Aplikasi Java MIDP 2.0 (J2ME) Untuk Twitter




Terbit 16.12.2008. Edisi Dec 2008. Sudah ada 27 Komentar.
DHINATACOM

twitterKetika sedang menikmati liburan panjang ke suatu tempat wisata yang jauh, para pengguna Twitter tentu gak akan bisa tahan untuk terus ‘berkicau’ sepanjang perjalanan atau menulis aktivitas yang sedang mereka lakukan disana melalui Twitter :) Ya, begitulah kaum techie kalau sedang liburan, sedang rekreasipun masih bersentuhan dengan teknologi.

Pada waktu berkunjung ketempat wisata tentu kita gak akan merepotkan diri dengan membawa barang-barang yang berukuran besar. Salah satunya adalah Laptop kita. Satu-satunya barang modern yang pasti dibawa kemanapun adalah PDA dan Ponsel. Nah, kali ini DHINATACOM akan mereview 3 aplikasi Java MIDP 2.0 (J2ME) Untuk Twitter yang akan sangat membantu Anda untuk ngetwit seharian melalui PDA atau Ponsel Anda.

Syarat yang harus dipenuhi cuma dua kok, PDA/Ponsel Anda harus memiliki OS Windows Mobile atau Java MIDP 2.0. Gak harus memiliki dua-duanya, salah satu aja udah cukup kok. Aplikasi apa saja itu? Ini dia namanya…

TinyTwitter

tinytwitterDiantara aplikasi mobile untuk Twitter lainnya yang ikut dibahas disini, DHINATACOM memberikan nilai terbaik kepada TinyTwitter. Aplikasi ini akan membuat Anda seolah-olah mengakses Twitter persis seperti aslinya. Dapat menampilkan avatar pengguna Twitter merupakan salah satu keunggulannya yang tidak dimiliki software sejenis lainnya.

Anda dapat mengatur TinyTwitter untuk merefresh pesan terbaru dari teman Anda dalam rentan waktu tertentu sesuai keinginan Anda melalui menu Settings. Dapat juga melakukan private/direct messages serta reply untuk teman-teman Anda. TinyTwitter disediakan secara gratis untuk Java MIDP 1.0, Windows Mobile Pocket PC, Java MIDP 2.0, dan Windows Mobile Smartphone. Info tentang fitur lainnya bisa Anda baca diwebsite resmi TinyTwitter.

Download TinyTwitter

Twibble

twibblePeringkat kedua dalam urutan aplikasi mobile Twitter terbaik versi DHINATACOM jatuh kepada Twibble. Hampir semua fitur TinyTwitter dimiliki oleh Twibble. Hanya ada perbedaan letak dan nama fiturnya aja, fungsinya sama. Salah satu kekurangannya adalah tidak dapat menampilkan avatar pengguna dan teman-teman ngetwit-nya.

Twibble dapat berjalan di dalam jaringan WiFi, UMTS dan GPRS. Memiliki sejumlah tampilan themes agar pengguna tidak bosan, namun hanya warna teks dan latar aja yang dibedakan. Twibble juga dapat memperkecil trafik data yang ponsel Anda terima ketika menggunakan aplikasi ini karena Twibble hanya akan mengambil pesan terbaru dari teman-teman Anda sehingga dapat menekan biaya akses Internet bagi mereka yang tidak berlangganan. Info lebih lanjut tentang Twibble bisa Anda baca disini.

Download Twibble

jibjib

jibjibIni adalah aplikasi Java mobile untuk Twitter yang paling sederhana :) Tidak banyak fungsi yang ditawarkan. Pengguna dapat menggunakan jibjib untuk mengirimkan status terbaru Anda, melihat daftar pesan dari teman Anda, juga melakukan reply dengan pengguna Twitter lainnya.

jibjib disediakan untuk hp dengan fitur Java MIDP 1.0 dan Java MIDP 2.0. Ukuran aplikasi ini adalah yang terkecil sekitar 30-40 kb. Bandwith yang digunakan juga sangat kecil, developer mengklaim bahwa untuk menampilkan 20 entri pesan dari Twitter hanya memakan bandwith sebesar 5-6 kb. Perbedaan paling besar jibjib dengan aplikasi lainnya adalah jibjib aplikasi open source. Jadi bisa saja jibjib dikemudian hari malah memiliki fitur yang lebih bagus dibanding program sejenis lainnya. Info tentang jibjib bisa Anda baca diwebsite resminya.

Download jibjib (JAD)
Download jibjib (JAR)

Oya.. ikut gabung ke Twitter DHINATACOM yuk :) Bagi yang sudah menjadi follower akan di follow balik kok :)

Img source:
TinyTwitter (http://farm4.static.flickr.com/3210/2968583621_24b195ff2b.jpg?v=0)
jibjib (http://bp3.blogger.com/_5lr44HbE7JE/SFqxl3ckUkI/AAAAAAAAAFc/rDqn-MdRNxQ/s320/ibm-jvm-jibjib.jpg)
Twibble (http://igadgetlife.com/wp-content/uploads/2007/05/twibble-the-twitter-client-on-my-n95.jpg)



komentar pembaca DHINATACOM

  1. jaka says:

    kok gak bisa dipake ya di sony ericsson w395,,, smw aplikasi yg disarankan diatas gak bisa digunakan,, tolong strees nangis (

  2. diphtegh says:

    makasih ya infonya::
    salam kenal @diphtegh

  3. terimakasih infonya ^_^ salaman

  4. ane biasa pake snaptu gan. Lengkap. Bisa buat selain twitter juga :)

    malah lebih enak pake opera mini. Ada tuitwit, tweete dan dabr juga yg fiturnya lengkap.

  5. Andhika says:

    capedeh ga bisa ga jelas harus download tinytwitter yang mana ???

D . ( . P . diem . piss . kaget . nocomment . malu . mimpi . licik . ide . yess . tipi . tendang . sombong . sinchan . sial . senam . nyerah . ngiler . nggaya . nangis . musik . males . love . konslet . kembar . gatau . damn . bye . ayuk . belajar . tutupkuping . tolong . terharu . strees . serang . sendiri . ngakak . mimisan . mati . mantap . kesel . keren . kartukuning . kartumerah . fiuhhh . cendol . salaman . recseller . cekemail . maho . marah . najis . kiss . bingung . berduka . takut . ngacir . ngacir2 . janganribut . capedeh .

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus - The Largest Indonesian Community.

(required)


Homepage DHINATACOM Subscribe RSS/Email Article Index Advertise Disclaimer Contact DHINATACOM F.A.Q (Frequently Ask Question)

LANGGANAN ARTIKEL




Powered by FeedBlitz