Blog Business Review Gadget Games General Highlight Humour Internet Mailbox Opinion Tips&Tricks Tutorial

Format Audio Alternatif Selain MP3



Author: DHINATACOM
Posted: 22.09.2008 at 10:51.
Last Updated: 22.09.2008 at 12:13.
9 Komentar.

Penikmat musik digital manapun pasti tahu format audio populer yang saat ini banyak digunakan yaitu Mp3 (MPEG-1 Audio Layer 3). Hampir semua gadget maupun perangkat hiburan digital modern mendukung format Mp3. Maka tidak mengherankan jika format Mp3 begitu mendunia dengan segala kelebihannya.

Namun bukan berarti format Mp3 tidak mempunyai kekurangan. Satu hal terbesar adalah format Mp3 sebenarnya tidak gratis sehingga masalah lisensi sering kali membuat orang untuk mencari format audio alternatif lainnya. Selain itu Bit rate yang mampu dihasilkan Mp3 juga terbatas dan sering kali terdapat noise yang cukup mengganggu.

Nah, bagi Anda yang ingin mencari format audio alternatif lain diluar Mp3 silahkan Anda coba berbagai format audio berikut ini:

gambar ogg vorbis / ogg vorbis logoOgg Vorbis. Merupakan codec (Compressor-Decompressor) favorit alternatif yang banyak peminatnya. Ogg Vorbis yang memiliki ekstensi file *.ogg, dapat didukung dan dapat dimainkan oleh berbagai software audio diberbagai sistem operasi. Kini banyak gadget dan ponsel mendukung format Ogg sebagai alternatif dari format mp3. Dapat terdengar dengan bagus, baik dalam bit rate rendah maupun tinggi. Karena kehandalannya dalam menangani file audio serta lisensinya yang free dan open source maka Ogg Vorbis dipercaya untuk mendukung sektor komersial seperti dalam pengembangan video game Unreal Tournament, Grand Theft Auto: San Andreas, serta berbagai game populer lainnya.
Info:
id.wikipedia.org/wiki/Vorbis

aac logoAAC (Advanced Audio Coding). Perjalanan AAC dalam dunia audio bisa dikatakan lebih sukses dibanding dengan Mp3. Pada beberapa bit rate, AAC mampu memperdengarkan kualitas suara yang lebih baik ketimbang Mp3. Sebagai pengembangnya, Apple menjadikan AAC sebagai format audio standar untuk iPhone, iPod, iTunes, dan menggunakannya untuk jualan musik digital di iTunes Store dengan tambahan DRM (digital rights management). Karena kehandalannya AAC kini dipercaya untuk menjadi format standar audio untuk Sony Playstation 3, PSP (Playstation Portable), Sony Walkman, Sony Ericsson seri Walkman, dan Nintendo Wii. Satu kekurangannya adalah.. Lisensi AAC tidak gratis :)
Info:
en.wikipedia.org/wiki/Advanced_Audio_Coding

WMA logoWMA (Windows Media Audio). Format Audio buatan Microsoft disukai oleh para pendiri musik online karena dukungannya terhadap Digital Rights Management (DRM). DRM adalah fitur untuk mengunci file audio sehingga dapat mencegah terjadinya pembajakan musik digital. Kelebihan dari WMA lainnya adalah kualitas musik yang lebih baik daripada MP3 maupun AAC. Format ini cukup populer dan didukung oleh software dan hardware terbaru pada umumnya.
Info:
id.wikipedia.org/wiki/Audio_digital

Ada yang mau menambahkan? ayuk musik



komentar pembaca DHINATACOM

  1. btw sekarang koq comment-nya jadi nofollow ya? gatau

  2. yanagisawa says:

    kayaknya g lengkap y gatau

  3. azdo says:

    mimpi
    apasih wav itu
    gatau

  4. nay says:

    apa ada aplikasi yang bisa mengunci mp3 atau sejenisnya agar tidak di bajak???? musik

D . ( . P . diem . piss . kaget . nocomment . malu . mimpi . licik . ide . yess . tipi . tendang . sombong . sinchan . sial . senam . nyerah . ngiler . nggaya . nangis . musik . males . love . konslet . kembar . gatau . damn . bye . ayuk . belajar . tutupkuping . tolong . terharu . strees . serang . sendiri . ngakak . mimisan . mati . mantap . kesel . keren . kartukuning . kartumerah . fiuhhh . cendol . salaman . recseller . maho . marah . najis . kiss . bingung . berduka . takut . ngacir . ngacir2 . janganribut . capedeh .

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus.

home DHINATACOM


Home Article Index Contact Disclaimer F.A.Q


langganan majalah DHINATACOM
Artikel Terbaru

Internet Hemat dengan Paket Simpati di Bawah 1 GB

Membuat Jaringan Multimedia Server Dengan PC Windows dan Smartphone Android

Disclaimer . Contact Info . Privacy Policy . F A Q . Servis Komputer Tangerang
DHINATA.COM © 2008-2017 oleh Yoki DHINATA. Theme: D-Magz 3.1
Desain Tema oleh Yoki DHINATA. My Copyright Is Not Your Right To Copy.
Powered by WordPress. Hak Cipta Dilindungi.
home DHINATACOM