Blog Business Review Gadget Games General Highlight Humour Internet Mailbox Opinion Tips&Tricks Tutorial

Membuat Jaringan Multimedia Server Dengan PC Windows dan Smartphone Android



Author: DHINATACOM
Posted: 27.04.2017 at 19:01.
Last Updated: 27.04.2017 at 19:21.

Apakah kamu punya PC dengan OS Windows di rumah? Apakah kamu punya smartphone android? Apakah di rumah kamu sudah terpasang jaringan Internet dengan koneksi wireless? Jika semua jawabannya Ya, maka sekarang juga Kamu bisa membuat sendiri jaringan Multimedia di rumah yang dapat di akses diruangan mana pun didalam rumah selama masih memiliki sambungan Internet yang sama.

Apa keuntungannya membangun jaringan Multimedia Server dirumah? Semua anggota keluarga bisa menikmati koleksi film, video, lagu, atau file media lainnya melalui berbagai gadget seperti smartphone, tablet maupun laptop.

Contohnya jika kita ingin menikmati koleksi video yang tersimpan di PC ruang keluarga melalui laptop yang ada di kamar tidur. Lalu ketika ingin mendengarkan lagu yang tersimpan di PC kamu melalui smartphone atau tablet. Kita tidak perlu menyalin file nya terlebih dahulu. Dengan membuat multimedia server di rumah, kita dapat mengakses semua file media di berbagai perangkat yang kita miliki.

Dalam tulisan kali ini akan dibahas bagaimana caranya membuat jaringan multimedia server dengan PC Windows dan smartphone android. Dengan kata lain kita akan mencontek fitur DLNA (Digital Living Network Alliance) yang adalah salah satu fitur yang memungkinkan untuk mengakses file multimedia yang tersimpan di satu perangkat melalui perangkat lain tanpa sambungan kabel.

Skema jaringan yang akan kita buat adalah seperti gambar di bawah ini:

1

 

Tanpa banyak basa-basi lagi, mari kita praktek membuat Multimedia SmartHome!

 

1.       Download Plex Media Server disini: https://www.plex.tv/downloads/
Lalu install di komputer windows. Sistem operasi yang bisa digunakan minimal Windows 7 SP 1 atau yang lebih baru.

 

2.       Download Plex for Android di playstore melalui smartphone android.
Buka Playstore di smartphone lalu cari Plex for Android, atau bisa juga melalui link ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.plexapp.android

 

3.       Setelah aplikasi Plex terpasang di komputer, aplikasi Plex dapat di akses melalui browser pada alamat http://127.0.0.1:32400/web/index.html. Selanjutkan kita akan diminta untuk membuat user, lalu login. Setelah login segera daftarkan folder-folder yang berisi koleksi film, lagu dan foto agar dapat tersimpan dalam library Plex. Karena aplikasi ini tidak gratris maka akan muncul penawaran untuk pembelian, abaikan saja pesan tersebut lalu pilih menu Stay in Trial Mode.

Pada bagian home akan muncul thumbnail dan informasi singkat untuk file film dan musik, informasi ini akan dibuat secara otomatis dan diambil dari internet secara otomatis oleh Plex.

2

3

 

Contoh Library Movie

4

 

Contoh Library Music

 

5

4.       Setelah semua terpasang dan library selesai di proses, mari kita mainkan! Buka aplikasi Plex di smartphone lalu login dengan user yang sama. Di halaman smartphone akan muncul beragam konten dari kategori musik, video, dan foto.  Jika di tap maka konten yg berasal dari PC akan di mainkan secara realtime di hp.

 

Tekan tombol Play untuk memainkan konten

6

 

5.       Smartphone android kamu juga bisa digunakan sebagai remote, misalnya untuk mengatur musik yang akan dimainkan oleh komputer, klik icon  yang ada di aplikasi Plex android, lalu pilih server yang muncul. Jika icon berwarna putih berarti konten di mainkan di gadget, jika berwarna orange itu berarti di mainkan di komputer. Asik bangetkan bisa bersih-bersih rumah/masak/olahraga sambil dengar musik dari speaker aktif yang terpasang di PC dan bisa di remote pakai smartphone

 

7

 

Jadi tunggu apa lagi, jika semua sarana yang disebutkan di awal artikel sudah kamu punya segera praktek dan bagikan pengalaman kamu juga ya!



komentar pembaca DHINATACOM

D . ( . P . diem . piss . kaget . nocomment . malu . mimpi . licik . ide . yess . tipi . tendang . sombong . sinchan . sial . senam . nyerah . ngiler . nggaya . nangis . musik . males . love . konslet . kembar . gatau . damn . bye . ayuk . belajar . tutupkuping . tolong . terharu . strees . serang . sendiri . ngakak . mimisan . mati . mantap . kesel . keren . kartukuning . kartumerah . fiuhhh . cendol . salaman . recseller . maho . marah . najis . kiss . bingung . berduka . takut . ngacir . ngacir2 . janganribut . capedeh .

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus.

home DHINATACOM


Home Article Index Contact Disclaimer F.A.Q


langganan majalah DHINATACOM
home DHINATACOM