Klarifikasi Artikel PES 2008 PC di Majalah Winning Eleven Vol 7

ElevenGamer | Forum Diskusi Gamer PES WE FIFA Indonesia

Sebenarnya sejak majalah Winning Eleven volume 7 datang kerumah saya, saya ingin langsung memberikan klarifikasi tentang kesalahan beberapa tata letak gambar dalam rubrik Tips dan Tricks PES 2008 versi PC. Namun baru hari ini saya sempat menulisnya diblog ini. Saya selalu merasa bertanggung jawab dengan apa yang saya tulis, baik untuk majalah, tabloid maupun blog.

Nah, kesalahan tata letak gambar dalam halaman 52 – 54 merupakan bukan 100% kesalahan saya sebagai penulis artikelnya. Saya tidak tahu apa-apa dalam urusan untuk mendesain majalah tersebut. Yang saya tahu adalah saya mengirimkan naskah dan gambar dengan informasi yang benar pada saat majalah Winning Eleven volume 7 dibuat. Tanggung jawab penuh untuk kesalahan ini bisa gamer komplain pada bagian tata letak majalah.

Lewat artikel ini saya juga ingin meminta maaf bagi gamer yang tidak bisa mendownload Superpatch 1.0 untuk PES 2008 PC. Sayang sekali karena situs resmi pembuatnya sudah menghapus dari server mereka, padahal sekitar bulan Maret 2008, Superpatch 1.0 masih bisa didownload dengan bebas. Akan saya usahakan untuk mengupload kembali ke server lokal agar gamer bisa mendownloadnya dengan cepat dan mudah. Kalau bisa malah Superpatch 2.0 agar lebih uptodate. Oleh sebab itu, silahkan kunjungi terus blog ini agar bisa mendapatkan atau memberikan informasi terbaru tentang Superpatch untuk PES 2008 versi PC.

ElevenGamer | Forum Diskusi Gamer PES WE FIFA Indonesia

Tips Cara ngeblog Hemat

Agar sebuah blog tetap laris pengunjungnya mau gak mau harus tetap secara rutin diberi “suntikan” posting baru setiap minggunya. Ada juga yang rajin menulis untuk blog setiap harinya. Tentu saja ada untung dan ruginya. Keuntungannya pengunjung akan selalu rutin berkunjung setiap harinya sehingga meningkatkan trafik blog Anda. Kerugiannya biaya yang Anda keluarkan bisa menjadi cukup besar. Yang saya maksud adalah jika Anda masih blogging lewat warnet atau mengandalkan koneksi Internet dari Hp (3G/Gprs) dengan tidak berlangganan.

Semakin sering online, akan semakin tinggi juga biayanya. Jika Anda mempunyai Hp yang bisa dihubungkan ke PC (lewat bluetooth / USB) dan mempunyai fasilitas GPRS maka sedikit tips dari saya boleh dicoba. Tidak perlu pulsa yang banyak untuk ngeblog. Dengan pulsa hanya 500 perak Anda masih dapat memposting artikel terbaru untuk blog Anda.

Solusi yang cukup yahud adalah dengan menggunakan kolaborasi Microsoft Word 2007 dan kartu IM3. Microsoft Word 2007 mempunyai fitur untuk mengelola blog Anda, termasuk wordpress. Jadi Anda tidak perlu menggunakan browser untuk bisa login dan memposting artikel sehingga biaya akses GPRS bisa dikurangi. Kartu IM3 saya pilih karena biaya untuk GPRS hanya Rp 1/kb. Mentari juga bisa karena biayanya sama. Nah, kalau Anda belum tahu caranya mungkin bertanya bagaimana cara ngeblog dengan Microsoft Word 2007?

Tunggu artikelnya deh minggu depan.. ayuk

Meningkatkan Rangking Alexa melalui media cetak

Masih ingat artikel yang saya tulis tentang strategi cara pasang iklan gratis di media cetak? Dalam artikel tersebut saya menulis tentang berbagai cara yang bisa Anda coba untuk menarik pengunjung ke blog Anda melalui media cetak seperti majalah, tabloid, dan koran. Salah satu cara yang saya tulis adalah menulis sebuah artikel dengan menyisipkan URL blog Anda.

Bulan ini hasil yang saya dapat dari cara tersebut ternyata terbukti lebih yahud. Artikel saya tentang PES2008 untuk Majalah Winning Eleven volume 7 keluaran Hot Game berperan besar dalam mendongkrak peringkat Alexa DHINATACOM. Sebelum majalah tersebut terbit, rangking blog ini sekitar 1.3 juta. Setelah beberapa hari terbit rangking Alexa langsung naik menjadi 780 ribuan. Lumayankan? Artikel PES2008 sempat menjadi artikel terpopuler diblog ini, mengalahkan artikel hot lain yang sudah memiliki peringkat bagus di mata Google seperti Mencari serial number dan crack di Internet.

Jadi selain dapat honor yang cukup besar, saya juga kecipratan pengunjung dari pembaca setia Hot Game nggaya

Mau mencoba? ayuk

Web hosting Master Web turun harga

Sejak harga BBM di Indonesia dan dunia naik secara drastis, harga kebutuhan pokok dan barang-barang dimana-mana sudah pasti naik. Mulai dari daging, buku, hingga cabe merah juga kena imbasnya. Disaat semua kebutuhan hidup naik, justru biaya “kehidupan” dunia maya saya sebagai blogger turun drastis. Yang saya maksud adalah biaya untuk menyewa hosting blog ini menjadi lebih murah.

Saya gak tahu sejak kapan Master Web Network memangkas harga layanan shared hosting Linux mereka. 2 bulan yang lalu saat blog ini dipublikasikan, saya menggunakan paket MWN BISNIS 4X4U 2007 A SPANEL dengan harga Rp 17.500/bulan. Fasilitasnya gak terlalu wah.. hanya space 100 Mb dan bandwidth 1 Gb/bulan. Kini fasilitas paket MWN BISNIS 4X4U 2007 A SPANEL naik dengan bandwidth menjadi 25 Gb. Paket hosting yang lain juga dinaikkan fasilitasnya. Yang terlihat mencolok adalah kapasitas naik menjadi hampir 2 kali lipat dan bandwidth naik menjadi 10 kali lipat.

Paket ekonomi malah sudah cukup ok. Dulu kapasitas yang diberikan hanya 5 Mb dan 0,5 Gb untuk bandwidth. Kini dengan paket ekonomi saja kita sudah bisa mendapat kapasitas 25 Mb dan bandwidth 10 Gb dengan biaya Rp 5.000/bulan. Lumayankan? Rencana saya bulan depan malah akan downgrade ke paket ekonomi, karena saya rasa sudah cukup kok dengan fasilitasnya dengan kebutuhan saya saat ini. Dengan bandwith 10 Gb saya rasa gak akan numpang upload gambar ke situs orang lain lagi sehingga resiko gambar tidak muncul akan diperkecil hehehe…

*catatan: saya tidak punya hubungan apa-apa dengan pihak MWN, postingan ini bukan promosi hanya sekadar info.

Kritik untuk Internet Explorer 6

Dimana-mana sudah banyak kritik pedas yang dilontarkan oleh banyak orang tentang IE 6 punya Microsoft selaku produsen sistem operasi Windows. Baik para pekerja TI maupun Non-TI berkomentar tentang browser standar bawaan Windows XP ini. Diawal peluncurannya isu yang paling disoroti adalah sisi keamanan dari browser ini. Maka “terpaksalah” Microsoft meluncurkan SP 2 (Service Pack 2) untuk publik secara gratis. Sisi keamanan ditangani dengan cukup baik namun ada sisi lain lagi yang membuat saya cukup kegerahan.

IE 6 sampai saat ini masih merupakan salah satu browser utama yang digunakan oleh para desainer web untuk menguji tampilan website/blog yang sedang dibuat. Alasannya simpel aja, IE 6 dipaketkan bersama Windows XP yang saat ini merajai dunia PC Indonesia maupun dunia, jadi mau gak mau ya harus membuat desain yang dapat ditampilkan dengan baik oleh IE 6. Termasuk juga saya, sebagai desainer web dan blog amatir, IE 6 merupakan browser yang tidak boleh absen digunakan untuk menguji kompatibilitas desain sebuah website/blog.

Nah, yang jadi masalah adalah masing-masing browser punya cara tersendiri menerjemahkan setiap baris kode CSS dan HTML. Menurut pengalaman saya sampai saat ini, cara IE 6 menampilkan sebuah desain cukup berbeda dengan kebanyakan browser modern yang digunakan saat ini. Mozilla Firefox dan Opera mempunyai kemiripan yang cukup sama dalam menampilkan sebuah desain, jadi tidak terlalu masalah bagi kedua browser tersebut. Saat ini ketika sedang membuat perubahan besar-besaran dalam desain DHINATACOM, kesabaran saya kembali diuji oleh IE 6.

Banyak skrip CSS yang ditermahkan “aneh” oleh IE 6 sehingga dapat menjadi bug yang sangat mengganggu. Perlu banyak upaya dan akal untuk membuat IE 6 “mengerti” apa yang saya mau. Maka berbagai skrip tambahan pun akhirnya digunakan untuk memperbaiki kebodohan IE 6. Seharusnya Microsoft selaku pemimpin pasar OS untuk PC menyadari bahwa browser buatan mereka digunakan oleh banyak orang sehingga mereka perlu membuatnya menjadi lebih baik.

Seharusnya desainer web tidak perlu bersusah payah untuk mengakali IE 6 jika browser tersebut dapat diupdate secara otomatis mengikuti perkembangan terbaru dunia desain web. Misal saat ini CSS 3 sudah mulai marak digunakan. Setahu saya hanya Opera yang baru mendukungnya. Mozilla Firefox sudah mulai mendukung penggunaan tag CSS 3 mulai Firefox versi 3 yang segera diluncurkan.

Bagaimana dengan IE? Kapan mau mendukung CSS 3? gatau

Metamorfosis DHINATACOM – Bagian 2

Melanjutkan bagian pertama dari artikel ini, saya pastikan blog DHINATACOM akan berubah total pada tanggal 1 Juli 2008. Desain theme hampir selesai. Saya belum bisa kasih screenshoot-nya karena belum komplit 100%. Ya mungkin ada sekitar 95%. Masih ada beberapa bagian skrip yang dapat menjadi bug yang cukup menggangu. Saya usahakan theme terbaru ini kompatibel 99% untuk semua browser terbaru yang dipakai oleh kebanyakan netter saat ini.

Untuk kategori artikel kemungkinan masih tetap sama, malah akan ada kategori baru seperti News dan Spesial Event. Istilah kategori akan saya rubah menjadi “rubrik” agar lebih sesuai dengan format majalah. Jadi kira-kira DHINATACOM edisi Juli 2008 akan memuat lebih dari 20 rubrik tentang TI dan money making.

Ok, sampai sini dulu saya mau melanjutkan mendesain theme lagi nggaya

Metamorfosis DHINATACOM – Bagian 1

Sejak DHINATACOM diluncurkan pada awal april 2008, ada banyak kejutan yang tidak saya pernah bayangkan sebelumnya. Pertama, banyak artikel yang saya tulis ternyata menjadi pilar artikel yang banyak dicari oleh pengguna Internet, cukup yahud untuk meningkatkan trafik blog dari SEO. Kedua, rangking Alexa naik drastis dari sekitar 7 jutaan, naik menjadi 1.4 juta, lalu menjadi 1.2 juta dan kini menjadi 800 ribuan.

Setelah 2 bulan menggunakan theme blog yang “seadanya”, maka sekitar awal Juli 2008 DHINATACOM akan bermetamorfosis menjadi format majalah. Ya benar-benar seperti majalah, baik dalam tampilan theme maupun dari segi penempatan artikel. Bukan tanpa alasan saya mengambil keputusan ini. Sudah 3 tahun lebih saya menjadi penulis lepas untuk media cetak IT dan Game di Indonesia. Jadi dengan saya memiliki pengalaman dalam bidang tulis menulis sudah cukup layak untuk membuat “majalah” IT sendiri dalam bentuk blog.

Seperti apa tampilan majalahnya? Apa saja rubrik yang akan dipublikasikan? Tunggu artikel ini dibagian yg kedua ya! sinchan

Akhirnya beli juga LG KU250

Setelah mendapat banyak masukan dari forumponsel, akhirnya saya putuskan untuk batal beli SE K530i. Selain karena duit dikantong yang pas-pasan, kualitas modem 3G LG KU250 sudah diuji oleh banyak member FP. Fitur yang dimiliki oleh hp ini menurut saya sudah cukup ok dan lengkap. Ada kamera depan 1.3 Mp, video call, bluetooth, multimedia player, dan yang pasti ada 3G untuk bisa mendukung pekerjaan.

Cuma yang sekarang belom bisa saya pilih, layanan paket 3G apa yang berkualitas dan murah? gatau

Ada yang punya masukkan? ayuk

Paket Internet UNLIMITED 3G murah dari Telkomsel

Hari rabu kemarin, saya dapat offline message dari salah satu teman di YM! ada info tawaran paket Internet unlimited murah pakai TELKOMSELFlash. Dengan koneksi 3G pastinya. Ada 3 paket pilihan yang bisa dipilih. 1. Basic (biaya: Rp 125,000/bulan) kecepatan 256 Kbps. 2. Advance (biaya: Rp 225,000/bulan) kecepatan 512 kbps. 3. Pro (biaya: Rp 400,000/bulan) kecepatan 3,6 Mb.

Nah, kebetulan rencana saya 1 atau 2 bulan kedepan mau beli hp baru yang ada fasilitas 3G, kalau dilihat dari ukuran kocek sih paling cuma dapat SE K530i. Gimana ada yang pernah hp SE K530i untuk modem 3G gak? Oya paket 3G yang saya ceritakan diatas tanpa modem dan kontrak. Jadi kita harus sudah punya modem 3G dan bisa berhenti sewaktu-waktu.

Untuk temen-temen yang udah pernah pake SE K530i untuk modem 3G dan pake TELKOMSELFlash minta pengalamannya ya ayuk

5 Kiat mudah belajar desain theme untuk blog

Sebuah blog dapat menjadi cerminan si pemiliknya. Desain tema serta kumpulan artikel yang ada didalamnya dapat menyiratkan hobi, bakat, serta keahlian penulisnya. Sebagai seorang blogger, tentu ingin blog pribadi Anda tampil beda dan menarik jika dibandingkan dengan milik orang lain. Yang paling terlihat untuk membedakan blog Anda dengan punya orang lain tentu saja desain tema.

Bicara soal desain tema, kebanyakan blogger mungkin lebih banyak mengandalkan theme blog gratisan yang banyak bertebaran di Internet. Memang tidak ada salahnya memanfaatkan theme gratis yang dibuat oleh orang lain. Tapi jangan heran jika suatu waktu, ketika Anda sedang berselancar menemukan blog milik orang lain yang tampilannya kembar dengan blog Anda. Gak mau kan? Nah, oleh sebab itu satu-satunya cara punya blog unik ya dengan mendesain theme sendiri. Saya akui memang tidak mudah. Namun kalau tidak dicoba mana bisa?

Berikut ada 5 kiat mudah dan praktis yang bisa Anda coba. Penerapan artikel ini akan lebih tepat jika blog Anda ada dihosting sendiri bukan seperti yang ada di wordpress.com atau blogger.com.

1. Download contoh theme yang ada di Internet. Jika membuat theme dari awal terasa sulit, mulai belajar desain dengan memodifikasi punya orang lain. Coba googling dengan kata kunci “free download wordpress theme” atau “free download blogger theme”, sesuaikan saja dengan blog engine yang Anda pakai. Oprek contoh theme tersebut.

Mulai dari yang sederhana terlebih dahulu. Sebagai langkah awal, coba ganti gambar header standar dengan gambar lain menjadi seperti yang Anda inginkan. Ganti warna background, link, dan lainnya dengan warna kesukaan Anda, oprek file CSS dalam theme tersebut.

2. Pilah-pilih warna tampilan. Kalau menentukan warna desain theme blog juga sulit bagi Anda, coba lihat contoh “perkawinan” antara warna dari sebuah website dan aplikasi. Melihat paduan warna dari website mungkin sudah biasa, namun pernahkah Anda terpikir bahwa sebuah aplikasi juga mungkin memiliki paduan warna yang cukup yahud. Perhatikan puluhan warna tema dari skin Bento milik Winamp 5+. Warna yang dipadukan begitu menarik, serasi, dan tidak membosankan. Perhatikan juga Windows XP, Vista, dan Windows Media Player.

Untuk mengambil kode hexa dari warna tersebut cukup dengan “memotretnya” dengan tombol Print Screen lalu melihatnya menggunakan Eyedropper Tool di Photoshop. Tidak semua paduan warna cocok untuk sebuah blog. Jadi modifikasi lagi agar tampil serasi, tidak norak, dan yang pasti sesuai dengan blog Anda.

3. Lihat desain blog milik orang lain. Bukan bermaksud untuk mencontek. Tapi mengamati agar bisa mendapat inspirasi. Ingat terinspirasi berbeda dengan menjiplak. Jadi perhatikan fitur apa saja yang disukai oleh pengunjung dan hal apa yang tidak mereka sukai.

Misal, pengunjung menyukai blog yang navigasi halaman yang simpel, tidak belat-belit dan tidak menyukai blog dengan tampilan huruf yang terlalu kecil atau terlampau besar. Hal-hal seperti ini perlu juga diperhatikan ketika mendesain sebuah teme untuk blog.

4. Pelajari satu per satu. Setidaknya ada 3 bahasa web programming yang mutlak Anda kuasai. HTML, PHP, dan CSS. HTML bertugas untuk menampilkan data, PHP mengolah data, dan CSS mengatur tampilan desain blog. Pelajari satu per satu dan hanya yang Anda butuhkan.

Misal PHP mempunyai fungsi yang begitu banyak, namun dalam sebuah blog Anda mungkin hanya perlu mempelajari cara penulisan suatu sintak tanpa perlu mempelajari proses yang dilakukan sintak tersebut, karena sudah ada engine blog yang mengurusnya. Jika salah satu bahasa tersebut sudah Anda kuasai paling tidak sampai 50%, baru pelajari bahasa yang lainnya. JavaScript juga bisa Anda pelajari jika ingin blog Anda lebih interaktif.

Untuk desain grafis, gunakan aplikasi yang sudah ternama agar Anda bisa dengan mudah mencari modul pembelajarannya baik melalui buku maupun Internet. Photoshop dan Corel DRAW bisa Anda coba.

5. Manfaatkan sumber daya online. Tidak bisa dipungkiri sumber daya online yang tersedia di Internet merupakan gudang harta ilmu pengetahuan. Website, blog, forum diskusi, serta chatroom bisa menjadi mata air pembelajaran jika Anda dapat dengan teliti menemukannya. Untuk belajar desain theme untuk WordPress misalnya, saya pribadi suka “mencuri” ilmu di blog webdesignerwall.com. Banyak para jagoan Internet juga mengakui bahwa hampir 90% ilmu yang mereka miliki berasal dari Internet.

Kendala bahasa asing bukan suatu halangan yang berarti jika Anda punya niat dan kemauan yang keras untuk mempelajari sesuatu yang baru. Jadi tunggu apalagi, ayo kita belajar desain theme untuk blog bersama-sama!