Blog Business Review Gadget Games General Highlight Humour Internet Mailbox Opinion Tips&Tricks Tutorial

8 Kiat Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog Tanpa Mesin Pencari



Author: DHINATACOM
Posted: 21.04.2008 at 11:32.
Last Updated: 21.04.2008 at 12:07.
375 Komentar.

Bagaimana cara meningkatkan trafik pada blog tanpa harus bergantung pada mesin pencari? Inilah pertanyaan yang sering kali muncul oleh seorang yang baru mulai ngeblog.

Ketika sebuah blog baru dibuat, salah satu sumber trafik pengunjung yang bisa diharapkan adalah mesin pencari. Mesin pencari memang memegang peranan vital dalam mendatangkan trafik yang deras untuk blog. Namun dibutuhkan kerja keras yang lebih untuk menikmatinya. Misalnya dengan membuat content yang original serta mempelajari ilmu SEO (Search Engine Optimization), sehingga posisi blog kita pada mesin pencari mendapat peringkat yang bagus.

Kalau begitu apakah ada cara lain untuk meningkatkan arus trafik blog tanpa bergantung mesin pencari? Ada, kira-kira ada 8 cara yang bisa Anda coba. Berikut 8 tips dari saya.

1. Rajin-rajinlah berkomentar pada blog orang lain. Berikan komentar yang sesuai dengan artikel, jangan hanya berkomentar untuk “membuang sampah sembarangan” alias SPAM. Usahakan agar Anda menjadi komentator yang pertama. Jika blog yang Anda komentari dikunjungi oleh ribuan visitor perharinya, maka bersiap-siaplah kecipratan derasnya pengunjung lain yang mampir.

2. Kalau Anda rajin mengirim email ke surat pembaca media cetak, gunakan alamat email yang berakhiran domain blog Anda. Dengan semakin sering domain blog Anda muncul, bisa jadi para pembaca media cetak tersebut akan langsung berselancar di blog Anda. Kalau bisa gunakan kata-kata email Anda pada surat pembaca untuk menginformasikan pembaca membuka blog Anda, bahwa ada sesuatu yang berguna disana. Ingat menginformasikan berbeda dengan merekomendasikan. Jangan sampai email Anda tidak dimuat karena memiliki “iklan terselubung”.

3. Berikan email signature atau tanda tangan pada email untuk mengarahkan pembacanya mengunjungi blog Anda misalnya dengan mencantumkan alamat blog Anda. Misal: DHINATA.COM | Belajar web design, Internet, dan online business. Jadi gunakan selalu email resmi yang berakhiran domain Anda untuk mengirim email kepada sebanyak mungkin orang. Dan lagi-lagi saya ingatkan, HINDARI SPAM!

4. Manfaatkan fasilitas signature pada forum diskusi online. Isinya bisa seperti pada signature email Anda. Kalau Anda termasuk sebagai member yang aktif maka member lain tidak akan segan-segan mengakses blog pribadi Anda. Jadi jangan cuma sering bertanya pada forum, tapi sering-seringlah memberikan solusi serta pendapat yang berguna bagi member lain.
5. Buatlah hasil karya yang bisa didistribusikan secara online. Saya secara pribadi sering manggunakan ecard sebagai salah satu sarana promosi. Misalnya dengan membuat ecard berbasis flash lalu mengirimkannya ke babaflash.com. Jangan lupa untuk mencantumkan alamat blog Anda, karena biasanya tidak ada larangan untuk itu. Semakin banyak orang yang mengirim ecard Anda, akan semakin terkenal pula nama blog Anda.

6. Tidak semua redaksi suatu media cetak maupun elektronik mempunyai ide untuk menulis artikel setiap harinya. Maka Anda bisa memberikan informasi bahwa blog Anda dapat memberikan informasi yang mereka butuhkan, sehingga mereka dengan sukarela membahas blog Anda dalam tulisannya. Kalau Anda bisa, tulis saja sendiri artikel yang sesuai dengan rubrik media tersebut serta tema blog Anda lalu mengirimkannya kepada mereka.

7. Buatlah artikel yang melibatkan blogger lain dalam penulisannya. Misalnya dengan mengutip dan mengomentari tulisan salah seorang blogger terkenal di blog Anda. Istilah yang sering dipakai oleh blogger untuk hal ini adalah seperti “bermain PING PONG”. Berikan umpan kepada orang lain berupa pendapat Anda serta link yang menuju ke blog mereka. Kalau Anda cukup beruntung, maka blogger tersebut akan memberikan link ke pada blog Anda dalam salah satu artikelnya.

8. Tidak ada salahnya untuk mendaftarkan blog Anda dalam media jaringan periklanan online gratis. Yang saya maksud bukan iklan baris. Bentuknya mirip dengan AdWords milik Google, tapi media ini tidak berbayar alias gratis. Salah satunya adalah Adgridwork.com. Kita diperbolehkan memasang iklan tentang blog kita pada situs orang lain dengan persyaratan kita juga mau memasang iklan orang lain pada blog kita. Caranya cukup dengan memasang beberapa baris JavaScript yang telah disediakan pada blog kita. Informasi lebih lanjut dapat Anda lihat disitus tersebut.

ada komentar? ayuk



komentar pembaca DHINATACOM

  1. Thepoen says:

    recseller
    Makasih Ya Info Nya ..bERmanfaat KUnjungi Site Me nUMpang Lewat http://www.thepoenblog.co.cc/

  2. Trimakasih buat artikelnya.. Jadi tak selamanya blog gantungkan hidup pada search engine…

  3. jo says:

    recseller
    mantapppp banget ni artikel…terima kasih mas, artikel ini sangat membantu saya dalam belajar membuat blog. sekali lagi, terima kasih

  4. ozy says:

    salam kenal. makasih infonya

  5. miftah says:

    blogku masih jarang pengunjng gan, moga cara ini bisa menikkan pengunjung dech D

  6. Trisna says:

    Terimakasih atas infonya…..say coba mudah-2 blog saya kebanjiran pengunjung…..dan ujung-ujungnya jasa/bisnis yang saya tawarkan kebanjiran order. sekali lagi trim

  7. knaensr says:

    thank’s loar bro.. tas ilmunya.. cz sangat bermanfaat bagi kita semua..

  8. Pandjidr says:

    Info yang sunggung menarik, sangat berguna bagi saya. Saya tunggu info selanjutnya tentang web. Terima kasih recseller

  9. Doddy says:

    saya termasuk baru dalam dunia internet. Terima kasih infonya, sangat bermanfaat. Mampir ke web saya ya di http://www.house-arch.com
    thx, doddy

  10. arbent says:

    menarik boz recseller

  11. Thx atas sharingnya.. saya akan coba.. jgn lupa main” d blog aq ya.. d tunggu kunjungan baliknya D

  12. charolines says:

    recseller
    mantap bro thank’s untuk informasinya

  13. chelsea says:

    salaman
    Thank mas infonya

  14. mutation says:

    mantap maklum masih newbie gan, jadi kalo komeng suka aga’ asal”an…
    Thanks ya buat infona, sendiri

  15. mantap Wah mantap bener nih infonya Mas… thanks banyak ya..kebetulan saya baru belajar buat blog.. untuk bisnis online jual baju muslim gitu.. Emang blog masih baru moga aja dengan info dari mas jualan saya maju.. salam kenal Theo.

D . ( . P . diem . piss . kaget . nocomment . malu . mimpi . licik . ide . yess . tipi . tendang . sombong . sinchan . sial . senam . nyerah . ngiler . nggaya . nangis . musik . males . love . konslet . kembar . gatau . damn . bye . ayuk . belajar . tutupkuping . tolong . terharu . strees . serang . sendiri . ngakak . mimisan . mati . mantap . kesel . keren . kartukuning . kartumerah . fiuhhh . cendol . salaman . recseller . maho . marah . najis . kiss . bingung . berduka . takut . ngacir . ngacir2 . janganribut . capedeh .

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus.

home DHINATACOM


Home Article Index Contact Disclaimer F.A.Q


langganan majalah DHINATACOM
Artikel Terbaru

Internet Hemat dengan Paket Simpati di Bawah 1 GB

Membuat Jaringan Multimedia Server Dengan PC Windows dan Smartphone Android

Disclaimer . Contact Info . Privacy Policy . F A Q . Servis Komputer Tangerang
DHINATA.COM © 2008-2017 oleh Yoki DHINATA. Theme: D-Magz 3.1
Desain Tema oleh Yoki DHINATA. My Copyright Is Not Your Right To Copy.
Powered by WordPress. Hak Cipta Dilindungi.
home DHINATACOM