Blog Business Review Gadget Games General Highlight Humour Internet Mailbox Opinion Tips&Tricks Tutorial

Seberapa Efektif Pelajar Memanfaatkan Internet?



Author: DHINATACOM
Posted: 14.06.2007 at 12:03.
Last Updated: 14.06.2007 at 19:29.

Kenyataannya Internet sekarang ini tidak hanya digunakan oleh para pekerja. Tuntutan era globalisasi adalah salah satu faktor yang turut memasyarakatkan internet kesemua lapisan masyaratkat termasuk para pelajar.

 Di sekolah-sekolah tingkat SMP dan SMA diIndonesia sudah dimasukkan kurikulum TI dalam kurikulum wajib mereka. Di Beberapa Sekolah Menengah Kejuruan malah dibuka 2 jurusan baru di bidang TI, yaitu Tekhnik Komputer & Jaringan dan Multimedia. Untuk tingkat SMP dan SMA biasanya para pelajar diajarkan hal-hal dasar dalam berinternet serta bagaimana mereka dapat memanfaatkan fasilitas internet seperti browsing, membuka dan mengirim email, mencari informasi yang dibutuhkan dengan bantuan search engine dan lain-lain.

 Tentu saja ini semua merupakan modal dasar yang berguna untuk masa depan. Apa lagi dizaman komputerisasi seperti sekarang ini, kecakapan dalam menggunkan komputer dan internet sangat dibutuhkan.

 Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah seberapa efektif para pelajar memanfaatkan internet? Jawabannya bisa jadi berbeda satu sama lain. Bagi para pekerja bisa jadi menggunakan internet dengan efektif adalah jika mereka dapat menyelesaikan tugas dengan memanfaatkan internet atau benar-benar menggunakannya untuk bekerja. Bagi para pelajar internet dapat menjadi sarana yang ampuh untuk menambah pengetahuan mereka. Berjuta-juta informasi yang terdapat pada halaman Web dapat menjadi makanan dan minuman bagi mereka yang lapar dan haus informasi.

Tugas yang sedang mereka kerjakanpun akan menjadi lebih mudah. Tinggal mengetikkan topik yang cocok disearch  engine kemudian mengunjungi situs yang ditampilkan. Dengan sekali bunyi ‘klik’ tugas yang dikerjakan dapat diselesaikan tanpa harus pergi keperpustakaan dan membuka buku satu persatu.

 Namun kegiatan ini mungkin tidak akan mereka lakukan setiap kali mengakses internet. Biasanya akan dilakukan hanya jika mendapat tugas atau membuat makalah yang isinya tidak ada didalam buku pelajaran. Sebagai orang muda mereka biasanya lebih suka dengan bacaan-bacaan ‘ringan’ seperti ramalan, zodiak, informasi terbaru mengenai selebriti, atau sibuk mencari teman disitus komunitas seperti Friendster dan berchatting ria dengan teman atau ‘orang yang tidak dikenal’ dibelahan ‘bumi yang lain’ dengan instant messenger. Sangat disayangkan !!! padahal untuk memasuki dunia maya saja banyak yang harus dikorbankan. Banyak pelajar menyisihkan uang saku mereka atau mengatur keuangan mereka dengan sangat ‘ketat’ demi berselancar didunia maya. Ada juga yang rela mengantri selama berjam-jam diwarnet sepulangnya dari sekolah.

Kalau begitu bagaimana agar kita, khususnya para pelajar dapat menggunakan internet dengan efektif?

Berikut ini ada beberapa tips dan saran yang dapat diterapkan:
· Kumpulkan topik atau bahan yang hendak dicari, jadi saat browsing pencarian dapat dilakukan dengan jendela terpisah(Multitasking). Sementara topik ini sedang dicari, kita dapat menggunakan jendala lain untuk mencari topik yang berbeda.
· Saat berselancar, bawa media penyimpanan seperti disket, CD-RW, atau flash drive agar informasi yang ada dapat disimpan. Jadi tidak harus ditulis ulang saat itu juga agar lebih menghemat waktu.
· Catat dan simpan alamat situs yang dirasa dapat membantu untuk mencari topic lain dikemudian hari.
· Tetap fokus dan berpegang pada rencana yang telah dibuat.

OK, semoga tulisan ini bermanfaat.



komentar pembaca DHINATACOM

D . ( . P . diem . piss . kaget . nocomment . malu . mimpi . licik . ide . yess . tipi . tendang . sombong . sinchan . sial . senam . nyerah . ngiler . nggaya . nangis . musik . males . love . konslet . kembar . gatau . damn . bye . ayuk . belajar . tutupkuping . tolong . terharu . strees . serang . sendiri . ngakak . mimisan . mati . mantap . kesel . keren . kartukuning . kartumerah . fiuhhh . cendol . salaman . recseller . maho . marah . najis . kiss . bingung . berduka . takut . ngacir . ngacir2 . janganribut . capedeh .

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus.

home DHINATACOM


Home Article Index Contact Disclaimer F.A.Q


langganan majalah DHINATACOM
home DHINATACOM