Blog Business Review Gadget Games General Highlight Humour Internet Mailbox Opinion Tips&Tricks Tutorial

5 Kiat mudah belajar desain theme untuk blog



Author: DHINATACOM
Posted: 04.06.2008 at 14:22.
Last Updated: 04.06.2008 at 00:06.
14 Komentar.

Sebuah blog dapat menjadi cerminan si pemiliknya. Desain tema serta kumpulan artikel yang ada didalamnya dapat menyiratkan hobi, bakat, serta keahlian penulisnya. Sebagai seorang blogger, tentu ingin blog pribadi Anda tampil beda dan menarik jika dibandingkan dengan milik orang lain. Yang paling terlihat untuk membedakan blog Anda dengan punya orang lain tentu saja desain tema.

Bicara soal desain tema, kebanyakan blogger mungkin lebih banyak mengandalkan theme blog gratisan yang banyak bertebaran di Internet. Memang tidak ada salahnya memanfaatkan theme gratis yang dibuat oleh orang lain. Tapi jangan heran jika suatu waktu, ketika Anda sedang berselancar menemukan blog milik orang lain yang tampilannya kembar dengan blog Anda. Gak mau kan? Nah, oleh sebab itu satu-satunya cara punya blog unik ya dengan mendesain theme sendiri. Saya akui memang tidak mudah. Namun kalau tidak dicoba mana bisa?

Berikut ada 5 kiat mudah dan praktis yang bisa Anda coba. Penerapan artikel ini akan lebih tepat jika blog Anda ada dihosting sendiri bukan seperti yang ada di wordpress.com atau blogger.com.

1. Download contoh theme yang ada di Internet. Jika membuat theme dari awal terasa sulit, mulai belajar desain dengan memodifikasi punya orang lain. Coba googling dengan kata kunci “free download wordpress theme” atau “free download blogger theme”, sesuaikan saja dengan blog engine yang Anda pakai. Oprek contoh theme tersebut.

Mulai dari yang sederhana terlebih dahulu. Sebagai langkah awal, coba ganti gambar header standar dengan gambar lain menjadi seperti yang Anda inginkan. Ganti warna background, link, dan lainnya dengan warna kesukaan Anda, oprek file CSS dalam theme tersebut.

2. Pilah-pilih warna tampilan. Kalau menentukan warna desain theme blog juga sulit bagi Anda, coba lihat contoh “perkawinan” antara warna dari sebuah website dan aplikasi. Melihat paduan warna dari website mungkin sudah biasa, namun pernahkah Anda terpikir bahwa sebuah aplikasi juga mungkin memiliki paduan warna yang cukup yahud. Perhatikan puluhan warna tema dari skin Bento milik Winamp 5+. Warna yang dipadukan begitu menarik, serasi, dan tidak membosankan. Perhatikan juga Windows XP, Vista, dan Windows Media Player.

Untuk mengambil kode hexa dari warna tersebut cukup dengan “memotretnya” dengan tombol Print Screen lalu melihatnya menggunakan Eyedropper Tool di Photoshop. Tidak semua paduan warna cocok untuk sebuah blog. Jadi modifikasi lagi agar tampil serasi, tidak norak, dan yang pasti sesuai dengan blog Anda.

3. Lihat desain blog milik orang lain. Bukan bermaksud untuk mencontek. Tapi mengamati agar bisa mendapat inspirasi. Ingat terinspirasi berbeda dengan menjiplak. Jadi perhatikan fitur apa saja yang disukai oleh pengunjung dan hal apa yang tidak mereka sukai.

Misal, pengunjung menyukai blog yang navigasi halaman yang simpel, tidak belat-belit dan tidak menyukai blog dengan tampilan huruf yang terlalu kecil atau terlampau besar. Hal-hal seperti ini perlu juga diperhatikan ketika mendesain sebuah teme untuk blog.

4. Pelajari satu per satu. Setidaknya ada 3 bahasa web programming yang mutlak Anda kuasai. HTML, PHP, dan CSS. HTML bertugas untuk menampilkan data, PHP mengolah data, dan CSS mengatur tampilan desain blog. Pelajari satu per satu dan hanya yang Anda butuhkan.

Misal PHP mempunyai fungsi yang begitu banyak, namun dalam sebuah blog Anda mungkin hanya perlu mempelajari cara penulisan suatu sintak tanpa perlu mempelajari proses yang dilakukan sintak tersebut, karena sudah ada engine blog yang mengurusnya. Jika salah satu bahasa tersebut sudah Anda kuasai paling tidak sampai 50%, baru pelajari bahasa yang lainnya. JavaScript juga bisa Anda pelajari jika ingin blog Anda lebih interaktif.

Untuk desain grafis, gunakan aplikasi yang sudah ternama agar Anda bisa dengan mudah mencari modul pembelajarannya baik melalui buku maupun Internet. Photoshop dan Corel DRAW bisa Anda coba.

5. Manfaatkan sumber daya online. Tidak bisa dipungkiri sumber daya online yang tersedia di Internet merupakan gudang harta ilmu pengetahuan. Website, blog, forum diskusi, serta chatroom bisa menjadi mata air pembelajaran jika Anda dapat dengan teliti menemukannya. Untuk belajar desain theme untuk WordPress misalnya, saya pribadi suka “mencuri” ilmu di blog webdesignerwall.com. Banyak para jagoan Internet juga mengakui bahwa hampir 90% ilmu yang mereka miliki berasal dari Internet.

Kendala bahasa asing bukan suatu halangan yang berarti jika Anda punya niat dan kemauan yang keras untuk mempelajari sesuatu yang baru. Jadi tunggu apalagi, ayo kita belajar desain theme untuk blog bersama-sama!



komentar pembaca DHINATACOM

  1. dani says:

    saya masi ngga pede bikin theme yg bagus… (
    tp seneng menikmati theme blog lain :)

  2. masih pake punya orang blog saya, makasih tips nya.. akan saya coba

  3. salam kenal Mas. panduan sederhana tapi bermanfaat….
    salam sehat selalu

  4. haryp says:

    masih pake theme gratisan jg nih. emang udah waktunya kita coba kreatip. mksh panduannya…

  5. risti says:

    mimpi andaikan aku bisa yah

  6. Budi Mitra says:

    mimpi ANDAI DARI AWAL SAMAP AKHIR ‘N DISERTAI GAMABAR, PEMULA

  7. afif says:

    ngacir desain theme,.. belum bisa deh aku kalau disain graphis pake freehand, photoshop, in design atau illustrator Bolehlah sesuai dengan kuliku

  8. klo saya sih theme na pake yang free terus grafis ma warna nya edit sendiri.. tapi bikin theme na WP lbih mudah dr blogger, soalnya wp bs di tes di komputer sendiri (PHP) n lbih ngudeng, klo blogger susah ngetesnya mesti konek internet dulu (gak ngerti xml).. oy lupa, salam kenal ya.. ngacir

    • Yoki Dhinata says:

      Sama mas, awalnya saya juga hanya edit sedikit aja tp lama-lama jadi 100% deh opreknya :)
      Template blogger emang lebih ribet, setuju saya hehehe

      salam kenal juga :)

  9. eric says:

    makasih mas atas infonya ….
    saya baru belajar tentang membuat theme
    salam kenal dari jogja

  10. amang says:

    saya terbantu oeleh blog abang tengkuyu . . . .

  11. madoji says:

    makasih infonya. tp kok kudu belajar bhs programming ya. langsung praktek aja gt tinggal utak atik, maunya nih. capedeh

  12. thanks mas. tapi saya masih kesulitan

D . ( . P . diem . piss . kaget . nocomment . malu . mimpi . licik . ide . yess . tipi . tendang . sombong . sinchan . sial . senam . nyerah . ngiler . nggaya . nangis . musik . males . love . konslet . kembar . gatau . damn . bye . ayuk . belajar . tutupkuping . tolong . terharu . strees . serang . sendiri . ngakak . mimisan . mati . mantap . kesel . keren . kartukuning . kartumerah . fiuhhh . cendol . salaman . recseller . maho . marah . najis . kiss . bingung . berduka . takut . ngacir . ngacir2 . janganribut . capedeh .

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus.

home DHINATACOM


Home Article Index Contact Disclaimer F.A.Q


langganan majalah DHINATACOM
home DHINATACOM