Blog Business Review Gadget Games General Highlight Humour Internet Mailbox Opinion Tips&Tricks Tutorial

Fedora Core 4 – GNOME 2.10.0: Bikin Program Terbuka Otomatis



Author: DHINATACOM
Posted: 22.02.2006 at 13:00.
2 Komentar.

Sewaktu anda menjalankan GNU/Linux, mungkin GNOME sudah menjadi desktop pilihan anda karena tampilannya yang sederhana dan mudah dimengerti. Oleh karena itu GNOME dapat dikatakan lebih menghemat resource komputer saat digunakan. Tidak hanya itu ternyata GNOME juga dapat memudahkan Anda yang harus membuka program yang sama setiap hari. Setiap hari mungkin Anda melakukan pengetikan dengan text editor sambil mendengarkan alunan musik-musik favorit anda. Selain itu berselancar di internet sudah menjadi makanan sehari-hari bagi anda. 

 Ya, dalam melakukan pekerjaan pengetikan anda kerap kali membuka program  OpenOffice.org Writer. Sewaktu anda ingin  mendengarkan musik kesayangan anda, bisanya anda mungkin menggunakan program Audio Player (XMMS). Anda juga senang menggunakan program Firefox Web Browser untuk membuka halaman-halaman web secara online.

 Ketiga program tadi mungkin sudah menjadi makanan sehari-hari bagi anda. Setiap anda menghidupkan komputer dan masuk ke dalam desktop GNOME tentu anda harus membuka program tersebut satu-persatu meskipun agak sedikit repot. Jika anda adalah orang yang tidak mau repot dan mendambakan kemudahan-kemudahan dalam menjalankan program, Lingkungan GNOME sebenaranya memiliki kemampuan membuat  program terbuka secara otomatis saat Log In.

 Caranya  :

1. Langkah pertama anda harus membuka aplikasi Sessions dengan cara klik [Desktop]>[Prefrences]>[More Prefrences]>[Sessions].
2. Setelah terbuka jendela Sessions, pilih tab Startup Programs dan kemudian anda klik [Add].
3. Maka tampil dihadapan anda jendela Add Startup  Program. Disana ada Startup Command yang harus anda isi berupa barisan  perintah guna mengaktifkan program yang anda inginkan berjalan otomatis. Jika Anda tidak tahu perintah program yang dimaksud, ada dua cara untuk mendapatkannya.
4.  Pertama anda bisa membuka aplikasi Run dengan cara klik [Applications]>[Run Application…].
5. Setelah jendela Run Application terbuka, klik segitiga yang bertuliskan Show list of known applications untuk melihat daftar aplikasi yang terdapat di desktop GNOME.
6. Pilih aplikasi yang anda inginkan untuk dijalankan secara otomatis saat Log In. Geser scroll bar untuk menampilkan daftar program dibawahnya atau bisa menggunakan scroll yang ada pada mouse Anda. Setelah anda pilih, tutup kembali daftar aplikasi tersebut dengan mengklik perhatikan di sebelah segitiga yang bertuliskan Show list of known applications tadi.
7. Perhatikan disebelah kanan ikon dengan ukuran besar dari aplikasi yang anda pilih ada tulisan perintah untuk menjalankan aplikasi tersebut. Anda salin perintah tersebut dengan klik ganda kemudian tekan Ctrl+C pada keyboard.
8. Atau dengan cara kedua  anda klik [Places]>[Computer] pada desktop.
9. Setelah  terbuka jendela Computer, klik ganda ikon Filesystem, sehingga jendela / terbuka.
10.  Kemudian bukalah jendela usr dengan cara klik ganda pada folder usr dan pada jendela usr klik ganda folder share.
11.  Maka sampailah kita di folder applications dan lakukan klik ganda pada folder tersebut pada jendela share yang terbuka.
12. Anda bisa perhatikan pada jendela applications terdapat serentetan file-file program yang jika diklik ganda maka program akan terbuka dan termasuk pada folder kde. Nah, untuk mengetahui barisan perintah guna menjalankannya secara otomatis, silahkan anda pilih program yang diinginkan dan kemudian anda klik kanan lalu pilih properties.
13. Setelah jendela properties terbuka, pilih tab Launcher  dan  pada kotak Command disitulah barisan perintah itu berada.  Lakukan klik barisan perintah tersebut, tekan Ctrl+A pada keyboard dan selanjutnya tekan Ctrl+C.
 
14. Aktifkan kembali jendela Add Startup  Program kemudian klik ditempat kosong pada Startup Command selanjutnya klik kanan dan pilih Paste atau tekan Ctrl+V pada keyboard kemudian klik [OK]. Perhatikan daftar program yang akan dijalankan nantinya pada kolom Command. Jika semua sudah sesuai klik [Close].

Sekarang coba anda keluar dari desktop GNOME dengan cara klik [Desktop]>[Log Out].Kemudian lakukan Log In seperti biasa dengan memasukkan nama user dan password dan eng..ing..eng.., alhasil program yang anda inginkan terbuka secara otomatis. Nah untuk menambahkan program-program lain yang ingin dijalankan secara otomatis tinggal ulangi saja langkah-langkah yang tadi telah dijelaskan diatas.



komentar pembaca DHINATACOM

  1. DERI says:

    SAYA ITU BELUM TAU CARA NGINSTAL FEDORA ?TLONG BRI TAU CARA NGINSTALNYA DONK

  2. yudi says:

    dmn saya daapat gnome mplayer untuk fedora & bagaimana cara NGINSTALNYA

D . ( . P . diem . piss . kaget . nocomment . malu . mimpi . licik . ide . yess . tipi . tendang . sombong . sinchan . sial . senam . nyerah . ngiler . nggaya . nangis . musik . males . love . konslet . kembar . gatau . damn . bye . ayuk . belajar . tutupkuping . tolong . terharu . strees . serang . sendiri . ngakak . mimisan . mati . mantap . kesel . keren . kartukuning . kartumerah . fiuhhh . cendol . salaman . recseller . maho . marah . najis . kiss . bingung . berduka . takut . ngacir . ngacir2 . janganribut . capedeh .

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus.

home DHINATACOM


Home Article Index Contact Disclaimer F.A.Q


langganan majalah DHINATACOM
home DHINATACOM