Blog Business Review Gadget Games General Highlight Humour Internet Mailbox Opinion Tips&Tricks Tutorial

Ternyata gak ada yang rusak



Author: DHINATACOM
Posted: 28.08.2008 at 10:43.
4 Komentar.

Tadi malam tukang servis elektronik yang juga kenalan saya datang kerumah untuk memeriksa monitor Samsung SyncMaster 753s 17″ yang rusak sejak minggu kemarin. Seperti yang sudah saya ceritakan bahwa kerusakannya adalah tampilan warna yang kacau akibat warna hijau yang hilang. Perpaduan warna RGB (Red, Green, Blue) yang kurang lengkap berakibat banyak warna yang muncul menjadi aneh karena tidak sesuai pada tempatnya. Wallpaper Spiderman 3 saya yang warna hitam saja berubah jadi pink.

Setelah kira-kira 1 jam membongkar casing monitor dengan susah payah, akhirnya isi monitor bisa dilihat juga. Komponen yang dicurigai rusak adalah IC yang mengatur RGB. Langkah awal yang dilakukan adalah dengan menyolder ulang timah yang ada pada PCB, karena menurut si tukang servis, timah lama-lama juga bisa menguap habis jika sering dipanaskan dalam jangka waktu yang lama, apalagi monitor saya sudah 4 tahun umurnya. Eh, benar aja setelah disolder ulang dan dicoba dihidupkan ternyata tampilannya sudah normal seperti bisa. Jadi sebenarnya gak ada satupun komponen yang rusak. Cuma kurang timah aja sehingga aliran listrik gak bekerja dengan normal.

Pelajarannya? Jika punya barang elektronik yang rusak sebisa mungkin servis dikenalan Anda. Bisa saja saya ditipu habis-habisan oleh tukang servis lain kalau ternyata dia bohong bahwa IC RGB rusak. Apalagi barangnya memang susah dicari dan cukup mahal harganya.

Meskipun banyak artikel yang telat tapi jadwal yang sudah dibuat akan tetap jalan kok…

Mohon ditunggu ya… musik



komentar pembaca DHINATACOM

  1. Deddy Andaka says:

    Klo di manusia, tu monitor buta warna kali ya? :)

  2. SEFT says:

    bener, pilih-pilih tukang servis wajib hukumnya. Karena itu, mulai sekarang coba bergaul dengan tukang servis. Jadi pas ada yang rusak nanti bisa langsung tahu kemana memperbaikinya

  3. ekopulsa says:

    klo lcd gue kenapa ya lama baru keluar tampilannya itupun setelah di goyang2 soket kabeldata nya,dah diganti kabelnya juga masih tetap..barangkali ada yang bisa bantu

D . ( . P . diem . piss . kaget . nocomment . malu . mimpi . licik . ide . yess . tipi . tendang . sombong . sinchan . sial . senam . nyerah . ngiler . nggaya . nangis . musik . males . love . konslet . kembar . gatau . damn . bye . ayuk . belajar . tutupkuping . tolong . terharu . strees . serang . sendiri . ngakak . mimisan . mati . mantap . kesel . keren . kartukuning . kartumerah . fiuhhh . cendol . salaman . recseller . maho . marah . najis . kiss . bingung . berduka . takut . ngacir . ngacir2 . janganribut . capedeh .

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus.

(required)

home DHINATACOM


Home Article Index Contact Disclaimer F.A.Q


langganan majalah DHINATACOM
Artikel Terbaru

Membersihkan Jamur di Dinding Apartemen

3 Hal Penting Yang Menentukan Kecantikan Pada Rumah Minimalis

Disclaimer . Contact Info . Privacy Policy . F A Q . Servis Komputer Tangerang
DHINATA.COM © 2008-2017 oleh Yoki DHINATA. Theme: D-Magz 3.1
Desain Tema oleh Yoki DHINATA. My Copyright Is Not Your Right To Copy.
Powered by WordPress. Hak Cipta Dilindungi.
home DHINATACOM