Winamp 5: Menyaring Konten Dari Internet

Para pengguna Internet baik yang sudah lama maupun masih baru, tentu sudah mengetahui bahwa salah satu ’kekuatan’ yang menyebabkan mengapa Internet begitu digandrungi adalah kita bisa menemukan barang ’apapun’ yang kita butuhkan. Misal berupa lagu, berita, film, software gratisan, gambar selebriti dan lainnya. Tentu saja semua ada batasannya.

Dan dari semua yang ada belum tentu ’halal’ untuk ’dikonsumsi’.
Apalagi jika konten yang tersedia ditujukan untuk orang dewasa yakni mengandung pornografi dan kekerasan. Jika anak Anda yang belum cukup umur terbiasa mencari konten multimedia di Internet dengan menggunakan Winamp, mungkin Anda perlu menetapkan batasan-batasan. Kita akan coba menyaring konten yang dapat diakses sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhannya.

1. Eksekusi Winamp. Penulis menggunakan Winamp 5.35.

2. Tekan tombol [Ctrl] + [P] dikeyboard.

3. Telusuri menu [Media Library] lalu pilih tab menu [Online Media].

4. Klik tombol [Specify Ratings].

5. Ada lima kategori yang Anda dapat pilih. Beri tanda pada kotak untuk menyetujui konten yang boleh ditampilkan.

6. Anda juga bisa memproteksi pengaturan yang telah Anda buat. Beri tanda pada kotak [Password required to change settings] lalu tekan tombol [Change Password]. Masukkan kata sandi sebanyak dua kali. Tekan [OK] untuk menyetujuinya.

Dengan pengaturan ini Winamp akan memilah-milah jenis konten yang dicarinya melalui Media Library. Sehingga jenis konten yang tidak patut bisa dicegah.

Winamp 5: Hilangkan Menu Konteks Winamp

Menu konteks yang ada pada Windows memiliki banyak manfaat. Salah satu kegunaan utamanya adalah pengguna dapat mengakses suatu perintah dalam Windows maupun fitur dari aplikasi yang ada dengan cepat dan mudah.

 Jika ada cukup banyak aplikasi yang ikut ‘menanam’ menu konteks kedalam Windows maka akan lain ceritanya. Bukannya membantu, justru bisa membuat anda ribet dan kerepotan. Aplikasi yang biasa memiliki menu konteks adalah Winrar, Winzip, Winamp dan lainnya termasuk aplikasi Antivirus. Sekarang coba klik kanan salah satu folder milik Anda. Jika menu konteks yang muncul terlalu panjang, mungkin ada baiknya menu konteks yang tidak terpakai disembunyikan. Menu konteks milik Winamp misalnya.

Lakukan langkah mudah berikut untuk menyembunyikannya :

1. Eksekusi Winamp. Disini penulis menggunkan Winamp 5.35

2. Tekan tombol [Ctrl] + [P] dikeyboard.

3. Pilih menu [File Types].

4. Pada panel Explorer Settings, hilangkan tanda centang pada kotak [Show Winamp in folder context menus in Windows Explorer].

5. Tekan [Close] untuk keluar.

Nah sekarang menu konteks milik Winamp tidak akan muncul lagi saat Anda mengklik kanan sebuah folder.

Adobe Flash CS3 Professional: Agar File PSD Yang Di Import Bisa Di Edit

Bagi Anda yang sering bekerja menggunakan kombinasi Flash dan Photoshop, Adobe Flash CS3 Professional kini mempunyai fitur baru yang bisa jadi dapat mempermudah pekerjaan Anda. Fitur baru yang dimiliki Flash CS3 yaitu dapat meng-import file PSD yang nota benenya adalah file ‘mentah’ milik Photoshop berikut keterangan layer dan tata letaknya dengan lengkap.

Setelah Anda mencoba, ternyata semua elemen di import sebagai gambar Bitmap sehingga tidak bisa diedit lagi didalam Flash. Padahal salah satu layer yang ada adalah teks murni namun Flash tetap membuatnya sebagai gambar. Adobe Flash CS3 Professional bukannya tidak mampu mengenali file PSD secara sempurna, hanya pengaturan standarnya saja yang perlu dirubah. Coba langkah mudah berikut untuk mengubahnya.

1. Eksekusi Adobe Flash CS3 Professional.

2. Klik menu [Edit] > [Preferences…].

3. Masuklah kedalam menu kategori [PSD File Importer].

4. Ganti pengaturan yang ada seperti yang Anda lihat pada tabel dibawah ini.

Jenis Layer Di Import Sebagai…
Import image layers as Bitmap images with editable layer styles
Import text layers as Editable text
Import shape layers as Editable paths and layer styles

5. Tekan tombol [OK] utnuk meyimpan pengaturan yang telah Anda buat.Nah, mulai sekarang Anda bisa mengimport file PSD dengan lebih sempurna. Layer text dan shape menjadi bisa di edit lagi dalam Flash CS3. Selamat mencoba!

Adobe Flash CS3 Professional: Memperluas Area Kerja

Ukuran layar monitor merupakan salah satu faktor penting pada saat seseorang berencana membeli monitor. Terutama para desainer grafis maupun para animator tentu membutuhkan layar yang lega agar mereka dapat dengan mudah berkreasi tanpa perlu terlalu sering geser sana geser sini.

Rata-rata ukuran monitor standar saat ini adalah 17 inch. Itu pun masih dirasakan terasa sempit karena kebanyakan aplikasi grafis dan animasi memiliki banyak fitur yang ditampilkan dalam jendela terpisah yang mengelilingi area kerja. Rupanya hal ini juga disadari oleh pihak pengembang Flash. Dalam rilis terbarunya Adobe Flash CS3 Professional, kita dapat sedikit memperluas area kerja kita dengan cara menempatkan jendela yang terpisah menjadi tab menu. Nah, lakukan cara mudah berikut ini!

1. Eksekusi Adobe Flash CS3 Professional.

2. Secara standar dibagian kanan area kerja Flash terdapat jendela Color, Swatches dan Library.

3. Sekarang Anda drag bagian atas jendela Color kedalam panel Properties yang ada dibagian bawah lalu drop. Dalam trik ini penulis meletakkannya bersama dengan panel Actions. Lakukan juga hal yang sama dengan jendela Library.

Nah, coba perhatikan area kerja Flash Anda, lebih sedikit legakan ? Jika ada jendela baru yang Anda munculkan seperti Align, Transform, Components dan yang lainnya, letakkan saja ditempat yang tadi. Karena jendela tersebut berubah menjadi tab menu maka kini Anda tidak perlu repot-repot lagi sibuk menggeser jendela tersebut.

Adobe Flash CS3 Professional: Telur Paskah Dari Flash CS3

Ini adalah hal menarik yang sering dilakukan oleh para pengguna software diseluruh dunia termasuk saya sendiri. Apa itu? Ya jawabannya sudah pasti dapat ditebak yaitu mencari telur paskah alias sesuatu yang tersembunyi dari suatu aplikasi. Disebut telur paskah karena memang sesuatu tersebut benar-benar tersembunyi dan bisa ditemukan dengan mengklik sesuatu atau dengan mencoba berbagai macam kombinasi tombol pada keyboard.

Kali ini yang akan kita jadikan korbannya adalah aplikasi multimedia yang paling terkenal diseluruh jagad raya yaitu Adobe Flash CS3 Professional yang pada awal tahun ini baru saja diluncurkan. Dirilisnya Flash CS3 tidak hanya membuat para penggunanya penasaran dengan fitur-fitur terbaru yang ada, namun juga dengan ’ke isengan’ apalagi yang bakal ditanam pada aplikasi ini. Jika dalam Flash versi sebelumnya Macromedia menanamkan game. Maka kali ini Adobe yang bakal membuatnya. Langsung saja kita lihat!

1. Eksekusi Adobe Flash CS3 Professional.

2. Klik menu [Help] > [About Adobe Flash CS3 Professional].

3. Sebuah jendela berisi keterangan aplikasi Flash akan muncul. Nah sekarang tugas Anda adalah menekan teks ® yang ada disamping tulisan FLASH.

4. Sebuah slide show akan ditampilkan dalam jendela tersebut. Mungkin foto-foto yang ditampilkan adalah foto para pengembang aplikasi ini termasuk keluarganya.

5. Untuk menutupnya klik saja disembarang tempat dalam area jendela tersebut.

6. Tekan [OK] untuk menutup jendela tersebut.

BitComet 0.88: Piranti Lunak Torrent Gratis Yang Powerfull

Kebanyakan situs di Internet kini menawarkan cara alternatif untuk mendownload suatu file dengan menggunakan Torent. Maka aplikasi yang dibutuhkanpun berbeda, bukan download manajer yang biasa Anda gunakan seperti DAP atau IDM. Karena kedua aplikasi tersebut tidak dapat ’mengerti’ informasi yang berada dalam file *.torrent. Yang menjadi primadona dalam urusan ini adalah BitTorrent.

Jika Anda ingin mencari aplikasi Torrent yang gratis dan powerfull maka BitComet adalah jawabannya. Berbagai fitur menarik ditawarkan oleh aplikasi ini. Misalnya selain kompatibel dengan BitTorrent, aplikasi ini juga terbebas dan bersih dari spyware maupun adware. Serta mendukung lebih dari 40 bahasa. BitComet dibangun dengan bahasa pemrograman C++ sehingga dapat berjalan dengan stabil dan cepat tetapi rendah dalam penggunaan CPU. Jika dikombinasikan dengan Antivirus maka kemungkinan masuknya malware kedalam komputer Anda dapat diperkecil. Disarankan menggunakan Norton Antivirus 2007. Diklaim aplikasi ini juga tidak memerlukan proses Install untuk menggunakannya tetapi fitur install/uninstall tetap disediakan.

Cara penggunaannya terbilang biasa seperti aplikasi torrent lainnya. Anda hanya perlu menekan ikon [Open] lalu membuka file berekstensi *.torrent yang disediakan oleh suatu situs Web. Secara standar hasil download bisa Anda temukan pada folder C:/Downloads.

Situs   : http://www.bitcomet.com/
Ukuran File  : 4.41 MB
Kategori   : Utility
Lisensi   : Freeware
Harga   : –
Kebutuhan system  : Windows 2000/XP dan IE 6
Fitur utama  : Tool untuk p2p file sharing