Blog Business Review Gadget Games General Highlight Humour Internet Mailbox Opinion Tips&Tricks Tutorial

Memilih Software Web Design yang Tepat



Author: DHINATACOM
Posted: 04.08.2008 at 12:30.
Last Updated: 04.08.2008 at 00:29.
20 Komentar.

Ada begitu banyak software web design yang bisa Anda gunakan. Mulai dari yang open source, gratis, hingga yang bernilai ratusan dollar (kalau memang beli yang asli.. hehehe..). Makanya banyak pilihan juga bisa bikin orang bingung harus menggunakan yang mana. Nah, pembahasan web design pada bulan ini akan diawali dengan artikel yang akan membantu Anda dan saya agar dapat menentukan software mana yang paling pas untuk membuat sebuah desain web yang cantik. Software apa saja itu?

Web Editor

Software pada kategori ini hanya bertugas untuk mengolah skrip HTML, CSS, PHP, atau JavaScript yang hanya terdiri dari teks. Jadi sebenarnya gak perlu software berat yang ribet-ribet amat. Hanya dengan Notepad bawaan Windows sebenarnya sudah bisa, tapi menggunakan aplikasi yang bukan dibuat untuk web editor tentu ada kekurangannya.

Dalam suatu file teks bisa saja terdapat berbagai skrip pemrograman web. Maka diperlukan sebuah web editor yang cerdas yang dapat membantu Anda membedakannya. Cara umum yang digunakan web editor adalah dengan memberikan warna yang berbeda pada masing-masing bahasa pemrograman juga perintah-perintahnya.

Salah satu web editor populer adalah Adobe Dreamweaver (dulu bernama Macromedia Dreamweaver). Web editor ini juga menggunakan sistem WYSIWYG (What You See Is What You Get). Jadi desain web yang Anda lihat pada Adobe Dreamweaver itulah yang akan Anda lihat pada browser. Selain fitur membedakan warna (syntax coloring) terdapat juga berbagai fasilitas lain yang banyak membantu seorang web designer.

Kalau mau cari yang gratisan tapi hebat maka pilihan saya jatuh kepada Notepad++. Theme yang Anda lihat pada DHINATACOM saat ini adalah 100% hasil olahan dari Notepad++. Berbagai macam bahasa pemrograman juga didukungnya, kira-kira ada 48 bahasa pemrograman. Kekurangannya adalah Notepad++ bukan web editor WYSIWYG. Jadi Anda hanya akan melihat skrip yang berisi kumpulan sintaks pemrograman tanpa melihat tampilan aslinya sedikitpun. Oleh sebab itu biasanya Notepad++ jarang digunakan oleh web designer pemula karena lebih ditujukan bagi mereka yang suka coding secara murni. Jadi mau pilih Adobe Dreamweaver atau Notepad++? Ya, terserah Anda.

Graphic Application

Para web desainer senior menyarankan untuk menggunakan aplikasi grafis yang populer saat mendesain web. Alasannya adalah ada banyak komunitas desainer yang juga menggunakannya sehingga berbagi pengalaman dan pemecahan masalah menjadi lebih cepat dan mudah ketimbang menggunakan aplikasi yang tidak populer. Tutorial yang ada untuk aplikasi grafis yang populer juga lebih banyak sehingga Anda dapat menjadi lebih banyak berkreasi sesuai dengan kebutuhan desain Anda. Untuk urusan mengolah gambar pilihan utama saya adalah Adobe Photoshop. Tidak ada istilah tawar menawar lagi untuk menggantikan aplikasi yang hebat, canggih, dan populer ini.

Web Server

Aplikasi Web Server ini Anda butuhkan jika website Anda menggunakan bahasa pemrograman selain HTML. Misalnya PHP atau ASP. Tugas aplikasi ini adalah mensimulasikan komputer kita menjadi sebuah server situs web. Jadi untuk mengetes tampilan website/blog yang kita buat tidak perlu menggunakan koneksi internet betulan. Caranya cukup dengan mengakses alamat standar website/blog kita yaitu http://localhost/.

Untuk CMS blog seperti WordPress yang menggunakan bahasa PHP & MySQL, ada begitu banyak aplikasi web server. Namun pilihan saya hingga saat ini adalah WampServer. Kestabilan, tampilan, serta kompatibilitas Wamp sudah tidak meragukan lagi. Sudah 2 tahun lebih saya menggunakan WampServer. Keuntungan yang jelas dengan menggunakan web server adalah biaya koneksi Internet yang tidak diperlukan bisa ditekan. Karena pengerjaan desain website/blog sepenuhnya dilakukan dikomputer kita tapi kondisinya seolah-olah sedang online di Internet.

Secara umum ini hanya ini yang Anda perlukan saat mendesain situs web, pada artikel berikutnya DHINATACOM akan membahas lebih jauh beragam software pendukung web desain lainnya. Jangan sampai ketinggalan ya!

Ada yang mau menambahkan ayuk



komentar pembaca DHINATACOM

  1. Kalau saya lebih suka AppServ. Modifikasinya mudah dan penataan filenya teratur. Bahkan bisa dibuat split tempat file-file webnya

  2. ovan says:

    Kalo webserver, saya saat ini menggunakan MAMP karena kebetulan saya memakai Machintos.
    Dari berbagai sisi, MAMP belum mengecewakan saya dan saya sangat puas menggunakannya sebagai webserver saya.

    Mudah penginstalan dan penggunaannya, itu kelebihan MAMP.

    • Yoki says:

      wah pake mac… dalu dulu saya pengen banget pake mac ngiler
      wah nanti kalo saya dah pake mac tolong bantu saya ya mas ovan hehehe.. kembar

  3. mufti says:

    Saya lebih suka menginstall server sendiri2. Lebih gampang kalau mau update misalnya update php saja. Dulu pernah pake lampp pas update php malah error. Kalau untuk desain pakai editor teks lebih fleksibel, saya biasanya pake VIm atau Kwrite.

  4. lagi-lagi setuju mas… ;)
    kebetulan saya juga pake Notepad++ buat editor nya nya, gratis tapi wokeh punya…

    kalo untuk local web server, saya biasa pake XAMPP dari apachefriends.org

  5. dimas says:

    ngacir gimana ya cara bikin web biar bisa di aplikasikan ama CCTV infra red yaaa.bisa kasih masukan ngakk?????

  6. galuh says:

    maaf kak aku mo tanya sinchan bagaimana caranya menjalankan program web design dngn baik and benar ayuk

  7. galuh says:

    kembar wew…aku da masalah ttng web design!! konslet mungkn mas-/mbak-mbal tau solusinya licik

  8. iwan says:

    saya pingin belajar webdesign nih , tlg mas kirimi langkah2 membuat web dg Notepad++

  9. pey says:

    mas gmn caranya agar web yg qta bikin loadingnya cepat saat di akses atau ringan, minta masukan, thx… ayuk

  10. kevin says:

    buatin aku website dong……..

  11. iRHoTeP says:

    Nice share pakde nggaya

  12. rahman says:

    Gmana caranya bang,supaya komputer kita punya simulasi tanpa harus terkonek ke internet,,,jadi untuk ngetes2ja web design yang kita buat,,,thank, gatau musik ayuk

  13. niko says:

    web server itu semacam software atau hardware ya? tolong donk kasih tau bedanya (perbandingan) web server yg 1 dgn yg lain ? kalo udah pake web editor seperti dreamweaver, apakah harus pake webserver juga ?

    • Amirudin A says:

      Komponen pembentuk webserver itu ada dua Mas, hardware dan software. Jadi, 22nya diperlukan.
      Hardwarenya adalah mesin (komputer) yang digunakan sebagai server web. Sedangkan softwarenya adalah aplikasi yang digunakan dalam mesin server tersebut agar dapat menjalankan layanan web. Kira2 gitu mas…

    • cool guy says:

      Web server yang bisa digunakan salah satu nya xampp. dia bisa jadiin komp kita jadi server virtual hanya dengan mengetik //localhost
      kartukuning

  14. Untuk code editing saya pilih notepad++

D . ( . P . diem . piss . kaget . nocomment . malu . mimpi . licik . ide . yess . tipi . tendang . sombong . sinchan . sial . senam . nyerah . ngiler . nggaya . nangis . musik . males . love . konslet . kembar . gatau . damn . bye . ayuk . belajar . tutupkuping . tolong . terharu . strees . serang . sendiri . ngakak . mimisan . mati . mantap . kesel . keren . kartukuning . kartumerah . fiuhhh . cendol . salaman . recseller . maho . marah . najis . kiss . bingung . berduka . takut . ngacir . ngacir2 . janganribut . capedeh .

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus.

home DHINATACOM


Home Article Index Contact Disclaimer F.A.Q


langganan majalah DHINATACOM
Artikel Terbaru

Internet Hemat dengan Paket Simpati di Bawah 1 GB

Membuat Jaringan Multimedia Server Dengan PC Windows dan Smartphone Android

Disclaimer . Contact Info . Privacy Policy . F A Q . Servis Komputer Tangerang
DHINATA.COM © 2008-2017 oleh Yoki DHINATA. Theme: D-Magz 3.1
Desain Tema oleh Yoki DHINATA. My Copyright Is Not Your Right To Copy.
Powered by WordPress. Hak Cipta Dilindungi.
home DHINATACOM