Blog Business Review Gadget Games General Highlight Humour Internet Mailbox Opinion Tips&Tricks Tutorial

DHINATACOM… From Zero To Hero



Author: DHINATACOM
Posted: 02.02.2009 at 13:14.
Last Updated: 02.02.2009 at 13:16.
40 Komentar.

piala kompas muda - im3Minggu, 1 Februari 2009 adalah hari yang bersejarah bagi blog ini ketika untuk pertama kalinya DHINATACOM mendapatkan award tingkat nasional sebagai juara 1 dalam Kompetisi Website Kompas MuDA – IM3 dengan tema Jadilah Sahabat bumi.

Satu lagi award bertambah untuk blog ini setelah masuk dalam nominasi 11 blog berbahasa Indonesia terbaik versi The BOBs 2008, Blog of the week Koran SINDO, dan The Most Creative Blog of 2008 dari Zalukhu.com.

Ternyata udah dapet lumayan banyak juga gak nyangka bisa spt ini yess

Kilas Balik Kompetisi Website Kompas MuDA – IM3

Semuanya berawal dari blog walking ke blog-blog pribadi lokal. Ternyata semua rata-rata kompak karena banyak yang memposting artikel yang berisi info tentang Kompetisi Website Kompas MuDA – IM3.

Setelah diliat persyaratan pesertanya ternyata agak sulit juga karena kita diminta untuk buat desain+tulisan tentang lingkungan+SEO konslet

Nah, langkah pertama pastinya ya daftar didirektori website Kompas Muda. Abis itu perubahan pada layout desain dibuat. Beberapa slot iklan yang menggangu pemandangan terpaksa disembunyikan dibuang, biar tampak lebih rapi dan tidak matre dimata juri hehe :) Dan salah satu kekuatan desain blog ini (menurut saya pribadi) yang terletak pada background cover (alias Homepage) dibuat sedemian rupa supaya sesuai dengan tema yang diminta.

Untuk tulisan, sumber ide saya dapatkan dari beberapa website dan blog Ti lokal seperti Detikinet.com dan majalah TI luar negeri yaitu PC World magazine (English Edition). Meskipun membahas lingkungan, tapi masih ada kaitannya dengan TI, karena blog ini memang topiknya itu, jadi tinggal disesuaikan aja.

Yang sempat jadi hambatan adalah SEO. Berhubung sibuk dengan blog lainnya, blog ini jadi gak pernah dioptimasi sejak mengikuti kompetisi.

Akibatnya SERP untuk blog ini sangat payah nangis

Hampir aja putus asa karena blog yang muncul dalam 10 toplist digoogle punya materi tulisan dan desain yang bagus-bagus, meskipun ada juga beberapa yang norak D . Tanggal 10 Januari optimasi dimulai, hasilnya bisa mendapat posisi pertamax selama beberapa hari. Dan sepertinya, keberuntungan ada dipihak saya :) jika dilihat dari screenshot yang juri ambil, itu sekitar tanggal 21-23 dan setahu saya blog ini pada saat itu ada diposisi 1 atau 2 dalam google.co.id.

Saat Kompetisi.. Mental Juga Perlu

Kompetisi bukan cuma ajang untuk menguji ilmu pengetahuan dalam diri kita diantara ratusan orang dengan talenta berbakat lainnya. Tapi kompetisi juga memerlukan mental yang tangguh. Yups, persiapan mental sering dilupakan para peserta kompetisi. Makanya, jangan heran ketika ada peserta yang gagal (alias kalah) mulai deh berkoar-koar karena ketidakpuasaannya terhadap penilaian juri.

Itu bukti bahwa dirinya belum siap untuk berkompetisi. Bisa juga dibilang belum menjadi ‘dewasa’, masih seperti ‘anak-anak’ yang pada dasarnya emang gak mau kalah dan suka protes. Ok, saya bisa nulis spt ini karena emang saya sudah terbiasa kalah (sengaja tulisannya ditebelin supaya gak ada yang protes kalo saya bisa nulis bgini karena menang P ).

Dan dari kekalahan itu saya belajar untuk lebih siap mental jika dikemudian hari saya akan kalah lagi, dan memang sejak saat itu lebih banyak kalahnya hehe :) Jadi kalau ada yang masih gak puas juga, percayalah bahwa suatu saat Anda akan mengerti bahwa ada pelajaran yang bisa kita ambil dari kekalahan tersebut.

Sedikit Koreksi Untuk Admin Website Mudaers

Untuk om Admin… ada kesalahan penulisan dalam nama saya, bukan Yogi Dhinata tapi Yoki Dhinata nangis

Ok, gitu aja. Selamat kepada Rima Faiqoh Agustine (Juara 2) dan Feri Yunus Madao (Juara 3) sinchan

Thanks untuk Kompas MuDA dan IM3 yang sudah membuat kompetisi dan mempercayakan juara 1 untuk blog ini, Masterweb Network yang menyediakan hosting berkualitas dengan harga terjangkau untuk DHINATACOM, teman-teman yg sudah memberikan backlink, dan para pengunjung setia blog ini, dan semua pihak yang gak bisa disebutin satu per satu.



komentar pembaca DHINATACOM

  1. selamat ya …
    keep blogging… malu

  2. Wah… selamat Mas… :)

  3. rimz says:

    lohh kok bisa terakhir ci mas ??
    kliatannya mas masih muda tuh
    sekitar umur 80 an , ooppss ,, mksuddnya umur 18 an ..
    hueheheheheh licik

  4. dhimz says:

    Selamat ya Mas Yoki,,

    Aku pertama taunya pas baca KOMPAS hari ini. Jadi agak telat gitu. udah dari tanggal 1 to?

    Pokoknya selamat deh. Semoga DHINATACOM makin baik &bisa memancing blogger lain untuk ikut menadi sahabat bumi

  5. Paman Gober says:

    wah keren bro, selamat ya…

    Moga award2 lainnya menyusul

  6. arikaka.com says:

    selamet ya mas yoki..
    sip sukses selalu..
    traktir dunk….

  7. hery says:

    Wah selamat ya yok, semoga sukses y

  8. Wah! Ternyata yang menang Dhinata.com toh D

    Saya ikut juga via blog pribadi saya, namun belum rezeki saya ternyata :)

  9. Caem says:

    Setelah baca artikel from zero to hero aq jd semangat ngeblog…Awalnya mulai ngeblog sjk kpn om?soale aq msih newbie nih

  10. lukas says:

    selamat ya!!!!!!!! salaman

  11. mana balesanny!!! says:

    koko yoki mana balesanny (my comment)

  12. mana balesanny!!! says:

    mungkin sy yg the last mengucpakanny jadi lupa y!!! hehehe recseller recseller

  13. wah mantap mas…
    gimana caranya? kasih tutorialnya mas

  14. […] 7 November 2008, kemudian pada tanggal 1 Februari 2009 DHINATACOM mendapatkan penghargaan sebagai Juara 1 dalam Kompetisi Website Kompas MuDA – IM3. Ini membuktikan bahwa meskipun kita tampak kecil atau kelihatannya tidak terlihat oleh dunia, tapi […]

D . ( . P . diem . piss . kaget . nocomment . malu . mimpi . licik . ide . yess . tipi . tendang . sombong . sinchan . sial . senam . nyerah . ngiler . nggaya . nangis . musik . males . love . konslet . kembar . gatau . damn . bye . ayuk . belajar . tutupkuping . tolong . terharu . strees . serang . sendiri . ngakak . mimisan . mati . mantap . kesel . keren . kartukuning . kartumerah . fiuhhh . cendol . salaman . recseller . maho . marah . najis . kiss . bingung . berduka . takut . ngacir . ngacir2 . janganribut . capedeh .

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus.

home DHINATACOM


Home Article Index Contact Disclaimer F.A.Q


langganan majalah DHINATACOM
home DHINATACOM