MP3 To Ringtone Master v1.0.0: Bikin Ringtone Dari File Audio

Apa yang paling diburu para pengguna handphone? Jawabannya bermacam-macam. Bisa aplikasi, game, wallpaper, screen saver, casing dan pernak-pernik lain yang bisa bikin handphone menjadi unik, pokoknya lain dari pada yang lain.

Ada lagi yang menjadi incaran pengguna ponsel. Semua pasti sudah tahu jawabannya. Apalagi kalau bukan Ringtone. Di internet banyak terdapat ringtone gratisan. Tapi sayangnya tidak semua ringtone sesuai keinginan kita. Kalau beli harganya cukup mahal. Bisa gak ya kita buat ringtone sendiri? Bisa saja kalu Anda sudah memiliki aplikasi bernama MP3 To Ringtone Master v1.0.0.

Aplikasi ini dapat membuat ringtone dari koleksi file Audio milik Anda yang bertipe MP3, WAV, dan CD Audio. Hasilnya disimpan dalam format Audio yang banyak didukung oleh ponsel modern yaitu MMF, AMR, MP3, MIDI, WAV, AAC, 3GP and MP4. Cara penggunaannya cukup mudah. Pertama coba klik [Open Audio File], pilih salah satu file Audio yang berjenis MP3 atau WAV. Kalau sudah tekan tombol [Open]. Tunggu sebentar, aplikasi ini akan membuat ilustrasi visual berupa histogram yang mewakili file Audio yang Anda pilih tadi. Dengan menggunakan mouse seleksi grafik yang ada, lalu tekan salah satu tombol yang memiliki ikon format ringtone yang didukung ponsel Anda.

Sayangnya aplikasi ini hanya bisa mengonversi ringtone selama 5 detik. Sebab Anda menggunakan versi Evaluasi alias coba-coba. Salah satu fasilitas menarik lainnya adalah Batch RingTone Conversion. Dengan fitur ini Anda dapat melakukan konversi terhadap lebih dari 1 file Audio secara simultan dalam waktu bersamaan. Ada juga MP3 Compressor yang dapat Anda gunakan untuk menurunkan ukuran file MP3 milik Anda hingga 30%-70% menurut pihak pengembang. Lagi-lagi dibatasi hanya sampai 6 detik, kalau aplikasi ini belum di register.

Secara keseluruhan aplikasi ini cukup membantu Anda yang sering berburu ringtone. Kualitas ringtone yang dihasilkan tidak begitu buruk. Hanya perlu penyesuaian sesuai selera dan tentunya dengan kemampuan ponsel Anda.

Situs   : http://www.mp3-to-ringtone.net/
Ukuran File  : 1.84 MB
Kategori   : Audio
Lisensi   : Shareware (Pembatasan fitur)
Harga   : $29.95
Kebutuhan sistem  : Windows 95/98/Me/NT/2000/XP/2003
Fitur utama  : Membuat ringtone dari File Audio.

AMF MouseClock v3.2: Ada Jam Pada ‘Si Tikus’

Agar user dapat melihat waktu dengan mudah, Windows memiliki jam yang ditampilkan pada pojok kanan bawah ditaskbar. Namun fasilitas ini ternyata belum cukup membantu. Nyatanya banyak juga pengguna yang sering ‘kecurian’ waktu. Kalau mau coba pakai aplikasi mungil bernama AMF MouseClock.

Aplikasi dapat menampilkan jam pada kursor mouse yang Anda gunakan. Sebuah Tooltip berisi keterangan waktu akan terus mengikuti kemanapun kursor mouse diarahkan. Saat aktif, aplikasi ini akan menampilkan ikon mouse pada taskbar. Klik ganda ikon tersebut untuk masuk kedalam jendela pengaturan.

Anda dapat mengatur jenis huruf dan warna dari Tooltip yang muncul. Kalau ingin menonaktifkan aplikasi ini, klik kanan ikonnya lalu tekan tombol [Close].

Situs : http://www.amfsoftware.com/
Ukuran File : 1.77 MB
Kategori : Utiliti
Lisensi : Shareware (Pembatasan fitur)
Harga : $24
Kebutuhan sistem : Windows 95/98/Me/NT/2000/XP
Fitur utama : Menampilkan Tooltip Berisi Keterangan Waktu pada Kursor Mouse.

IE, Mozilla Firefox, Netscape, & Opera : Mengaktifkan Fitur Smooth Scrolling

Umumnya situs tidak selalu pas dengan ukuran layar monitor. Mau tidak mau kita harus menggunakan scrollbar yang ada dibrowser untuk melihat bagian situs yang terpotong. Dengan adanya tombol scroll pada mouse, kegiatan ‘berselancar’ sekarang menjadi lebih mudah.

 Kita tidak perlu lagi menggerakkan kursor kearah scollbar, lalu menggesernya. Kita cuma perlu ‘menggulung’ layar keatas maupun kebawah. Banyak browser modern yang populer mendukung fitur smooth scrolling. Apa itu smooth scrolling? Sekarang coba Anda buka situs yang memiliki banyak content seperti Detik.com. Gunakan scroll pada mouse untuk menggulung layar. Dapat dipastikan bahwa tampilan layar menjadi patah-patah, menjadi kaku gerakannya dan tidak halus. Dengan mengaktifkan smooth scrolling, tampilan situs pada browser Anda akan menjadi halus gerakannya saat scrollbar digerakkan. Tentu hal ini akan sedikit membantu Anda pada saat mencari sesuatu pada isi situs, karena gerakannya tidak terlalu cepat.

 Silahkan Anda coba beberapa langkah dibawah ini. Penulis menggunakan Browser yang sudah populer dan digunakan secara luas diseluruh dunia.

Internet Explorer 6 :
1. Klik [Tools] > [Internet Options…].
2. Pilih tab [Advanced].
3. Beri tanda pada kotak [Use smooth scrolling].
4. Klik [OK].

Mozilla Firefox 2 :
1. Klik [Tools] > [Options…].
2. Klik [Advanced], lalu pilih tab [General].
3. Beri tanda pada kotak [Use smooth scrolling].
4. Klik [OK].

Netscape 8.1 :
1. Klik [Tools] > [Options…].
2. Klik [Advanced].
3. Beri tanda pada kotak [Use smooth scrolling].
4. Klik [OK].

Opera 9.02 :
1. Klik [Tools] > [Preferences…].
2. Pilih tab [Advanced].
3. Klik menu [Browsing].
4. Beri tanda pada kotak [Smooth scrolling].
5. Klik [OK].

Netscape 8: Menggunakan Desain Terbaru Netscape Browser

Netscape Browser 8 hadir dengan banyak fitur baru dibanding versi sebelumnya. Hal yang paling terlihat secara mencolok adalah dengan ditambahkannya tema (Themes) desain terbaru browser ini. Tema baru yang dipaketkan pada versi ini bernama Fusion.
 Kalau ternyata browser Netscape 8 Anda masih dalam tampilan tema standard, coba gunakan themes terbaru ini. Caranya mudah, coba ikuti langkah berikut :

1. Klik [Tools] > [Themes].

2. Pilih tema [Netscape – Fusion 1.0] lalu klik tombol [Use theme].

3. Tutup browser, lalu eksekusi kembali.

Sekarang coba lihat penampilan baru browser Anda. Bagaimana? Keren gak? Tapi tunggu dulu. Desain ini dapat cukup membuat PC tua menjadi berjalan dengan sangat lambat. Jadi kalau ternyata malah mengganggu kenikmatan berselancar Anda, maka gunakan yang ‘standar-standar’ saja.

Mozilla Firefox 2: Bersih-Bersih Browser Sebelum Ditutup

Tahukah Anda bahwa dengan mengutak-atik browser yang kita gunakan saja orang sudah dapat mengetahui apa saja yang kita kerjakan didunia maya. Ada banyak hal yang bisa orang ketahui. Seperti situs apa saja yang kita kunjungi, apa saja yang kita unduh, dan data pribadi yang biasanya ‘nyangkut’ di formulir digital pada halaman web.

Oleh sebab itu ada baiknya kita jangan sampai lupa ‘membersihkan’ browser yang kita gunakan karena ‘basah’ saat berselancar. Mozilla Firefox menanamkan fitur yang dapat user gunakan untuk mengingatkan diri membersihkan data yang ada pada browser saat hendak ditutup. Tapi secara standar fitur ini belum diaktifkan. Kalau Anda rasa fitur ini akan bermanfaat bagi Anda, lakukan langkah berikut untuk mengaktifkannya.

1. Eksekusi Mozilla Firefox 2.

2. Klik [Tools] > [Options…].

3. Klik menu [Privacy].

4. Beri tanda pada box [Always clear my private data when I close Firefox].

5. Klik [OK].

Kalau sudah dilakukan, Firefox akan selalu mengingatkan Anda untuk menghapus data sebelum ditutup. Jawab saja dengan menekan tombol [Clear Priavate Data Now].

Windows: Mempercantik Tampilan Isi Flash Disk

Flash disk saat ini merupakan benda personal yang dimiliki oleh banyak orang, khususnya kaum mobile. Biasanya mereka menggunakannya untuk menyimpan data kerja dan file penting lainnya. Oleh sebab itu flash disk sangat vital keberadaannya.

 Karena  flash disk sering digunakan, bolehlah kita berikan sedikit ‘polesan’ agar tidak terlihat membosankan. Kali ini kita akan membuat perubahan pada tampilan isi flash disk. Pertama-tama yang perlu Anda siapkan adalah 1 buah file gambar berformat jpg. Karena file jpeg ukurannya tidak terlalu besar jadi tidak terlalu lama untuk diload dan hemat kapasitas.

 Kalau sudah lakukan langkah berikut ini :

1. Eksekusi Notepad.

2. Ketikan skrip dibawah ini :

[{BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}]
ICONAREA_IMAGE=.\wall1.jpg
ICONAREA_TEXT=32320000

3. Simpan kedalam root flash disk dengan nama desktop.ini

4. Refresh isi flash disk.

Apa hasilnya? Gambar yang Anda siapkan menjadi latar belakang isi flash disk. Coba Tampilkan isi flash disk dalam bentuk Tiles. Caranya klik kanan pada area kosong flash disk lalu pilih menu [View] > [Tiles]. Keterangan berupa jenis file, ukuran, dan lainnya akan berubah warna menjadi biru. Untuk merubahnya coba ganti kombinasi angka 32320000 menjadi yang lain.

Opera 9: Bunyi Suara Setelah Selesai Meload Halaman Web

Para pemakai Internet sudah lazim jika membuka sekaligus banyak alamat situs dalam satu browser. Apalagi jika menggunakan browser Opera untuk berselancar. Opera mendukung penggunaan banyak tab agar taskbar tidak menjadi penuh. Selain menyediakan tab menu untuk membuka situs, Opera juga memberikan kemudahan lain kepada penggunanya. Salah satunya adalah fasilitas untuk memainkan suara ketika ada halaman situs yang telah selesai diload. Untuk mengaturnya lakukan langkah mudah berikut ini :

1. Eksekusi browser Opera Anda. Penulis menggunakan Opera 9.02.

2. ketik alamat opera:config pada address bar lalu tekan [Enter].

3. Dihalaman ini pengaturan Opera dibagi dalam banyak kategori. Pilih kategori Sound.

4. Pada bagian Loaded masukan alamat tempat Anda menyimpan koleksi file suara milik Anda. Format file yang bisa digunakan adalah WAV. Jika tidak punya gunakan saja file WAV standar milik Windows. Tempatnya di C:\WINDOWS\Media. Disini penulis menggunakan file WAV yang alamat lengkapnya C:\WINDOWS\Media\notify.wav.

5. Anda juga bisa mengisi bagian Transfer Done, agar Opera memberitahu Anda jika ada file yang telah selesai didownload.

6. Klik [Save] untuk menyimpan pengaturan yang telah dibuat. Akan muncul dialog box yang memberitahu Anda untuk memulai ulang Opera. Klik saja [OK] untuk menutupnya.

7. Tutup lalu eksekusi kembali Opera.

Sekarang coba buka salah satu situs favorit Anda. Jika semua elemen situs seperti teks, gambar, serta animasi telah selesai diload maka file suara yang telah Anda tunjuk akan dimainkan. Sebagai saran jangan gunakan file WAV yang ber durasi panjang, sebab Anda akan pusing sendiri jika mendengar suara yang berulag-ulang.