Blog Business Review Gadget Games General Highlight Humour Internet Mailbox Opinion Tips&Tricks Tutorial

Pentingnya Memiliki Jadwal Menulis



Author: DHINATACOM
Posted: 09.09.2008 at 11:49.
Last Updated: 09.09.2008 at 12:17.
10 Komentar.

“Aku dapat tidur di suatu hari dengan nyenyak bila telah menyelesaikan jadwal menulis yang kubuat untukku di hari itu.”
(Stephen King)

Salah satu kebiasaan yang sampai saat ini saya miliki, selama 3 tahun lebih menjadi penulis lepas di tabloid komputer PCplus adalah merencanakan tulisan yang akan dibuat. Biasanya saya mencatat judul-judul naskah di hp dalam bentuk draft atau pada lembaran tanggal kalender harian yang saya simpan dibawah kasur.

Bukan bermaksud untuk membandingkan diri saya, Anda, penulis, dan blogger manapun dengan penulis hebat Stephen King. Namun satu hal yang dapat kita tiru adalah memiliki jadwal menulis yang baik, dan bagi blogger tentu saja memiliki jadwal menulis posting untuk blog. Lalu bagaimana cara memulainya?

Catat semua judul artikel yang melintas dibenak kepala Anda tanpa terkecuali bahkan yang ‘ringan’ dan ‘aneh’ sekalipun. Kalau sudah, segera kelompokkan artikel Anda dengan kategori yang sesuai. Langkah berikutnya adalah membuat jadwal posting artikel Anda. Buatlah peringkat prioritas pada masing-masing judul, mulai dari yang pertama hingga yang kesekian. Tentukan hari dan bulan pada saat artikel tersebut akan dipublish untuk umum. Karena sudah dikelompokkan menjadi beberapa kategori, Anda bisa mengatur agar artikel yang dipublish berasal dari berbagai kategori yang berbeda sehingga pengunjung tidak merasa bosan.

Langkah terakhir yang bisa saja terjadi adalah memposting artikel pada saat yang tepat. Meskipun Anda sudah punya jadwal terbitnya artikel, itu bukan harga mati yang tidak bisa diubah. Adakalanya rencana perlu dirubah untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Misal Anda sudah membuat urutan artikel seperti ini. 1. Judul A, 2. Judul B, dan 3. Judul C. Namun, ternyata saat ini Judul B adalah topik yang sedang hangat untuk dibahas, dan Judul C masih berhubungan dengan Judul B sedangkan Judul A tidak berhubungan sama sekali. Maka urutan terbitnya artikel diubah saja menjadi 1. Judul B, 2. Judul C, dan 3. Judul A.

Maka dengan memiliki jadwal menulis, kegiatan blogging pada blog Anda juga bisa lebih teratur dan artikel yang dipublish bisa sesuai dengan kebutuhan pembacanya. Sekedar berbagi pengalaman, untuk update blog ini, bahkan hingga 1-2 bulan yang akan datang saya sudah punya judul artikel yang siap diketik. Kalau blog pribadi sudah terawat tidak ada salahnya juga untuk menulis diblog orang lain, istilah kerennya jadi Guest Blogger.

Minta pengalaman/kritik/sarannya ya… ayuk

Denger musik dulu ah…



komentar pembaca DHINATACOM

  1. famdy says:

    nah ini, salah satu kekurangan saya, seringkali saya tidak disiplin dalam mempublish artikel saya. anda hebat anda sudah mempersiapkan topik artikel untuk 1-2 bulan mendatang. bahkan bisa mempersiapkan nulis buat guest blogging lagi.

    bahkan seringkali saya merasa terlambat karena keterbatasan pengetahuan mengenai topik tersebut.

    oke dah thanks ya atas tipsnya yess

  2. Mario says:

    memang benar, menulis artikel tertentu pada saat yang tepat mampu mendatangkan trafik yang bagus karena kompetitornya masih sedikit

  3. elwara says:

    sip, lanjut. Ternyata tulisan juga bisa membuka cakrawala “krisis”… elwara menyimak terus.. mimpi

  4. agung says:

    SIP BOZ… yess
    oh ya kalau ada waktu beri komentar di blog pertama saya dong mas!maklum baru pertama kali ngeblog he…he…. ngacir

  5. pajolo says:

    nggak tau kenapa,klo liat blog ini pengen ngunjungin terus,postingannya berguna bgt mas….tengkiu sinchan

D . ( . P . diem . piss . kaget . nocomment . malu . mimpi . licik . ide . yess . tipi . tendang . sombong . sinchan . sial . senam . nyerah . ngiler . nggaya . nangis . musik . males . love . konslet . kembar . gatau . damn . bye . ayuk . belajar . tutupkuping . tolong . terharu . strees . serang . sendiri . ngakak . mimisan . mati . mantap . kesel . keren . kartukuning . kartumerah . fiuhhh . cendol . salaman . recseller . maho . marah . najis . kiss . bingung . berduka . takut . ngacir . ngacir2 . janganribut . capedeh .

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus.

home DHINATACOM


Home Article Index Contact Disclaimer F.A.Q


langganan majalah DHINATACOM
Artikel Terbaru

Internet Hemat dengan Paket Simpati di Bawah 1 GB

Membuat Jaringan Multimedia Server Dengan PC Windows dan Smartphone Android

Disclaimer . Contact Info . Privacy Policy . F A Q . Servis Komputer Tangerang
DHINATA.COM © 2008-2017 oleh Yoki DHINATA. Theme: D-Magz 3.1
Desain Tema oleh Yoki DHINATA. My Copyright Is Not Your Right To Copy.
Powered by WordPress. Hak Cipta Dilindungi.
home DHINATACOM