Blog Business Review Gadget Games General Highlight Humour Internet Mailbox Opinion Tips&Tricks Tutorial

Tentang Website Multibrowser



Author: DHINATACOM
Posted: 08.04.2008 at 10:34.
Last Updated: 08.04.2008 at 16:00.
8 Komentar.

browserMenurut Anda apa yang menjadi kriteria desain sebuah situs/blog dapat dikatakan bagus dan menarik? Biasanya gambar menarik, bentuk layout yang unik, serta pewarnaan yang serasi langsung ada dalam pikiran kita. Memang tidak salah. Tapi salah satu aspek yang sering dilupakan oleh kebanyakan desainer web adalah aspek multibrowser.

Apa maksudnya multibrowser? Maksudnya adalah situs kita dapat dibuka dibrowser manapun. Ya seperti kita ketahui sistem operasi serta browser yang digunakan oleh pengunjung website kita tidak semuanya sama. Ada banyak browser yang digunakan oleh para pengguna Internet. Yang menjadi masalah adalah masing-masing browser punya cara tersendiri dalam menerjemahkan setiap baris kode situs kita, terutama pada bagian HTML dan CSS.

Bisa jadi saat membuka situs kita menggunakan IE semua desain terlihat baik-baik saja. Namun begitu dibuka oleh Firefox terlihat hancur lebur. Vikingkarwur, salah satu desainer web senior Indonesia juga pernah mengalami hal yang sama. Sewaktu diwawancara oleh majalah Komputer Aktif edisi… (maaf saya lupa) menceritakan pengalamannya tentang website multibrowser. Dengan IE blognya terlihat baik-baik saja, tapi begitu di buka firefox menjadi berantakan.

Tapi itu dulu, kayaknya sekarang blognya sudah multibrowser deh… malu

Lalu bagaimana caranya agar situs kita bisa menjadi multibrowser?

CSS vs Table

Didats seorang desainer web kawakan mengatakan bahwa untuk membuat sebuah website yang multibrowser sebenarnya tidak sesulit yang kita bayangkan. Baik Didats maupun desainer situs web kawakan yang lain mengatakan bahwa XHTML dan CSS sudah menjadi kriteria standar untuk mendesain situs web, baik untuk layout maupun tata letak dan pewarnaan. Penerapannya bisa Anda lihat pada themes wordpress yang sebagian besar menggunakan XHTML dan CSS. Memang desain yang tampil mungkin hanya 90% sama pada setiap browser. Asal tidak terlalu mengganggu tata letak dan desain situs sudah cukup kok.

Lalu bagaimana dengan penggunaan tabel? Kebanyakan desainer web… (yang saya kenal) sudah mulai meninggalkan penggunaan tabel. Masalahnya isi situs tidak akan muncul jika tutup tabelnya belum ketemu, sehingga situs kita terkesan lambat dan susah dibuka oleh pengunjung. Jadi mau menggunakan tabel atau CSS? Ya terserah Anda, gunakan saja sesuai dengan kebutuhan.

Let’s go mobile

Kalau tadi kita membahas tentang browser yang ada pada komputer, bagaimana caranya agar situs kita bisa juga dibuka oleh browser mobile seperti pada Hp dan PDA? Jangan bingung, baca saja petunjuk cara membuat versi mobile situs blog kita yang ditulis oleh Cosa Aranda. Situs juga bisa, asalkan ada fitur RSSnya. Apalagi mengingat salah satu kunci seo 2008 adalah mobile access, tidak ada ruginyakan membuat versi mobile situs kita.

Dan yang paling penting semuanya gratis…. ayuk

Dari tadi saya nulis panjang lebar, padahal saya sendiri masih kesulitan untuk membuat situs yang multibrowser damn

Ya, namanya juga web designer amatir nggaya



komentar pembaca DHINATACOM

  1. Anang, yb says:

    iya mas..
    celakanya saya sering ngalamin untuk blog gratisan. banyak blog template yang belum multibrowser alias di firefox keren tapi di IE acak adut.. mimpi

    • Yoki says:

      kalo bisa sih.. bikin theme wp sendiri mas… jangan terlalu bergantung sama theme gratisan… atau mungkin bisa saya tangani sendiri nggaya

  2. helmi says:

    bagus kok, tapi bagi-bagi dong ilmunya

  3. neki says:

    hemm.. ribet juga ya kl gini urusannya…
    msti cek ulang codingnya atuh? capedeh

  4. dani says:

    blog saya jg blm multiperamban..terutama IE (
    untungnya IE yg baru-2 (IE7, IE8) mulai tobat..
    jika benar bahwa ke depannya peramban modern lbh strict mengacu ke standar web, tdk ada salahnya menerapkan web standards..tapi html 5 malah lbh simpel lg kodingnya :)

  5. DDN says:

    mau dong buat versi mobile bang caranya gmn yah?

D . ( . P . diem . piss . kaget . nocomment . malu . mimpi . licik . ide . yess . tipi . tendang . sombong . sinchan . sial . senam . nyerah . ngiler . nggaya . nangis . musik . males . love . konslet . kembar . gatau . damn . bye . ayuk . belajar . tutupkuping . tolong . terharu . strees . serang . sendiri . ngakak . mimisan . mati . mantap . kesel . keren . kartukuning . kartumerah . fiuhhh . cendol . salaman . recseller . maho . marah . najis . kiss . bingung . berduka . takut . ngacir . ngacir2 . janganribut . capedeh .

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus.

home DHINATACOM


Home Article Index Contact Disclaimer F.A.Q


langganan majalah DHINATACOM
home DHINATACOM