Cara Blogger Menghemat Energi



Terbit 13.01.2009. Edisi Jan 2009. Sudah ada 18 Komentar.
DHINATACOM

Menjadi Sahabat Bumi Dengan Menghemat Energi (Kompetisi Website Kompas MuDA - IM3)Selain menulis artikel untuk terus mengingatkan diri sendiri dan orang lain menjadi sahabat bumi, blogger juga bisa menjadi sahabat bumi dengan cara lainnya. Apa itu?

Salah satu hal menarik yang banyak dilakukan blogger Indonesia dan blogger luar negeri lainnya adalah dengan menggunakan template/theme blog yang berwarna hitam. Menurut Universitas Stanford dan Departement yang mengawasi Energi di US, warna hitam pada layar monitor dapat mengurangi besarnya energi yang dikonsumsi oleh monitor. Google juga punya versi hitam yang dipercaya dapat membantu menghemat energi, Blackle namanya.

Namun apakah warna hitam itu pasti hemat energi? Menurut sejumlah peneliti di SCIENTIFIC AMERICAN, warna hitam pada monitor belum tentu dapat menghemat energi. Itu semua bergantung pada jenis monitor yang digunakan. Misalnya energi yang dikeluarkan dari monitor CRT dengan ukuran layar 18-inch (45,7-sentimeter) adalah 102 watt ketika menggunakan layar berwarna putih itu tetapi hanya 79 watt ketika menggunakan layar hitam itu.

Sedangkan besarnya energi yang dibutuhkan pada monitor LCD berukuran 17-inci (43-sentimeter) adalah 22,6 watt, sedangkan warna hitam membutuhkan energi lebih tinggi yaitu 23,2 watt. Jadi kesimpulannya adalah  warna hitam pada monitor CRT menggunakan energi lebih sedikit ketimbang menggunakan warna putih sedangkan LCD adalah sebaliknya, menggunakan energi lebih hemat jika menggunakan warna putih dan lebih boros jika pada warna hitam.

Jadi sesuaikan saja warna theme blog Kamu dengan jenis monitor yang Kamu gunakan untuk ngeblog. Meskipun tampak gak berarti, paling gak itu sudah membantu Kamu menghemat penggunaan biaya dan energi untuk diri sendiri.

Lalu bagaimana dengan pengunjung blog kita? Gak mungkinkan kita suruh dia ganti monitor hanya untuk berkunjung ke blog kita.. hehehe… Itu hak mereka masing-masing. Tapi paling gak mereka sudah tahu upaya kita dan bisa ikut juga menjadi sahabat bumi. Oya, waktu yang Kamu gunakan untuk ngeblog dan blog walking juga bisa dikurangi untuk menghemat pengeluaran energi :)

Artikel ini merupakan bagian dari Kompetisi Website Kompas MuDA – IM3. Info lebih lanjut tentang Kompetisi Website Kompas MuDA – IM3 bisa dibaca di website Kompas MuDA www.mudaers.com

Image via keetsa.com

Artikel Terkait:



komentar pembaca DHINATACOM

  1. Ardo says:

    Ganti monitor pasti nggak mungkin. Ganti template juga nggak mudah. Mungkin yang paling gampang mengganti warna screen MS Word jadi hitam saat si blogger ngetik artikel secara offline. Artikel baru diupload di blog setelah semua selesai di MS word yang hitam tadi. ide

  2. Arikaka.com says:

    Selamatkan bumi kita..
    ..
    .

  3. support says:

    ah saya nggak ngerti dengan hitam putih energi. ada ngga warna netral hemat energi untuk kedua monitor?

    • Yoki Dhinata says:

      putih itu maksudnya mewakili warna terang, biarpun monitor CRT pake background warna hitam tapi kalau brightnesnya terlalu tinggi sama aja boros energi.

      Mungkin ada yang lebih ahli yang mau jelaskan secara detail? ayuk

  4. david says:

    ide
    bagus juga kalau warnanya dijelaskan semuanya

  5. Deddy says:

    Cara blogger hemat energi ya? Hmm… gimana kalau ngeblog sesuai kebutuhan? :)

  6. Wah… tulisannya unik Mas… Bagus…

  7. neta says:

    baru tahu
    ganti template ah biar hemat energi musik musik

  8. Ferry says:

    Warna hitam dipakai karena mungkin tidak memantulkan cahaya balik……hahahhhhahah…….

  9. mr.copas says:

    keren artikelnx…
    minta izin copas…

  10. mr.copas says:

    keren artikelnx…
    minta izin copas…

D . ( . P . diem . piss . kaget . nocomment . malu . mimpi . licik . ide . yess . tipi . tendang . sombong . sinchan . sial . senam . nyerah . ngiler . nggaya . nangis . musik . males . love . konslet . kembar . gatau . damn . bye . ayuk . belajar . tutupkuping . tolong . terharu . strees . serang . sendiri . ngakak . mimisan . mati . mantap . kesel . keren . kartukuning . kartumerah . fiuhhh . cendol . salaman . recseller . cekemail . maho . marah . najis . kiss . bingung . berduka . takut . ngacir . ngacir2 . janganribut . capedeh .

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus - The Largest Indonesian Community.

(required)


Homepage DHINATACOM Subscribe RSS/Email Article Index Advertise Disclaimer Contact DHINATACOM F.A.Q (Frequently Ask Question)

LANGGANAN ARTIKEL




Powered by FeedBlitz