Blog Business Review Gadget Games General Highlight Humour Internet Mailbox Opinion Tips&Tricks Tutorial

Blogging ala Manager Sepakbola



Author: DHINATACOM
Posted: 15.07.2008 at 12:14.
Last Updated: 15.07.2008 at 00:16.
1 Komentar.

Ternyata banyak juga ya blogger yang juga suka nonton bola. Waktu final EURO 2008 kemarin rupanya pada ngumpul nonton bareng ditempat Cosa. Sayang tempatnya jauh banget… Ya gpp, yang udah lewat gak usah diomongin lagi hehehe. Btw, bicara soal bola saya jadi kepikir, ada gak ya manager sebuah tim sepak bola yang juga rajin ngeblog? Bisa gak ya pekerjaan yang dikerjakan seorang pelatih sepakbola dikaitkan dengan blogging?

Setelah saya pikir-pikir ternyata ada kaitannya juga. Mungkin karena saya suka nonton bola dan main Winning Eleven/PES kali ya? Nah, dalam posting kali ini saya mau berbagi berbagai hal yang bisa kita tiru sebagai blogger dari seorang manager tim sepakbola. Apa saja itu?

Miliki dan Pilih Pemain yang Tepat

Ini adalah tugas yang cukup vital dicermati. Tidak mudah untuk menentukan pemain mana yang harus turun kelapangan. Dalam blog, para pemain Anda adalah posting. Sebuah tim tidak hanya memiliki 11 pemain. Ada banyak pemain cadangan yang dapat diturunkan sewaktu-waktu. Skill dan kualitas yang dimiliki pemain tidak sama. Anda perlu menentukan pemain mana yang menjadi inti dan cadangan. Ketika pertama kali blog dibuat, milikilah setidaknya 10 artikel berkualitas dan original yang siap untuk “bertanding” SEO di jagad raya Internet.

Menentukan waktu yang tepat untuk mempublish artikel juga perlu diperhatikan. Misalnya ketika akan menjelang event EURO 2008, banyak blogger sedikit mengurangi porsi artikel tentang blogging atau sementara waktu tidak menerbitkannya karena sedang gencar menulis tentang EURO 2008. Begitu EURO 2008 selesai, artikel yang tidak berhubungan bisa dipublish. Ibaratnya kita jangan kaku dalam menyusun “formasi pemain”.

Hot Comment

Biasa muncul ketika menjelang big match. Para pelatih akan melontarkan komentar-komentar bernada ‘panas’ yang isinya mengkritik dengan tajam, menuduh, dan banyak juga yang sengaja membesar-besarkan suatu hal tentang hal negatif dari tim lawan. Tujuannya untuk menjatuhkan mental lawan sebelum bertanding.

Nah, dalam blogging taktik ini bisa dicoba. Tujuannya bukan untuk menjelek-jelekkan blogger lain tapi memancingnya agar memberikan backlink keblog kita. Komentari aja artikel suatu blog yang banyak pengunjungnya. Komentar Anda juga harus beda dari yang lain, jangan cuma ikut-ikutan memberikan komentar yang seragam. Cukup ‘sentil’ sedikit aja biar yang punya tau.

Ikuti Kritik/Saran dari penonton

Biarpun Real Madrid juara La Liga (Liga Spanyol) musim ini, tetap aja pelatihnya yaitu Fabio Capelo (bener gak ya namanya?) diganti. Kok begitu? Salah satu alasannya adalah penonton yang kurang puas terhadap gaya permainan Real Madrid yang diterapkan Capelo. Penonton lebih suka gaya permainan sepak bola Spanyol yang atraktif dan menghibur seperti yang dipakai Barcelona.

Maka kesimpulannya komentar pengunjung itu sangat penting. Para penonton blog Anda adalah para komentator setia yang selalu rajin berkunjung dan menyumbangkan ide serta pendapatnya melalui komentar. Ikuti saran dan kritik yang membangun jika memang ternyata berguna. Gak maukan blog Anda sepi penonton pengunjung?

Tonton Setiap Event

Event sepakbola seperti Liga Champion, Piala Eropa, dan Piala Dunia adalah saat ketika para jagoan sepak bola dari dunia berkumpul untuk membuktikan siapa yang terhebat. Nah, disinilah para pelatih mengamati skill para pemain yang nantinya ingin mereka kontrak dan masuk kedalam tim yang mereka asuh.

Dalam dunia blogging, event yang biasa diadakan adalah SEO kontes, kompetisi desain theme, kontes review dan masih banyak lagi. Melalui event seperti ini Anda akan melihat beragam blog dari pesertanya. Cermati dan cari tahu blog apa saja yang memiliki kualitas bagus. Cari tahu bagaimana mereka dapat membuat blog seperti itu. Kunjungi terus blog para pemenangnya, siapa tahu ada ilmu yang bisa dicuri hehehe…

Strategi itu Penting

Masih ingatkan hasil pertandingan ketika Belanda vs Rusia pada EURO 2008 kemarin. Cukup mengejutkan dan mengecewakan para pendukung tim oranye yang secara kualitas jauh diatas Rusia. Kemenangan yang benar-benar luar biasa berkat pelatih jenius Guus Hiddink (bener gak ya tulisannya?). Strategi yang diterapkannya mampu mengalahkan gaya permainan total football ala Belanda.

Begitu juga dengan blog. Jika blog Anda masih baru, memiliki sedikit konten, dan pengunjung yang minim jangan dulu berkecil hati menghadapi berbagai blog yang secara kualitas mungkin berada jauh diatas Anda. Anda memerlukan strategi yang jitu. Saya pernah membuat 2 strategi yang cukup berhasil untuk mendapatkan trafik yang deras. Pertama, adalah strategi 8 Kiat Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog Tanpa Mesin Pencari. Kedua, Strategi cara pasang iklan gratis di media cetak. Ketiga, Meningkatkan Trafik Blog Dengan AdGridwork. Setelah dicoba hasilnya cukup memuaskan. Jadi apa strategi yang selama ini Anda pakai?

Untuk para blogger penggemar sepakbola tolong minta kritik dan saran yang membangun ya ayuk



komentar pembaca DHINATACOM

  1. ballbet says:

    tips tim yang akan win, liga champions 2012….daftar m88,via sms

D . ( . P . diem . piss . kaget . nocomment . malu . mimpi . licik . ide . yess . tipi . tendang . sombong . sinchan . sial . senam . nyerah . ngiler . nggaya . nangis . musik . males . love . konslet . kembar . gatau . damn . bye . ayuk . belajar . tutupkuping . tolong . terharu . strees . serang . sendiri . ngakak . mimisan . mati . mantap . kesel . keren . kartukuning . kartumerah . fiuhhh . cendol . salaman . recseller . maho . marah . najis . kiss . bingung . berduka . takut . ngacir . ngacir2 . janganribut . capedeh .

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus.

home DHINATACOM


Home Article Index Contact Disclaimer F.A.Q


langganan majalah DHINATACOM
Artikel Terbaru

Internet Hemat dengan Paket Simpati di Bawah 1 GB

Membuat Jaringan Multimedia Server Dengan PC Windows dan Smartphone Android

Disclaimer . Contact Info . Privacy Policy . F A Q . Servis Komputer Tangerang
DHINATA.COM © 2008-2017 oleh Yoki DHINATA. Theme: D-Magz 3.1
Desain Tema oleh Yoki DHINATA. My Copyright Is Not Your Right To Copy.
Powered by WordPress. Hak Cipta Dilindungi.
home DHINATACOM