Blog Business Review Gadget Games General Highlight Humour Internet Mailbox Opinion Tips&Tricks Tutorial

Pendapatan pertama dari menulis



Author: DHINATACOM
Posted: 25.04.2008 at 10:39.
Last Updated: 25.04.2008 at 15:56.
8 Komentar.

Menyambung artikel berburu rupiah dengan tulisan, maka dalam artikel ini saya akan sedikit memuat pengalaman pribadi saya dalam bidang tulis menulis, serta informasi tentang media cetak yang menerima penulis lepas. Salah satu media cetak populer tempat saya menulis hingga saat ini adalah Tabloid PCplus.

Tidak terasa sudah 3 tahun lebih telah berlalu, pada saat pertama kali tulisan saya dimuat pada tabloid PCplus edisi 211 terbitan 08-14 Februari 2005. Hanya 1 judul naskah saya yang dimuat untuk rubrik trik, judulnya “Macromedia Dreamweaver MX: Menambah Daftar Jenis Huruf Pada Font List”. Naskahnya tidak panjang, kira-kira mungkin hanya sekitar 100 kata disertai screen shot. Pada saat itu saya masih kelas 1 semester 2 menempuh pendidikan di SMKN 1 Tangerang Bidang IT jurusan Multimedia.

Pada waktu itu honor yang pertama kali saya terima sebesar Rp 50.000 yess

Selain honor ternyata penulis yang naskahnya dimuat, juga mendapat kiriman gratis 1 tabloid yang memuat tulisannya sinchan

Perlahan tapi pasti sayapun mulai memperbanyak naskah. Awalnya saya fokus menulis naskah untuk rubrik trik. Alasannya rubrik trik cepat dan mudah untuk dikerjakan. Beberapa bulan kemudian saya juga menulis untuk rubrik Internet, isi naskahnya berupa informasi tentang program-program terbaru yang dapat download dari Internet. Sedikit jenuh dengan rubrik trik dan Internet, sayapun menulis tutorial tentang software, aplikasi grafis, serta aplikasi multimedia.

Entah kenapa untuk rubrik tutorial, naskah saya kok jarang dimuat ya males damn

Dengan menulis naskah diberbagai rubrik, earning saya dari hasil menulis perlahan-lahan mulai naik. Pernah dalam 1 terbitan saya mendapat honor Rp 200.000 dari 2 naskah tutorial dan 1 naskah internet. Belakangan muncul “kabar burung” yang ramai dibicarakan sesama penulis lepas bahwa terjadinya “KKN” diantara salah satu redaksi tetap dan penulis lepas. Kabarnya naskah penulis lepas tersebut selalu dimuat bahkan hingga 5 naskah sekaligus dalam 1 terbitan, sehingga menyebabkan lahan sumber penghasilan penulis lain dan juga saya cukup kekeringan. Apalagi tabloid PCplus saat ini terbit 2 minggu sekali.

Setelah beberapa bulan tidak mendapat hasil apa-apa, maka sekitar akhir tahun 2007 saya memutuskan untuk berhenti secara total menulis di tabloid PCplus. Ya, kemampuan menulis akhirnya saya salurkan kepada salah satu majalah game populer di Indonesia. Namun pada awal bulan ini yaitu April 2008 satu terbitan PCplus terbaru kembali datang kerumah saya.

Ternyata naskah yang sudah saya kirim hampir 10 bulan yang lalu baru dimuat pada bulan ini konslet

Setelah lama tidak membaca tabloid ini, ternyata sudah banyak perubahan disana-sini. Salah satu rubrik baru yang membuat saya tertarik adalah rubrik Blog. Wah, jadi semangat nulis lagi ney.

Apalagi yang menangani rubrik Blog orangnya ramah dan bisa diajak becanda hehehe… mba Keshie namanya nggaya

Sedikit bocoran, naskah perdana saya untuk rubrik blog akan muncul pada PCplus edisi 307 yang terbit bulan Mei *promosi*

Ada yang punya atau mau berbagi pengalaman? ayuk



komentar pembaca DHINATACOM

  1. adam says:

    pingin juga sih mau nyari duit di internet, apakah semudah itu mas?…

    mohon bikbingannya, bisakan buat bayar kuliha… ngacir ngacir ngacir

    • Yoki says:

      Kalau untuk cari duit dari Internet masih ada yg lebih ahli dari saya loh… coba cek di CosaAranda.com

  2. rei says:

    hi saya mau minta biar website saya bisa banyak yang baca khususnya kalangan penulis dan yang lagi cari tulisan karena saya hanya menulis di website itu.tolong infonya harus gmana biar banyak yang baca.apa harus daftar komunity di website penerbit klo ya apa situsnya. thanx. klik reidaun.tk dan ski14aksis.tk jangan lupa kirim komen ya????

  3. Hehehe… udah berapa tulisan semuanya yang dimuat? Yang paling bagus sih kalo judul naskah kita muncul di cover tabloid. Tandanya tulisan tersebut bergengsi. Tapi selama nulis, baru 2 kali tulisan ku masuk di daftar cover. Hehehe…

    • Yoki says:

      wah.. saya gak ngitung mas.. ada ratusan kali sinchan
      Untuk cover kayaknya sih pernah tp saya lupa konslet
      mas indra masih aktif nulis gak?

      • nulis udah kadang seeh… gimana juga tulisan lama baru dimuat. :)
        cari topik-topik yang benar-benar belum banyak disentuh lebih bagus sih. inginnya yang free/open source software lah. :) kalo aku tulisannya masih sedikit belum ratusan, tergantung mood juga. :p

D . ( . P . diem . piss . kaget . nocomment . malu . mimpi . licik . ide . yess . tipi . tendang . sombong . sinchan . sial . senam . nyerah . ngiler . nggaya . nangis . musik . males . love . konslet . kembar . gatau . damn . bye . ayuk . belajar . tutupkuping . tolong . terharu . strees . serang . sendiri . ngakak . mimisan . mati . mantap . kesel . keren . kartukuning . kartumerah . fiuhhh . cendol . salaman . recseller . maho . marah . najis . kiss . bingung . berduka . takut . ngacir . ngacir2 . janganribut . capedeh .

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus.

(required)

home DHINATACOM


Home Article Index Contact Disclaimer F.A.Q


langganan majalah DHINATACOM
Artikel Terbaru

Membersihkan Jamur di Dinding Apartemen

3 Hal Penting Yang Menentukan Kecantikan Pada Rumah Minimalis

Disclaimer . Contact Info . Privacy Policy . F A Q . Servis Komputer Tangerang
DHINATA.COM © 2008-2017 oleh Yoki DHINATA. Theme: D-Magz 3.1
Desain Tema oleh Yoki DHINATA. My Copyright Is Not Your Right To Copy.
Powered by WordPress. Hak Cipta Dilindungi.
home DHINATACOM