Windows Movie Maker: Otak-Atik Preview Monitor

Windows Movie Maker bukan lagi aplikasi untuk video editing yang dapat dipandang sebelah mata. Kemampuan  memoles video dan audio untuk menciptakan karya yang indah dapat di wujudkan olehnya . Satu hal kelebihan dari Windows Movie Maker  gampang sekali dalam mengunakannya dan ini keuntungan besar bagi mereka yang masih baru dalam dunia perfilman.

Sesudah kita mengimpor video dari camcorder dan supaya video tampil dengan manis dan sedap dipandang, kita perlu memberikan efek-efek tertentu pada video dan transisi agar video tidak monoton saat dilihat. Windows Movie Maker menyediakan berbagai macam efek dan transisi untuk video kita. Namun saking banyaknya bisa jadi kita kebingungan untuk memilih kira-kira efek dan transisi apa saja yang pas untuk video kita. Untungnya Windows Movie Maker membuat Preview Monitor yang dapat menampilkan dan memperlihatkan bagaimana suatu efek atau transisi melakukan aksinya.

kalau kita klik View video transitions atau View video effects pada Movie Tasks, maka jendela yang di tengah akan menampilkan beragam jenis efek atau transisi untuk video. Jika kita pilih salah satu transisi atau efek, maka jendela Preview Monitor akan menampilkan gerakan dari efek atau transisi yang dipilih. Pada Preview monitor tersebut pasti selalu dicontohkan dua gambar yaitu gambar tanah lapang yang berwarna hijau dengan suasana langit yang cerah dan gambar dari gurun pasir yang ditiup angin kencang, ketika kita ingin melihat efek atau transisi yang disediakan.

Kadang kalau kita ingin melihat suatu efek atau transisi yang dicontohkan gambarnya itu-itu lagi, bisa jadi itu suatu hal yang membosankan bagi mata anda. Nah biar tidak bosan, kita bisa mengganti 2 gambar tadi dengan gambar yangs sesuai dengan pilihan kita — mungkin gambar orang yang  dicintai atau gambar artis idola anda. Lalu bagaimana caranya ?

Cukup mudah, kita tinggal menyiapkan 2 gambar favorit yang berformat jpeg. Kemudian kita salin gambar itu ke C:\Program Files\Movie Maker\Shared. Nah pada folder Shared itu kita melihat dua file gambar yang bernama Sample1 dan Sample2. Hapus file tersebut. Kemudian  2 gambar baru yang kita salin tadi kita ganti nama filenya menjadi  Sample1 dan Sample2 sehingga Windows Movie Maker dapat mengenali gambar baru yang dimasukkan. Sekarang coba deh dibuka Windows Movie Maker dan lihatlah, Preview monitor memperlihatkan gambar favorit anda ketika kita memilih salah satu transisi atau efek yang ingin dicoba.

tipi

Winzip 9.0: Kunci File penting Dalam “Bungkusan”

Kenapa rumah perlu dikunci ? Supaya tidak sembarang orang bisa masuk dan dapat dengan leluasa menjamah milik anda termasuk barang-barang berharga milik anda.
Dalam dunia komputer, anda pasti memiliki file-file penting yang anda anggap berharga dan   sifatnya rahasia. Kalau file itu jatuh ke tangan orang lain kan bisa berabe, bukan ?  Ibarat rumah yang wajib dikunci sehingga bisa melindungi barang-barang yang ada didalamnya, anda perlu juga menggunakan aplikasi yang sanggup mengunci file-file penting anda yang ada di dalamnya.

Untuk itu, coba anda gunakan aplikasi Winzip. Winzip bukan sekedar perangkat lunak yang bertugas untuk membungkus dan memadatkan file-file milik anda, namun program ini memiliki fitur cukup jitu untuk melindungi file-file penting agar tidak terjamah oleh pihak yang tidak berhak membukanya bahkan file-file yang terbungkus tidak bisa dimekarkan ke folder manapun. Lalu bagaimana caranya ?

1. Syaratnya file-file yang akan dikunci sudah terbungkus dalam paket *.zip.
   
2. Kemudian jalankan aplikasi Winzip melalui [start]>[All Programs]>[Winzip]>[Winzip 9.0].
3. Pada jendela utama klik [File]>[Open Archive…] atau tekan Ctrl + O  untuk membuka jendela Open Archive.
4. Cari  paket zip yang didalamnya terdapat file-file penting anda yang terkompres. Klik [Open].
5. klik [Actions]>[Encrypt…] atau tekan Shift + Y untuk membuka jendela Encrypt.
6. Terlebih dahulu anda akan dihadapkan dengan kotak dialog yang berisi peringatan agar anda mengetahui lebih banyak mengetahui fitur penguncian file-file pada winzip dengan mengklik tombol [Help]. Namun, Abaikan peringatan dengan klik [OK] untuk melanjutkan ke jendela Encrypt.
7. Langkah selanjutnya, masukkan password dan ketik ulang password pada kotak kedua. Klik [OK].
8. Terlihat sekarang daftar nama file yang berada dalam paket zip diberi tanda bintang itu berarti file tersebut sudah terproteksi.  Tutup program winzip dan buka kembali paket zip yang diberi password tadi.  Sekarang siapapun orangnya yang mencoba membaca dan memekarkan file-file penting anda yang  berada pada paket zip, niscaya sampai beruban  tujuh turunan tidak akan bisa melaksanakan niatnya, kecuali anda membeberkan password anda.

Selamat mencoba.

PartitionMagic 8.0: Amankan PartitionMagic dari Tangan yang Usil

Rasanya senang jika anda memiliki hardisk dengan kapasitas yang memadai. Anda bisa menyimpan data apa saja sesuka hati anda. Dan, sudah bukan rahasia lagi bahwa penting sekali kita untuk mempartisi atau membagi-bagi hardisk agar data-data penting anda bisa disimpan di partisi yang lain selain partisi untuk instalasi system operasi, mengingat partisi untuk instalasi system operasi sering kali diformat ulang jika system operasi sudah melambat kinerjanya dan sudah bisa dipastikan data pribadi anda tetap aman karena disimpan di partisi yang lain.

 PartitionMagic merupakan salah satu aplikasi yang mudah digunakan oleh siapa saja dan menawarkan fitur-fitur menarik yang berguna untuk mengorganisir hardisk anda. PartitionMagic bisa  menciptakan partisi yang baru, membackup partisi,  merubah ukuran partisi, menghapus partisi dan lain-lain yang ditujukan untuk mengutak-atik hardisk.
 Namun anda perlu berhati-hati terhadap tangan yang usil.

Seseorang yang meminjam computer anda, bisa dapat dengan mudah membuka program PartitionMagic dan merusak partisi hardisk anda. Dan yang paling dahsyat akibatnya, bisa jadi anda kehilangan data-data  yang penting. Nah, sekarang anda bisa sedikit tenang karena PartitionMagic menyediakan pasilitas untuk memberikan password untuk mengunci gerbang menuju aplikasi tersebut dan anda tinggal memanfaatkannya. Caranya ?
 
1. Bukalah program PartitionMagic melalui klik [ start ]>[ All programs ]>[ PowerQuest PartitionMagic 8.0 ]>[ PartitionMagic 8.0 ].
2. Kemudian anda buka jendela Set Password dengan cara klik [ General ]>[ Set Password…].
3. Isikan password pada kolom New Password dan tulis ulang pada kolom Confirm New Password. Lalu klik [OK].

Sekarang coba anda keluar dari program PartitionMagic dan buka kembali. Anda pasti diminta untuk memasukkan password sebelum program PartitionMagic dijalankan. Dengan begitu sekarang  hardisk anda aman dari tangan-tangan yang usil. Semoga berhasil !

Picasa 2: Slideshow dengan Iringan Musik

Tentu sangat menyenangkan apabila kita menikmati Slideshow foto-foto kita  bersama orang-orang yang dicintai yang membawa kita kepada kenangan indah yang tak terlupakan. Biar tambah asyik dan lebih hidup slideshownya, kadang kita suka memadukannya dengan musik yang indah.

Caranya biasanya kita menjalankan slideshownya kemudian membuka aplikasi lain yang bisa memutar mp3 seperti Winamp misalnya. Tapi yang begitu mah  ribet biasanya, lebih baik pakai saja Picasa yang mampu menampilkan slideshow sekaligus menyetel musik mp3. Caranya ?    

1. Eksekusi Picasa lewat [Start] > [All Programs] > [Picasa2] >[ Picasa2].
2. Masuklah ke menu [Tools] > [Options…] untuk membuka jendela Options.
3. Pada jendela Options, masuklah ke tab Slideshow.
4. Beri centang pada Play MP3 tracks during slideshow.
5. Kemudian pada kolom Select Folder of MP3 tracks, klik tombol [Browse…] pilih folder yang merupakan tempat dimana anda menyimpan file musik berformat MP3. Selanjutnya klik [OK] dan klik [OK] lagi untuk menutup jendela Options.
Sekarang coba anda klik tombol [Slideshow] dan nikmati pemandangan foto-foto yang indah sambil diiringi musik yang merdu. Selamat mencoba.

Nero Burning Rom 6: Merubah Name dan Company Pada Splash Screen

Siapa sih yang tidak kenal Nero Burning Rom ? Hampir semua pengguna yang memiliki drive pembakar pada PC mengenal program pembakar cd yang satu ini. Selain penggunaannya yang user friendly, nero juga kaya dengan fasilitas karena dilengkapi beberapa tool tambahan untuk melengkapkan paket pembakar ini.

 Saat anda menjalankan program Nero Burning Rom tentu anda melihat Spalsh screen yang menampilkan nama pemakai (Name), organisasi (Company), dan versi program nero anda. Nah, Pada nama pemakai dan organisasi biasanya disesuaikan dengan yang tercatat pada system operasi anda. Namun jika anda ingin merubahnya, anda bisa melakukannya dengan menerapkan langkah berikut.

Langkah-langkahnya  :

1. Jalankan file regedit.exe melalui menu [Start]>[Run…], kemudian ketik regedit dan tekan enter pada keyboard.
2. Setelah jendela Registry editor terbuka, masuklah ke subkey HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Ahead\Nero-Burning Rom\Info.
3. Pada subkey Info Anda akan melihat DWORD Value User.
4. lakukan modifikasi pada DWORD Value User dengan mengklik ganda User.
5. Nah, pada jendela Edit String anda akan menemukan Value name dan Value data.
6. Isi dari Value data merupakan Name yang sebelumnya ada saat splash screen. Maka untuk menggantinya hapus  isi  Value data tersebut ganti dengan nama yang anda inginkan dan anda tampilkan saat splash screen.
7. Setelah diisi klik [Ok] dan tutup jendela Registry Editor.
8. Untuk merubah Company lakukan langkah yang sama seperti merubah Name, namun bedanya anda melakukan modifikasi pada DWORD Value Company.

Tanpa merestart PC, sekarang coba anda buka aplikasi Nero Burning Rom 6 dan lihat ! Splash screen pada Nero tampil dengan Name dan Company yang sudah anda rubah.

Bikin Minimize dan Maximize Jendela Lebih Cepat

Sewaktu anda ingin membuka suatu aplikasi, bisanya biar tidak ribet jendela-jendela yang terbuka diminimize untuk ditutup sementara. Jendela ditutup dan dikirim ke taskbar menjadi sebuah ikon. Untuk membukanya kembali, anda mengklik ikon yang ada di taskbar tersebut. Dan, untuk memperbesar jendela menjadi satu layar penuh, anda biasanya suka gunakan fungsi Maximize.

Jadi pada dasarnya anda pasti tidak asing lagi dengan Minimize dan Maximize—tombol yang berada di sudut kanan jendela. Namun, kadangkala anda mungkin merasa proses Minimize dan Maximize berjalan agak lama. Driver ForceWare bisa membantu, bagi anda pengguna kartu grafis Geforce. 

 langkah-langkah yang perlu diambil sebagai berikut :

1.  Pastikan driver ForceWare untuk kartu grafis Nvidia anda sudah terpasang
2.  Buka jendela Display Properties dengan cara klik kanan disembarang tempat  pada desktop, pilih Properties
3.  Kemudian pilih tab Settings, klik Advanced dan pilihlah tab nama kartu Geforce  anda, maka keluarlah jendela kecil disebelah kiri berisi menu pilihan.
4.  Pada menu sebelah kiri, pilih Desktop Management. maka tampil menu setup  nView Desktop manager, klik enable.
5. Kemudian pada jendela sebelah kiri pilihlah Desktop Management lalu pilih Effects
6. Maka pada jendela sebelah kanan terdapat menu pilihan Windows drawing enchancements, kemudian beri tanda chekbox pada Makes  windows  minimaze  dan maximaze faster dengan mengklik kotak itu. klik OK.

  Nah, coba anda bandingkan membuka suatu aplikasi kemudian di Minimize atau Maximize. Lebih cepat bukan ?
( penulis menggunakan ForceWare versi 71.89 )

Nvidia – ForceWare 71.89: Memutar Tampilan di Monitor

Kebayang enggak kalo tampilan desktop di monitor anda menjadi terbalik. Tentunya batang taskbar tempat dimana menu start berdomisili akan berada diatas dan tulisan startnya terbalik. Ikon-ikon yang berada di desktop juga terlihat terbalik. Petunjuk tetikus yang juga disebut pointer juga akan terlihat terbalik posisinya.

Memang, aneh kelihatanya kalau terbolak balik seperti itu. Sewajarnya, para pengguna PC biasanya tidak ingin dalam menggunakan komputernya dengan tampilan  terbalik, miring ke kiri, atau miring ke kanan. Namun, jika anda ingin mencari sesuatu yang lain dari pada yang lain, memutar-mutar tampilan di monitor pasti akan sangat mengasikan tentunya.

Nah, sebenarnya fungsi seperti ini disediakan oleh driver ForceWare yang terinstall di PC anda khususnya bagi mereka yang menggunakan kartu grafis Geforce. Jika anda belum memasang driver ini, segera install driver tersebut. Instalasi driver ForceWare dapat dilakukan melalui CD driver yang anda dapatkan sewaktu membeli kartu grafis Geforce. Kemudian jika sudah diinstal lakukan langkah berikut ini.

1. Bukalah jendela Display Properties dengan cara klik kanan tetikus anda di sembarang tempat pada desktop kemudian pilih Properties.
2. Pilih tab Settings dan kemudian klik tombol [Advanced].
3. Pilih tab Nama kartu grafis anda ( Contoh : GeForce FX 5200 ).
4. Disebelah kanan jendela utama, anda bisa melihat menu-menu yang disediakan oleh driver ForceWare. Kemudian pilih NVRotate pada menu di sebelah kanan jendela utama tersebut.
5. Kemudian pada jendela utama anda mendapat pilihan  berapa derajat anda akan memutar tampilan di layer monitor.
Secara standar, terpilih Landscape ( 0 degree rotation ) karena ini tampilan normal dan pada posisi yang wajar.
· Inverted Landscape ( 180 degree rotation ) untuk membalikan posisi yang normal dari layar monitor atau memutar tampilan sebesar 180 derajat. 
· Portrait ( 90 degree rotation ) untuk memutar sebesar 90 derajat sehingga layar monitor posisinya miring ke kanan.
· Inverted portrait ( 270 degree rotation ) untuk memutar sebesar 270 derajat sehingga layar monitor posisinya miring ke kiri.

Kemudian setelah dipilih klik [OK] atau [Apply] untuk melihat hasilnya.

 Jika anda sudah pusing melihat seperti melihat dunia yang terbalik, anda bisa menormalkan tampilan dengan mengikuti langkah diatas kembali dan pada menu NVRotate pilih Landscape ( 0 degree rotation ).

Selamat mencoba ! tipi

3ds Max 7: Memadatkan File Max Lewat 3ds Max

Setelah anda merancang dan mendesain gambar tiga dimensi ataupun menganimasikannya lewat perangkat lunak 3ds Max, tentu kita ingin mendokumentasikan karya anda tersebut dengan menyimpannya di dalam harddisk . Secara standar, file akan disimpan dengan nama file dengan extention max. Jika file max anda sudah terlalu banyak dan memakan ruangan harddisk ataupun anda ingin membagikan file max kepada teman anda lewat ukuran disket, tentunya anda akan memadatkan file tersebut dengan program kompresi seperti Winzip atau Winrar.

Nah, seperti biasanya untuk memadatkan dengan Winzip atau Winrar terlebih dahulu anda anda buka aplikasi kompresi tersebut. Kemudian anda lakukan drag  file max dan meggesernya ke jendela Winzip atau Winrar. Atau anda biasanya membuka jendela Windows Explorer dan kemudian mencari lokasi file max tersimpan. Setelah ketemu anda klik kanan dalam keadaan file max terpilih dan memilih pada context menu Add to Zip file… atau Add to Archive. Maka terbentuklah file max yang sudah dipadatkan dengan nama file *.zip atau *.rar. Nah, sebenarnya ada cara lain untuk memadatkan file max yaitu dengan menggunakan program 3ds Max itu sendiri. Caranya :

1. Buka aplikasi 3 ds Max dengan cara klik [start] > [All Programs] > [discreet] > [ 3ds max 7] > [ 3ds max 7].
2. Kemudian buka file max yang anda simpan di harddisk yang ingin anda kompres melalui klik [File] > [Open…]. Kemudian Klik [Open] untuk membuka file tersebut.
3. Untuk memadatkan file max yang terbuka tadi buka jendela File Archive dengan cara klik [File] > [Archive].
4. Kemudian pilih lokasi yang cocok untuk menyimpan file kompresi berformat zip. Secara standar, nama  untuk file zip disamakan dengan nama file max yang dipilih tadi. Jika anda mengubah file name pada jendela  File Archive tersebut, itu berarti nama file max   nantinya sama dengan nama file zip yang diubah.  Setelah itu klik [Save].

Nah, jika anda membongkar file zip yang anda buat tadi lewat 3ds Max, anda akan mendapati 1 file max, 1 file Maxfiles.txt yang berisi lokasi sumber file , dan file-file gambar atau video yang anda sisipkan untuk pembuatan modeling dan animasi. Selamat mencoba.

MUSICMATCH Jukebox 8.0: Dengar Musik Sambil Melihat Foto Cantik

Saat memutar lagu favorit anda, aplikasi multimedia  umumnya menampilkan visualisasi yang berbentuk abstrak. Supaya tidak bosan , visualisasi bisa diganti dengan tampilan slideshow koleksi foto-foto anda.  MUSICMATCH Jukebox 8.0 bisa mewujudkan keinginan anda, dengan beberapa langkah praktis anda bisa dengan asyik mendengarkan musik sembari melihat-lihat foto idola anda atau keluarga anda. Caranya sebagai berikut.
 
1. klik menu [View] > [Visualizations] > [Chooser] untuk membuka jendela Select Visualization.
2. Pada Select Visualization, pilih  MUSICMATCH Slideshow Visualization, dan selanjutnya klik [Configure].
3. Maka akan tampil jendela Slideshow Configuration dan pada Picture Folder pilihlah folder dimana anda menyimpan foto-foto koleksi anda dengan klik tombol […].
4. Selanjutnya  pada Picture Interval, anda tentukan lamanya waktu pergantiaan foto-foto yang akan ditampilkan sebelum ke transisi berikutnya. Secara standar 10 detik sekali foto akan berganti dan MUSICMATCH menyediakan interval maksimal 1 menit. Jadi jika anda ingin lebih memperpanjang waktu pergantian foto, silahkan geser ke kanan batang yang disediakan.
5. Sekarang pilihlah  Transisi dan Animasi yang cocok digunakan saat foto-foto ditampilkan pada Picture Transitions dan Picture Animations.
6. Berikutnya pilih resolusi monitor anda pada saat slideshow ditampilkan satu layer penuh.  Klik [OK].  
7. Nah kembali ke jendela Select Visualization , klik tombol [Start] pada set visualizations display on/off. Coba anda lihat kotak Status yang berisi Running. Itu berarti slideshow sudah berjalan. Sekarang klik [OK].
8. Berikutnya klik [View] > [Media Window], maka munculah jendela MUSICMATCH Slideshow Visualization yang menampilkan slideshow foto-foto keren yang anda miliki. Perhatikan di sudut kiri bawah pada tampilan slideshow menampilkan nama album, judul lagu dan nama penyanyi saat    lagu kesayangan anda diputar dan di sudut bawah sebelah kanan ditampilkan tanggal foto itu dibuat dan nama file dari foto tersebut. Satu lagi agar tampilannya fullscreen tekan saja tombol [F11] supaya lebih sip.

MUSICMATCH Jukebox 8.0: Ubah Format Audio Dengan Mudah

Terkadang, koleksi file lagu WAV yang bejibun membuat  semakin sesak kapasitas  harddisk. Menghapus beberapa koleksi file WAV tersebut adalah cara yang kurang bijaksana untuk solusinya. Kalau mau koleksi lagu tersebut tetap ada dan ruangan harddisk tidak terlalu sesak mendingan ubah saja formatnya jadi MP3 yang ukuran filenya lebih ramping dan kualitas suara masih seger.

Ada banyak aplikasi yang menawarkan fungsi pengubahan dari WAV ke MP3 atau dari MP3 ke WAV, namun coba saja  MUSICMATCH Jukebox 8.0. Dijamin gampang sekali mengkonversinya dan hasilnya memuaskan. Maka, mari kita ikuti langkah – langkah berikut.

1. Buka aplikasi MUSICMATCH Jukebox 8.0 melalui [Start] > [All Programs] > [MUSICMATCH] > [MUSICMATCH Jukebox].
2. Klik [File] > [Convert Files…] untuk membuka jendela MUSICMATCH File Format Conversion.
3. Dari Source Data Type, tentukan tipe format audio yang ingin dikonversi ada tiga pilihan yaitu MP3, mp3PRO, atau WAV.
4. Tentukan juga tipe format audio yang ingin dihasilkan seperti MP3, mp3PRO, WAV, MP3VBR, atau mp3PROVBR.
5. Kemudian pada kotak Source Directory, pilihlah lokasi dimana anda menyimpan file audio yang ingin diubah seperti MP3. Maka pada kolom Highlight Files to Convert akan tampil daftar kumpulan file audio yang tersimpan di lokasi direktori yang dipilih tadi.
6. Sebelah kanan kotak Source Directory ada kotak Destination Directory. Nah, tentukan  disitu  direktori yang merupakan lokasi dari hasil pengubahan format audio.
7. klik tombol [Start], maka jendela File Conversion Progress  muncul dan menunjukan proses konversi.
Maka terbentuklah file audio yang baru hasil dari konversi dan anda bisa melihat hasilnya di folder yang telah anda tentukan tadi. Selamat mencoba.