Blog Business Review Gadget Games General Highlight Humour Internet Mailbox Opinion Tips&Tricks Tutorial

Personal NAS Storage: Media Penyimpanan Ideal Masa Kini



Author: DHINATACOM
Posted: 27.10.2016 at 19:24.

Media penyimpanan apa yang ideal bagi Anda? Jawabannya mungkin berbeda bagi setiap orang. Bagi para kolektor film, harddisk external mungkin jadi pilihan nomor satu. Bagi kaum techie yang sering mobile, jelas media penyimpanan super kecil seperti microsd adalah benda yang wajib terpasang di gadget mereka, apalagi ukuran penyimpanannya sekarang sudah mencapai ratusan giga, selain itu cloud storage juga mereka gunakan untuk berbagi file personal dan kantor. Bagi para pelajar flash drive adalah teman setia yang sangat membantu membawa tugas-tugas sekolah.

Namun jika pertanyaannya di ajukan kepada saya, tanpa ragu saya akan memilih NAS drive sebagai media penyimpanan. Apa itu NAS? Seperti yang di tulis dalam Wikipedia, Network Attached Storage (NAS) adalah sebuah server dengan sistem operasi yang dikhususkan untuk melayani kebutuhan berkas data. NAS dapat di akses langsung melalui jaringan area lokal dengan protokol seperti TCP/IP. NAS itupun sendiri kelebihannya terdapat di system recoverynya, yaitu pada saat salah satu host rusak dapat di backup.

Mengapa saya memilih NAS untuk penggunaan pribadi?  NAS dapat digunakan untuk berbagi-pakai data melalui jaringan dan dapat diakses oleh berbagai jenis perangkat, seperti PC, smartphone atau tablet, secara aman, kapanpun dan dimanapun. Selain itu koleksi file saya yang sangat banyak seperti video, musik, software dan lainnya semakin bertambah dari hari ke hari. Sangat tidak efektif jika hanya menyimpannya di satu tempat misalnya di HDD external, resiko kehilangan data cukup besar jika rusak atau hilang dan untuk mengakses file-file tersebut melalui jaringan tidak efisien. Perlu sebuah perangkat cerdas yang mampu mengerjakan tugas ini. CHIP Online pernah memuat artikel yang membahas tentang berbagai manfaat menggunakan NAS untuk kebutuhan personal.

Secara singkat manfaatnya adalah:

  • Memusatkan seluruh koleksi musik dan film untuk dapat didengarkan dan ditonton di manapun.
  • Simpan seluruh data Anda ke dalam perangkat NAS, sehingga data tersebut dapat diakses di seluruh ruangan dalam rumah Anda dengan berbagai perangkat yang ada, seperti PC, smartphone, tablet dan perangkat multimedia lainnya.
  • Pengguna dapat mengakses seluruh data yang tersimpan di dalam perangkat NAS lewat jaringan WiFi atau koneksi internet lainnya, seperti 3G, 4G LTE dan sebagainya.
  • Beberapa perangkat NAS yang ada di pasaran juga menyediakan aplikasi pendukung untuk memudahkan pengguna mengakses data-data tersebut.

Jika Anda tinggal dalam sebuah keluarga yang sebagian besar anggotanya pengguna internet aktif serta memiliki jaringan internet di rumah, penggunaan NAS storage bisa sangat membantu kebutuhan sehari-hari dalam menyimpan atau mengakses file. NAS kini sudah semakin canggih, semakin cepat, dan semakin besar media penyimpanannya.

Manusia modern saat ini sudah terbiasa memiliki banyak gadget dan perangkat pintar yang saling terhubung satu sama lain melalui jaringan internet. Jika Anda salah satunya, maka jadikanlah NAS sebagai solusi media penyimpanan yang ideal untuk saat ini.

 



komentar pembaca DHINATACOM

D . ( . P . diem . piss . kaget . nocomment . malu . mimpi . licik . ide . yess . tipi . tendang . sombong . sinchan . sial . senam . nyerah . ngiler . nggaya . nangis . musik . males . love . konslet . kembar . gatau . damn . bye . ayuk . belajar . tutupkuping . tolong . terharu . strees . serang . sendiri . ngakak . mimisan . mati . mantap . kesel . keren . kartukuning . kartumerah . fiuhhh . cendol . salaman . recseller . maho . marah . najis . kiss . bingung . berduka . takut . ngacir . ngacir2 . janganribut . capedeh .

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus.

(required)

home DHINATACOM


Home Article Index Contact Disclaimer F.A.Q


langganan majalah DHINATACOM
Artikel Terbaru

Membersihkan Jamur di Dinding Apartemen

3 Hal Penting Yang Menentukan Kecantikan Pada Rumah Minimalis

Disclaimer . Contact Info . Privacy Policy . F A Q . Servis Komputer Tangerang
DHINATA.COM © 2008-2017 oleh Yoki DHINATA. Theme: D-Magz 3.1
Desain Tema oleh Yoki DHINATA. My Copyright Is Not Your Right To Copy.
Powered by WordPress. Hak Cipta Dilindungi.
home DHINATACOM