Blog Business Review Gadget Games General Highlight Humour Internet Mailbox Opinion Tips&Tricks Tutorial

Menjaga Kesehatan Registry Windows Dengan AMUST Registry Cleaner



Author: DHINATACOM
Posted: 13.09.2005 at 12:47.
Last Updated: 13.09.2005 at 15:33.
2 Komentar.

Produk Sistem Operasi buatan Microsoft yaitu Microsoft Windows memang sering menjadi target para cracker yang ingin “berkarya”. Hal yang biasa dilakukan dan memang paling mudah dilakukan adalah dengan mengutak-atik Registry yang bisa digambarkan sebagai bagian vital dari Windows.

Dengan menambah satu atau dua entry baru saja diregistry, Windows akan berjalan sesuai dengan perintah yang telah dibuat. Apakah itu untuk membuat Windows lebih optimal atau malah justru untuk membuatnya rusak dan sering mogok. Yang lebih parah lagi adalah jika masalah itu menyebabkan Windows harus dinstall ulang kembali bersama aplikasi didalamnya. Tentu ada baiknya pekerjaan tersebut menjadi pilihan yang terakhir.
Jika Anda begitu sering menghadapi masalah Windows khususnya registry mungkin software yang baru diluncurkan buatan AMUST Software yaitu AMUST Registry Cleaner akan dapat sangat membantu. Jika Anda hendak berminat menggunakannya bisa diunduh dulu dari situs resminya, alamatnya di http://www.amustsoft.com/products/registrycleaner/. Versi yang digunakan pada kiat kali ini adalah versi 1.0 dengan ukuran file installer 912 KB. Setelah diunduh lakukan penginstallan seperti biasa dengan mengikuti petunjuk yang diberikan.

AMUST Registry Cleaner adalah software komersil, namun versi coba-cobanya bisa digunakan selama 30 hari. Lumayan untuk membantu Anda selama sebulan dan jika ingin lebih dari itu Anda harus melakukan registrasi. OK , langsung saja kita lihat kemampuan yang dimilikinya siapa tahu Anda berminat membelinya.

Fitur Yang Dimiliki

Pertama-tama jalankan AMUST Registry Cleaner yang telah terinstall di OS Anda. Menu utama dibagi dalam 3 kategori yaitu Task (Scan & Fix, Undo Fix), Utilities (Backup, Compact) dan Options (Settings). Penjelasan tentang cara pemakaian fitur akan dijelaskan dibawah ini :

· Scan & Fix – Basic Mode

Scan & Fix Basic Mode  adalah fitur untuk memeriksa dan memperbaiki entry yang ada diregistry dalam mode standard. Tidak ada pilihan untuk memilih bagian mana saja yang ingin diperiksa dan diperbaiki. Oleh karena itu penggunaannya adalah cukup dengan menekan tombol [Express Scan] maka AMUST Registry Cleaner akan langsung melakukan tugasnya. Beri tanda cek list pada cek box [Automatically fix all issues] agar bagian yang rusak diperbaiki secara otomatis.

· Scan & Fix – Advanced Mode

Scan & Fix – Advanced Mode adalah pilihan yang disediakan untuk Advanced user walaupun sebenarnya tidaklah terlalu sulit dan membingungkan. Untuk mengubahnya menjadi Advanced mode, klik teks berwarna biru bertuliskan Advanced mode yang terletak dipojok kanan bawah. Pilihan menu yang disediakan meliputi Component subsystem, Internet Explore, Shared Components, Control Panel, Microsoft Office, System and User MRU Lists, dan Associations. Tandai cek box yang tersedia jika ingin memasukkannya kedalam daftar pemeriksaan. Untuk mengetahui penjelasan secara detil mengenai fungsinya, klik saja tanda [?] yang ada disampingnya. Jika cek box telah ditandai klik [Start] maka pemeriksaan akan segera dilakukan.

· Undo Fix

Sesuai dengan namanya fitur ini dapat digunakan untuk mengembalikan setting dari registry kesemula sebelum dilakukan pemeriksaan dan perbaikan. Pertama-tama pilih tanggal dimana Anda melakukan perbaikan. Jika sudah klik tombol [Undo] yang terletak dibagian bawah maka dalam sekejap Registry Anda akan kembali seperti semula.

· Backup

Ini adalah fitur yang menarik yang ada jika dibandingkan dengan program sejenis. Backup dapat digunakan untuk membackup seluruh registry Windows dalam satu file berformat .bkp. Pada bagian Create new backup klik tombol [Browse] untuk menentukan lokasi penyimpanan dan nama file. Kemudian klik [Create backup] untuk memulai pembuatan file.

Pada bagian Backup History Anda dapat mengembalikan file tersebut ke tempat asalnya. Klik tombol [Restore] kemudian klik tombol [OK] pada jendela baru yang keluar. Sistem akan dimulai ulang dengan registry awal yang sebelumnya yang Anda backup. Jika ingin menghapus file backup tersebut tekan tombol [Delete] karena ukurannya bisa jadi agak besar sekitar 20 MB.

· Compact

Compact dapat memberikan performa yang lebih baik untuk Windows dengan menghapus ruang kosong dan menata ulang struktur registry yang sudah berantakan. Registry compact akan dijalankan saat Anda memulai ulang Windows. Hasilnya Windows akan berjalan dengan lebih optimal saat akan digunakan. Tekan tombol [Schedule Compact] untuk mengaktifkannya. Untuk membatalkannya tekan tombol [Cancel Compact] yang secara otomatis berubah.
 
· Settings

Disini Anda diberikan kesempatan untuk mengatur fitur-fitur yang ada pada AMUST Registry Cleaner. Misalnya untuk Scan & fix, beri tanda cek list pada cek box [Network shares and drives] dan [Removeable drives] agar media lain yang tidak permanent seperti Jaringan dan USB drive ikut diperiksa.

Pada bagian Backup Anda dapat menentukan tempat menyimpanan file backup tersebut dengan menekan tombol [Browse]. Pada bagian Undo juga Anda dapat menentukan tempat file penyimpanannya dengan menekan tombol [Browse]. Untuk menerapkan perubahan tekan tombol [Apply]. Jika ingin mengembalikan ke pengaturan semula tekan tombol [Reset to default].

AMUST Registry Cleaner memang bukan freeware dan open source. Tapi dengan kemampuan dan fitur yang dimilikinya dapat menjadi pertimbangan untuk membeli versi fullnya. Apa lagi jika kemampuan yang dimilikinya bisa dikatakan lebih lengkap dari program sejenis yang ada.



komentar pembaca DHINATACOM

  1. ajie says:

    thanks infonya kebetulan nih windownya suka ngadat

D . ( . P . diem . piss . kaget . nocomment . malu . mimpi . licik . ide . yess . tipi . tendang . sombong . sinchan . sial . senam . nyerah . ngiler . nggaya . nangis . musik . males . love . konslet . kembar . gatau . damn . bye . ayuk . belajar . tutupkuping . tolong . terharu . strees . serang . sendiri . ngakak . mimisan . mati . mantap . kesel . keren . kartukuning . kartumerah . fiuhhh . cendol . salaman . recseller . maho . marah . najis . kiss . bingung . berduka . takut . ngacir . ngacir2 . janganribut . capedeh .

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus.

home DHINATACOM


Home Article Index Contact Disclaimer F.A.Q


langganan majalah DHINATACOM
Artikel Terbaru

Internet Hemat dengan Paket Simpati di Bawah 1 GB

Membuat Jaringan Multimedia Server Dengan PC Windows dan Smartphone Android

Disclaimer . Contact Info . Privacy Policy . F A Q . Servis Komputer Tangerang
DHINATA.COM © 2008-2017 oleh Yoki DHINATA. Theme: D-Magz 3.1
Desain Tema oleh Yoki DHINATA. My Copyright Is Not Your Right To Copy.
Powered by WordPress. Hak Cipta Dilindungi.
home DHINATACOM