Ketika Social Network Terlihat Sisi Gelapnya

Ketika Social Network Terlihat Sisi Gelapnya

Diseluruh dunia, Social Network berada dalam peringkat tinggi Alexa berdasarkan situs yang paling banyak diakses pengguna Internet. Website-website pertemanan dunia maya bisa dibilang sudah merubah gaya hidup orang modern saat ini dalam berhubungan sosial dengan sesama. Kalau dulu mencari teman baru gampang-gampang susah, sekarang sangat gampang sekali :) Cukup pajang foto orang lain diri yang posenya paling narsis bagus, kemudian search profile orang lain lalu Add, maka sudah dapat deh teman baru :)

Ya, itulah Social Network tempat nongkrongnya berkumpulnya para netter dari segala lapisan, mulai dari anak sekolah, para pekerja, ibu rumah tangga, pebisnis online, blogger dan lainnya. Social Network menghubungkan banyak teman lama dan baru. Bahkan gak sedikit yang dapet jodoh dari sana.

Dibalik fungsi dan fiturnya yang membantu hubungan sosialisasi manusia modern, ‘wajah’ social network juga sering kali tercoreng oleh banyak kasus yang berkaitan dengan moral, kekerasan, kejahatan, rasisme, rusaknya perkawinan, bahkan terorisme! Segala sesuatu yang diposting/dipublikasikan kedalam jaringan sosial seperti teks, video, dan gambar dapat mempengaruhi orang banyak yang melihatnya.

Berikut adalah beberapa contoh kasus dari berbagai negara yang DHINATACOM rangkum dari berbagai website berita dan dilansir melalui Detikinet.

Yups, itulah contoh NYATA dan PELAJARAN bagi siapapun pengguna Social network bahwa segala tindakan, posting, komentar, dan tindak-tanduk seseorang didunia maya dapat mempengaruhi orang lain! Hati-hati jika sudah dalam taraf kecanduan! Pergunakanlah Social Network dengan bijak, gunakan untuk hal yang positif seperti membangun relasi dengan orang-orang lain yang memiliki minat dan hobi yang sama dengan kita, pasti berguna bangetkan!

Yang penting.. tetap ingat waktu! nggaya

Ada yang mau menambahkan? ayuk

25 thoughts on “Ketika Social Network Terlihat Sisi Gelapnya”

  1. Gunakan Agama sebagai FILTRASINYA, Giman Mas?? setuju??Ayo..Yang setuju angkat tangan…. ngacir

  2. tergantung kita menyikapinya deh..kayanya..

    kaya gini aja …pisau kalo di tangan tukang rujak bermanfaat baik.. dana kalo di tangan penjahat jadi ga baik manfaatnya…hehee…nyambung ga sih ………. ngacir

  3. haduhhh…kok ngeri gitu ya mas… wah… saya mesti hati-hati nih dengan FS dan facebook saya. Saya pake facebook cuma buat main game aja hehe… game pets seru dah… oya… salam kenal ya mas…

    1. ya, ada positifnya ada juga negatifnya. makanya penggunanya juga harus seimbang, jgn terlalu polos sehingga sulit membedakan antara yang maya dan nyata ide

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *