Mengenal Jenis-Jenis Lisensi Software



Terbit 06.12.2008. Edisi Dec 2008. Sudah ada 26 Komentar.
DHINATACOM

Ketika mendownload sebuah software dari Internet, salah satu hal yang diperhatikan orang selain ukuran file fungsi dari software tersebut adalah lisensi (license). Software yang bisa didownload dari Internet belum tentu sebuah freeware, Setidaknya ada 4 jenis tipe lisensi yang dipakai oleh kebanyakan software yang beredar saat ini yaitu: trialware, shareware, demo, dan freeware.

Freeware sesuai dengan namanya adalah software yang benar-benar gratis atau bebas untuk digunakan, developer software tidak pernah meminta Anda untuk membayar apapun kepadanya. Dalam beberapa kasus kemampuan freeware malah lebih bagus ketimbang software berbayar. Beberapa freeware memberikan persyaratan bahwa software tersebut hanya boleh digunakan untuk penggunaan pribadi (personal) bukan untuk digunakan untuk keperluan komersil.

Trialware adalah software yang dapat Anda gunakan tapi ada batasan waktu atau jumlah pengguna, atau ada trialware yang menonaktifkan beberapa fungsi dari software tersebut. Sebagai contoh, Anda diperbolehkan menggunakan trialware selama 30 hari, atau hanya dapat menggunakannya sebanyak 15 kali. Setelah periode masa percobaan (trial) sudah habis jika Anda ingin melanjutkan penggunaan software tersebut Anda harus membayarnya.

Shareware sama seperti halnya trialware, bebas digunakan untuk sementara waktu. Tidak seperti trialware, semua fungsi software dapat digunakan sebelum batasan waktu coba-coba selesai. Setelah masa percobaan selesai Anda dapat mempertimbangkan untuk membelinya jika ingin menggunakannya lagi.

Yang terakhir Demo adalah program yang digunakan hanya sebagai demonstrasi tentang fitur atau versi software dengan fitur yang terbatas dan tidak digunakan untuk bekerja. Demo hanya digunakan untuk ‘pamer’ kepada Anda sebelum membeli versi penuh dari software tersebut.

Ada yang ingin menambahkan ide

Artikel Terkait:



komentar pembaca DHINATACOM

  1. maeshara says:

    :recselle recseller
    good…goood….

  2. maeshara says:

    ngacir ayuk bye kembar nyerah sombong

    nyerah dech???????

  3. maeshara says:

    cekemail
    ada kiriman suraaat
    apa yeach isinya??????

  4. giaNT says:

    ngacir ngacir2
    kabuuuurrrrrrrrr……………..

  5. maeshara says:

    kembar love love males tipi yess konslet kembar
    wowwwww”””

  6. maeshara says:

    ngacir ngacir2 cendol
    mw…………..

  7. [...] banyak software yang bisa diambil secara gratis, coba-coba maupun yang bayar. Penjelasan tentang jenis tipe software sudah pernah dibawah oleh [...]

D . ( . P . diem . piss . kaget . nocomment . malu . mimpi . licik . ide . yess . tipi . tendang . sombong . sinchan . sial . senam . nyerah . ngiler . nggaya . nangis . musik . males . love . konslet . kembar . gatau . damn . bye . ayuk . belajar . tutupkuping . tolong . terharu . strees . serang . sendiri . ngakak . mimisan . mati . mantap . kesel . keren . kartukuning . kartumerah . fiuhhh . cendol . salaman . recseller . cekemail . maho . marah . najis . kiss . bingung . berduka . takut . ngacir . ngacir2 . janganribut . capedeh .

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus - The Largest Indonesian Community.

(required)


Homepage DHINATACOM Subscribe RSS/Email Article Index Advertise Disclaimer Contact DHINATACOM F.A.Q (Frequently Ask Question)

LANGGANAN ARTIKEL




Powered by FeedBlitz