Blog Business Review Gadget Games General Highlight Humour Internet Mailbox Opinion Tips&Tricks Tutorial

Mengoleksi & Merapikan Buku Digital Berformat PDF



Author: DHINATACOM
Posted: 25.08.2005 at 12:45.
Last Updated: 25.08.2005 at 15:31.
1 Komentar.

Di Internet banyak tutorial ataupun walktrought game dalam bentuk “buku elektronik” berformat PDF yang dapat didownload secara gratis untuk kemudian dibaca dan menambah koleksi buku yang kita miliki.

Format PDF memang menjadi format standard dalam pertukaran eBook di Internet. Pertimbangannya adalah kemampuan untuk menampilkan dokumen yang berisi gambar tanpa mengurangi kualitas yang dimilikinya. PDF juga dapat dibaca dengan baik diberbagai Sistem operasi baik Unix, GNU/Linux, Windows maupun yang lainnya.

Yang menjadi masalah adalah jika eBook yang kita miliki sudah begitu banyak “bertumpuk” diharddisk dengan isi yang berbeda-beda. Suatu saat mungkin Anda mendapat kesulitan untuk mencari buku yang sesuai dengan informasi yang Anda inginkan. Jika Anda mengalaminya mungkin sudah tiba waktunya untuk merapikan dan menata sedemikian rupa sesuai katagori yang dimilikinya, sehingga dapat memudahkan kita untuk membaca dan menpercepat pencarian buku yang akan dibaca.

Untuk pekerjaan ini kita dapat memanfaatkan perangkat lunak gratis buatan Adobe System Incorporated yang mempopulerkan penggunaan format PDF yaitu Adobe Reader. Selain dapat digunakan untuk membaca dokumen PDF, Adobe Reader juga dapat kita manfaatkan untuk mengoleksi dan merapikan buku elektronik sesuai katagorinya.

Dalam kiat kali ini penulis menggunakan Adobe Reader versi 7.0.0 dalam Sistem Operasi Windows. Jika Anda belum memiliki Adobe Reader silahkan ambil secara gratis di http://www.adobe.com. Kalau koneksi internet yang Anda miliki kurang mendukung alias lambat,  Adobe Reader juga bisa didapat melalui CD bonus yang ada pada majalah komputer ataupun dalam CD Game PC (untuk game tertentu yang READMEnya dalam format PDF).

Untuk mulai merapikan “buku elektronik” tersebut lakukan langkah-langkah berikut :

· Siapkan dokumen PDF Anda yang akan dikoleksi. Sebaiknya ditempatkan dalam satu kandar atau folder agar lebih mudah diakses.
· Buka Adobe Reader, lalu klik [File]>[Digital Editions]>[My Digital Editions…] maka jendela My Digital Editions akan ditampilkan. Pilihan katagori buku yang disediakan adalah Fiction, History, Mystery, Reference, Romance dan Travel. Silahkan pilih salah satu katagori yang sesuai.
· Jika katagori yang Anda inginkan tidak tersedia maka Anda perlu membuat katagori tambahan dengan memilih [Edit Categories…]. Ketik nama katagori baru pada kotak yang disediakan kalau sudah klik [Add] sebagai tanda setuju untuk memasukkannya kedalam daftar.
· Pastikan pilihan katagori sesuai dengan buku yang akan dimasukkan, kalau sudah klik tombol [Add File] yang terletak dipojok kiri atas. Lakukan penjelajahan pada harddisk kemudian pilih file PDF yang dimaksud lalu klik [Add]. Untuk memasukkan semua file PDF yang ada tekan Ctrl+A lalu klik [Add].
· Nah, selesai sudah koleksi buku yang Anda buat. Untuk membaca file PDF tersebut klik kanan pada thumbnail yang ditampilkan lalu pilih [Read]. Untuk menghapus buku yang sudah tidak diperlukan lagi atau salah tempat pilih [Remove]. Untuk mengoleksi buku lain dengan kategori yang berbeda tinggal ulangi saja langkah-langkah yang sudah dijelaskan. Untuk melihat dan mengakses semua koleksi buku Anda masuk saja ke jendela My Digital Editions.



komentar pembaca DHINATACOM

  1. zen master says:

    ngacir wab ini sangt hebat trm

D . ( . P . diem . piss . kaget . nocomment . malu . mimpi . licik . ide . yess . tipi . tendang . sombong . sinchan . sial . senam . nyerah . ngiler . nggaya . nangis . musik . males . love . konslet . kembar . gatau . damn . bye . ayuk . belajar . tutupkuping . tolong . terharu . strees . serang . sendiri . ngakak . mimisan . mati . mantap . kesel . keren . kartukuning . kartumerah . fiuhhh . cendol . salaman . recseller . maho . marah . najis . kiss . bingung . berduka . takut . ngacir . ngacir2 . janganribut . capedeh .

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus.

(required)

home DHINATACOM


Home Article Index Contact Disclaimer F.A.Q


langganan majalah DHINATACOM
Artikel Terbaru

Membersihkan Jamur di Dinding Apartemen

3 Hal Penting Yang Menentukan Kecantikan Pada Rumah Minimalis

Disclaimer . Contact Info . Privacy Policy . F A Q . Servis Komputer Tangerang
DHINATA.COM © 2008-2017 oleh Yoki DHINATA. Theme: D-Magz 3.1
Desain Tema oleh Yoki DHINATA. My Copyright Is Not Your Right To Copy.
Powered by WordPress. Hak Cipta Dilindungi.
home DHINATACOM