Windows Fax and Picture Viewer: Geser Gambar Yang Terlalu Besar

Sistem Operasi Windows XP keatas mempunyai image viewer yang telah bulit-in yaitu Windows Fax and Picture Viewer. Tool ini dapat digunakan untuk menampilkan file image bertipe BMP, JPEG, GIF serta format file gambar populer lainnya. Suatu saat kita mungkin membuka file yang ukurannya jauh lebih besar dari pada resolusi monitor yang kita gunakan.

Contohnya sewaktu melihat file hasil jepretan dari kamera digital. Umumnya memiliki format file JPEG dengan ukuran yang mencapai ribuan pixels. Lalu saat ditampilkan ukuran yang sebenarnya yang terlihat bisa jadi hanya setengah dari gambar karena saking besarnya.

 Bagaimana cara yang nyaman untuk melihat bagian yang terpotong? Selain menggunakan scrollbar, Anda juga dapat menggeser gambar dengan menekan tombol [Ctrl] pada keyboard lalu klik pada area gambar untuk menggesernya. Saat menekan tombol [Ctrl] kursor akan berubah bentuk menjadi tangan.

Google Desktop Search: Memberi Batas Ruang Lingkup Pencarian

Para Netter tentu sudah mengetahui salah satu piranti lunak canggih yang dikeluarkan oleh Google sang pencari yang andal yaitu Google Desktop Search. Fungsinya dapat dikatakan dapat menggantikan tugas dari fasilitas pencari standar yang ada di Windows. Google Desktop Search dapat mencari apapun yang terdapat pada komputer Anda lalu menampilkan hasilnya lengkap beserta dengan alamat direktorinya.

Semakin canggih sebuah piranti lunak yang Anda gunakan maka tidak tertutup kemungkinan privasi Anda tentu juga akan turut terganggu. Misalnya Anda menggunakan PC secara bersama dalam satu keluarga. Maka pasti Anda punya sebuah direktori atau kandar yang secara khusus Anda gunakan untuk menyimpan file pribadi.
Jika Anda tidak ingin Google Desktop Search ‘mengintip’ file pribadi milik Anda lalukan langkah-langkah berikut.

1. Klik ikon Google Desktop Search yang ada pada Taskbar.

2. Pilih menu [More] > [Preferences].

3. Sebuah jendela browser akan keluar serta menampilkan Google Desktop Preferences.

4. Lihat bagian Don’t Search These Items. Pada kotak yang disediakan ketik alamat kandar atau direktori pribadi milik Anda.

5. Kalau sudah klik tombol [Save Preferences].

Sekarang coba lakukan pencarian terhadap salah satu file milik Anda. Dijamin Google Desktop Search tidak akan menemukannya.