’ isi software dari satu set PC yang digunakan oleh siswa SMK jurusan Multimedia, jurusan baru dibidang IT yang baru saja dibuka tahun ajaran ini. Mulai dari sistem operasinya yang digunakan adalah Microsoft Windows XP Professional, kemudian diikuti aplikasi professional lainnya yaitu Macromedia Dreamweaver MX, Macromedia Flash MX, Adobe Photoshop CS, Adobe After Effect 6.5, Adobe Priemer Pro, CorelDRAW Graphics Suite 12, Ulead Video Studio 7.0 belum lagi Anti Virus komersil untuk melindungi PC yang selalu terhubung ke internet dan lain-lain. Jika dihitung-hitung kalau semua aplikasi tersebut dibeli lewat jalur legal maka biaya yang dikeluarkan cukup untuk membeli sebuah sepeda motor baru secara cash atau tunai. Dan di dalam Lab tidak mungkin hanya ada satu set PC, bisa jadi berjumlah 20 sampai 40 set. Biaya untuk hardwarenya saja sudah mahal.

 Dari sini kita dapat melihat sudah seharusnya aplikasi open-source mulai diperkenalkan dan digunakan dalam proses belajar dan mengajar disekolah. Apa lagi dengan diberlakukannya UU HaKI dinegara kita. Menaikan uang SPP sebagai imbas dari pembelian software orisinal tidak akan terlalu memberikan hasil malah akan semakin memberatkan siswa. Lagi pula sekarang banyak korporasi mulai beralih menggunakan software open-source dalam melakukan pekerjaan sehari-harinya sehingga ilmu dari aplikasi open-source yang diajarkan bisa jadi akan sangat bermanfaat saat digunakan untuk bekerja setelah menamatkan sekolah.

Perlu proses dan waktu

 Mempelajari dan menggunakan sesuatu yang baru memang tidak semudah membalik telapak tangan. Perlu proses dan waktu untuk belajar. Begitu pula dengan penggunaan aplikasi open-source dikalangan pendidikan. Para pengajar yang telah menguasai aplikasi professional yang berbayar perlu kembali mempelajari dan membiasakan diri dalam menggunakan aplikasi-open source sebagai alternatif sewaktu mengajar.

 Kendala dan masalah yang dihadapi bisa saja tetap ada misalnya kemampuan dan fsilitas dari aplikasi open-source belum sebanding dengan yang dimiliki oleh aplikasi berbayar yang biasa digunakan. Namun sebagai perangkat lunak yang lahir dari komunitas pengembang opan-source di seluruh dunia kemampuan, perbaikan, dan fasilitas yang ada akan terus bertambah. Bukan tidak mungkin kemampuannya akan mengalahkan software komersil yang ada. Ya kita tunggu saja perkembangannya. Semoga aplikasi open-source dapat menjadi alternatif dalam pemakaian software yang legal di kalangan pendidikan.

Main Game Di PC? Kenapa Tidak!

Ada saat-saat tertentu dimana kita merasa bosan dan jenuh. Setelah bekerja seharian, khususnya yang bekerja dengan komputer, menatap layar monitor yang penuh dengan teks dan angka bisa jadi merupakan makanan sehari-hari.

Mendengarkan musik adalah salah satu pilihan yang tepat untuk mengusir kejenuhan. Apa lagi jika Anda khususnya pecinta musik dan mengoleksi banyak lagu berformat mp3, tipe file audio yang sekarang banyak digunakan oleh PC. Menonton film juga dapat dilakukan, namun kadang-kadang bias jadi malah membuat pikiran kita tambah ruwet karena setidaknya kita harus mengetahui jalan cerita film tersebut agar tetap menyenangkan.

 Selain mencari hiburan dengan melakukan cara yang disebutkan diatas ada lagi salah satu cara yang bisa jadi dilakukan banyak pengguna PC diseluruh dunia, apa itu? Tentu saja MAIN GAME. Yup game memang merupakan sarana yang benar-benar menghibur dan banyak diminati penggemarnya(gamer). Apa lagi di zaman sekarang ini banyak perangkat yang memasukkan game kedalam fasilitasnya misalnya HP, PDA, iPod bahkan Televisi dan VCD player pun ada gamenya.

 Di PC sebuah game bisa dikatakan dapat dimainkan dengan maksimal, tentu saja jika spesifikasi system yang diminta dapat dipenuhi. Tidak seperti diperangkat lain, memainkan game di PC dapat lebih memuaskankan pemainnya misalnya layer lebih lega, suara lebih menggelegar, control game lebih enak dan mudah apa lagi jika dipasang Gamepad untuk menambah kenikmatan bermain. Cakupan game yang dapat dimainkanpun lebih luas. Berbagai game PC bergenre FPS(First Person Shooter), RPG(Role Playing Game), Strategy dan lain-lain banyak bermunculan dipasaran sehingga pemain mempunyai banyak pilihan tergantung game berjenis apa yang ingin kita mainkan. Dan yang kini sedang terjadi game PC mulai beralih menjadi game Online.

Bermain sendiri, bukan zamannya. Game online yang sekarang menarik perhatian banyak gamer juga bisa dikatakan ‘tidak dapat’ dibajak karena menerapkan system voucher. Jadi meskipun kita sudah menginstall game tersebut di PC, game itu tidak akan bisa dimainkan jika tidak diaktifkan diservernya melalui voucher yang dijual pembuatnya.

Pandangan yang lain mengenai game PC

Tetapi ada orang yang berpandangan lain mengenai game PC. Ada yang berpendapat bahwa komputer bukanlah alat untuk bermain, jadi komputer ‘hanya’ boleh digunakan untuk bekerja. Ada juga yang mengatakan bahwa game PC dibuat hanya untuk dimainkan oleh anak-anak dan dapat menghambat kemampuan dalam bersosialisasi karena terlalu banyak bermain. Yang lain-lain berpendapat bahwa game PC dapat merusak PC yang kita miliki khususnya hardware.

Merusak ? Ya, memang pandangan tersebut tidak sepenuhnya salah. Coba saja kita tengok bagaimana kondisi PC yang disewakan di game center. Yang paling terlihat mencolok biasanya adalah kondisi keyboard dan mouse yang ada. Huruf yang ada pada keyboard sudah tidak lagi terlihat dengan jelas malah banyak yang ‘hilang’. Mousenya juga bisa jadi sudah tidak lagi nyaman dipakai, entah sudah dipakai oleh berapa tangan. Ini biasa terjadi karena beberapa game menuntut kecepatan tangan dalam menekan tombol di keyboard dan setiap klik mouse berarti berakhir atau tidaknya suatu permainan.

Namun yang perlu diketahui adalah kondisi seperti ini bukan sepenuhnya diakibatkan oleh game PC !. Faktor user juga perlu diperhatikan. Pengguna justru berperan penting dalam menjaga kondisi PC khususnya secara fisik. Bahkan para pengembang OS open source Linux tidak lupa memasukkan paket game kedalam OS kesayangan mereka. Jadi kalau game PC memang merusak, mengapa banyak dibuat?.

Saran dan Tips bermain game di PC

Berikut ini adalah beberapa saran dan tips dalam bermain game PC :

· Jika memungkinkan gunakan monitor yang memiliki layar agak lebar, diatas 15 inch. Layar monitor yang lega dapat membuat permainan semakin hidup, seperti berada didalam gamenya !.
· Baca review game-game terbaru seperti yang ada www.gamespot.com.  Jadi Anda dapat mempertimbangkan terlabih dahulu untuk membeli game ini atau tidak.
· Bergabung dengan komunitas gamer di Internet agar dapat saling bertukar cheat dan walkthrough.
· Hindari kebiasaan buruk seperti makan dan minum saat bermain.
· Yang terakhir adalah … Gunakan waktu Anda dengan bijaksana saat bermain game D .

Jadi bagaimana dengan Anda? Apakah Anda senang bermain game di PC?. Apapun game PC yang Anda mainkan, semoga benar-benar dapat menghibur Anda.