Blog Business Review Gadget Games General Highlight Humour Internet Mailbox Opinion Tips&Tricks Tutorial

Laporan dari Indocomtech 2008 di JCC



Author: DHINATACOM
Posted: 17.11.2008 at 01:38.
Last Updated: 17.11.2008 at 01:57.
21 Komentar.

Indocomtech 2008 yang diselenggarakan di Balai Sidang Jakarta Convention Centre (JCC) pada tanggal 12-16 November 2008 baru saja selesai kemarin malam. Sebagai salah satu ajang ‘pamer teknologi’ terbesar di Indonesia tentu ada banyak hal menarik yang bisa kita lihat disana. Pada tanggal 15 November 2008, DHINATACOM datang langsung ke JCC untuk melihat situasi dan hal-hal menarik yang bisa kita lihat disana.

Bagi Anda yang gak bisa hadir langsung kesana.. ini dia laporannya…

Situasi dan Kondisi

Karena bersamaan dengan event INDOGAME dan INDONESIA BOOK FAIR 2008, ditambah lagi datang pada malam minggu bisa kebayangkan gimana ramainya pengunjung. Berbagai macam pengunjung bercampur jadi satu, mulai dari anak-anak, orang tua, dan orang asing ikut meramaikan Indocomtech 2008. Dengan membeli tiket masuk seharga Rp 5.000, pengunjung bisa masuk untuk berbelanja atau hanya sekedar melihat-lihat.

Begitu masuk pintu utama, jajaran komputer hasil overclocking sudah dipamerkan. CPU tanpa casing berjejer dari berbagai macam bentuk, sebuah game FPS (first person shooter) 3D diperlihatkan dilayar monitor untuk memperlihatkan kehebatan para overclocker dalam menggenjot performa PC hingga maksimal.

Berbagai stand dan produk terbaru dari vendor hardware ternama bisa dilihat disana. Jajaran produk berteknologi tinggi dipamerkan dan bisa dibeli pengunjung jika menginginkannya. Misalnya, Toshiba menampilkan notebook yang ditenagai prossesor Intel paling anyar yaitu Intel Centrino 2 dengan dibandrol harga rata-rata diatas 10 juta rupiah. Asus juga memajang berbagai varian dari Eee PC yang kini sedang naik daun.

acer aspire G7700 predatorPC branded dari Acer yaitu Acer Aspire G7700 Predator menarik banyak perhatian pengujung yang lewat. Dengan bentuk casing yang unik ala tokoh Predator dalam film fiksi Alien Vs Predator, PC berwarna hitam dan orange yang dibuat khusus untuk gamer ini memang dibangun dari berbagai hardware pilihan.

Mulai dari bentuk casing yang bisa digerakkan seperti topeng dan mulut Predator, dan jeroannya adalah Intel Core 2 Extreme Quad Core QX9650 (3Ghz, 12M L2 cache, 1333Mhz), 2 x 2Gb DDR2 1066 FSB, 2 x 750GB SATA 7200 HDD dengan RAID 0, Nvidia GeForce 9800GTX 512M DDR3, Blue Ray DVD Reader dan DVD RW Supermulti, Card Reader, Keyboard dan mouse gaming dari Logitech, Dolby Home Theatre Audio enhancement, dan Acer G24 LCD 24″ untuk monitornya dengan rasio kontras 50.000:1. Berapa harganya? cukup murah.. yaitu $4.999 USD atau sekitar 50 juta rupiah :)

Berbagai vendor hardware ternama lainnya menampilkan berbagai produk andalan mereka seperti Dell dan HP dengan Notebook dan PC branded-nya, Apple menampilkan Macbook dan iPod, Nvidia dan ATI menampilkan VGA card paling anyar mereka, AMD dan Intel yang bersaing memasarkan prossesor terbaru mereka juga masih banyak lagi seperti BenQ, ECS, dll (dan lupa lagi)

Vendor software luar negeri juga unjuk gigi. Microsoft gencar memasarkan Microsoft Office 2007 dengan harga murah, tentunya ada syarat dan ketentuan berlaku yang harus dipenuhi pembeli. Kaspersky juga hadir dalam Indocomtech 2008. Sebagai Antivirus yang handal kaspersky menawarkan harga promosi yang cukup meringankan kantong pembeli bagi yang gak mau di blacklist ketika mengupdate database  karena menggunakan key bajakan :) Bagi pengunjung yang berani untuk ikut dalam games yang mereka adakan, kaspersky akan memberikan hadiah souvenir berupa kaos dan produk Kaspersky 2009 serta langganan secara gratis dalam batasan waktu tertentu.

Vendor software lokal juga gak mau ketinggalan. Zahir Accounting yang merupakan pemain lama dalam pasar software akuntansi lokal, menawarkan solusi bisnis yang murah bagi para pelaku usaha yang sering kali mengalami kesulitan dalam mengolah data keuangan. Dalam versi terbarunya 5.1, Zahir Accounting menjelaskan bahwa software buatannya lebih mudah untuk digunakan, lebih tangguh, mendukung pengunaan grafik dan analisa interaktif, dan masih banyak lagi.

Namun kehadiran Zahir Accounting disana bukannya tanpa pesaing. Accurate Accounting Software menawarkan produk yang serupa yaitu software akuntansi. Salah satu keunggulan yang dipromosikan Accurate adalah cepat & tepat dalam menangani pekerjaan Anda.

Tetap Laris Meski Nilai Dollar Naik!

Jika Anda datang langsung kesana, mungkin berita tentang naiknya nilai tukar dollar terhadap rupiah akan tampak seperti omong kosong belaka. Kenyataannya para pembeli tetap berbelanja produk yang mereka sukai. Beberapa merk malah menggunakan nilai kurs yang lama yaitu sekitar 9000an.

Salah satu vendor yang kami tanyakan adalah Acer. Produk PC branded best seller mereka yaitu Acer Aspire M1201 telah laku terjual sebanyak 300 unit sejak Indocomtech 2008 dimulai. Tidak mengherankan jika dengan uang sebesar Rp 3.990.000 pembeli sudah mendapatkan 1 unit PC lengkap dengan spesifikasi yang cukup yahud dengan monitor LCD 15″ keluaran Acer. Suatu hal yang sulit untuk mendapatkan PC branded dengan monitor LCD yang dibandrol dengan harga kurang dari 4 juta rupiah jika mencarinya pada merk lain.

Printer Multifungsi Inkjet Canon juga cukup laris manis. Dengan solusi All in one pengguna akan mendapat 3 fitur sekaligus dalam satu printer yaitu print, scan, dan photocopy. SanDisk mengobral flashdisk 2 Gb dengan bandrol harga Rp 68.000.

Kekurangannya…

Meskipun sebagai salah satu event teknologi informasi terbesar di Indonesia dan disambut dengan meriah oleh masyarakat, Indocomtech 2008 bukannya tanpa ada kekurangan. Satu hal yang paling mencolok adalah sampah brosur yang berserakan dimana-mana. Bayangin aja ada salah satu vendor printer yang standnya penuh sampah brosur yang berserakan dibawahnya huhhh.. apa gak kelilipan tuh mata yang pada jaga stand?

SPG yang biasanya menjadi pemanis juga benar-benar jadi pemanis alias lebih sering mejeng buat bagiin brosur dan narik perhatian orang untuk melihat-lihat produk mereka. Begitu ditanya info detail tentang produk malah sering baca ulang brosur atau tanya temannya yaitu “SPB” = Sales Promotion Boy :) Yah gak heranlah… namanya juga SPG musiman :)

Sayang karena datang pada jam 5 sore jadi gak bisa lama-lama main disana, padahal udah pengen banget datang ke markas Konami untuk melihat demo PES 2009 :)

Berikut ini adalah beberapa foto yang sempat diambil, susah banget dapet sudut yang bagus karena ramainya pengunjung dan juga lupa karena saya asik keliling dan lihat-lihat hehehe…

motherboard abit AN78HD

stand canon di indocomtech 2008

stand zyrex di indocomtech 2008

brosur dari indocomtech dan tiket masuknya :)

Ok, sekian laporannya, maaf jika ada banyak info yang kurang atau terlewatkan.

Sampai ketemu lagi di Indocomtech 2009! tipi



komentar pembaca DHINATACOM

  1. Tony says:

    wah seru ya tapi ga tahu kapan baru bisa hadiri acara seperti itu tipi

  2. malapu says:

    woh keknya seru banget tuh..tapi sayang di jakarta..

    • Yoki says:

      iya bener juga, jadi yang didaerah lain susah datengnya. Tahun depan ke jakarta bro, indocomtech 2009 :)

  3. Gelandangan says:

    Wahhhh seru habis yah
    kapan yah ada acara itu di makassar D

    • Yoki says:

      kalau banyak peminatnya mungkin suatu saat ada kok disana, tp untuk sementara ya harus ke Jkt :)

  4. nyesel juga gue gak bisa datang… tendang tendang

    lagi sakit… damn damn damn

    untung ada laporannya disini.. thanks

  5. hendri says:

    wah…kelupaan tidak bisa datang, kerjaan numpuk,Bt.
    tahun 2009 ogut harus datang……kaga boleh lupa tolong di ingetin ogut yah broo??

  6. Kranjcarz says:

    Wah.. belum sempet datang ke sana… maklum dari surabaya, jauh… D

    • Yoki says:

      di surabaya kayaknya sering ada pameran komputer kan mas, tp mungkin gak sebesar indocomtech

  7. bajak laut says:

    Aduh enaknya yang ada di jakarta bye

  8. three says:

    Betul Bung, saya juga termasuk yg mau beli Acer Aspire M1201, tapi karena SPGnya gak konek sewaktu saya tanya masalah upgrade software…kebetulan aslinya cuma dapet Linux, dan saya mau upgrade ke XP sp3…tapi keliatannya si mbak-mbak SPG gak ngerti…dan lagi saya disuruh tunggu 1 jam kalo mau beli krn stocknya habis..dan sdg dalam pengiriman…(saat itu sore tgl 14.11.2008) alhasil saya gak jadi beli deh :-( selain stand rame banget….kita seolah-olah juga jadi dicuekin ama SPGnya…mudah-mudahan di next Indocomtech ACER mau keluarin produk lain yg lebih bagus dan terjangkau…misalnya Aspire One dijual 3 jutaan atau apa gitu he,..he..maunya

    • Yoki says:

      Iya, jadi PR tuh buat ACER supaya pelayanannya lebih bagus lagi. Waktu saya datang kesana juga ada yg marah-marah, katanya dia dah nunggu Acer Aspire M1201 dari siang sampe sore tapi gak dateng2 barangnya padahal dia udah fix mau beli itu.

      Mudah-mudahan juga Acer Aspire G7700 Predator turun harga jadi 2 jutaan mimpi halah.. ngimpi nangis

      thanks atas kunjungannya

  9. neki says:

    gw dateng 2x ..

    hari k1::
    rencana hari pertama liat2 dulu laptop2nya …
    udah tu dpt inceran yg lumayan …

    hari k2 (- hari terakhir)
    $1 = Rp 12.000
    gag jadi beli!! damn

D . ( . P . diem . piss . kaget . nocomment . malu . mimpi . licik . ide . yess . tipi . tendang . sombong . sinchan . sial . senam . nyerah . ngiler . nggaya . nangis . musik . males . love . konslet . kembar . gatau . damn . bye . ayuk . belajar . tutupkuping . tolong . terharu . strees . serang . sendiri . ngakak . mimisan . mati . mantap . kesel . keren . kartukuning . kartumerah . fiuhhh . cendol . salaman . recseller . maho . marah . najis . kiss . bingung . berduka . takut . ngacir . ngacir2 . janganribut . capedeh .

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus.

home DHINATACOM


Home Article Index Contact Disclaimer F.A.Q


langganan majalah DHINATACOM
Artikel Terbaru

Internet Hemat dengan Paket Simpati di Bawah 1 GB

Membuat Jaringan Multimedia Server Dengan PC Windows dan Smartphone Android

Disclaimer . Contact Info . Privacy Policy . F A Q . Servis Komputer Tangerang
DHINATA.COM © 2008-2017 oleh Yoki DHINATA. Theme: D-Magz 3.1
Desain Tema oleh Yoki DHINATA. My Copyright Is Not Your Right To Copy.
Powered by WordPress. Hak Cipta Dilindungi.
home DHINATACOM