Blog Business Review Gadget Games General Highlight Humour Internet Mailbox Opinion Tips&Tricks Tutorial

Bahasa Pemrograman Web Design – Bagian 1



Author: DHINATACOM
Posted: 07.08.2008 at 11:18.
Last Updated: 07.08.2008 at 00:31.
44 Komentar.

Web Design bukan hanya tentang gambar. Selain harus dapat menciptakan gambar-gambar kreatif Anda juga harus dapat mengerti dan menggunakan bahasa-bahasa pemrograman yang umum digunakan dalam Web Design. Dalam mendesain theme sebuah blog maupun website setidaknya ada 4 bahasa utama yang harus Anda pelajari yaitu HTML, PHP, CSS, dan JavaScript.

Artikel kali ini akan membantu Anda untuk mengetahui cara penulisan dan cara menggunakan bahasa tersebut dalam mendesain web. Oya, saya juga gak akan membahas terlalu detail dengan memberikan semua perintah-perintah yang ada dalam bahasa tersebut, tapi hanya yang sekiranya diperlukan aja biar gak terlalu bingung. Tanpa banyak basa-basi ayo kita mulai!

HTML

HTML (Hyper Text Markup Language) merupakan format dokumen yang digunakan dalam WWW (World Wide Web). Tugasnya adalah untuk menampilkan data dalam browser seperti teks, gambar, link, dan elemen lainnya. Format penulisannya sebagai berikut <namasintaks> ... </namasintaks>. Secara umum cara penulisan urutan tag standar HTML dalam sebuah halaman Web adalah sebagai berikut:

[code]





[/code]

HTML juga bisa digunakan untuk membuat berbagai macam efek pada teks seperti tebal, miring, garis bawah, jenis huruf dan juga mengatur warna. Kode HTML dalam sebuah halaman web bisa dilihat dengan mudah. Jika Anda menggunakan Mozilla Firefox cukup dengan menekan tombol Ctrl+U.

Ekstensi file: *.htm atau *.html

Info lengkap tentang HTML: W3C (World Wide Web Consortium)

CSS

Dalam mendesain web/blog, CSS (Cascading Style Sheet) memakan porsi yang cukup besar mungkin sekitar 50-60%. Maka kelihaian Anda dalam mengolah skrip CSS sangat penting. Tugasnya sangat penting yaitu mengatur layout halaman, format teks, dan pewarnaan dan lain-lain. Secara umum cara penulisan fungsi style dalam CSS adalah sebagai berikut:

[code]

[/code]

Setiap nama syle harus ditambahkan tanda . (titik) didepannya. Misalnya membuat style untuk teks dengan nama “huruf_arial” font Arial dan ukuran 18px, skripnya adalah sebagai berikut:

[code]

[/code]

Untuk menggunakan style yang telah kita buat dalam CSS kehalaman HTML, skrip perintahnya adalah sebagai berikut:

[code]
Contoh teks
[/code]

Anda juga bisa meletakkan skrip CSS dan HTML dalam 1 halaman, namun bagi kebanyakan orang hal itu dapat cukup merepotkan karena baris skrip bisa menjadi sangat panjang. Maka untuk memisahkannya copy aja skrip CSS tersebut mulai dari tag <style type="text/css" media="screen"> hingga </style> lalu meyimpannya dalam satu file dengan format namafile.css.

Untuk memanggil skrip CSS tersebut cukup dengan perintah:

[code] [/code]

Letakkan skrip diatas, 1 folder bersama dengan file html yang ingin menggunakan style tersebut.

Ekstensi file: *.css

Informasi lengkap tentang CSS: W3’s CSS Blog

Kalau sekarang masih bingung itu wajar, tapi kalau mau belajar pasti bisa kok.. :sinchan:

Minggu depan kita akan melanjutkannya dengan pembahasan singkat tentang PHP dan JavaScript..

Jangan sampai terlewat ya! :ayuk:



komentar pembaca DHINATACOM

  1. loker says:

    usul mas, kalo bisa artikel html dan css dipisah aja, biar lebih enak belajar nya, fokus dan bisa lengkap..

    trus ada rencana bahas server side programming kaya php atau asp ga?.. kayanya boljug tuh

  2. hilda says:

    thanks buat infonya ya :ide:

  3. natasya says:

    aku berharap infonya diteruskan, biar masyarakat indonesia tidak gaptek lagi….sedikit2 jg g papa asal continu betul!! :yess:

  4. wasito says:

    Ekstensi file: *.htm atau *.html ,mengapa ada dua ekstensi untuk file Html?karena pada masa lalu ekstensi suatu hanya di batasi tiga karakter ini terlihat untuk *.htm ,dikarenakan sebab yang sampai kini belum saya ketahui( mungkin ada yang tahu),di perbolehkannya suatu ekstensi file leih dari tiga karakter yaitu terlihat untuk *.html ,tetapi berapa karakter maksimun ekstensi suatu file saya tidak tahu juga.Beri petunjuk ya…

  5. wasito says:

    Sebelumnya saya telah menulis komentar ini ,tetapi komennya kok tidak terkirim(kosong),apa kepanjangan ya…
    Ekstensi file: *.htm atau *.html,mengapa ada dua ekstensi untuk file Html?Pada masa lalu ( mungkin jamannya DOS atau lainnya) ,suatu ekstensi file dibatasi hanya tiga karakter ,itu telihat dari *.htm, karena sebab apa yang saya belum ketahui,penggunaan lebih dari tiga karakter diperbolehkan itu telihat dari *.html,batas maksimum karakter ekstensi file pun belum saya ketahui(mohon petunjuk).

  6. tonny says:

    Terimasih atas tulisannya, ilmu ini sangat membantu saya sebagai pemula dalam hal dunia internet. walaupun dalam hal ini saya masih sulit dalam memahaminya, tapi setidaknya tulisan ini sudah sangat bermanfaat buat saya dan orang banyak. sekali lagi terimakasih dan sukses selalu untuk anda. :recseller:

  7. lelo says:

    :recseller: :salaman: :senam: :sial: :sinchan: :kembar: :gatau: :damn: :bye: :tipi: :yess:

  8. mifta hul jannah says:

    salam kenal” maaf ya……… aq boleh tanya kan” gini ada nyimpen tentang penjelasan bahasa pemograman gx” klw da aq minta yang jelas n padat cz aq butuh buat tugas kuliah ni””……

  9. […] a comment Melanjutkan artikel kemarin yang sedikit membahas tentang cara penulisan dan penggunaan sintaks HTML dan CSS, maka artikel ini adalah kelanjutannya dengan pembahasan tentang PHP dan JavaScript. Fokus […]

  10. tedted says:

    makasih gan ilmunya. sedot dulu! :recseller: :sundul:

  11. Niya Aipidn says:

    javascript:moreSmiliesAappendSmiley(‘:ngakak:’)
    ship, maz!

  12. Niya Aipidn says:

    ‘:cendol:’ .

  13. […] HTML (Hyper Text Markup Language) merupakan format dokumen yang digunakan dalam WWW (World Wide Web). Tugasnya adalah untuk menampilkan data dalam browser seperti teks, gambar, link, dan elemen lainnya. Format penulisannya sebagai berikut <namasintaks> … </namasintaks>. Secara umum cara penulisan urutan tag standar HTML dalam sebuah halaman Web adalah sebagai berikut: PLAIN TEXT […]

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus.

*

home DHINATACOM


Home Article Index Contact Disclaimer F.A.Q


langganan majalah DHINATACOM
Artikel Terbaru

Internet Hemat dengan Paket Simpati di Bawah 1 GB

Membuat Jaringan Multimedia Server Dengan PC Windows dan Smartphone Android

Disclaimer . Contact Info . Privacy Policy . F A Q . Servis Komputer Tangerang
DHINATA.COM © 2008-2017 oleh Yoki DHINATA. Theme: D-Magz 3.1
Desain Tema oleh Yoki DHINATA. My Copyright Is Not Your Right To Copy.
Powered by WordPress. Hak Cipta Dilindungi.
home DHINATACOM