Windows Media Player 11: Ripping CD Audio Ke Format MP3

Multimedia Player modern sudah mendukung banyak format file audio populer. Format audio yang populer diantaranya MP3, WMA dan WAV. Itu kalau yang modern. Untuk yang sedikit ‘tertinggal’ paling-paling cuma bisa memainkan file MP3. Tapi tenang saja, Windows Media Player sekarang sudah ‘mengijinkan Anda membuat koleksi MP3 dari CD Audio (pastinya yang orisinal).

 Dulu, Windows Media Player hanya menyediakan format WMA untuk meripping CD Audio. Belakangan saat memasuki versi yang kesebelas fitur untuk meripping dalam format MP3 ditambahkan. Anda yang mempunyai MP3 player yang cuma bisa memainkan MP3 sekarang dapat memanfaatkan Windows Media Player tanpa perlu menginstal aplikasi lain.

 Sebelum meripping, Windows Media Player perlu diatur dulu agar hasilnya sesuai dengan yang Anda harapkan. Begini caranya :

1. Eksekusi Windows Media Player 11.

2. Jika Anda masih menggunakan skin default, menu utama dari program ini tidak ditampilkan. Tekan tombol [Ctrl] + [M] untuk menampilkan menu bar.

3. Klik [Tool] > [Options…].

4. Pilih tab [Rip Music] yang ada pada jendela Options.

5. Pada frame Rip Settings ganti pilihan format menjadi mp3.

6. Anda juga dapat mengatur bit rate file MP3 yang akan dihasilkan. Semakin besar angkanya semakin bagus kualitasnya. Ukurannya juga tentu akan semakin besar. Standarnya adalah 128 Kbps.

7. Klik [OK] untuk menyimpan perubahan.

Nah, sekarang coba ripping CD Audio dengan cara yang biasa Anda gunakan. Tanpa perlu aplikasi konverter tambahan kini Anda sudah dapat membuat file MP3 dari CD Audio milik Anda. Tentunya yang orisinal ya!!!

Windows Media Player 11 : Pilah-Pilih Warna Tampilan

Windows Media Player 11 memiliki tampilan yang simpel, elegan, dan user friendly. Dengan warna dasar gelap hitam dibalut warna biru pada tombolnya, Windows Media Player mulai menampilkan ciri khas OS Windows generasi selanjutnya, Windows Vista.

Namun belum tentu semua orang bakalan suka. Kalaupun suka belum tentu sesuai dengan selera pribadi. Kalau begitu ganti saja warna standar Windows Media Player dengan warna favorit Anda. Kita akan memanfaatnya salah satu fasilitas yang diberikan yaitu Color Chooser. Lakukan langkah mudah berikut ini :

1. Eksekusi Windows Media Player 11.

2. Jika Anda masih menggunakan skin default, menu utama dari program ini tidak ditampilkan. Tekan tombol [Ctrl] + [M] untuk menampilkan menu bar.

3. Klik [View] > [Enhancements] > [Color Chooser].

4. Nah, sekarang coba perhatikan bagian bawah dari aplikasi ini. Disitu terdapat dua bar yang dapat Anda gunakan untuk mengatur Hue dan Saturation.

5. Kalau Anda kurang pandai ‘mengaduk’ warna, gunakan saja preset yang ada dengan mengklik [Next preset].

6. Tekan kembali kombinasi tombol [Ctrl] + [M] untuk menyembunyikan menu bar.

Windows Media Player 11: Crossfading dan Auto Volume Leveling

Apa yang dimaksud dengan Crossfading dan Auto Volume Leveling? Crossfading dan Auto Volume Leveling merupakan salah dua fasilitas dalam WMP 11. Crossfading dapat membuat perpindahan antar lagu menjadi halus dengan memberikan transisi antara akhir dan awal dari lagu yang dimainkan.

 Auto Volume Leveling dapat menyelesaikan masalah mengenai volume lagu yang berbeda. Misalnya begini, Anda memainkan lagu dari band A dengan volume 80 sudah terdengar enak. Tapi begitu memainkan lagu dari band Z suara yang terdengar hampir memekakan telinga karena terdengar terlalu tinggi. Dengan Auto Volume Leveling problem ini bisa diatasi, karena WMP11 akan menyesuaikan volume antar lagu.
 Kedua fitur ini secara standar sudah tertanam di WMP11. Namun belum secara otomatis diaktifkan. Untuk mengaktifannya lalukan langkah-langkah berikut.

1. Eksekusi Windows Media Player 11.

2. Jika Anda masih menggunakan skin default, menu utama dari program ini tidak ditampilkan. Tekan tombol [Ctrl] + [M] untuk menampilkan menu bar.

3. Klik [View] > [Enhancements] > [Crossfading and Auto Volume Leveling].

4. Pada bagian bawah program klik [Turn on Auto Volume Leveling] dan [Turn on Crossfading] untuk mengaktifkannya.

5. Khusus untuk Crossfading, atur durasi perpindahan antar lagu dengan menggeser bar yang disediakan. Nilai maksimalnya 10 detik.

6. Klik tombol [X] untuk menutup panel Crossfading and Auto Volume Leveling.

Untuk merasakan manfaat kedua fitur ini tentunya Anda harus memainkan lagu secara berurutan.

Smart CD Catalog Pro v 1.45: Aplikasi Katalog CD yang Pintar

Punya masalah dengan CD atau DVD koleksi Anda? Jika Anda merasa sudah banyak memiliki CD dan DVD, kemungkinan Anda akan merasa kebingungan saat ingin mencari salah satu isi dari CD tersebut. Misalnya Anda ingin mencari file instalasi Winamp dari koleksi CD software milik Anda. Pasti akan merepotkan jika Anda harus memeriksa CD koleksi Anda satu persatu. Oleh sebab itu aplikasi bernama Smart CD Catalog Pro bisa Anda gunakan.

Setelah mendownload dengan cukup lama, karena memang ukurannya cukup besar Anda bisa langsung menginstal aplikasi shareware ini. Pada tampilan awalnya Anda dapat melihat pada bagian sebelah kiri jendela terdapat kategori untuk CD atau DVD milik Anda.
Kategori ini bisa Anda tambahkan sesuai dengan jenis CD milik Anda. Misalnya Anda dapat menambahkan kategori Drivers jika memang diperlukan. Caranya melalui menu [Categories] > [Add].

Untuk memasukan data dari CD atau DVD melalui icon bertanda Plus (+) yang ada pada toolbar. Lalu pilih kandar drive optik, setelah itu klik tombol [Scan]. Pilih kategori yang sesuai dengan isi CD, kalau sudah tekan [OK]. Selesai sudah data CD Anda dimasukkan. Mudah bukan. Untuk mencari isi dari CD bisa Anda lakukan melalui menu [Search] tanpa perlu memasukan CD aslinya. Daftar isi dari CD juga bisa disimpan dan dicetak melalui menu [Report].

Situs   : http://www.smartcdcatalog.com/
Ukuran File  : 5.69 MB
Kategori   : Utiliti
Lisensi   : Shareware (30 hari pemakaian)
Harga   : $35
Kebutuhan sistem  : Windows 2000/XP
Fitur utama  : Membuat katalog CD atau DVD.

Photo Show V2.0: Utak Atik Photo dengan Mudah

Rasanya kurang asik kalau koleksi foto kita hanya dalam keadaan standar alias tanpa di-edit sama sekali. Apalagi jika hendak dicetak dan dibagikan untuk orang terdekat. Tentu harus ditambah pernak-pernik lain biar tambah rame. Misalnya berupa frame (bingkai), teks, dan hiasan lainnya. Bisa saja sih pakai aplikasi populer seperi Adobe Photoshop. Tapi caranya bagi sebagian orang masih terlalu ‘ribet’ dan sulit.

Kalau mau yang gampang dan cepat Photo Show V2.0 bisa dicoba. Aplikasi ‘kecil’ ini dapat menyulap foto dan gambar milik Anda menjadi menarik dengan menambahkan frame, clipart, shadow, text serta bisa juga sedikit memperbaikinya bila dibutuhkan. Hampir semua fasilitas dan fitur utamanya ditampilkan pada Toolbar.

Untuk mengubah ukuran gambar, Anda bisa menekan tombol [Edit]. Masukkan angka baru berupa satuan Pixel. Hasil editan bisa Anda simpan dalam format gambar populer seperti JPG, PNG, BMP, dan GIF. Atau bisa Anda cetak langsung ke printer. Secara keseluruhan tidak bakal ada kesulitan yang berarti saat menggunakan aplikasi ini.

Situs   : http://www.easy-tools.net/
Ukuran File  : 3.3 MB
Kategori   : Utiliti
Lisensi   : Shareware (5 hari pemakaian)
Harga   : –
Kebutuhan sistem  : Windows 2000/XP
Fitur utama  : Membuat kreasi untuk foto dengan mudah.