Blog Business Review Gadget Games General Highlight Humour Internet Mailbox Opinion Tips&Tricks Tutorial

Nilai Lebih Seorang Blogger



Author: DHINATACOM
Posted: 12.05.2008 at 15:34.
Last Updated: 12.05.2008 at 06:58.
9 Komentar.

Menulis adalah satu kata yang tidak dapat dipisahkan dari seorang blogger. Tidak akan pernah ada sebuah blog jika tidak ada yang mengetik kata demi kata hingga menjadi sebuah artikel yang dapat dibaca oleh semua orang. Kebanyakan blogger mungkin mengira bahwa menulis adalah satu-satunya keahlian yang mereka miliki. Namun saya mencatat ada beberapa nilai lebih yang dimiliki oleh seorang blogger.

Dalam artikel ini level blogger yang saya maksudkan bisa dikatakan sudah termasuk seleb blog, meskipun tidak menutup kemungkinan juga blogger pemula memilikinya. Bukan hanya kemampuan dalam bidang menulis, namun bidang-bidang lain yang mungkin tidak pernah Anda sadari sudah dimiliki. Apa saja itu? perhatikan point demi point berikut ini:

1. Mengenal pemrograman web. Tidak sedikit blogger yang saya kenal cukup lihai dalam pemrograman web. Terutama dari kalangan blogger pengguna WordPress. Alasannya engine publikasi WordPress disediakan dan dapat didownload secara gratis sehingga semua blogger bisa memodifikasinya sesuai dengan kebutuhan. Dengan dukungan dokumentasi yang lengkap serta komunitas pengguna yang sangat banyak, CMS WordPress sebenarnya tidak sulit dipelajari. Bukti nyata dapat dilihat dari banyaknya dukungan plug-in yang dibuat oleh sesama blogger.

Mengenal pemrograman web yang saya maksud disini bukan berarti Anda harus mengerti setiap baris kode yang digunakan. Minimal Anda harus mengetahui mana itu skrip JavaScript, HTML, atau PHP yang ada pada suatu file. Kemampuan Anda dalam mengenal pemrograman web dapat turut membantu kegiatan blogging Anda, misalnya untuk membuat fitur-fitur baru pada blog Anda.

2. Mengenal Desain Web. Untuk seorang blogger istilah theme sudah tidak asing lagi. Di Internet banyak bertebaran theme untuk Blogspot dan WordPress yang disediakan secara gratis. Siapa yang membuat? Ya seorang blogger. Blogger manapun pasti ingin agar blognya terlihat unik dan menarik, dan pastinya tampilannya tidak sama dengan blog milik orang lain. Maka blogger yang mampu menggunakan aplikasi grafis tentu memanfaatkan kemampuannya untuk mendesain sebuah tema.

Dalam mendesain tema sebuah blog bukan hanya kemampuan menggunakan aplikasi grafis yang diperlukan, pemahaman tentang CSS (Cascading Style Sheet) juga mutlak. Tidak perlu pengetahuan yang cukup dalam untuk mendesain blog Anda sendiri. Kalau Anda pernah mencoba mengganti warna atau jenis huruf yang digunakan dalam sebuah desain tema blog, ini sudah termasuk dalam desain web. Karena pemilihan warna dan jenis huruf termasuk dalam elemen desain web.

3. Fotografi. Blogger yang sering berpetualang ke banyak tempat, biasanya tidak akan lupa mengabadikan momen menarik dengan menjepretnya menggunakan kamera digital. Baik fotografer amatir maupun profesional, tidak segan-segan untuk memamerkan hasil karya mereka melalui blog. Kadang-kadang sebuah foto memang diperlukan ketika membuat sebuah artikel untuk blog. Misalnya, ketika bencana tsunami atau banjir melanda negeri kita, foto-foto hasil jepretan kamera digital maupun Hp yang memuat gambaran bencana alam tersebut banyak bertebaran di blog lokal. Dengan semakin sering menggunakan kamera digital tidak menutup kemungkinan seorang blogger dapat memasuki lahan bisnis baru. Menjadi fotografer misalnya.

4. Memahami Unix/Linux. CMS untuk blog kebanyakan menggunakan bahasa pemrograman PHP & MySQL yang gratis dan open source. Saat memilih hosting yang sesuai untuk blog, pilihan utama sistem operasi yang digunakan langsung jatuh kepada Unix/Linux. Jadi mau tidak mau kita perlu memahami karakteristik sistem operasi tersebut untuk dapat menggunakannya. Misalnya Windows menganggap huruf besar dan kecil sama saja, sebaliknya Unix/Linux menganggap huruf besar dan kecil sebagai karakter yang berbeda. Maka kita tidak bisa memberikan sembarang nama untuk file yang dihosting pada Unix/Linux. Misalnya Dhinata.php berbeda dengan dhinata.php.

Banyak blogger pengguna hosting Unix/Linux juga memahami perintah-perintah dasar Unix/Linux. Dengan memahaminya, kita dapat mengelola blog secara remote melalui telnet atau SSH. Misalnya untuk mengedit kesalahan pada file teks langsung pada server dengan menggunaan teks editor.

5. Memahami Cara Kerja Mesin Pencari. Google, Yahoo, dan mesin pencari lain punya algoritma serta kebijakan tersendiri dalam meng-index sebuah website. Tidak ada orang lain manapun yang tahu bagaimana cara kerja mesin pencari yang sebenarnya kecuali karyawannya. Namun berbeda dengan seorang web designer dan web programmer, kebanyakan blogger tahu cara ampuh agar blog mereka memiliki posisi yang bagus dimata mesin pencari. Maksudnya blog mereka berada dalam halaman 1 atau 2 pada hasil pencarian untuk kombinasi kata kunci yang mereka bidik.

Istilah seperti SEO (Search Engine Optimization), backlink (tautan balik), link farm (peternakan atau ladang link), SERP, dan masih banyak lagi merupakan kata-kata yang sudah tidak asing lagi diantara blogger. Khususnya blogger yang menjalankan bisnis online. Kalau Anda coba googling keterangan dari istilah yang saya tulis tadi, sebagian besar hasil yang muncul akan mengarah ke sebuah blog. Keuntungan dari pemahaman terhadap cara kerja mesin pencari adalah arus trafik jumlah pengunjung blog kita bisa mengalir dengan deras tanpa harus mengelurkan biaya tambahan untuk promosi.

Kemampuan yang saya tulis diatas memang tidak mutlak harus dimiliki oleh seorang blogger. Bisa jadi mungkin hanya satu atau beberapa point saja yang Anda miliki. Kalau Anda memiliki satu atau lebih dari antara point yang saya sebutkan, kembangkan terus dan gali potensi Anda. Ikuti terus setiap kemajuan perkembangannya. Dengan memilikinya Anda dapat menjadi seorang blogger yang memiliki nilai lebih.

Ada komentar ayuk



komentar pembaca DHINATACOM

  1. Deddy says:

    bener juga… tanpa saya sadari saya jadi belajar sedikit2 mengenai memprograman web… padahal kan jauh banget dari profesi sebagai seorang dokter. hehe…

  2. iwansetiawan says:

    Baru belajar buat blog.Tertarik karena teman2 bisa dapat penghasilan/uang dari blog.Tapi teman tidak memberitahu bagaimana caranya mendapat uang dari blog. Tetapi katanya mereka dapat uang dari iklan yang ada di blog mereka.Bagaimana ya caranya?

  3. vir says:

    salam kenal..
    oya saya baru buat komunitas untuk klik iklan.gabung donk biar iklan anda di klik oleh forum.. semakin banyak lebih jelasnya anggotaforum semakin banyak juga kita dapat uang dari hasil iklan blog kita di klik oelh forum…
    tapi forum ini baru saya buat dan saya masih cari anggota forum ni..
    kalo berminat bantu saya cari anggotajugadonk..biar forum kita rame…

    —- DIEDIT BY YOKI
    maaf saya hapus URLnya krn komen Anda dianggap sbg spam

  4. bagaimana cara dapet penghasilan dari blog???
    saya harap anda bisa membantu saya
    karena teman saya pernah mendapatkan uang senilai Rp.1.300.000,-…
    saya mohon jawabannya atau kirimkan ke e-mail saya : steven_c40@yahoo.com dan ac3p_mutzzz@ymail.com
    terima kasih…
    lam’s kenal asep

  5. nash says:

    komen dong cara dapat duit dari blog

  6. Ali says:

    Izin Komentar bang,,

    tentang “Monetize Blog?” [ menjadikan blog sebagai kegiatan cari uang sampingan ].

    seperti yang dikatakan mas Yoki, ada banyak cara untuk Monetize (cari uang) dengan blog, diantaranya :
    1. Tulisan Berbayar (Paid Reviews /PTR)
    2. Jualan Link (memasang link milik pembeli)
    3. PPC (Paid Per Click)

    dari tiga point diatas hanya sebagian kecil saja sarana atau cara untuk mendapatkan uang dari blog, hanya saja ketiga point tersebut yang paling unggul diantara kesemuanya.

    Syarat untuk mengikuti ‘Monetizing’ tersebut, blog harus punya peringkat dan trafic yang bagus, orang bilang namanya Alexa dan Page Rank/ PR

    jadi, jangan berfikir bahwa cari uang dengan blog itu mudah, .. mudah tapi tidak semudah yang difikirkan.

    terimakasih.

D . ( . P . diem . piss . kaget . nocomment . malu . mimpi . licik . ide . yess . tipi . tendang . sombong . sinchan . sial . senam . nyerah . ngiler . nggaya . nangis . musik . males . love . konslet . kembar . gatau . damn . bye . ayuk . belajar . tutupkuping . tolong . terharu . strees . serang . sendiri . ngakak . mimisan . mati . mantap . kesel . keren . kartukuning . kartumerah . fiuhhh . cendol . salaman . recseller . maho . marah . najis . kiss . bingung . berduka . takut . ngacir . ngacir2 . janganribut . capedeh .

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus.

home DHINATACOM


Home Article Index Contact Disclaimer F.A.Q


langganan majalah DHINATACOM
Artikel Terbaru

Internet Hemat dengan Paket Simpati di Bawah 1 GB

Membuat Jaringan Multimedia Server Dengan PC Windows dan Smartphone Android

Disclaimer . Contact Info . Privacy Policy . F A Q . Servis Komputer Tangerang
DHINATA.COM © 2008-2017 oleh Yoki DHINATA. Theme: D-Magz 3.1
Desain Tema oleh Yoki DHINATA. My Copyright Is Not Your Right To Copy.
Powered by WordPress. Hak Cipta Dilindungi.
home DHINATACOM