Tentang Gamer PES Indonesia



Terbit 14.01.2009. Edisi Jan 2009. Sudah ada 64 Komentar.
DHINATACOM

Tentang Gamer PES IndonesiaRencananya hari ini saya mau review EYINATION KASKUS SUPER PATCH V.2 , yaitu patch buatan lokal dari Fery Subagdja, salah satu member Kaskus yang rajin ngoprek dan bikin patch untuk PES 2009. Silahkan download melalui link diatas.

Namun saya kira ada satu hal penting yang sudah seharusnya perlu diketahui oleh kita semua sebagai gamer WE/PES. Ada satu hal yang membedakan gamer PES di Indonesia dan diluar negeri seperti Jepang, Eropa, Amerika selatan dan lain-lain. Satu perbedaan mencolok adalah gamer diluar negeri lebih aktif dalam berbagi ilmu seperti taktik, patch, info-info terbaru dan lainnya melalui forum, blog, dan media lainnya.

Bagaimana dengan di Indonesia? Hehe.. coba aja deh jawab masing-masing. Faktanya adalah kalau ada majalah game terbaru yang membahas tentang WE atau PES pasti dijamin laku keras :) Itu bukti kalau para gamer PES di Indonesia masih kekurangan sumber ilmu. Gamer PES di Indonesia ada banyak, saya sendiri mencatat stat melalui blog ini, mungkin kira-kira ada sekitar puluhan atau ratusan ribu bisa jadi jutaan yang terbiasa online. Gamer banyak tapi sumber online lokal yang bisa digunakan sebagai tempat sharing sedikit.

Kemudian ada satu kebiasaan yang bisa membahayakan bagi gamer PES lokal. Kebanyakan gamer masih TERLALU mengandalkan orang lain. Misalnya ketika saya membuat artikel tentang Download Patch Gratis Untuk PES 2009, beberapa gamer masih menanyakan cara instalasinya melalui komentar, padahal petunjuk lengkap tentang cara instalasinya sudah ditulis dengan lengkap pada file Readme yang disediakan sipembuat patch. Jika mau berusaha pasti bisa. Belum dicoba masa sudah nyerah? :)

Satu hal lagi adalah ketika bertanya di forum PES seperti ElevenGamer.com. Begitu pertanyaan ketemu solusinya langsung deh kabur gak balik-balik lagi. Kondisi seperti ini bisa berbahaya bagi komunitas PES online. Ibaratnya hanya mau menerima tanpa mau memberi. Padahal kebiasaan ini bisa membuat komunitas terlihat mati karena gak ada komunikasi 2 arah.

Tidak ada satu orang pun gamer PES yang bisa segala hal. Ada gamer yang punya skill dan gameplay bagus, tapi kesulitan ketika melakukan patch. Ada gamer yang jago nge-patch tapi skillnya gak seberapa. Ada juga gamer selalu mengikuti perkembangan terbaru tentang PES tapi masih perlu dibantu skill dan mental bermainnya.

Perlu Anda ketahui bahwa jujur saja, saya kewalahan menerima banyak sekali pertanyaan tentang PES. Waktu saya gak sepenuhnya untuk blog ini karena harus mengerjakan hal lainnya. Juga skill saya sendiri mungkin gak seberapa dibandingkan dengan Anda. Menjadi juara pada lomba-lomba WE dan PES juga saya belum pernah. Hanya kebetulan saja saya sering membahas PES melalui blog ini sehingga DHINATACOM menjadi tempat berkumpulnya gamer PES senusantara.

Lalu DHINATACOM berhenti dong ngebahas tentang PES? Gak mau bagi ilmu lagi ya? Bukan.. bukan itu maksudnya. DHINATACOM akan tetap berbagi ilmu tentang PES. Namun alangkah lebih baik jika Anda juga ikut serta didalamnya :) Dalam bermain PES masih ada hal penting lainnya selain taktik, patch, strategi dan lainnnya. Misalnya, Bagaimana cara mempertahankan mental bermain ketika lawan sudah membuat banyak gol pada gawang kita? Tips tersebut hanya bisa didapat jika para jagoan lomba PES senusantara menulisnya.

Jadi, mulai saat ini saya mengundang gamer lainnya untuk turut berbagi mengenai tips & trik, formasi, strategi dan lainnya melalui blog kalian masing-masing. Kalau gak mau repot bikin blog, pakai blog ini juga boleh. Kirimkan artikel dan data diri ke email dhinatacom@gmail.com. Dengan senang hati akan ditampilkan disini. Jangan lupa juga lebih aktif lagi ikut ngerumpi bareng di forum ElevenGamer.Com.

Artikel Terkait:



komentar pembaca DHINATACOM

  1. endraz says:

    bye .tolong…
    gmna yh cra nemuin letak web update konami online byr bsa update PES 2009 gw dgn IDM..
    kn lma hrus donlod 180 MB,klo pke IDM kn cpet…!!!!!!!

  2. Bunga says:

    Salam. Saya baru install PES 2006 di PC. Waktu mau main jadi bingung karena settingan Controll nya beda dengan FIFA. Waktu mau setting kok tidak ada settingan keybord yang ada joy stick, gimana ini mengatasinya?

  3. INTERNISTI says:

    brotha, mw crta ne, gw dani, gw adlh gamer ps2 winning dluny tpi skrg udh bralih ke game pc pes6 krna bsen ama winning. btw, gw mw tanya, ap beda PES 6 dan pes 9? trus gw mw plajari tehnik dsar pes6, patch, n laen2. brotha, please krim smua artikel pes ke email gw y di zlatanmuhammad@yahoo.com. please y brotha, law gw ad ilmu, pasti gw bgi dblog sini. thanks b4. . .

  4. el fasa says:

    salam kenal semua….mas mau tanya, patch pc apa bisa dikelola di ps 3, maaf ya soalnya aku baru di pes… trus mau update wajah pake camera atau image(jpeg dll) gmana yach?
    aku juga pengen komentar soal formasi di pes 2009, ada yg suka pake formasi bayangan? apa efektif seperti we 10?

  5. Raiz says:

    Bro, mw tanya neh..
    waktu aq maen pes6, dislaynya kayak patah2 gitu, misalny, garis lapangan jadi bengkok saat bola meluncur jauh. padahal spek komp gw lumayan, yakni pdualcore 2.6 ghz, ram1gb, vga ati radeon x1650. ada yg bsa bntu g? sms aj k no. in aj y 087796586168
    or dbls dfrum in jg bleh. please bntuin gw. oh y, spek diatas bisa bwt maen game pes08 or 09 g? ditnggu. .

    • ariefz says:

      ide spek segitu kayanya bisa tuh. trus buat yg patah2. dah di oprek2 setting nya? harusnya spek segitu udah bagus deh

  6. andi aremania says:

    mas aku coba main pes 6, pc ku pake ram 1gb, vga 256 gforce nvidia,pentium4 2,6 tapi kok baru main sebentar udah hang. mas tolong solusinya

  7. fazzeddy says:

    Akhirnya tadi malam melakukan test drive PES 2010..,

  8. zulfikar says:

    cekemail patch pes 2010 indonesia ad g?

  9. ukki says:

    Bro ada yg punya Crack Pes 2010 V. 1.3 Gk Tolong dong dikirim di email ku uqiecezt@gmail.com plissss

  10. ardhy bento says:

    sial nangis
    Mas… aku dah install PES 2010, trus cracknya juga aku dah copy… tapi pas mau dimainkan koq gk bisa. Sdh aku klik berkali-kali file PES’nya tapi gk bisa kebuka juga… Tolongin dong mas….

D . ( . P . diem . piss . kaget . nocomment . malu . mimpi . licik . ide . yess . tipi . tendang . sombong . sinchan . sial . senam . nyerah . ngiler . nggaya . nangis . musik . males . love . konslet . kembar . gatau . damn . bye . ayuk . belajar . tutupkuping . tolong . terharu . strees . serang . sendiri . ngakak . mimisan . mati . mantap . kesel . keren . kartukuning . kartumerah . fiuhhh . cendol . salaman . recseller . cekemail . maho . marah . najis . kiss . bingung . berduka . takut . ngacir . ngacir2 . janganribut . capedeh .

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus - The Largest Indonesian Community.

(required)


Homepage DHINATACOM Subscribe RSS/Email Article Index Advertise Disclaimer Contact DHINATACOM F.A.Q (Frequently Ask Question)

LANGGANAN ARTIKEL




Powered by FeedBlitz