Nvidia – ForceWare 71.89: Memutar Tampilan di Monitor




Terbit 22.02.2006. Edisi Feb 2006. Sudah ada 4 Komentar.
DHINATACOM

Kebayang enggak kalo tampilan desktop di monitor anda menjadi terbalik. Tentunya batang taskbar tempat dimana menu start berdomisili akan berada diatas dan tulisan startnya terbalik. Ikon-ikon yang berada di desktop juga terlihat terbalik. Petunjuk tetikus yang juga disebut pointer juga akan terlihat terbalik posisinya.

Memang, aneh kelihatanya kalau terbolak balik seperti itu. Sewajarnya, para pengguna PC biasanya tidak ingin dalam menggunakan komputernya dengan tampilan  terbalik, miring ke kiri, atau miring ke kanan. Namun, jika anda ingin mencari sesuatu yang lain dari pada yang lain, memutar-mutar tampilan di monitor pasti akan sangat mengasikan tentunya.

Nah, sebenarnya fungsi seperti ini disediakan oleh driver ForceWare yang terinstall di PC anda khususnya bagi mereka yang menggunakan kartu grafis Geforce. Jika anda belum memasang driver ini, segera install driver tersebut. Instalasi driver ForceWare dapat dilakukan melalui CD driver yang anda dapatkan sewaktu membeli kartu grafis Geforce. Kemudian jika sudah diinstal lakukan langkah berikut ini.

1. Bukalah jendela Display Properties dengan cara klik kanan tetikus anda di sembarang tempat pada desktop kemudian pilih Properties.
2. Pilih tab Settings dan kemudian klik tombol [Advanced].
3. Pilih tab Nama kartu grafis anda ( Contoh : GeForce FX 5200 ).
4. Disebelah kanan jendela utama, anda bisa melihat menu-menu yang disediakan oleh driver ForceWare. Kemudian pilih NVRotate pada menu di sebelah kanan jendela utama tersebut.
5. Kemudian pada jendela utama anda mendapat pilihan  berapa derajat anda akan memutar tampilan di layer monitor.
Secara standar, terpilih Landscape ( 0 degree rotation ) karena ini tampilan normal dan pada posisi yang wajar.
· Inverted Landscape ( 180 degree rotation ) untuk membalikan posisi yang normal dari layar monitor atau memutar tampilan sebesar 180 derajat. 
· Portrait ( 90 degree rotation ) untuk memutar sebesar 90 derajat sehingga layar monitor posisinya miring ke kanan.
· Inverted portrait ( 270 degree rotation ) untuk memutar sebesar 270 derajat sehingga layar monitor posisinya miring ke kiri.

Kemudian setelah dipilih klik [OK] atau [Apply] untuk melihat hasilnya.

 Jika anda sudah pusing melihat seperti melihat dunia yang terbalik, anda bisa menormalkan tampilan dengan mengikuti langkah diatas kembali dan pada menu NVRotate pilih Landscape ( 0 degree rotation ).

Selamat mencoba ! tipi



komentar pembaca DHINATACOM

  1. Kastam says:

    Mas, kalo saya punya masalah bukan karena ingin miring, tapi saya tidak tahu ntaah di apain sama anak saya, e e e sekarang posisi start menu ada di kiri atas memanjang ke bawah dan semua isi desktop mengarah ke bawah. (bisa nayangkan?).
    Jadi komputer akan benar posisinya kalo di monitorny di putar ke kiri, bagian bawah berada di samping kanan.
    Saya coba dengan klik di bar start menu trus drag ke bawah gak bisa…
    Gi mana solusinya yaaaa..

    Bisa nggak kirim ke email : kastamonline[at]gmail.com

    • Yoki Dhinata says:

      posisi icon dan wallpaper ikut berputar?

      Kalau cuma taskbar yg ada dikiri caranya cuma di drag aja mas. Kebetulan saya baru ganti VGA pake ATI jadi gak bisa liat lagi deh tampilan setting monitor dari Nvidia. Tapi pilihannya ada kok, cuma harus dikutak-katik, mungkin pake cara diatas ide

  2. ricky says:

    saya rasa kejadian ny sama seperti kastam deh,,,posisi start saya ada diatas jadi bar ny nurun gtu dri atas ke bawah,,di sebelah kiri monitor,,,mohon diberikan solusi ny klo tau cara ny,,,klo bsa rep ke e mail aku yha,,thx bgt yha,,

  3. Ebong says:

    cuman menambahkan aja seperti yang udah dijelaskan tadi. Bro tinggal klik kana pada taskbar, hilangkan check pada lock the taskbar. tahan klik kiri mouse pada taskbar, tarik kembali ke posisi bawah…

D . ( . P . diem . piss . kaget . nocomment . malu . mimpi . licik . ide . yess . tipi . tendang . sombong . sinchan . sial . senam . nyerah . ngiler . nggaya . nangis . musik . males . love . konslet . kembar . gatau . damn . bye . ayuk . belajar . tutupkuping . tolong . terharu . strees . serang . sendiri . ngakak . mimisan . mati . mantap . kesel . keren . kartukuning . kartumerah . fiuhhh . cendol . salaman . recseller . cekemail . maho . marah . najis . kiss . bingung . berduka . takut . ngacir . ngacir2 . janganribut . capedeh .

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus - The Largest Indonesian Community.

(required)


Homepage DHINATACOM Subscribe RSS/Email Article Index Advertise Disclaimer Contact DHINATACOM F.A.Q (Frequently Ask Question)

LANGGANAN ARTIKEL




Powered by FeedBlitz