Mendengarkan Radio Online Di Internet



Terbit 26.09.2008. Edisi Sep 2008. Sudah ada 29 Komentar.
DHINATACOM

radio onlineMeskipun radio kelihatannya sudah kalah bersaing dengan media informasi modern saat ini seperti televisi, telepon, apalagi Internet, nyatanya hingga kini masih banyak stasiun radio yang masih “mengudara” sampai detik ini. Bahkan banyak gadget dan ponsel keluaran terbaru masih menanamkan fitur radio dan mempromosikannya sebagai fitur unggulan yang harus dimiliki oleh para pecinta musik digital.

Pada artikel kali ini kita membahas caranya bagaimana Anda dapat memanfaatkan Internet untuk mendengarkan radio online di internet. Sebelum mulai, mari kita persiapkan terlebih dahulu ‘bahan-bahan’ yang dibutuhkan :)

Software Pendukung Radio Online

Pada umumnya software yang wajib Anda miliki untuk mendengarkan radio online adalah sebagai berikut:

Untuk browser, Anda dapat menggunakan Internet Explorer atau Mozilla Firefox, sewaktu membuat artikel ini saya menggunakan Mozilla Firefox 3.0.2. Masing-masing radio online mempunyai persyaratan spesifikasi software yang berbeda-ada. Ada yang membutuhkan Real Player, namun ada juga yang cuma butuh browser dan Windows Media Player sudah bisa mendengarkan radio. Agar semua bisa diakses install saja kedua software tersebut :) Nah, persiapan sudah selesai. Sekarang kita akan coba mendengarkannya..

Mari kita kemon ngacir

Mendengarkan Radio Online dengan Browser

kapanlagi radio web baseDengan hanya bermodalkan sebuah browser seperti Internet Explorer atau Mozilla Firefox Anda dapat dengan mudah mendengarkan radio online di dunia maya. Kali ini kita akan coba salah satu web base radio online lokal terkenal yang ada di Indonesia yaitu KL RADIO (KapanLagi Radio). Untuk mengaksesnya kunjungi KapanLagi.Com lalu klik gambar bertuliskan KL RADIO yang ada disebelah kiri halaman.

Contoh tampilan web base radio playernya bisa Anda lihat pada gambar disamping. Ditampilkan oleh browser dalam sebuah jendela kecil dalam bentuk pop-up, Anda hanya cukup menekan tombol play untuk mendengarkan lagu yang sedang diputar. Mudah bukan?

Saya sendiri mencoba untuk mendengarkannya pada saat siang hari, suara terdengar cukup bagus dan lancar tanpa terjadi lag yang cukup menggangu. Mungkin karena memanfaatkan bandwidth lokal makanya bisa diakses dengan cepat :)

Streaming Radio Internet Dengan Winamp

radio internet winampFitur layanan online Winamp 5+ yaitu SHOUTcast Radio merupakan salah satu fitur terfavorit para music lover dipenjuru dunia. Cara penggunaan yang sangat mudah dan performa yang baik, dapat menjadikannya teman setia Anda saat sedang bekerja sembari mendengarkan radio online di Internet.

Cara penggunaannya adalah cukup dengan mengakses menu Online Services >> SHOUTcast Radio. Kemudian pilih genre stasiun radio melalui angka 0-9 atau abjad A-Z. Untuk mendengarkan stasiun radio dari Indonesia pilih huruf I lalu pilih kata Indonesia. Pilih satu dari daftar stasiun yang ditampilkan, kalau sudah klik tombol TUNE IN!. Tak lama kemudian suara dari stasiun radio tersebut akan segera diperdengarkan. Salah satu stasiun radio online lokal yang saya sukai adalah KaskusRadio :) Selain menggunakan Winamp, KaskusRadio juga bisa kok didengar dengan browser.

Jadi tunggu apa lagi… ayo segera dengarkan radio online kesayangan Anda! musik

Link Terkait

Image Source: radioclinic.com

Artikel Terkait:



komentar pembaca DHINATACOM

  1. ANDI says:

    kesel MINTA DONG ALAMAT RADIO YANG NONSTOP 24 JAM

  2. aspandi says:

    gimana carax kalau qt mau dengar dari lokal tpi lain daerah.. misalx saya di daerah A mau dengar radio daerah B tpi di 1 propinsi : ngacir

  3. nofrie says:

    smbil lmbur dengar radio…….. kesel

  4. Volakkoto says:

    recseller
    makasih banyak ya ???
    skrg ku bisa degerin radio kesukaanku

  5. imam says:

    mantap recseller serang terharu tolong tutupkuping mimisan mati cendol fiuhhh maho bingung berduka takut capedeh ngacir2 g bisa muter kirek ke

  6. bambang says:

    kenapa radio luar ko sering ngelek ya..? tlng bantuanya thanks.. ngakak

D . ( . P . diem . piss . kaget . nocomment . malu . mimpi . licik . ide . yess . tipi . tendang . sombong . sinchan . sial . senam . nyerah . ngiler . nggaya . nangis . musik . males . love . konslet . kembar . gatau . damn . bye . ayuk . belajar . tutupkuping . tolong . terharu . strees . serang . sendiri . ngakak . mimisan . mati . mantap . kesel . keren . kartukuning . kartumerah . fiuhhh . cendol . salaman . recseller . cekemail . maho . marah . najis . kiss . bingung . berduka . takut . ngacir . ngacir2 . janganribut . capedeh .

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus - The Largest Indonesian Community.

(required)


Homepage DHINATACOM Subscribe RSS/Email Article Index Advertise Disclaimer Contact DHINATACOM F.A.Q (Frequently Ask Question)

LANGGANAN ARTIKEL




Powered by FeedBlitz