Blog Business Review Gadget Games General Highlight Humour Internet Mailbox Opinion Tips&Tricks Tutorial

Pentingkah Menjaga Identitas Pribadi Di Internet?



Author: DHINATACOM
Posted: 23.02.2009 at 14:32.
Last Updated: 23.02.2009 at 17:51.
12 Komentar.

Ya penting sih…cuma kalo emang mau ada yang di expose lebih di batasin aja — Karina A Shellyani (20 tahun)

Sangat. Gunanya rahasia kan untuk disimpan baik-baikHangga Nuarta (15 tahun)

Tergantung, jika kita membuat situs/blog/social network yang sifatnya untuk personal branding gak usah diumpetinKinta Mahadji (21 tahun)

Pentingkah Menjaga Identitas Pribadi Di Internet? Nadia (bukan nama sebenarnya) belakangan ini sering mendapat sms dan telepon dari orang yang tidak dikenal. Awalnya, para ‘penggangu’ cuma sekedar iseng untuk menanyakan kabar dan ngobrol hal-hal gak jelas tentang dirinya, nanya tentang kabar dia, dll. Belakangan percakapannya mulai menjurus kearah yang lebih dalam. Para penggangu mulai mengirimkan pesan-pesan yang sebenarnya tidak pantas untuk dilakukan oleh orang yang baru dikenal.

Kejadian ini berlangsung setiap hari. Nadia bingung, para penelpon mengaku sering chatting dengan dirinya padahal dia merasa tidak pernah memberikan tanggapan melalui instant messengger kepada mereka. Belakangan Nadia menyadari bahwa ada seseorang yang membuat profil palsu tentang dirinya di Social Network dan chatroom di Internet. Para pemalsu membuat menampilkan dengan lengkap identitas, foto, serta info tentang dirinya, seolah-olah memang dialah pemilik sebenarnya.

Tokoh Nadia dalam cerita diatas merupakan sosok fiktif, namun kejadian yang dialaminya benar-benar nyata terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Motif pelakunya juga bermacam-macam, ada yang memang jelas ingin menipu, sekedar iseng, atau membalas dendam. Percaya atau tidak, motif balas dendam malah sering dilakukan oleh orang yang dekat dengan kita!

Kejadian Yang benar-Benar Terjadi

Sungguh suatu kebetulan yang tidak diduga. 6 jam sebelum artikel ini di publish, kejadian nyata yang mirip dengan contoh fiktif diatas benar-benar terjadi! Baca artikel dari Detikinet, Jangan Umbar Data, Teman dan Foto di Facebook!. Padahal artikel ini sudah disiapkan hampir 1 bulan yang lalu loh gatau

Apa Pendapat Para Pengguna Internet?

DHINATACOM telah mewawancarai beberapa netter dan blogger yang bersedia memberikan pendapatnya tentang seberapa pentingkah menjaga identitas diri kita di dunia maya. Ketika ditanya mengapa menjaga kerahasiaan data diri di internet itu penting? beragam jawaban diberikan. “Kalau diumbar takutnya dimanfaatkan oleh orang ga bertanggung jawab. Atau mungkin ada orang ya ga suka/sirik sama kita, bisa menghancurkan kita dengan memanfaatkan data-data itu”, kata Hangga Nuarta.

Jadi kalau begitu, Apa data pribadi yang kamu anggap sangat privasi? Alasannya? Keluarga… alesannya ya karna emang ga pantes aja di umbar. blog kan site pribadi kita. Just about me. Jadi mending jangan bawa orang lain (red: keluarga) mungkin kalo hal nya baik bisa di share itu pun masih ada batasnya…tapi kalo udah buruk mending ga usah di publish aja”, begitu kata Karina A Shellyani. No ktp, karena ini unik sekali, biasanya no ktp baru dipakai untuk kepentingan  yang sifatnya khusus, Kinta Mahadji menambahkan.

Lalu bagaimana dengan pengalaman pribadi dikehidupan nyata yang sangat privasi? “Gw paling anti nulis tentang diri pribadi yang amat privasi…misalnya gini..gw ga mungkin nulis kalo gw abis ciuman sama cowo gw di bawah pohon jambu terus ketauan sama bokap kan??? membunuh karakter. Hehehehe”, Karina menambahkan.

Bahkan untuk data-data pribadi yang sudah lazim diumbar oleh banyak orang di Internet, sebenarnya justru data tersebutlah yang menjadi titik awal pencurian identitas secara online. “Sejujurnya saya belum memahami apa dampak buruk dari penyalahgunaan hal-hal tersebut. Tapi kalo email mungkin, mulai dari yang ringan seperti spam, sampai pembobolan akun. Kita tahu sendiri kalau banyak keanggotaan, seperti paypal menggunakan alamat email. Dengan tahu email kita, berarti sang cracker tinggal mencari tahu apa passwordnya. Setidaknya 1/2 langkah sudah dia lalui. Untuk nomor telepon sendiri, tidak menutup masih disalahgunakan sebagai korban penipuan. Untuk nama lengkap, tanggal lahir dan alamat, saya belum tahu bentuk penyalahgunaannya. Tapi mungkin untuk pengalihan identitas. Atau bisa juga disebut pinjam identitas Hangga Nuarta menambahkan.

Ketika Data Pribadi di Salah Gunakan…

Rupanya masih banyak juga pengguna Internet yang belum mengerti tentang pentingnya menjaga identitas diri didunia maya. Ya namanya juga manusia, kadang inget kadang lupa D Pengguna Internet manapun pasti gak mau kegiatannya didunia maya menjadi bumerang bagi dirinya dikemudian hari, tapi ketika lupa sering kali akibatnya muncul belakangan.

“pernah no hp gw lupa gw naro distesti, ma yg pny fs jg ga di apus.. truss gw prnh di tlpnin filed nmbr..” kata Alief, mahasiswa BSI Tangerang. “Dulu pernah pasang no telpon di blog. Jadi banyak yang iseng. Akhirnya di hapus deh si no telpon itu dari blog. Mau ganti no Hp juga ga mungkin. Soalnya di kartu nama perusahaan udah masang no yang itu. Akhirnya no telpon ga di kenal yang masuk gw black list… niatnya sih biar dapet cowo (secara jomblo) tapi malah hipertensi terus jadinya karna nerima telpon gajelas…” pengalaman dari Karina.

Gak maukan seperti itu?

Tips dan Saran Bagi Pengguna Social Network dan Internet

Rasanya artikel ini belum lengkap kalau tidak ada tips yang bisa kita tetap ingat. Mau tau tips dan saran dari para anak muda tersebut? “Mengumbar data diri monggo saja, tetapi harus pada tempatnya, misal di blog atau social network sendiri, jangan memberikan data diri dalam bentuk email karena ini sering disalahgunakan untuk spamming, jangan mengumbar data diri pada forum-forum kecuali forum yang sifatnya education, kata Kinta Mahadji.

Lalu bagaimana dengan social network seperti Friendster atau Facebook? “ati2 klo ada tmn fs yg mnt no hp.. diliat2 lg di cek sapa dy… dan jg klo mo ngasih no hp dikasi tau aja komen yg udeh dikirim lngsng di apus/kirimnya lewat mesagge…” Kata Alief. “Jangan sampai Anda menyesal karena kurang hati-hati. Jagalah baik-baik sesuatu yang memang harus dirahasiakan. Ingat kalau orang bisa menjadi siapa saja di internet, Hangga Nuarta menambahkan.

Jadi.. Masih maukah Anda mengumbar data diri di Internet?

Image via www.kent.police.uk



komentar pembaca DHINATACOM

  1. bener banget mas yoki………. malu

  2. holly says:

    weq konslet … ngeri bgt.

  3. rudy says:

    Syeereeemmm ouii.

  4. rudy says:

    Sorry kelupaan …
    Saya pernah masang email di salah satu blog saya (untungnya yahoo, bukan email utama). Itu aja udah dispamming gila2x-an. Apalagi kalo no. HP D

  5. ms says:

    sekedar share pengalaman aja *tanpa bermaksud ngebuka aib org* tmn gw nyaris kehilangan keperawanannya krn jadian sm slh satu cowok yg dia kenal lwt internet *baca=chatting* nangis

  6. huda says:

    mimpi smoga siapapun yg sdh kadung “pasang” sesuatu d internet, tdk akan ketanggor dg org usil & jahil. Karna yg namanya org jht ttp sj horror. Bhlaik!!

  7. Wow!! Artikel yang keren!! Ada risetnya segala. Semacam penelitian ilmiah aja. Hehehehehe…

  8. afiszone says:

    ngacir ahhahaah .. yups, saatnya kita sekarang lebih menjaga data kita di internet

  9. herfia.com says:

    Ughhhh,……ngeri seh. Keep my private buat kemamanan dan kenyamanan pribadi. Hehehehe……izin komen ah.

    Salam

D . ( . P . diem . piss . kaget . nocomment . malu . mimpi . licik . ide . yess . tipi . tendang . sombong . sinchan . sial . senam . nyerah . ngiler . nggaya . nangis . musik . males . love . konslet . kembar . gatau . damn . bye . ayuk . belajar . tutupkuping . tolong . terharu . strees . serang . sendiri . ngakak . mimisan . mati . mantap . kesel . keren . kartukuning . kartumerah . fiuhhh . cendol . salaman . recseller . maho . marah . najis . kiss . bingung . berduka . takut . ngacir . ngacir2 . janganribut . capedeh .

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus.

home DHINATACOM


Home Article Index Contact Disclaimer F.A.Q


langganan majalah DHINATACOM
home DHINATACOM