Blog Business Review Gadget Games General Highlight Humour Internet Mailbox Opinion Tips&Tricks Tutorial

Bedah fitur terbaru WordPress 2.6



Author: DHINATACOM
Posted: 28.07.2008 at 04:18.
Last Updated: 28.07.2008 at 14:20.
9 Komentar.

WordPress 2.6 kini dirilis dan siap digunakan oleh para WordPress mania di seluruh dunia. Bagi Anda yang belum mempunyainya bisa mendownloadnya di WordPress.Org. Setiap versi terbaru WordPress akan selalu ada perbaikan dan perubahan baik dari sisi keamanan, performa, fitur dan sejumlah perbaikan penting lainnya. Untuk versi kali ini apa saja yang ditambahkan oleh WordPress?

Yang baru di WordPress 2.6

  • Jadi ngebut dengan fitur Gears. Ini adalah update yang paling terlihat ketika Anda pertama kali memasuki halaman admin. Sebuah text link bertuliskan Turbo dipojok kanan atas akan memberikan Anda sebuah informasi tentang dukungan WordPress 2.6 kepada sebuah aplikasi yang dikembangkan Google yaitu Gears. Setelah di install dan diaktifkan, aplikasi untuk browser ini akan mempercepat waktu load blog WordPress Anda karena gambar, CSS, dan skrip lainnya akan disimpan di komputer Anda. Dianjurkan untuk tidak menginstallnya dikomputer umum, seperti warnet misalnya.
  • Fitur Word Count untuk menghitung jumlah kata. Letaknya ada dibawah tombol Save dan Publish. Setiap kata yang Anda ketik pada isi posting akan dihitung kemudian jumlah ditampilkan. Jumlah kata akan ditampilkan jika Anda menekan tombol Save atau Publish. Judul posting tidak akan dihitung.
  • Kategori bisa jadi tag dan tag bisa jadi kategori. Jika pada WordPress versi sebelumnya fitur konversi Categories to Tags Converter hanya bisa dilakukan 1 arah, maka WordPress 2.6 memberikan fasilitas baru konversi menjadi 2 arah dengan merubahnya menjadi fitur Categories and Tags Converter.
  • Default avatar komentator bisa dipilih. Fitur ini berguna bagi pengguna theme yang menampilkan avatar pada bagian komentar pengunjung. Pengaturan gambar standarnya bisa dipilih melalui menu Settings >> Discussion.
  • Preview theme jadi lebih canggih. Ini fitur yang paling saya suka. Mengganti theme kini jadi lebih menarik dan atraktif. Ketika mengganti theme, WordPress 2.6 akan terlebih dahulu memberikan preview tampilan blog Anda dengan theme yang baru sebelum diaktifkan. Jadi sebelum benar-benar digunakan Anda bisa terlebih dahulu memeriksa apakah masih ada bagian yang error, masih kurang dan perlu dirubah. Jika sudah benar-benar yakin ingin menggunakan theme tersebut klik saja text link Activate “Nama Theme” dipojok kanan atas. Fitur yang benar-benar sangat membantu bagi Anda yang sedang belajar mendesain theme buatan sendiri karena biasa akan lebih banyak error diawal-awal penggunaannya.
  • Plugin standar terbaru. 2 plugin standar WordPress yang selalu dipaketkan bersama adalah akismet dan Hello Dolly. Pada WordPress 2.6, plugin akismet terbaru yaitu versi 2.1.6 sudah disertakan. Ya, semoga saja akismet jadi lebih cerdas dan cepat dalam menangkal serangan SPAM yang setiap harinya semakin menggila.

Yang hilang di WordPress 2.6

Menurut Anda apa yang hilang di WordPress 2.6 ini? Kalau saja Anda kurang teliti mungkin gak pernah akan ketemu. Satu hal yang gak saya lihat lagi adalah fitur Insert/edit image yang dilambangkan dengan ikon bergambar Pohon. Mungkin pengembang WordPress merasa bahwa fitur ini menjadi tidak berguna karena sudah digantikan oleh fitur Add an Image. Cuma satu ini aja sih yang saya lihat, selebihnya ya berupa fitur baru.

Ada yang mau menambahkan ayuk



komentar pembaca DHINATACOM

  1. Wah.. justru fitur yang ilang itu yang sering saya pakai.. hiks..hiks… Kalau pake yang upload images kadang-kadang suka error kalau di hosting gratis

  2. jono says:

    licik selamat malam mas yoki dan teman teman sekehidupan semua heheehe, saya seorang newbie dalam menggunakan wordpress,kebetulan saya menggunakan wordpress edisi no.2 terbaru yaitu wordpress 2.6.0. nah yang menjadi kesulitan saat saya mau menambahkan image atau video pada halaman blog saya kok gak bisa ya.seperti yang diutarakan diatas.uploadnya error.
    capedeh oh ya terus gimana merubah nama halaman dalam wordpress.kan gak enak alamatnya http://www.namawebsitesaya.com/?p=6.saya kepingin ngerename halamannya. trus gimana mengatur comment dalam wordpress.comment defaultnya sudah saya hapus.jadi yang kelihatan dihalaman saya jadinya no comment.please tolong pencerahan nya mas yoki,dan juga temen-teman semua.bisa direply disini atau kalo kepanjangan bisa di email saya, ataupun bisa juga di YM saja.(ching_nan86) thx

    • afif says:

      pilih permalinks lalu pilih misal links bulan tanggal atau nama posting kode yang paling bawah di copy. lalu paste file di note pad save sebagai.htaccess. upload di public_html. semoga berhasil

    • Yoki says:

      iya bener kata mas afif, ada cara lain lagi.

      Buat file bernama .htaccess lalu atur permissionnya menjadi 777. Masuk ke dashboard wordpress, klik menu setting > permalink. Pilih jenis tipe halaman yang Anda mau lalu klik save. jangan lupa ubah kembali chmod file .htaccess menjadi 644 atau paling aman 444.

      Untuk masalah upload gambar yg sering error coba upgrade aja ke wordpress 2.6.3 mudah-mudahan sih bisa lancar uploadnya.

      untuk komentar memang akan terlihat kosong kalau gak ada yang isi komentar. Untuk mengatur tampilannya coba oprek file comment.php di folder tempalte yang Anda pakai.

      Good luck! ide

  3. jono says:

    ohya satu hal lagi dalam ulasan web design mas yoki ada membagikan freeware ico fx.nah setelah logonya jadi gimana cara mempublikasikannya. mimpi tolong pencerahannya ya

    • Yoki says:

      save file terlebih dahulu dengan ekstensi .ico. Untuk menampilkannya di browser gunakan skrip berikut.

      Letakan di file header.php sebelum tag

      ide

  4. afif says:

    saya upload image kok error, sebelumnya tidak. sudah buat folder upolads cmod 777 kenpa ya please. apa karena host gratisan

    • Yoki says:

      coba buat folder tahun dan bulan yang ada dalam folder upload secara manual lalu set chmod 777. Misal jika bulan ini November maka buat folder 2008 dalam folder upload dan folder 11 dalam folder 2008 secara manual lalu set chmod ke 777.

      kalau saya sih upload gambar gak pernah ke hosting sendiri mas.. ke imageshack.us juga bagus kok

      sukses deh silahkan dicoba dan smoga berhasil kembar

D . ( . P . diem . piss . kaget . nocomment . malu . mimpi . licik . ide . yess . tipi . tendang . sombong . sinchan . sial . senam . nyerah . ngiler . nggaya . nangis . musik . males . love . konslet . kembar . gatau . damn . bye . ayuk . belajar . tutupkuping . tolong . terharu . strees . serang . sendiri . ngakak . mimisan . mati . mantap . kesel . keren . kartukuning . kartumerah . fiuhhh . cendol . salaman . recseller . maho . marah . najis . kiss . bingung . berduka . takut . ngacir . ngacir2 . janganribut . capedeh .

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus.

(required)

home DHINATACOM


Home Article Index Contact Disclaimer F.A.Q


langganan majalah DHINATACOM
Artikel Terbaru

Membersihkan Jamur di Dinding Apartemen

3 Hal Penting Yang Menentukan Kecantikan Pada Rumah Minimalis

Disclaimer . Contact Info . Privacy Policy . F A Q . Servis Komputer Tangerang
DHINATA.COM © 2008-2017 oleh Yoki DHINATA. Theme: D-Magz 3.1
Desain Tema oleh Yoki DHINATA. My Copyright Is Not Your Right To Copy.
Powered by WordPress. Hak Cipta Dilindungi.
home DHINATACOM