Blog Business Review Gadget Games General Highlight Humour Internet Mailbox Opinion Tips&Tricks Tutorial

8 Kiat Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog Tanpa Mesin Pencari



Author: DHINATACOM
Posted: 21.04.2008 at 11:32.
Last Updated: 21.04.2008 at 12:07.
375 Komentar.

Bagaimana cara meningkatkan trafik pada blog tanpa harus bergantung pada mesin pencari? Inilah pertanyaan yang sering kali muncul oleh seorang yang baru mulai ngeblog.

Ketika sebuah blog baru dibuat, salah satu sumber trafik pengunjung yang bisa diharapkan adalah mesin pencari. Mesin pencari memang memegang peranan vital dalam mendatangkan trafik yang deras untuk blog. Namun dibutuhkan kerja keras yang lebih untuk menikmatinya. Misalnya dengan membuat content yang original serta mempelajari ilmu SEO (Search Engine Optimization), sehingga posisi blog kita pada mesin pencari mendapat peringkat yang bagus.

Kalau begitu apakah ada cara lain untuk meningkatkan arus trafik blog tanpa bergantung mesin pencari? Ada, kira-kira ada 8 cara yang bisa Anda coba. Berikut 8 tips dari saya.

1. Rajin-rajinlah berkomentar pada blog orang lain. Berikan komentar yang sesuai dengan artikel, jangan hanya berkomentar untuk “membuang sampah sembarangan” alias SPAM. Usahakan agar Anda menjadi komentator yang pertama. Jika blog yang Anda komentari dikunjungi oleh ribuan visitor perharinya, maka bersiap-siaplah kecipratan derasnya pengunjung lain yang mampir.

2. Kalau Anda rajin mengirim email ke surat pembaca media cetak, gunakan alamat email yang berakhiran domain blog Anda. Dengan semakin sering domain blog Anda muncul, bisa jadi para pembaca media cetak tersebut akan langsung berselancar di blog Anda. Kalau bisa gunakan kata-kata email Anda pada surat pembaca untuk menginformasikan pembaca membuka blog Anda, bahwa ada sesuatu yang berguna disana. Ingat menginformasikan berbeda dengan merekomendasikan. Jangan sampai email Anda tidak dimuat karena memiliki “iklan terselubung”.

3. Berikan email signature atau tanda tangan pada email untuk mengarahkan pembacanya mengunjungi blog Anda misalnya dengan mencantumkan alamat blog Anda. Misal: DHINATA.COM | Belajar web design, Internet, dan online business. Jadi gunakan selalu email resmi yang berakhiran domain Anda untuk mengirim email kepada sebanyak mungkin orang. Dan lagi-lagi saya ingatkan, HINDARI SPAM!

4. Manfaatkan fasilitas signature pada forum diskusi online. Isinya bisa seperti pada signature email Anda. Kalau Anda termasuk sebagai member yang aktif maka member lain tidak akan segan-segan mengakses blog pribadi Anda. Jadi jangan cuma sering bertanya pada forum, tapi sering-seringlah memberikan solusi serta pendapat yang berguna bagi member lain.
5. Buatlah hasil karya yang bisa didistribusikan secara online. Saya secara pribadi sering manggunakan ecard sebagai salah satu sarana promosi. Misalnya dengan membuat ecard berbasis flash lalu mengirimkannya ke babaflash.com. Jangan lupa untuk mencantumkan alamat blog Anda, karena biasanya tidak ada larangan untuk itu. Semakin banyak orang yang mengirim ecard Anda, akan semakin terkenal pula nama blog Anda.

6. Tidak semua redaksi suatu media cetak maupun elektronik mempunyai ide untuk menulis artikel setiap harinya. Maka Anda bisa memberikan informasi bahwa blog Anda dapat memberikan informasi yang mereka butuhkan, sehingga mereka dengan sukarela membahas blog Anda dalam tulisannya. Kalau Anda bisa, tulis saja sendiri artikel yang sesuai dengan rubrik media tersebut serta tema blog Anda lalu mengirimkannya kepada mereka.

7. Buatlah artikel yang melibatkan blogger lain dalam penulisannya. Misalnya dengan mengutip dan mengomentari tulisan salah seorang blogger terkenal di blog Anda. Istilah yang sering dipakai oleh blogger untuk hal ini adalah seperti “bermain PING PONG”. Berikan umpan kepada orang lain berupa pendapat Anda serta link yang menuju ke blog mereka. Kalau Anda cukup beruntung, maka blogger tersebut akan memberikan link ke pada blog Anda dalam salah satu artikelnya.

8. Tidak ada salahnya untuk mendaftarkan blog Anda dalam media jaringan periklanan online gratis. Yang saya maksud bukan iklan baris. Bentuknya mirip dengan AdWords milik Google, tapi media ini tidak berbayar alias gratis. Salah satunya adalah Adgridwork.com. Kita diperbolehkan memasang iklan tentang blog kita pada situs orang lain dengan persyaratan kita juga mau memasang iklan orang lain pada blog kita. Caranya cukup dengan memasang beberapa baris JavaScript yang telah disediakan pada blog kita. Informasi lebih lanjut dapat Anda lihat disitus tersebut.

ada komentar? ayuk



komentar pembaca DHINATACOM

  1. newbie says:

    perbanyak komen,,, sudi kiranya untuk mampir.. heheh

  2. Makasih ya gan triknya… lumayan tambah ilmu ^_^ salaman

  3. wah,,masukan yg bagus buat blogger pemula ney…mo nyoba praktekin (hope it’s work)
    makasih ya…
    kiss

  4. Laili says:

    boleh jga tipsnya kang, tp sayang disini sy nomer 3 komennya, ( , tpi gk pa2 yang penting bsa unjuk diri hehe

  5. HIrfani says:

    Mantap gan , trims atas infonya gan D

  6. ikbal says:

    salaman

    terimakasih atas infonya gan..
    trus.. emotion nya ane suka.. gmna cara bikinnya gan..?

  7. rafy says:

    recseller
    postingan ini sangat bermanfaat dan membantu. ditunggu kunjungan baliknya.

  8. makasih atas info yang bermanfaatnya,, salaman

  9. recseller
    tengkyu infonya gan.. sangat membantu

  10. faisal says:

    terima kasih banget gan,, sangat membantu saya, D

  11. Aji says:

    Thank’s You Bro Tips-nya Ane coba rajin blogwalking salaman

  12. oke nih tipsnya. kalo saya lebih banyak menggunakan situs jejaringan sosial buat meningkatkan trafit.. dan terbukti lumayan lah ada peningkatan, walau gak banyak2 amat. D

  13. OKE Bisnis says:

    mantaps tipsnya kawan…skerang tinggal praktekknya kan..?
    sukses selalu…makasih

  14. […] Traffic. Traffic atau besarnya kunjungan ke blog atau situs web anda adalah jalan awal untuk meningkatkan penghasilan bisnis internet anda. Dari traffic yang tinggi, peluang peningkatan penghasilan anda akan terbuka lebar. Contoh sederhananya begini. Misalkan, tiap harinya ada 100 orang yang berkunjung ke blog atau situs web anda, tak mungkin kemudian penjualan produk informasi anda mencapai 1.000 transaksi. Masuk akal kan? Jadi traffic adalah kunci awal peningkat penghasilan bisnis internet anda. Bagaimana mendapatkan pengunjung? Beberapa tipsnya silakan baca di sini dan di sini. […]

  15. NaCl says:

    gitu yah tipsnya blog ane sepi kang mampir yah D

D . ( . P . diem . piss . kaget . nocomment . malu . mimpi . licik . ide . yess . tipi . tendang . sombong . sinchan . sial . senam . nyerah . ngiler . nggaya . nangis . musik . males . love . konslet . kembar . gatau . damn . bye . ayuk . belajar . tutupkuping . tolong . terharu . strees . serang . sendiri . ngakak . mimisan . mati . mantap . kesel . keren . kartukuning . kartumerah . fiuhhh . cendol . salaman . recseller . maho . marah . najis . kiss . bingung . berduka . takut . ngacir . ngacir2 . janganribut . capedeh .

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus.

home DHINATACOM


Home Article Index Contact Disclaimer F.A.Q


langganan majalah DHINATACOM
Artikel Terbaru

Internet Hemat dengan Paket Simpati di Bawah 1 GB

Membuat Jaringan Multimedia Server Dengan PC Windows dan Smartphone Android

Disclaimer . Contact Info . Privacy Policy . F A Q . Servis Komputer Tangerang
DHINATA.COM © 2008-2017 oleh Yoki DHINATA. Theme: D-Magz 3.1
Desain Tema oleh Yoki DHINATA. My Copyright Is Not Your Right To Copy.
Powered by WordPress. Hak Cipta Dilindungi.
home DHINATACOM