Belajar Pemograman Jadi Menyenangkan dengan Microsoft Visual C++ 6.0



Terbit 22.02.2006. Edisi Feb 2006. Sudah ada 19 Komentar.
DHINATACOM

Seorang mahasiswa yang mengambil jurusan TI, pada semester- semester awal umumnya wajib untuk mempelajari dan membiasakan diri untuk menciptakan aplikasi dengan bahasa pemograman c++. Namun, ketika anda pertama kali  belajar bahasa pemograman yang satu ini mungkin bagi anda terasa sulit untuk dipelajari. Jangan khawatir dan jangan mudah menyerah !

Seperti yang dosen anda anjurkan di kampus tewanti-wanti beliau mengingatkan anda bahwa  tidak cukup hanya berpaut kepada teori saja supaya pintar dalam pemograman namun sangat dibutuhkan dan dituntut yang namanya praktek —  terus-menerus berlatih di depan komputer dengan menggunakan program Microsoft Visual C++, niscaya kelak anda menjadi programer yang cakap.

Dalam mengetikan kalimat-kalimat pemograman atau kita kenal sebagai sintaks program, pada umumnya tidak cukup hanya sebaris atau 5 baris. Akan tetapi, mencakup puluhan bahkan ratusan baris sintaks program. Pada tahap belajar, mungkin ini suatu hal yang cukup membosankan bagi anda, akan tetapi coba deh..anda otak atik  program Microsoft Visual C++ anda — tampilannya dibikin menjadi jreng biar mata tidak bosan saat berjam-jam melihat layar monitor yang menampilkan rentetan kalimat program.

Misalnya, coba anda  ubah-ubah tampilan yang ada di area jendela Source tempat dimana anda mengetikan kalimat-kalimat pemrograman. Di situ anda mungkin bisa mengganti jenis huruf, mengubah warna huruf, atau mengganti latar belakang jendela Source. Seperti yang kita amati selalu saat pengetikan sintaks program, jenis huruf yang ditampilkan jenis huruf yang kaku dengan tipe Courier.

Kemudian secara standar warna huruf  hitam, latar belakang putih dan saat menuliskan baris komentar pada pemrograman berwarna hijau gelap. Keyword yang nampang seperti #include, int, long dan sebagainya pasti ditandai dengan warna biru.  Lalu bagaimana cara melakukan perubahan atas penampilan yang standar tadi ?

1. Seperti biasa,  bukalah  aplikasi Microsoft Visual C++ anda melalui [start] > [All Programs] > [Microsoft Visual Studio 6.0] > [Microsoft Visual C++ 6.0].
2.  Kemudian klik [Tools]  > [Options..] untuk membuka jendela Options.
3. Dari 11 tab menu pada jendela Options, pilih tab Format.
4. Nah disitu disediakan kategori-kategori apa saja yang ingin diubah tampilannya seperti All Windows, Source Windows, Debbuger Windows, Output Windows, Workspace Windows, Registers Windows,  Memory Windows, Call Windows, Variables Windows, Watch Windows, Dissasembly Windows.
5. Pilih kategori Source Windows  untuk mengubah tampilan dari jendela Source.
6. Anda perhatikan pada listbox Font tipe huruf adalah Courier. Sekarang coba anda ganti dengan tipe yang lain sesuaikan ukuran yang anda inginkan dengan mengklik listbox tersebut. Dan sesuaikan ukurannya pada listbox Size.
7. Setelah itu coba lihat diatas tombol [OK] ada 2 listbox yaitu Foreground dan Background. Jika anda mengklik listbox Foreground ada daftar warna yang dapat anda pilih untuk tampillan sintaks program yang anda ketik di jendela Source sedangkan background untuk mengubah warna latar belakangnya. Perlu diingat, warna  Foreground dan Background harus kontras agar tampilan tidak karu-karuan dan bisa jadi ketikan anda jadi tidak dapat terbaca nantinya. Maka dari itu perhatikan pada kolom Sample dan lihat apakah pilihan warna sudah cukup manis.
8. Untuk mengubah warna keyword pada pengetikan, anda bisa memilih pada kolom Color yang menampilkan daftar warna dari apa saja yang ingin di ubah. Kemudian pada daftar pilih Keyword. Maka warna biru listbox Foreground  segera dapat anda ganti dengan warna lain.
9. Jika anda ingin merubah baris komentar yang berwarna hijau gelap menjadi warna yang lainnya. Caranya sama seperti langkah 8, Cuma bedanya pada kolom Color anda pilih Comment.
10. Sekarang anda tutup jendela Options dengan klik [OK].

Akhirnya selesai sudah anda merubah wajah dari Microsoft Visual C++ anda dan untuk melihat hasilnya coba anda klik [File]>[New…] pada menu utama atau tekan Ctrl + N pada keyboard. Pilih tab Files pada jendela New yang terbuka dan lakukan klik ganda C++ Source File untuk membuka jendela Source.

Coba anda ketikan sintaks program dan bagaimana hasilnya ? Memuaskan tidak ? Kini anda tentu tidak jenuh lagi ketika ingin berlatih mengetikan sintak program bahkan sampai ratusan baris sekalipun. Sebenarnya tidak hanya jendela Source saja yang bisa divariasikan tampilnnya, namun secara keseluruhan semua tampilan bisa disesuaikan oleh anda pada Jendela Options.

Jika anda rindu akan tampilan sebelumnya dan ingin mengembalikan tampilan seperti semula, Microsoft Visual C++ menyediakan ftur untuk mengembalikan tampilan standar yang semula. Caranya anda masuk ke jendela Options dan pada tab Format, klik tombol [Reset All] kemudian klik [OK].

Artikel Terkait:



komentar pembaca DHINATACOM

  1. andri says:

    ka bagaiman ch supaya bisa pemograman fiuhhh

D . ( . P . diem . piss . kaget . nocomment . malu . mimpi . licik . ide . yess . tipi . tendang . sombong . sinchan . sial . senam . nyerah . ngiler . nggaya . nangis . musik . males . love . konslet . kembar . gatau . damn . bye . ayuk . belajar . tutupkuping . tolong . terharu . strees . serang . sendiri . ngakak . mimisan . mati . mantap . kesel . keren . kartukuning . kartumerah . fiuhhh . cendol . salaman . recseller . cekemail . maho . marah . najis . kiss . bingung . berduka . takut . ngacir . ngacir2 . janganribut . capedeh .

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus - The Largest Indonesian Community.

(required)


Homepage DHINATACOM Subscribe RSS/Email Article Index Advertise Disclaimer Contact DHINATACOM F.A.Q (Frequently Ask Question)

LANGGANAN ARTIKEL




Powered by FeedBlitz