Blog Business Review Gadget Games General Highlight Humour Internet Mailbox Opinion Tips&Tricks Tutorial

Fedora Core 4: Bikin Login Bisa Nyanyi



Author: DHINATACOM
Posted: 02.08.2007 at 12:57.
2 Komentar.

Sewaktu anda ingin memasuki desktop KDE ataupun GNOME, sudah menjadi kewajiban bagi anda untuk melakukan login dengan mengetikan sebuah nama sebagai User Name dan Password. Kadangkala mungkin saking ahli dan cepatnya dalam mengetikan User Name serta Password, bisa jadi  pengetikan anda bisa keliru dan akhirnya anda jadi kesal dibuatnya karena anda gagal memasuki desktop dan anda diminta untuk kembali mengetikan User Name dan Passwordnya.

 Dalam situasi diatas mungkin anda membutuhkan alunan suara yang indah supaya perasaan kesal tidak terjadi. Seraya anda mengetikan User Name dan Password, sistem mulai memainkan sebuah lagu favorit untuk anda dan pasti perasaan anda pun senang tentunya meskipun seringkali keliru dalam memencet tombol-tombol di keyboard saat melakukan login. 

 Ya, siapa sih yang tidak suka musik ? Hampir semua pengguna PC senang untuk mengatur sedemikian rupa sehingga suara yang indah dari penyanyi idola anda  atau grup band yang lagi ngetop  bisa terdengar jelas di telinga anda. Mungkin seperti biasanya ketika anda memasuki desktop, pertama kali anda langsung membuka program seperti Noatun, XMMS atau yang lainnya supaya lagu yang indah bisa menyambut kehadiran anda  sambil anda membenahi tugas-tugas penting. Sekarang, bahkan sebelum memasuki desktop pun anda bisa mendengarkan musik. Untuk itu ikuti langkah-langkah berikut : 
 
1. Bukalah jendela Login Screen Setup dengan cara klik [K Menu]>[System Setting]>[Login Screen]. Jika anda berada pada desktop Gnome anda bisa membuka jendela Login Screen Setup dengan cara klik [Desktop]>[System Setting]>[Login Screen]. Nah, bila jendela Query tampil itu berarti anda sedang tidak login sebagai root dan anda diminta password dari root. Maka ketikan passwordnya sehingga  jendela Login Screen Setup bisa terbuka.
2. Setelah jendela Login Screen Setup terbuka, pilih tab Accessibility.
3. Perhatikan pada tab  Accessibility terdapat pilihan yang berisi Make a sound when login window is ready. Beri tanda centang pada pilihan tersebut dengan mengklik kotak kecil disebelah kiri tulisan tersebut.
4. Setelah diberi tanda centang, klik [Browse…] sehingga muncul jendela Select file.
5. Pada jendela Select file, pilih file suara yang anda ingin mainkan sewaktu sedang login. Perlu diperhatikan file suara yang didukung hanya berformat *.wav dan *.ogg. Anda bisa mendapatkannya di lokasi /usr/share/sounds. Disitu terdapat file suara yang anda bisa nikmati bunyinya sewaktu sedang login. Nah, jika anda menginginkan lagu favorit dan suara merdu dari penyanyi idola anda bisa dilantunkan sewaktu login, anda perlu menyalin file lagu tersebut ke lokasi   /usr/share/sounds. Kemudian barulah anda pilih melalui jendela select file lalu klik [OK].
6.  Untuk melakukan test seperti apa bunyinya kelak, anda bisa mengklik tombol [Test Sound] untuk mendengarkannya. Jika sudah sesuai, klik [Close]. Dan kemudian keluar dari desktop anda dengan klik [Desktop]>[log Out] untuk melihat hasilnya. Perhatian, Dalam melakukan test bunyi dari lagu tersebut, selama lagu tersebut belum tuntas , nyanyiannya tidak bisa dihentikan. Semakin panjang lagu tersebut semakin panjang pula lama dalam melakukan pengetesan. Jadi tunggu saja sampai habis lagunya sampai habis kemudian lakukan logout.

Sekarang, tentu sangat menyenangkan apabila anda melakukan login, lagu kesukaan anda jelas terdengar pada telinga anda. Jika anda memilih nada yang pendek sewaktu melakukan di langkah ke lima yang mungkin berdurasi hanya beberapa detik, hal ini bisa menarik bagi anda sewaktu login. Kenapa ?  Jika anda melakukan kesalahan pengetikan sewaktu login,  tentu anda perlu mengetik ulang user name dan password itu kembali. maka nada pendek itu kembali berbunyi dan begitu seterusnya sampai pengetikan anda benar. 

Namun jika anda memilih nada yang lebih panjang atau lagu favorit anda, tentu sewaktu login anda ditemani iringan lagu tersebut dan tidak akan berhenti meskipun anda sudah berada pada desktop sampai lagu itu selesai. Bahkan sebelum lagu itu selesai, meskipun anda melakukan logout dan login kembali, tetap saja lagu itu terus memanjakan telinga anda dan tidak terdengar putus-putus .Tentu saja hal ini bisa dilakukan berkat earphone atau speaker anda yang masih bagus kondisinya. Selamat mencoba ! musik



komentar pembaca DHINATACOM

  1. betz says:

    gmn carana boz, buat login ada lagunya

    cara buka login screen setup dmn??
    thankssssssss

D . ( . P . diem . piss . kaget . nocomment . malu . mimpi . licik . ide . yess . tipi . tendang . sombong . sinchan . sial . senam . nyerah . ngiler . nggaya . nangis . musik . males . love . konslet . kembar . gatau . damn . bye . ayuk . belajar . tutupkuping . tolong . terharu . strees . serang . sendiri . ngakak . mimisan . mati . mantap . kesel . keren . kartukuning . kartumerah . fiuhhh . cendol . salaman . recseller . maho . marah . najis . kiss . bingung . berduka . takut . ngacir . ngacir2 . janganribut . capedeh .

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus.

home DHINATACOM


Home Article Index Contact Disclaimer F.A.Q


langganan majalah DHINATACOM
home DHINATACOM