PowerQuest PartitionMagic 8.0: Jelajahi Isi Hardisk lewat PartitionMagic

Sewaktu anda ingin menjelajahi data-data yang tersimpan di hardisk pada system operasi Windows , biasanya anda membuka aplikasi browser standar yaitu Windows Explorer. Nah, PartitionMagic 8.0 juga menyediakan fitur baru  yang mirip dengan Windows Explorer. Fitur bernama PowerQuest File Browser. 

PowerQuest File Browser bisa menampilkan semua kandar yang ada di hardisk beserta isinya bahkan file-file tersembunyi sekalipun. Dengan mengklik kanan salah satu file yang ada, anda bisa menyalin folder/file, memotong, menghapus dan mendapatkan informasi dari file-file yang ada sama halnya ketika anda berada di  Windows Explorer. Anda juga bisa membuat folder baru dan dapat menampilkan daftar file-file di setiap kandar dengan penampilan yang bervariasi. Untuk membuka browser milik PartitionMagic anda perlu lakukan langkah berikut.

1. Bukalah program PowerQuest PartitionMagic 8.0 melalui klik [Start]>[All Programs]>[ PowerQuest PartitionMagic 8.0]>[ PartitionMagic 8.0].

2. Buka jendela PowerQuest File Browser dengan cara klik salah satu partisi di Disk Map kemudian klik [Partition]>[Browse…] atau klik kanan mouse pada Disk Map dan kemudian klik [Browse ].

Selamat mencoba !

Windows XP: Menjelajah Folder Dengan Cepat

Setiap kali kita membuka sebuah folder dengan cara double klik, yang terbuka hanya isi dari folder itu saja. Untuk menjelajah kefolder yang lainnya kita harus mengklik lagi ikon Folders yang ada pada Toolbar. Sebenarnya kita dapat mengatur agar setiap kali kita membuka sebuah folder dengan cara klik ganda, hasilnya adalah sebuah jendela baru dengan tampilan Windows Explorer. Dengan kata lain pada bagian kiri jendela terdapat sebuah tree yang dapat digunakan untuk menjelajah folder lainnya.

Cara mudahnya begini.

1. Buka Windows Explorer.

2. Klik [Tools] > [Folder Options…].

3. Pilih tab [File Types].

4. Klik tipe Folder. Lalu tekan tombol [Advanced].

5. Pilih aksi [Explore] lalu tekan tombol [Set Default].

6. Tekan tombol [OK] dan tekan [OK] lagi untuk menyimpan konfigurasi yang Anda buat.

Google Desktop Search : Memproteksi Mesin Pencari

Ketangguhan aplikasi Google Desktop Search dapat disamakan dengan mesin pencari Google di Internet. Sama seperti mesin pencari yang ada di Internet, aplikasi ini dapat mencari  segala sesuatu yang ada pada komputer Anda apabila file atau lokasi yang dicari sudah terdaftar.

 Semakin canggih suatu aplikasi, maka kitapun harus semakin hati-hati terhadap tangan iseng yang suka usil. Bisa saja ada ‘mata-mata’ yang mengintai komputer kita lalu menggunakan Google Desktop Search untuk mencari file personal yang rahasia. Apa lagi Google Desktop Search dapat mencari dalam waktu yang sangat singkat, berbeda dengan fasilitas Search standar bawan dari Windows.

 Oleh sebab itu fasilitas terbaru yang ada memberikan pilihan kepada pengguna untuk mengunci Google Desktop Search dengan menggunakan kata sandi yang sama dengan akun yang ada di Windows. Begini caranya.

1. Klik kanan ikon Google Desktop Search di taskbar. Pilih menu [Lock Search…].
2. Sebuah Tooltips akan muncul memberitahukan bahwa mesin pencari telah dikunci.
3. Untuk membuka proteksinya Anda hanya perlu mengklik kanan pada ikon Google Desktop Search, lalu pilih menu [Unlock Search…].
4. Sebuah jendela browser akan muncul meminta kata sandi yang Anda gunakan untuk akun Anda di Windows.
5. Masukkan kata sandi pada box yang telah disediakan. Lalu klik tombol [Unlock Desktop].

Patut diperhatikan bahwa kata sandi yang diminta membedakan huruf besar dan huruf kecil. Jadi kata hacker tidak sama dengan kata Hacker.

Google Desktop Search : Cari Apa Saja Dari Mana Saja

Google Desktop Search semakin hari semakin canggih saja. Kemampuan dan fasilitas terus meningkat. Hal ini tentu semakin membuat para penggunanya ‘Googling’ setiap harinya. Salah satu fasilitas baru yang penulis rasa canggih adanya fitur Quick Search Box.
 Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencari apa saja dari mana saja dengan cepat dan mudah. Tidak peduli aplikasi, folder, atau kandar yang sedang dibuka, Quick Search Box tetap dapat digunakan. Jika Anda belum memanfaatkan fitur ini, coba langkah berikut ini. (Penulis menggunakan Google Desktop 4.2006.325.1032-en).

1. Eksekusi Google Desktop Preferences. Klik [Start] > [All Programs] > [Google Desktop] > [Google Desktop Preferences]. Jika Anda telah membuka halaman depan Google Desktop Search pada browser, klik saja link Desktop Preferences.
2. Klik link utama Display.
3. Perhatikan bagian Quick Search Box. Beri tanda cek list pada box Enable Quick Search Box with Hotkey (Hit “Ctrl” twice to bring forward).
4. Pada bagian Default Search Type For Search Boxes, pilih salah satu opsi tipe pencarian. (Gambar 1)
5. Klik tombol [Save Preferences] untuk menyimpan semua konfigurasi. Letaknya ada pada bagian atas dan bawah halaman web.

Kalau semua langkah diatas sudah Anda lakukan, tekan tombol [Ctrl] dikeyboard sebanyak 2 kali. Sebuah box akan muncul (Gambar 2). Anda hanya cukup mengetikkan kata-kata yang ingin dicari lalu tekan tombol [Enter]. Untuk menyembunyikan kembali kotak tersebut, tekan tombol [Ctrl] sebanyak 2 kali.

Mozilla Firefox : Memilih Text Dengan Keyboard

Ceritanya begini. Suatu saat ketika sedang berselancar di Internet menggunakan Mozilla Firefox, tiba-tiba mouse Anda mogok kerja. Padahal saat itu juga Anda membutuhkan isi dari Web Site untuk tugas yang harus diselesaikan secepatnya. Kalau Anda menggunakan Mozilla Firefox versi 1.5.0.2 keatas masalah ini dapat diatasi dengan mudah.
 Trik ini dapat digunakan untuk menyalin semua text yang ada pada sebuah Web Site. Dengan catatan Web Master pembuatnya tidak menerapkan sistem proteksi terhadap content dari situs tersebut. Ayo, kita coba!!

1. Eksekusi Mozilla Firefox.

2. Klik menu [Tools] > [Options…].

3. Klik ikon Advanced.

4. Pilih tab General. Beri tanda cek list pada box [Allow text to be selected with the keyboard].

5. Klik tombol [OK].

Sekarang coba buka salah satu situs yang memiliki banyak content berupa teks dan tidak memproteksinya misalnya http://www.dhinata.com. Klik salah satu kata, lalu gunakan tombol [Shift] dan tombol panah untuk menyeleksinya. Untuk menyalinnya gunakan saja shortcut [Ctrl] + [C].

Google Desktop Search : Menonaktifkan Pencarian File Baru

Andai kata ada begitu banyak file dalam komputer Anda, tentu akan meyulitkan Anda saat melakukan pencarian dalam komputer Anda. Misalkan Anda sering menginstall piranti lunak atau pun memiliki banyak koleksi musik yang  terus bertambah. Google Desktop Search akan terus mengindex file baru yang ada pada komputer Anda.

 Selain akan membingungkan saat melakukan pencarian, tentu pekerjaan Google Desktop Search juga tidak akan ada habisnya. Proses peng-index-an akan memakan banyak performance, dapat membuat mesin yang tidak terlalu kuat akan berjalan lambat.
 Jika pekerjaan Google ini menyulitkan Anda dalam bekerja, lakukan langkah berikut.

1. Klik ikon Google Desktop Search pada taskbar. Pilih menu [Preferences…].

2. Lihat pada bagian bawah halaman web. Pada bagian Disable Indexing beri tanda pada box Disable indexing of new items. New items will not be searchable.

3. Klik tombol [Save Preferences].

Perlu diingat, trik ini akan menonaktifkan secara total pencarian file baru. Berbeda dengan pilihan Pause Indexing yang hanya dihentikan selama 15 menit. Jadi hilangkan kembali tanda cek list pada box tadi jika Anda rasa ada file baru yang perlu dimasukkan kedalam daftar.

A-PDF Number 1.0: Buat Halaman Dengan Mudah

Para netter tentu tahu kepopuleran format e-book yang dibuat oleh Adobe yaitu PDF. Kalau Anda sering mengambil ‘barang gratisan’ dari Internet berupa tutorial, novel, atau berbagai buku ‘elektronik’ lainnya, kebanyakan menggunakan format PDF.
 Mungkin ada beberapa file PDF milik Anda yang tidak memiliki nomor halaman. Hal ini dapat menyulitkan Anda saat ingin kembali membacanya langsung pada halaman tertentu. Sekarang hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda menggunakan piranti lunak gratis A-PDF Number 1.0.

 Cara penggunaannya tidak terlalu sulit. Pertama pilih file PDF yang akan diberi nomor halaman dengan menekan tombol [Browser]. Tentukan awal pemberian nomor halaman dan akhirnya pada bagian Page Begin dan Page End. Pilih salah satu opsi tipe nomor pada bagian Number Type. Setelah itu pilih letak nomor halaman, yaitu bisa di kiri bawah, tengah bawah dan kanan bawah. Tentukan juga warnanya dengan mengklik tombol berikon kotak warna-warni.

 Jika perlukan Anda juga dapat memberikan keterangan disamping nomor halaman. Isi keterangan tersebut pada kotak Prefix. Jika semua sudah sip, tekan tombol [Process]. Tak lama kemudian aplikasi pembaca PDF yang terinstall pada komputer Anda akan secara otomatis dieksekusi untuk membuka file PDF yang Anda buat.

Situs  : http://www.a-pdf.com/
Lisensi  : Freeware
Harga  : –
Ukuran  : 790 KB
Fitur Utama : Membuat nomor halaman pada file PDF

Macromedia Dreamweaver MX 2004: Bermain Game Mastermind

Setelah bekerja seharian merancang situs mungkin Anda merasa jenuh dan bosan. Tak ada salahnya bermain dengan sebuah game mini dari Macromedia Dreamweaver MX. Main game? Dari Dreamweaver MX 2004? Ya.

 Trik berikut ini akan mengajak Anda sekali lagi untuk membuka salah satu rahasia tersembunyi yang ada pada Dreamweaver MX.

1. Eksekusi Macromedia Dreamweaver MX 2004.

2. Buat sebuah halaman HTML yang baru.

3. Klik menu [Commands] lalu pilih menu [Create Web Photo Album…].

4. Pada bagian Photo Album Title, isi dengan play a game.

5. Lalu klik [OK] untuk bermain.

Dalam game ini Anda diminta untuk menemukan urutan warna yang tepat. Klik kotak berwarna abu-abu pada kolom Guesses untuk memilih warna. Jika ada warna yang benar maka akan ditandai dengan sebuah kotak berwarna hitam pada kolom Hints.
Selamat bermain!!!