Blog Business Review Gadget Games General Highlight Humour Internet Mailbox Opinion Tips&Tricks Tutorial

Gratis atau Bayar? Keputusan yang sulit



Author: DHINATACOM
Posted: 21.07.2008 at 04:42.
Last Updated: 21.07.2008 at 07:49.
2 Komentar.

Kalau disuruh memilih antara gratis atau bayar, jawabannya bisa jadi relatif. Jika dalam konteks membeli, tentu semua orang ingin yang gratis dari pada bayar hehehe… Namun jika dalam konteks bekerja, mana ada sih orang yang mau bekerja secara gratis dan gak ada hasilnya? Ada hasil dalam arti mendapatkan sesuatu. Bisa berupa ucapan terima kasih, barang berharga, dan dalam berbisnis tentu saja menghasilkan uang.

Belum lama ini saya memutuskan antara memilih antara gratis atau bayar. Sudah 3 tahun lebih saya mengumpulkan rupiah dari hasil menulis untuk tabloid PCplus yang merupakan salah satu tabloid TI populer di Indonesia. Selama 3 tahun lebih juga saya ratusan kali menulis artikel tentang TI untuk rubrik tips dan tricks, tutorial, Internet dan masih banyak lagi (sebagian besar tidak dipublish diblog ini). Bukan hanya PCplus, tapi juga untuk majalah game seperti Hot Game. Salah satunya artikel tentang update PES 2008. Ya dengan kata lain, setiap tulisan yang saya kirimkan dan dicetak akan mendapat kompensasi berupa honor. Tidak terlalu besar tapi lumayan.

Sejak DHINATACOM online, saya memutuskan membagi artikel yang saya tulis menjadi 2 jenis. Gratis dan bayar. Artikel gratis untuk DHINATACOM dan yang berbayar untuk dikirimkan ke media cetak. Tidak mudah memang untuk membagikan hasil karya kita kepada publik secara cuma-cuma. Apalagi jika ada yang kurang menghargainya dan memberikan respon negatif. Dimana-mana ada kok orang kayak begitu… hehehe… jadi jangan terlalu dipikirin.

Ya, akhirnya saya putuskan fokus untuk blogging, membuat sebagian besar artikel untuk DHINATACOM. Oleh sebab itu DHINATACOM bermetamorfosis menjadi ‘majalah blog TI’ pribadi saya dengan format desain dan penempatan artikel seperti layaknya media cetak TI betulan. Artikel untuk media cetak tetap ada, tapi porsinya dikurangi. Ya semoga saja keputusan yang saya buat ini dapat menguntungkan materi saya dan orang lain hehehe…

Ada yang punya pengalaman serupa? nggaya



komentar pembaca DHINATACOM

  1. gojeg says:

    mm..memang susah, tapi untuk bebrbagi sesuatu yang berguna untuk orang lain saya pilih mbebasin. asal dengan syarat tertentu sih.. ngacir

D . ( . P . diem . piss . kaget . nocomment . malu . mimpi . licik . ide . yess . tipi . tendang . sombong . sinchan . sial . senam . nyerah . ngiler . nggaya . nangis . musik . males . love . konslet . kembar . gatau . damn . bye . ayuk . belajar . tutupkuping . tolong . terharu . strees . serang . sendiri . ngakak . mimisan . mati . mantap . kesel . keren . kartukuning . kartumerah . fiuhhh . cendol . salaman . recseller . maho . marah . najis . kiss . bingung . berduka . takut . ngacir . ngacir2 . janganribut . capedeh .

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus.

home DHINATACOM


Home Article Index Contact Disclaimer F.A.Q


langganan majalah DHINATACOM
Artikel Terbaru

Internet Hemat dengan Paket Simpati di Bawah 1 GB

Membuat Jaringan Multimedia Server Dengan PC Windows dan Smartphone Android

Disclaimer . Contact Info . Privacy Policy . F A Q . Servis Komputer Tangerang
DHINATA.COM © 2008-2017 oleh Yoki DHINATA. Theme: D-Magz 3.1
Desain Tema oleh Yoki DHINATA. My Copyright Is Not Your Right To Copy.
Powered by WordPress. Hak Cipta Dilindungi.
home DHINATACOM