Blog Business Review Gadget Games General Highlight Humour Internet Mailbox Opinion Tips&Tricks Tutorial

Mencari Serial Number dan Crack Di Internet



Author: DHINATACOM
Posted: 10.11.2005 at 11:46.
Last Updated: 10.11.2005 at 10:09.
244 Komentar.

Perhatian!!! Artikel ini tidak bertujuan untuk mengajarkan kepada Anda bagaimana cara mendapatkan serial number, crack, atau key generator di internet, tetapi untuk menambah wawasan mengenai bagaimana cara para pembajak dan pengguna software bajakan menggunakan internet untuk suatu tindakan yang illegal.

Sudah tidak asing lagi saat Anda sedang menginstall perangkat lunak komersial, salah satu proses yang dilakukan adalah memasukkan serial number. Jika serial number yang Anda masukkan ternyata valid maka proses instalasi dapat dilanjutkan berjalan dengan sukses. Ada juga perangkat lunak komersial yang memperbolehkan Anda untuk memasukkan serial number dikemudian hari setelah Anda diberi batasan waktu untuk mencoba aplikasi tersebut. Aplikasi seperti ini disebut shareware atau istilah gampangnya mencoba dulu baru membeli versi penuhnya.

Beberapa software setelah era Windows XP tidak hanya menuntut pengguna untuk memasukkan serial number yang biasanya tercantum pada sampul CD original aplikasi tersebut, melainkan juga harus melakukan aktivasi melalui internet. Salah satu contohnya adalah Adobe Photoshop CS. Jika ternyata produk tersebut sudah digunakan oleh orang lain maka registrasi tidak akan bisa dilakukan. Biasanya seolah-olah sang developer mengatakan “produk yang Anda pakai sudah digunakan oleh orang lain, silahkan gunakan sumber instalasi yang baru”.

Apakah aktivasi melalui internet menurunkan tingkat pembajakan secara signifikan? Tidak juga. Kalau Anda rajin pergi melihat-lihat cd software yang biasanya juga dijual dimal-mal besar, Anda akan melihat bahwa dalam cd tersebut tidak hanya ada file instalasi tetapi lengkap bersama serial number juga cracknya. Si penjual cd dengan ramah mengatakan ‘kalau sudah install, jangan lupa di crack ya, biar software ini bisa terus dipake’.

Sebenarnya dari mana sih si pembajak dan pengguna software bajakan bisa dengan begitu mudahnya mendapatkan software full version? Dari mana lagi kalau bukan dari internet. Banyak developer peranti lunak memperbolehkan pengguna untuk mendownload versi trial dari produk mereka. Contohnya adalah perangkat lunak untuk membuat animasi yaitu Macromedia Flash MX 2004. Si pembajak bisa mengambil file instalasi dari situs resminya lalu mencari serial number atau cracknya dari situs underground. Begitu serial number dimasukkan, jadilah Macromedia Flash MX 2004 yang full version.

Banyak situs di internet yang menyediakan serial number, crack dan key generator. Jika Anda iseng-iseng melakukan pencarian dengan google menggunakan kata kunci “download serial number nama program” maka jutaan link akan ditampilkan dan siap dikunjungi.

Ada mesin pencarinya

Bingung saat mencari serial number dan crack dengan google? Apakah ada perangkat lunak yang bisa membantu mencari? Penulis pernah bertanya kepada salah seorang rekan bagaimana ia dapat dengan mudah mendapatkan serial, crack, atau key generator di internet. Dia dengan mudah menjawab “Pakai aja aplikasi ini, dijamin langsung ketemu!!!”.

Wow…ternyata memang ada aplikasi yang khusus dibuat untuk melakukan tugas ini. Anda hanya tinggal memasukkan nama aplikasinya, memilih jenis pencarian yaitu serial number atau crack, lalu memulai pencarian dengan menekan tombol search. Tidak lama kemudian daftar situs yang memiliki apa yang Anda cari akan ditampilkan.

Salah satu contoh aplikasi yang memiliki fungsi sebagai mesin pencari untuk serial number dan crack dapat Anda lihat pada Gambar 1. Nama dari aplikasi tersebut tidak terlihat karena memang sengaja penulis sembunyikan. Penulis beberapa kali mencoba untuk mencari serial number dan crack dari aplikasi yang sudah ternama dan yang baru saja dirilis. Berhasil? Ya, 99% upaya pencarian dapat berlangsung dengan sukses. Hanya saat-saat tertentu saja server penyedia sn dan crack tidak bisa tersambung.

Situs Web sumber utamanya

Sebenarnya serial number dan crack yang didapat adalah hasil pencarian dari situs Web underground yang menyediakan serial number, crack dan keygenerator. Coba Anda perhatikan Gambar 2. Gambar ini adalah salah satu dari hasil pencarian serial number. Nama pengguna dan alamat email yang diberikan mengarah kepada salah satu situs underground penyedia serial number dan crack.

Crack untuk aplikasi biasanya dipaketkan dalam bentuk Zip. Dalam isi paketnya para cracker sering kali menyediakan keterangan mengenai crack hasil ciptaannya juga alamat dari situs-situs sejenis lainnya dalam file yang memiliki ekstensi .nfo. File tersebut bisa kita buka dengan Command Promt atau Notepad. Istilahnya gampanya mereka seolah-olah berkata ‘kalau serial number dan crack yang kamu cari tidak ada disitus ini, coba cari juga di alamat blablablabla….’. Contohnya bisa dilihat pada Gambar 3.

Forum juga bisa

Banyak juga forum ‘bawah tanah’ di internet yang memang sengaja dibuat secara khusus untuk saling bertukar informasi mengenai serial number dan crack antar sesama anggotanya. Bisa forum lokal atau luar negeri Beberapa waktu yang lalu penulis juga pernah diajak bergabung oleh seorang rekan untuk bergabung di forum tersebut yang ia buat sendiri.

Anggota yang sudah mendaftar bisa langsung merequest serial number atau crack aplikasi apa yang diinginkannya. Kategori perangkat lunak juga diberikan. Kategorinya bisa dibagi menjadi Sistem Operasi, Aplikasi Office, Games dan masih banyak yang lainnya. Tujuannya tentu saja agar pengunjung bisa mendapatkan sn ditempat yang tepat.
Kalau serial number atau crack sudah tersedia, si anggota yang merequest bisa langsung mendownloadnya. Dia juga bisa membantu sesama pengunjung yang lain dengan cara memberikan keterangan link yang mengarah kealamat tempat sn dan crack itu disediakan.

Baca Juga:



komentar pembaca DHINATACOM

  1. ZAMI says:

    ada yang tw crack software vista button gak strees

  2. gunawan says:

    bisa tolong bantu serialnya diskdigger kah? mohon pencerahan

  3. kecewa says:

    terus terang kamu memang punya bakat jadi guru ato dosen yg ngajari orang tidak menyimpang sayang salah tempat dan sudah diketahui umum, tp perlu diketahui juga bahwa orang indonesia kurang mendapat ilmu yg lengkap dari bangku pendidikan so musti pake bantuan, kalau tidak menemukan orang yg tepat untuk bertanya n tabungan tidak memungkinkan membeli produk asli, apakah kamu wajib menghambat orang indonesia maju dengan produk crack padahal kamu sendiri belajar banyak dari produk tidak asli sehari2? baiklah saya ucapkan selamat kamu berhasil menyia2kan banyak waktu orang lain dan saya pribadi untuk membuka laman ini, kalau udah sadar tolong threadnya dihapus dari google saja atau ganti yg lebih lengkap…

D . ( . P . diem . piss . kaget . nocomment . malu . mimpi . licik . ide . yess . tipi . tendang . sombong . sinchan . sial . senam . nyerah . ngiler . nggaya . nangis . musik . males . love . konslet . kembar . gatau . damn . bye . ayuk . belajar . tutupkuping . tolong . terharu . strees . serang . sendiri . ngakak . mimisan . mati . mantap . kesel . keren . kartukuning . kartumerah . fiuhhh . cendol . salaman . recseller . maho . marah . najis . kiss . bingung . berduka . takut . ngacir . ngacir2 . janganribut . capedeh .

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus.

home DHINATACOM


Home Article Index Contact Disclaimer F.A.Q


langganan majalah DHINATACOM
home DHINATACOM