Setting PES 2009 Untuk PC Spesifikasi Minim



Terbit 05.12.2008. Edisi Dec 2008. Sudah ada 157 Komentar.
DHINATACOM

pes 2009Tampilan grafis PES 2009 memang yahud, berbagai tampilan baru, ekspresi pemain, dan berbagai aksi gerakan pemain terlihat lebih real dibanding versi sebelumnya PES 2008. Namun untuk menikmati semua itu spesifikasi hardware dari PC kamu mesti sesuai dengan apa yang diminta Konami.

Untuk spesifikasi minimumnya Konami mensyaratkan PC dengan spesifikasi sebagai berikut:

Intel Pentium IV 1.4GHz atau yang lebih tinggi
1GB RAM
Kartu grafis yang kompatibel dengan DirectX 9.0c 128MB Pixel Shader 2.0 (NVIDIA GeForce FX atau ATI Radeon 9700)

Sebagai contoh, DHINATACOM mencoba membangun sebuah PC dengan spesifikasi sebagai berikut:

AMD Athlon 64 3000+ 2 Ghz
1 Gb RAM
VGA GeForce Fx 5200 Ultimate 128 Mb dengan Pixel Shader 2.0

Setelah dicoba untuk memainkan PES 2009 hasilnya mengecewakan :) Game berjalan dengan sangat lambat, tampilan grafis PES 2009 membuat PC tersebut kewalahan. Meskipun sebenarnya sudah memenuhi persyaratan minimum untuk memainkan PES 2009 tetap saja sangat tidak nyaman untuk dipake bermain.

Gak serukan kalau main bola tapi gerakannya slow motion males

Nah, bagi gamer PES yang memiliki spesifikasi PC minim namun tetap ngotot mau main PES 2009 ada beberapa tips yang bisa dicoba, begini tipsnya:

1. Buka aplikasi Settings. Perhatikan gambar dibawah ini:

settings pes 2009

Beberapa opsi yang bisa Kamu pilih atau lakukan adalah…

  • Bermain dengan tampilan Window Mode. Ini bisa kamu pilih jika bermain dalam mode fullscreen membuat game berjalan lambat.
  • Turunkan resolusi layar. Menurunkan resolusi dapat membuat PES 2009 berjalan lebih cepat dan tidak membebani PC kamu. Konsekuensinya tampilan gambar menjadi tidak begitu tajam. Pilih resolusi yang lebih rendah dari 1024 x 768 seperti 800 x 600 pixel dengan perbandingan layar 4:3 untuk monitor CRT dan 16:9 untuk monitor LCD.
  • Turunkan kualitas grafis. Jika sudah bermain dalam Windows Mode dan resolusi rendah masih juga membuat PC Kamu kepayahan sewaktu bermain, cona turunkan kualitas gambarnya. Pilih Medium atau bahkan Low namun penurunan kualitas berdampak besar pada tampilan grafis.
  • Gunakan frame skipping. Ini adalah langkah terakhir, dengan menggunakan frame skipping game akan membatasi jumlah frame yang diproses oleh PC Kamu sehingga game berjalan dengan lebih cepat. Beri tanda pada kotak Use frame skipping. Tapi dampaknya gerakan pemain menjadi terlihat terputus-putus, gak seru banget deh (

2. Jika sudah mengaturnya klik OK untuk menyimpannya.

Saran Bagi yang ingin upgrade VGA Card

Seperti yang Konami sarankan, VGA card yang pas untuk PES 2009 adalah VGA dengan spesifikasi 256 Mb dan Pixel Shader 3.0, contohnya ATI X1600 dan Nvidia 6800 GT/GS. Sebagai contoh DHINATACOM mencoba mengganti VGA pada PC yang telah dibangun seperti yang ditulis diawal artikel sehingga spesifikasinya menjadi seperti ini:

AMD Athlon 64 3000+ 2 Ghz
1 Gb RAM
VGA ATI Radeon X1650 DDR2 512 Mb dengan Pixel Shader 3.0 dan Vertex Shader 3.0

Hasilnya PES 2009 dapat berjalan dengan lancar dengan tampilan fullscreen, resolusi 1024×768 pixel, kualitas high  tanpa frame skipping :) Hanya untuk beberapa tampilan yang menampilkan pemain agak besar game berjalan cukup lambat seperti saat menampilkan Replay dan Pinalti. Jadi bagi yang ingin upgrade VGA X1600/1650 atau Nvidia 6800 GT/8500 GT sudah cukup kok. Ya apapun merk dan serinya asalkan VGA memiliki RAM 256 Mb dan Pixel Shader 3.0 sebenarnya sudah cukup. Lagian harganya gak terlalu mahal apalagi yang sudah bersoket PCI-Express.

OK, selamat mencoba musik

ElevenGamer | Forum Diskusi Gamer PES WE FIFA Indonesia

Artikel Terkait:



komentar pembaca DHINATACOM

  1. zal says:

    bingung
    duh bingung ane gan..

D . ( . P . diem . piss . kaget . nocomment . malu . mimpi . licik . ide . yess . tipi . tendang . sombong . sinchan . sial . senam . nyerah . ngiler . nggaya . nangis . musik . males . love . konslet . kembar . gatau . damn . bye . ayuk . belajar . tutupkuping . tolong . terharu . strees . serang . sendiri . ngakak . mimisan . mati . mantap . kesel . keren . kartukuning . kartumerah . fiuhhh . cendol . salaman . recseller . cekemail . maho . marah . najis . kiss . bingung . berduka . takut . ngacir . ngacir2 . janganribut . capedeh .

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus - The Largest Indonesian Community.

(required)


Homepage DHINATACOM Subscribe RSS/Email Article Index Advertise Disclaimer Contact DHINATACOM F.A.Q (Frequently Ask Question)

LANGGANAN ARTIKEL




Powered by FeedBlitz