Blog Business Review Gadget Games General Highlight Humour Internet Mailbox Opinion Tips&Tricks Tutorial

Cara Yang Salah Menjadi Sahabat Bumi



Author: DHINATACOM
Posted: 17.01.2009 at 12:45.
Last Updated: 17.01.2009 at 16:07.
19 Komentar.

salah jalan/salah arahKompetisi Website Kompas MuDA – IM3 yang digelar oleh Kompas MuDA (www.mudaers.com) sejak Desember 2008 kemarin memberikan dampak positif bagi peserta blogger-blogger muda yang secara serentak kini rajin memposting artikel yang berkaitan dengan lingkungan hidup dan mengajak pembaca untuk kembali peduli terhadap bumi.

Ya, itu bagus… sangat bagus sekali yess

Tapi… Kok ada tapinya? Terus judul diatas kok aneh ya.. “Cara Yang Salah Menjadi Sahabat Bumi” ? Memang ada ya peserta yang ikut kompetisi ini dengan cara yang kurang tepat?

Ya, kurang lebih seperti itu konslet

Sedikit mengutip dari blog Idealisme Wana yang pernah ikut seminar tentang Green Computing, sedikitnya ada 3 hal yang dilakukan peserta kompetisi website namun bertolak belakang dengan tema kompetisi itu sendiri yaitu “Jadilah Sahabat Bumi”. Apa saja itu???

  • COPAS (Copy-paste) artikel orang lain. Kalau dilihat dari seluruh peserta, rupanya banyak juga ya yang posting artikel dari hasil copas P Kok bisa tau itu copas? Gampang saja, artikelnya banyak bertebaran diwebsite lain yang sudah lebih jauh lebih dahulu mempublikasikannya.Kemudian fakta lainnya bisa dilihat dari artikel-artikel yang memuat angka-angka statistik misalnya luas area hutan yang digunduli, jumlah presentase emisi gas rumah kaca, dan angka-angka lainnya itu adalah hasil dari penelitian sejumlah para ahli. Jadi ketika mencantum angka-angka tersebut sudah seharusnya sumber ASLI harus dicantumkan.Ada juga yang menampilkan foto, berupa gambar-gambar hutan, foto terumbu karang yang ada didasar laut, dan lainnya TANPA menyebutkan sumber asli gambar tersebut. Kalau hasil foto sendiri sih gpp, masa gambar orang lain asal comot aja P Mau Menang Kompetisi kok nyontek? Cape dehhh… capedeh
  • Blogging hanya untuk kompetisi. Blogger dadakan tiba-tiba bermunculan dengan alamat-alamat blog baru yang behubungan dengan tema kompetisi. Memang sih gak ada aturan yang melarang peserta untuk itu, tapi tahukah Kamu bahwa dengan membuat blog baru malah tidak sesuai dengan tema kompetisi ini. Blog-blog instan (blog sekali pakai) yang hanya dipakai untuk kompetisi lalu ditinggalkan setelah kompetisi selesai malah akan menambah kapasitas server blog dan membuat lebih berat kerja Bot pengindeks milik Google, sehingga kerja server Google semakin berat dan tentu saja energi yang dipakai lebih banyak, imbasnya pada bumi kita juga.
  • Desain yang Overdosis. Widget, animasi, serta pernak-pernik lainnya dalam sebuah blog pribadi itu memang wajar, tapi mengingat ini adalah kompetisi rasanya jadi kurang pas kalau harus ditampilkan semua D Segala sesuatu yang tampil dan bergerak dilayar monitor itu menentukan seberapa besar energi listrik yang dikonsumsi PC. Kinerja PC pengunjung  blog akan bertambah untuk me-load asesoris dari blog.

Apa Solusinya? singkat saja seperti ini:

  • Menulis dengan ide dan pikiran kita sendiri. Kalau mencantumkan angka-angka statistik atau gambar pendukung jangn lupa juga tulis sumber aslinya.
  • Gak perlu repot-repot buat blog baru. Bagi yang sudah punya blog, gunakan yang udah ada aja. Kalau belum punya blog itu sih lain ceritanya, mau gak mau ya harus bikin baru :)
  • Minimalis itu juga keren dan bagus. Banyak pernak-pernik itu gak selalu bagus, malah kadang bisa bikin norak P Jadi pilih desain sesuai dengan Tema lalu kembangkan sendiri sesuai keinginan kita dengan tidak terlalu terkesan rame.

Gampangkan? Semoga sukses menyelamatkan bumi kita! musik ayuk

Image via: oneyearbibleblog.com



komentar pembaca DHINATACOM

  1. holyza says:

    YUPZ W setuju bgt tuh ayuk

  2. rizoa says:

    sip broo.:)

  3. rizoa says:

    sip…menulis dengan tulisan hasiul sendiriii

  4. Andre says:

    waduh..nyindir orang yang punya blog banyak nih.. nggaya

    • DHINATACOM says:

      kalau punya banyak terus dipake dan aktif semua sih gpp (maksudnya diupdate secara teratur). Pebisnis olnine juga punya banyak kok, bisa sampe ratusan malah :)

      Yang bahaya itu kalau buat blog hanya untuk kompetisi, abis itu gak diapus dan langsung ditinggalin, wah kan repot kalau banyak yg bgitu semua konslet

  5. harianku says:

    setuju saya mas, masa mau menang pake sistem copas malu harus nya bagi orang yang masih melakukan hal tersebut harus berfikir 10000000 kali lagi licik

  6. Panca says:

    Hidup minimalis! hehe

  7. khafi says:

    setuju banget…

    heheh

  8. soerya says:

    Wokey!!! Maju terus Tuh yess ayuk

  9. soerya says:

    Siiiip lah…
    Setuju Aku yess

  10. Deddy says:

    Sepertinya artikel tentang pemanasan global di blog saya sering dibajak tuh… tapi yah gpp, asal ide saya sampe ke orang2…

  11. Syamsul Alam says:

    Setuju banget….. kopas is uncool….. heuheuheu.

    Wah, keren nih tulisannya…. hihihihi…. Betul juga klo kinerja google jadi berat gara2 orang yg pake blog sekali pakai yah…. dan aku berani taruhan klo ga banyak yg mikir ampe sana.

  12. java network says:

    setuju banget

    blog ini cukup ramai sekali , penataanya juga cukup bagus ditambah dengan artikel yang bagus pula , sungguh sangat sempurna !!!
    Salam Kenal !!!
    Jangan lupa berkunjung ke blog saya
    Terima kasih salaman

  13. Edwin says:

    Thanks a lot for trying to describe the terminlogy for the novices!

D . ( . P . diem . piss . kaget . nocomment . malu . mimpi . licik . ide . yess . tipi . tendang . sombong . sinchan . sial . senam . nyerah . ngiler . nggaya . nangis . musik . males . love . konslet . kembar . gatau . damn . bye . ayuk . belajar . tutupkuping . tolong . terharu . strees . serang . sendiri . ngakak . mimisan . mati . mantap . kesel . keren . kartukuning . kartumerah . fiuhhh . cendol . salaman . recseller . maho . marah . najis . kiss . bingung . berduka . takut . ngacir . ngacir2 . janganribut . capedeh .

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus.

home DHINATACOM


Home Article Index Contact Disclaimer F.A.Q


langganan majalah DHINATACOM
Artikel Terbaru

Internet Hemat dengan Paket Simpati di Bawah 1 GB

Membuat Jaringan Multimedia Server Dengan PC Windows dan Smartphone Android

Disclaimer . Contact Info . Privacy Policy . F A Q . Servis Komputer Tangerang
DHINATA.COM © 2008-2017 oleh Yoki DHINATA. Theme: D-Magz 3.1
Desain Tema oleh Yoki DHINATA. My Copyright Is Not Your Right To Copy.
Powered by WordPress. Hak Cipta Dilindungi.
home DHINATACOM