10 URL Rekomendasi Layanan Ping

Salah satu kekuatan WordPress sebagai CMS Blog adalah fitur Update Services yang memungkinkan blogger untuk mem-ping website layanan ping, bahwa blog kita telah berubah. Keuntungannya tentu saja Blog kita menjadi lebih cepat ter-indeks oleh mesin pencari sehingga dapat meningkatkan SERP juga Page Rank karena artikel serta link blog kita sudah menyebar kemana-mana.

Tanpa banyak basa-basi lagi, langsung saja copy paste daftar link dibawah ini ayuk

  1. http://api.feedster.com/ping
  2. http://api.my.yahoo.com/RPC2
  3. http://ping.blo.gs/
  4. http://ping.feedburner.com
  5. http://ping.syndic8.com/xmlrpc.php
  6. http://pingoat.com/goat/RPC2
  7. http://rpc.blogrolling.com/pinger/
  8. http://rpc.icerocket.com:10080/
  9. http://rpc.technorati.com/rpc/ping
  10. http://rpc.weblogs.com/RPC2

Setelah Blog Walking seharian, banyak Blog yang saya baca menganjurkan agar plugin Akismet diaktifkan untuk meminimalkan serangkan SPAM setelah melakukan PING ke URL diatas. Jadi ya aktifkan saja supaya Blog kita lebih aman. Selain promosi lewat layanan PING, coba juga beragam layanan iklan gratis melalui web lainnya, atau melalui media cetak juga bisa.

Ada yang mau menambahkan ayuk

Pendapatan pertama dari menulis

Menyambung artikel berburu rupiah dengan tulisan, maka dalam artikel ini saya akan sedikit memuat pengalaman pribadi saya dalam bidang tulis menulis, serta informasi tentang media cetak yang menerima penulis lepas. Salah satu media cetak populer tempat saya menulis hingga saat ini adalah Tabloid PCplus.

Tidak terasa sudah 3 tahun lebih telah berlalu, pada saat pertama kali tulisan saya dimuat pada tabloid PCplus edisi 211 terbitan 08-14 Februari 2005. Hanya 1 judul naskah saya yang dimuat untuk rubrik trik, judulnya “Macromedia Dreamweaver MX: Menambah Daftar Jenis Huruf Pada Font List”. Naskahnya tidak panjang, kira-kira mungkin hanya sekitar 100 kata disertai screen shot. Pada saat itu saya masih kelas 1 semester 2 menempuh pendidikan di SMKN 1 Tangerang Bidang IT jurusan Multimedia.

Pada waktu itu honor yang pertama kali saya terima sebesar Rp 50.000 yess

Selain honor ternyata penulis yang naskahnya dimuat, juga mendapat kiriman gratis 1 tabloid yang memuat tulisannya sinchan

Perlahan tapi pasti sayapun mulai memperbanyak naskah. Awalnya saya fokus menulis naskah untuk rubrik trik. Alasannya rubrik trik cepat dan mudah untuk dikerjakan. Beberapa bulan kemudian saya juga menulis untuk rubrik Internet, isi naskahnya berupa informasi tentang program-program terbaru yang dapat download dari Internet. Sedikit jenuh dengan rubrik trik dan Internet, sayapun menulis tutorial tentang software, aplikasi grafis, serta aplikasi multimedia.

Entah kenapa untuk rubrik tutorial, naskah saya kok jarang dimuat ya males damn

Dengan menulis naskah diberbagai rubrik, earning saya dari hasil menulis perlahan-lahan mulai naik. Pernah dalam 1 terbitan saya mendapat honor Rp 200.000 dari 2 naskah tutorial dan 1 naskah internet. Belakangan muncul “kabar burung” yang ramai dibicarakan sesama penulis lepas bahwa terjadinya “KKN” diantara salah satu redaksi tetap dan penulis lepas. Kabarnya naskah penulis lepas tersebut selalu dimuat bahkan hingga 5 naskah sekaligus dalam 1 terbitan, sehingga menyebabkan lahan sumber penghasilan penulis lain dan juga saya cukup kekeringan. Apalagi tabloid PCplus saat ini terbit 2 minggu sekali.

Setelah beberapa bulan tidak mendapat hasil apa-apa, maka sekitar akhir tahun 2007 saya memutuskan untuk berhenti secara total menulis di tabloid PCplus. Ya, kemampuan menulis akhirnya saya salurkan kepada salah satu majalah game populer di Indonesia. Namun pada awal bulan ini yaitu April 2008 satu terbitan PCplus terbaru kembali datang kerumah saya.

Ternyata naskah yang sudah saya kirim hampir 10 bulan yang lalu baru dimuat pada bulan ini konslet

Setelah lama tidak membaca tabloid ini, ternyata sudah banyak perubahan disana-sini. Salah satu rubrik baru yang membuat saya tertarik adalah rubrik Blog. Wah, jadi semangat nulis lagi ney.

Apalagi yang menangani rubrik Blog orangnya ramah dan bisa diajak becanda hehehe… mba Keshie namanya nggaya

Sedikit bocoran, naskah perdana saya untuk rubrik blog akan muncul pada PCplus edisi 307 yang terbit bulan Mei *promosi*

Ada yang punya atau mau berbagi pengalaman? ayuk

8 Kiat Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog Tanpa Mesin Pencari

Bagaimana cara meningkatkan trafik pada blog tanpa harus bergantung pada mesin pencari? Inilah pertanyaan yang sering kali muncul oleh seorang yang baru mulai ngeblog.

Ketika sebuah blog baru dibuat, salah satu sumber trafik pengunjung yang bisa diharapkan adalah mesin pencari. Mesin pencari memang memegang peranan vital dalam mendatangkan trafik yang deras untuk blog. Namun dibutuhkan kerja keras yang lebih untuk menikmatinya. Misalnya dengan membuat content yang original serta mempelajari ilmu SEO (Search Engine Optimization), sehingga posisi blog kita pada mesin pencari mendapat peringkat yang bagus.

Kalau begitu apakah ada cara lain untuk meningkatkan arus trafik blog tanpa bergantung mesin pencari? Ada, kira-kira ada 8 cara yang bisa Anda coba. Berikut 8 tips dari saya.

1. Rajin-rajinlah berkomentar pada blog orang lain. Berikan komentar yang sesuai dengan artikel, jangan hanya berkomentar untuk “membuang sampah sembarangan” alias SPAM. Usahakan agar Anda menjadi komentator yang pertama. Jika blog yang Anda komentari dikunjungi oleh ribuan visitor perharinya, maka bersiap-siaplah kecipratan derasnya pengunjung lain yang mampir.

2. Kalau Anda rajin mengirim email ke surat pembaca media cetak, gunakan alamat email yang berakhiran domain blog Anda. Dengan semakin sering domain blog Anda muncul, bisa jadi para pembaca media cetak tersebut akan langsung berselancar di blog Anda. Kalau bisa gunakan kata-kata email Anda pada surat pembaca untuk menginformasikan pembaca membuka blog Anda, bahwa ada sesuatu yang berguna disana. Ingat menginformasikan berbeda dengan merekomendasikan. Jangan sampai email Anda tidak dimuat karena memiliki “iklan terselubung”.

3. Berikan email signature atau tanda tangan pada email untuk mengarahkan pembacanya mengunjungi blog Anda misalnya dengan mencantumkan alamat blog Anda. Misal: DHINATA.COM | Belajar web design, Internet, dan online business. Jadi gunakan selalu email resmi yang berakhiran domain Anda untuk mengirim email kepada sebanyak mungkin orang. Dan lagi-lagi saya ingatkan, HINDARI SPAM!

4. Manfaatkan fasilitas signature pada forum diskusi online. Isinya bisa seperti pada signature email Anda. Kalau Anda termasuk sebagai member yang aktif maka member lain tidak akan segan-segan mengakses blog pribadi Anda. Jadi jangan cuma sering bertanya pada forum, tapi sering-seringlah memberikan solusi serta pendapat yang berguna bagi member lain.
5. Buatlah hasil karya yang bisa didistribusikan secara online. Saya secara pribadi sering manggunakan ecard sebagai salah satu sarana promosi. Misalnya dengan membuat ecard berbasis flash lalu mengirimkannya ke babaflash.com. Jangan lupa untuk mencantumkan alamat blog Anda, karena biasanya tidak ada larangan untuk itu. Semakin banyak orang yang mengirim ecard Anda, akan semakin terkenal pula nama blog Anda.

6. Tidak semua redaksi suatu media cetak maupun elektronik mempunyai ide untuk menulis artikel setiap harinya. Maka Anda bisa memberikan informasi bahwa blog Anda dapat memberikan informasi yang mereka butuhkan, sehingga mereka dengan sukarela membahas blog Anda dalam tulisannya. Kalau Anda bisa, tulis saja sendiri artikel yang sesuai dengan rubrik media tersebut serta tema blog Anda lalu mengirimkannya kepada mereka.

7. Buatlah artikel yang melibatkan blogger lain dalam penulisannya. Misalnya dengan mengutip dan mengomentari tulisan salah seorang blogger terkenal di blog Anda. Istilah yang sering dipakai oleh blogger untuk hal ini adalah seperti “bermain PING PONG”. Berikan umpan kepada orang lain berupa pendapat Anda serta link yang menuju ke blog mereka. Kalau Anda cukup beruntung, maka blogger tersebut akan memberikan link ke pada blog Anda dalam salah satu artikelnya.

8. Tidak ada salahnya untuk mendaftarkan blog Anda dalam media jaringan periklanan online gratis. Yang saya maksud bukan iklan baris. Bentuknya mirip dengan AdWords milik Google, tapi media ini tidak berbayar alias gratis. Salah satunya adalah Adgridwork.com. Kita diperbolehkan memasang iklan tentang blog kita pada situs orang lain dengan persyaratan kita juga mau memasang iklan orang lain pada blog kita. Caranya cukup dengan memasang beberapa baris JavaScript yang telah disediakan pada blog kita. Informasi lebih lanjut dapat Anda lihat disitus tersebut.

ada komentar? ayuk

Berburu Rupiah Dengan Tulisan

Dapat Rupiah dari sebuah tulisan? Memang bisa? Ya, sangat bisa. Saya sudah membuktikannya berkali-kali. Tapi kali ini Anda tidak menggunakan blog sebagai media tulisan. Kali ini kita akan memanfaatkan media cetak sebagai sumber penghasil Rupiah. Kalau begitu caranya dengan bikin buku dong? Gak harus, bisa juga memang tapi kalau membuat sebuah buku terlalu rumit dan berat bagi Anda saya punya solusi yang lain.

Ada beberapa tabloid serta majalah di Indonesia yang menawarkan posisi sebagai penulis lepas artikel mereka. Syaratnya gak rumit kok. Secara standar media cetak menerima kiriman naskah yang original, kreatif, bukan terjemahan, serta sedang nge-tren dikalangan masyarakat, dll (dan lupa lagi). Anda juga tidak perlu repot menulis dengan susah payah kedalam bahasa Inggris, karena target pemasarannya untuk Indonesia ya menggunakan Bahasa Indonesia.

Bagaimana dengan nilai pendapatannya? Tidak ada perhitungan yang sama diantara media cetak. Masing-masing punya kebijakan tersendiri untuk menetapkan honor yang pantas bagi sebuah tulisan. Ada yang memberikan honor antara Rp 50.000 – Rp 200.000 untuk sebuah tulisan yang layak dimuat. Ada juga yang menghitung dengan mengalikan jumlah kata dengan Rp. 230. Ada lagi yang menetapkan honor Rp. 50.000 perhalaman, tidak peduli berapa jumlah kata yang diketik.

Lalu yang menjadi pertanyaan sekarang, media cetak apa saja yang mau menerima penulis lepas untuk mengisi halaman kosong mereka? Dalam artikel berikut saya akan memberikan nama-nama tabloid serta majalah di Indonesia yang dapat menjadi ladang Rupiah Anda. Semua akan saya tulis berdasarkan pengalaman saya sebagai penulis lepas.

Jadi jangan sampai terlewat ya… jangan lupa ajak semua teman Anda berkunjung kesini sinchan

Ada apa dengan KumpulBlogger?

Sudah hampir 2 minggu blog ini saya daftarkan dalam program KumpulBlogger yaitu salah satu program PPC di Indonesia. Keuntungan yang didapat dari setiap kliknya memang tidak terlalu besar. Tapi dari pada nggak dapet sama sekali ya gak apa apa lah. Lagi pula blog ini juga umurnya belum satu bulan, jadi ya pasrah saja dengan sumber pendapatan yang terbatas, karena sebenarnya pendapatan dari blog ini hanya untuk sampingan aja kok.

Pada waktu awal saya bergabung, sebenarnya cukup yakin dengan hasil yang ditawarkan dari KumpulBlogger. Sebab kebanyakan iklan yang muncul adalah “iklan cepat kaya” yang biasanya menarik untuk di klik :) Namun belakangan ini iklan dari KumpulBlogger kok jarang muncul ya? Hanya sesekali muncul dan iklan yang tampilpun ILIL alias Itu Lagi Itu Lagi. Kalau Anda juga publisher KumpuBlogger apakah mengalaminya juga? Kalau keadaannya terus begini bisa-bisa bakal ditinggalkan publisher neh.

Wah kalau begini terus mana bisa mencapai batas payout neh gatau

Namun dilain pihak, pendapatan PPC Indo saya meskipun pelan namun pasti mulai beranjak naik yess

Ya walaupun cuma “cepe rupiah” sekali klik tapi itukan namanya juga duit. Saya memang belum pernah mendapat bayaran dari kedua program tersebut karena belum mencapai batas payout yang ditetapkan. Jadi belum bisa kasih bukti deh.

Ada yang mau berbagi pengalaman? ayuk

Meningkatkan Trafik Blog Dengan AdGridwork

AdGridwork LogoKalo semua blogger ditanya satu persatu apakah mereka mau mempromosikan situs/blog mereka lewat Google AdWord, saya yakin nggak semua blogger akan jawab iya. Dari sekian ribu alasan, yang paling sering dikatakan cuma satu, Google AdWord NGGAK GRATIS titik. Apalagi kalau rekening di bank lebih sering turun dari pada naiknya dan keadaan dompet sedang menipis, urusan promosi website tentu menjadi urusan yang kesekian.

Tapi seandainya ada yang menawarkan pemasangan iklan gratis dengan model iklan yang persis seperti AdWord apakah Anda mau? Memang ada yang seperti itu? Ya, Ada. Beberapa bulan yang lalu saya mendaftarkan situs iklan baris saya yang ada diserver luar negeri melalui jaringan iklan AdGridwork. Karena masih minim content maka arus trafik yang datang dari search engine juga sedikit sekali. Sedikit putar otak, saya mencoba googling untuk mencari situs-situs luar negeri yang menawarkan link exchange serta pemasangan iklan gratis, karena target pengunjung yang saya mau memang diluar Indonesia.

Pilihan saya kemudian jatuh pada AdGridwork. Model pemasangan iklan yang ditawarkan juga berbeda dengan kebanyakan situs iklan baris gratis yang ada di Indonesia namun sama persis dengan AdWord. Dan yang paling penting tidak ada biaya sedikitpun yang dikeluarkan untuk menggunakannya.

Skema Promosi lewat Adgridwork
Pertama-tama ya tentu saja Anda harus mendaftarkan situs atau blog Anda. Setelah terdaftar Anda, akan diminta untuk mengisi informasi tentang iklan Anda yang akan ditampilkan pada website orang lain. Berikan kata-kata iklan yang dapat menarik orang lain untuk mengkliknya pada Judul serta Keterangan iklan, lalu jangan lupa isi alamat website Anda. Kemudian akan diminta juga untuk menentukan kategory tentang situs Anda. Secara singkat prosesnya digambarkan seperti berikut ini:

Step 1 adalah mendaftarkan situs kedalam jaringan mereka. Step 2 adalah menampilkan iklan situs milik member lain pada situs Anda, setelah Anda selesai mengatur iklan Anda sendiri maka Anda juga akan diminta untuk menyediakan ruang kosong pada desain situs Anda untuk menampilkan iklan member lain. Cukup dengan meletakan JavaScript yang telah disediakan pada website Anda. Jadi singkat kata inilah yang dinamakan simbiosis mutualisme, menguntungkan kedua belah pihak. Anda mendapat trafik dari situs member lain, maka member lain juga sebaliknya. Step 3 yaitu langkah terakhir adalah iklan yang telah Anda atur akan muncul pada situs member lain yang kononnya sudah berjumlah jutaan situs web.

Bagaimana bentuk iklannya? persis seperti AdWord. Sebagai publisher AdSense pasti taulah. Ukuran yang disediakanpun hampir sama. Yang membedakan adalah tidak adanya iklan berupa gambar. Semua iklan yang ada berbasis teks. Satu hal yang menjadi kekurangannya adalah tidak disediakan fasilitas untuk mengganti warna teks dan background, sehingga warna iklan bisa menggangu keserasian desain web jika tidak sesuai. Standarnya adalah hijau untuk teks dan hitam untuk background.

Amankah untuk AdSense?
Itulah pertanyaan yang langsung muncul dari para publisher AdSense. Kalau saja ternyata sumber pengunjung situs kita lebih banyak berasal dari AdGridwork dibandingkan dari search engine maka perlu Anda perlu memikirkan ulang untuk menggunakan layanan ini. Meskipun sebenarnya gratis, google bisa saja menganggap sumber klik pada iklan AdSense Anda berasal dari Direct Advertising. Kabarnya para pemasang iklan teks pada situs iklan baris Indonesia banyak yang di banned oleh Google.

Saya sendiripun saat ini hanya memasang AdBrite kok pada situs yang saya iklankan gatau

Untuk para pakar AdSense dan AdWord mohon koreksi atau tambahan ya kalau masih ada yang kurang ayuk

Arti Warna

Setelah Anda pilah-pilih warna yang pas untuk blog dan juga sesuai dengan janji saya pada artikel kemarin, tentu Anda ingin tahu apa arti warna yang ada pada desain theme blog Anda. Sebenarnya sih saya mau pakai kata-kata sendiri untuk menjelaskannya. Tapi karena saat ini sedang males sibuk maka akan saya berikan informasi tentang arti warna yang ada di salah satu situs para pengamat web design Indonesia yaitu toekangweb.or.id.

Tapi untuk menghindari pinalty dari Google akibat duplicate content, maka tulisannya saya jadikan sebuah gambar sinchan keterangannya bisa Anda lihat dibawah ini

arti warna

Jadi pertimbangankan warna apa yang sesuai dengan sebagian besar pengunjung situs Anda. Kalau selama ini pendapatan AdSense Anda kecil mungkin karena warna desain blog juga skema warna iklan gak terlihat menarik bagi visitor. Sebab pemilihan warna yang tepat juga dapat menentukan respon dari pengunjung.

Saya rasa informasi yang diberikan sudah cukup lengkap dan jelas, sehingga saya tidak perlu menulis lebih lanjut lagi males

Atau… ada yang mau menambahkan ayuk

UPDATE: Sepertinya situs toekangweb sudah tidak ada lagi alias expired.

Pantang menyerah

Kemarin saat sedang masuk kedalam warnet didekat rumah, saya sedikit kaget sekaligus terharu melihat pemandangan yang tidak biasa. Ada seorang pria cacat mungkin sekitar 20-25 tahun sedang browsing menggunakan Firefox. Kepalanya miring sekitar 45° kearah kanan, sehingga untuk melihatpun saya rasa dia merasa kesulitan apalagi membaca teks pada layar monitor.

Lalu apa website yang dia buka? Friendster? Fupei? Atau Live Connector? wah ternyata tebakan saya salah semua. Setelah saya intip layar monitornya, ternyata dia sedang sibuk membaca kumpulan artikel gratis di situs ilmukomputer.com. Belum lagi saya liat daftar hasil download ebook dari ilmukomputer.com yang bejibun dan siap dibawa pulang melalui flash disknya.

Lalu apa maksudnya saya menceritakan kisah tersebut diblog ini? Ya, kalau mau jujur sering kali kita tidak berusaha untuk menjadi lebih baik ketika keadaan kita baik-baik saja. Kebanyakan dari kita dalam keadaan yang jauh lebih baik dan sehat dari pada pria cacat tadi. Dalam keadaan yang mungkin terpuruk secara fisik dan mental, dia masih mau belajar untuk merubah keadaan hidupnya menjadi lebih baik. Tidak mudah untuk hidup dalam keadaan seperti itu. Untuk keluar dari rumah dan pergi menuju warnet saja dibutuhkan keberanian dan tekad yang kuat. Terutama saat orang-orang lain memandang dengan aneh keadaannya.

Saya tidak tahu apakah ia bekerja dibidang TI atau non-TI. Atau apakah ia seorang blogger dan Publisher. Tapi yang pasti semangatnya untuk mempelajari TI perlu ditularkan. Tidak soal bagaimana keadaan kita sekarang, baik cacat maupun sehat, miskin atau kaya, kegiatan belajar untuk menjadi yang lebih baik perlu dilakukan secara teratur.

makanya jangan kebanyakan browsing Frindster melulu atau posting artikel yang gak jelas ke blog

Akhir kata, jangan sampai keadaan yang kurang menguntungkan menghambat mimpi serta ide kita. Jangan juga cepat nyerah Tetap semangat ayuk

Pilah Pilih Warna Theme Blog

Belum lama ini saya kembali menggunakan Winamp 5 sebagai pemutar koleksi MP3 yang sudah bejibun di harddisk kompie saya. Sebelumnya Windows Media Player 11 sering saya gunakan karena memberikan kemudahan dalam mengelola koleksi MP3 saya dan fitur pencariannya yang canggih. Namun setelah sekian lama tidak menggunakan Winamp, ternyata wahh…. banyak yang berubah ya.

Hehehe kok jadi ngomongin Winamp ya, kayaknya gak nyambung deh sama judul diatas. Tapi tunggu dulu, kali ini kita akan memanfaatkan Winamp untuk “mencontek” warna yang serasi untuk tema blog. Memang bisa? Ya sangat bisa. Kalau Anda adalah salah satu Winamp mania, tentu tahu bahwa ada fasilitas yang disediakan untuk mengganti tema warna pada skin milik Winamp yaitu Color Themes. Screen shotnya bisa Anda lihat pada gambar dibawah ini.

winamp color themes

Nah, akhirnya saya jadi punya ide deh. Beberapa tema warna yang disediakan terlihat sangat serasi, enak dilihat mata pengunjung, dan terlihat keren. Tidak semua tema warna mungkin cocok untuk digunakan pada sebuah desain blog, karena warna yang ditampilkan mungkin tidak cukup norak bagus untuk sebuah blog yang biasanya memuat banyak tulisan.

Lalu bagaimana cara mengambil kode warnanya? Ya, tekan saja tombol Print Screen atau biasa disingkat dengan Prt Scr pada keyboard. Buka Paint lalu pilih menu [Edit] > [Paste]. Kemudian simpan gambar jepretan kita tadi. Buka gambar tersebut dengan Photoshop, gunakan Eyedropper Tool untuk melihat kode warnanya. Gampangkan?

Jadi untuk Anda yang sulit memadukan warna, bolehlah trik ini dicoba. Selain mempertimbangkan warna tampilan blog, ada baiknya jangan lupa juga aspek multibrowser dan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat mendesain tampilan situs/blog.

Dalam artikel berikut kita akan membahas arti bentuk dan warna, jangan sampai terlewat ya! nggaya

Tentang Website Multibrowser

browserMenurut Anda apa yang menjadi kriteria desain sebuah situs/blog dapat dikatakan bagus dan menarik? Biasanya gambar menarik, bentuk layout yang unik, serta pewarnaan yang serasi langsung ada dalam pikiran kita. Memang tidak salah. Tapi salah satu aspek yang sering dilupakan oleh kebanyakan desainer web adalah aspek multibrowser.

Apa maksudnya multibrowser? Maksudnya adalah situs kita dapat dibuka dibrowser manapun. Ya seperti kita ketahui sistem operasi serta browser yang digunakan oleh pengunjung website kita tidak semuanya sama. Ada banyak browser yang digunakan oleh para pengguna Internet. Yang menjadi masalah adalah masing-masing browser punya cara tersendiri dalam menerjemahkan setiap baris kode situs kita, terutama pada bagian HTML dan CSS.

Bisa jadi saat membuka situs kita menggunakan IE semua desain terlihat baik-baik saja. Namun begitu dibuka oleh Firefox terlihat hancur lebur. Vikingkarwur, salah satu desainer web senior Indonesia juga pernah mengalami hal yang sama. Sewaktu diwawancara oleh majalah Komputer Aktif edisi… (maaf saya lupa) menceritakan pengalamannya tentang website multibrowser. Dengan IE blognya terlihat baik-baik saja, tapi begitu di buka firefox menjadi berantakan.

Tapi itu dulu, kayaknya sekarang blognya sudah multibrowser deh… malu

Lalu bagaimana caranya agar situs kita bisa menjadi multibrowser?

CSS vs Table

Didats seorang desainer web kawakan mengatakan bahwa untuk membuat sebuah website yang multibrowser sebenarnya tidak sesulit yang kita bayangkan. Baik Didats maupun desainer situs web kawakan yang lain mengatakan bahwa XHTML dan CSS sudah menjadi kriteria standar untuk mendesain situs web, baik untuk layout maupun tata letak dan pewarnaan. Penerapannya bisa Anda lihat pada themes wordpress yang sebagian besar menggunakan XHTML dan CSS. Memang desain yang tampil mungkin hanya 90% sama pada setiap browser. Asal tidak terlalu mengganggu tata letak dan desain situs sudah cukup kok.

Lalu bagaimana dengan penggunaan tabel? Kebanyakan desainer web… (yang saya kenal) sudah mulai meninggalkan penggunaan tabel. Masalahnya isi situs tidak akan muncul jika tutup tabelnya belum ketemu, sehingga situs kita terkesan lambat dan susah dibuka oleh pengunjung. Jadi mau menggunakan tabel atau CSS? Ya terserah Anda, gunakan saja sesuai dengan kebutuhan.

Let’s go mobile

Kalau tadi kita membahas tentang browser yang ada pada komputer, bagaimana caranya agar situs kita bisa juga dibuka oleh browser mobile seperti pada Hp dan PDA? Jangan bingung, baca saja petunjuk cara membuat versi mobile situs blog kita yang ditulis oleh Cosa Aranda. Situs juga bisa, asalkan ada fitur RSSnya. Apalagi mengingat salah satu kunci seo 2008 adalah mobile access, tidak ada ruginyakan membuat versi mobile situs kita.

Dan yang paling penting semuanya gratis…. ayuk

Dari tadi saya nulis panjang lebar, padahal saya sendiri masih kesulitan untuk membuat situs yang multibrowser damn

Ya, namanya juga web designer amatir nggaya