Flash Player 9 for Linux: BETA November 2006

Dulu banyak orang takut migrasi ke OS GNU/Linux karena saat itu belum banyak aplikasi yang dapat membantu pekerjaan mereka sehari-hari. Misalnya untuk membaca ebook berformat PDF. Memang aplikasi untuk kebutuhan tersebut sudah tersedia, tetapi masih banyak kekurangannya. Linux saat ini sudah jauh berbeda dengan yang dulu.
 Sekarang sudah banyak produsen software yang mulai mendukung GNU/Linux. Misalnya untuk contoh yang tadi telah disebutkan diatas, Adobe perusahaan yang mempopulerkan ebook berformat PDF, merilis Adobe Reader versi Linux. Ini merupakan bukti bahwa Linux saat ini sudah semakin fleksibel.

 Untuk urusan website, Adobe merilis Flash Player 9 for Linux. Tujuannya tentu saja agar pengguna setia Linux tetap bisa berkunjung ke situs Web yang mensyaratkan pengunjungnya untuk menginstall Flash Player 8 pada sistem mereka. Penulis mengguna PCLinuxOS untuk mencoba FP9 ini. Cara cukup mudah. Pertama urai paket terkompresi bernama FP9_plugin_beta_112006.tar.gz dengan menggunakan konsole. Kalau tidak mau repot, Anda bisa juga mengurainya menggunakan Winrar pada OS Windows. Lalu pindahkan file bernama libflashplayer.so ke direktori /usr/lib/mozilla/plugins. Masing-masing distro memiliki susunan direktori yang bisa jadi berbeda.

Tanpa perlu memulai ulang sistem, eksekusi browser Mozilla atau Mozilla Firefox lalu buka situs yang mensyaratkan Flash Player 8. Perlu Anda perhatikan bahwa masih terdapat beberapa bug yang mengganggu untuk user, misalnya tiba-tiba browser menutup sendiri jika sedang membuka situs yang memiliki elemen flash didalamnya.

Situs   : https://prerelease.adobe.com/ atau http://labs.adobe.com
Ukuran File  : 2.42 MB
Kategori   : Plugin
Lisensi   : Freeware
Harga   : –
Kebutuhan sistem  : GNU/Linux
Fitur utama  : Update Flash Player 9 untuk browser Mozilla versi Linux

Microsoft Word: Yang Tersembunyi Dari Sang Asisten

Sudah menjadi kebiasaan para programmer yang suka ‘usil’ untuk memasukkan sesuatu yang ‘aneh’ dan tersembunyi pada perangkat lunak buatan mereka. Tak terkecuali Tim pengembang Microsoft Office yang memasukkan easter egg pada aplikasi Microsoft Word.
 Kali ini kita akan coba menemukannya dari Sang Asisten yang biasa Anda temui melalui Asisten yang ada di Microsoft Word 2003. Ikuti langkah berikut untuk melihatnya :

1. Klik kanan Asisten lalu pilih menu [Options…].

2. Pada box Office Assistant beri tanda cek list pada kotak [Show the Tip of the Day at startup].

3. Klik [OK].

Sekarang tutup aplikasi Microsoft Word lalu buka kembali. Biasanya tip yang pertama kali muncul adalah seperti yang Anda lihat pada gambar yaitu “You can hurt yourself if you run with scissors”.

Open Office 2.0: Main Game StarWars

Dibanyak kantor biasanya ada peraturan yang melarang para pegawainya, khususnya yang menggunakan komputer untuk menginstall dan bermain game. Jika Anda termasuk salah satu ‘korbannya’ coba sedikit langkah mudah berikut. Kita akan coba sedikit bermain-main dengan salah satu aplikasi kantor yang dipaketkan bersama dengan Open Office 2.0 yaitu Open Office.org Calc.

 Langkah-langkahnya tidak terlalu sulit.

1. Jalankan aplikasi Open Office.org Calc.

2. Pada salah cell ketik rumus berikut : =GAME(“StarWars”).

Tak lama kemudian Game ringan StarWars akan muncul. Anda bisa menggunakan Keyboard dan mouse untuk memainkannya. Open Office 2.0 untuk Linux juga memilikinya. Jadi Selamat bermain…hati-hati ketahuan!!.

Internet Explorer 7: Melihat Situs Dalam Mode Quick Tabs

Fitur paling baru yang mudah terlihat ketika Anda menggunakan IE 7 adalah tab yang dapat Anda gunakan untuk membuka banyak situs dalam satu jendela IE.  Sebelumnya IE juga bisa menggunakan tab, tapi tentunya dengan ‘meminta bantuan’ pada software lain.  Yahoo Toolbar misalnya.

Penggunaan tab bisa mempercepat atau juga memperlambat aktivitas berselancar kita, tergantung user yang memakainya. Salah satu contoh kasus yang dapat memperlambat adalah misalkan Anda terlalu banyak membuka situs. Mungkin 5 sampai 10 situs sekaligus dalam waktu bersamaan. Saat ingin menutup situs yang sudah tidak lagi diperlukan, Anda merasa kebingungan karena ada terlalu banyak tab dan judul dari situs tersebut juga tidak terlalu jelas. Jika Anda memeriksa isi tab satu persatu tentu akan sangat menyebalkan.

Untuk mengatasi hal tersebut, IE 7 sudah dipersenjatai dengan fitur Quick Tabs. Fitur ini dapat Anda akses dengan menekan tombol [CTRL] + [Q] atau bisa juga dengan menekan ikon berbentuk kotak yang ada disamping tab-tab milik IE 7. Situs yang sedang Anda buka akan ditampilkan dalam bentuk thumbnail sehingga memudahkan Anda mengenali isinya. Lewat mode ini Anda juga bisa langsung menutup tab dengan mengklik tanda silang yang ada pada thumbnail.